Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Belajar Beternak – Melakukan usaha ternak bebek pedaging ataupun bebek petelur, tentu anda harus mengetahui Analisa Usaha Ternak Bebek. Karena memang mengetahui analisa usaha terlebih dahulu merupakan salah satu cara agar anda bisa mengetahui pengeluaran untuk melakukan usaha ternak bebek apa saja yang harus dikeluarkan pada saat melakukan usaha ternak bebek.

Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Bebek petelur ataupun bebek pedaging saat ini memang sudah sangat banyak di ternak oleh para peternak di Indonesia. Bebek di ternak karena memang bebek memiliki sifat yang tahan terhadap berbagai serangan penyakit tertentu. Sehingga tidak heran jika para peternak unggas saat ini sangat banyak yang melakukan usaha ternak bebek karena perawatannya tergolong lebih mudah jika dibandingkan ternak unggas yang lainnya.

Pada umumnya ternak bebek untuk mencapai bobot 2 kg membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan. Tentu hal ini berbeda jika anda menggunakan bebek peking jika memang anda bertujuan untuk melakukan ternak bebek pedaging. Tentu bebek peking adalah bebek yang sangat cocok untuk anda pelihara, karena proses penggemukan bebek peking lebih cepat jika dibandingkan bebek jenis lainnya.

Permintaan pasar terhadap daging bebek ataupun telur bebek saat ini memang sangat meningkat dipasaran. Hal ini dikarenakan daging bebek memiliki tekstur yang lebih empuk, lembut, gurih serga memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bebek lokal. Berikut adalah Analisa Usaha Ternak Bebek yang harus anda ketahui sebelum melakukan ternak bebek.

Biaya
DOD 100 ekor x Rp 8,000 Rp 800,000
Pakan Voer 511 Rp 838,200
Pakan fermentasi/buatan sendiri Rp 574,000
Prebiotik SOC (Suplemen Organik Cair) Rp 55,000
Vitamin dan antibiotik Rp 15,000
Biaya lain-lain Rp 50,000
Total Biaya Rp 2,332.200
Pendapatan
90 ekor x 2 kg x Rp 22,000 Rp 3,960.000
Keuntungan (Pendapatan – Total Biaya)
(Rp 3,960.000 – Rp 2,332.200) Rp 1,627.800

Keuntungan dengan memelihara 100 ekor bebek peking saja tentu menurut anda tidak terlalu besar. Tetapi tentu kita tidak boleh berkecil hati terlebih dahulu terhadap usaha ternak bebek peking ini. Karena memang idealnya skala bisnis ternak bebek dilakukan dalam jumlah besar yaitu minimal 500 ekor. Dan untuk awal, tentu anda bisa mencoba dengan 100 ekor terlebih dahulu.

Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Dan berikut adalah Analisa Usaha Ternak Bebek Peking dengan melakukan budidaya bebek peking sebanyak 500 ekor. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui peluang usaha ternak apa yang sangat menjanjikan Peluang Sukses Beternak Ayam Cemani Yang Menjanjikan tentu merupakan artikel yang sangat cocok untuk anda pahami jika memang anda ingin mendapatkan soslusi ternak unggas yang menguntungkan.

Biaya
DOD 500 ekor x Rp8,000 Rp 4,000.000
Pakan 511 Rp 4,191.000
Pakan fermentasi/buatan sendiri Rp 2,870.000
Prebiotik SOC (Suplemen Organik Cair) Rp 275,000
Vitamin dan antibiotik Rp 75,000
Biaya lain-lain Rp 250,000
Total Biaya Rp 11,661.000
Pendapatan
450 ekor x 2 kg x Rp 22,000 Rp 19,000.000
Keuntungan (Pendapatan – Total Biaya)
(Rp 19,000.000 – Rp 11,661.000) Rp 7,339.000

Tentu dengan analisa yang telah saya berikan diatas bisa menjadikan patokan anda dalam membudidayakan bebek peking dirumah. Tentu dengan hasil atau pendapatan seperti yang telah saya berikan diatas perhitungan bisnis ternak bebek akan semakin meningkat. Semakin besar bisnis ternak bebek yang anda lakukan tentu jumlah yang didapatkan akan semakin besar lagi. Dengan catatan asumsi bobot panen minimal adalah 2 kg.

Selain keuntungan utama yaitu adalah daging, tentu anda juga bisa menjual hasil hasil panen yang lainnya seperti telur ataupun kotoran bebek yang memang dibutuhkan oleh para petani sebagai pupuk kandang untuk tanaman mereka. Dan berikut juga akan saya berikan beberapa tips bagaimana cara untuk memelihara bebek peking dengan benar.

Tips Pemeliharaan Bebek Peking

Menjalankan usaha ternak bebek memang tergolong usaha ternak unggas yang sangat mudah. Tetapi tentu kita juga harus memperhatikan apa apa saja yang sangat penting untuk di perhatikan setiap harinya. Saat ini memang sangat banyak sekali para peternak yang melakukan usaha ternak bebek peking ataupun bebek petelur dirumah dengan memanfaatkan lahan sempit sekalipun.

Karena memang kita ketahui bahwa melakukan usaha ternak bebek dengna menggunakan lahan sempit juga bisa dilakukan. Terutama untuk anda yang memang ingin memulai usaha ternak bebek tetapi belum mengerti Analisa Usaha Ternak Bebek Peking. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya membahas hal tersebut. Dan berikut adalah tips bagiamana cara untuk memelihara bebek peking.

Pemilihan DOD Berkualitas

Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Memelihara bebek, tentu semua orang ingin berhasil dan mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan yang di inginkan. Dalam membeli DOD dari para peternak atau suplier, tentu anda harus memperhatikan jarak lokasi peternak penyedia bibit atau suplier dengan lokasi ternak yang telah anda tentukan. Jika jarak dekat dengan lokasi ternak anda.

Tentu anda bisa membeli DOD yang berumur sekitar 3 sampai 4 hari, tetapi jika jarak dari lokasi pembibitan atau suplier jauh dari jarak lokasi kandang. Anda bisa membeli DOD yang berumur 6 sampai 7 hari. Dengan cara seperti ini tentu untuk menghindari adanya tingkat kematian akibat sters di perjalanan yang dialami oleh bibit bebek peking.

Pemberian Pakan Bebek

Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Pemberian pakan pada saat DOD berumur 1 sampai 3 minggu, sebaiknya anda memberikan apkan berupa voor dan konsentrat yang berkualitas baik. Selain itu anda juga bisa memberikan antibiotik, multivitamn dan probiotik pada ternak bebek anda. Dan untuk memberikan pakan tentu juga harus memiliki jadwal jangan sampai terlalaikan.

Setelah bebek peking memasuki umur 3 minggu, pakan yang diberikan tentu juga sudah mulai beragam atau bisa di campur. Pakan beragam maksudnya adalah pakan konsentrat dan pakan buatan dengan perbandingan pemberian yaitu 1 : 2. Untuk pakan buatan, tentu anda bisa membuatkannya dari keong sawah, sayur sayuran dari pasar ataupun pakan alami lainnya.

Kandang Bebek Peking

Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Melakukan ternak bebek tentu anda tidak hanya harus mengetahui Analisa Usaha Ternak Bebek Peking. Anda juga membutuhkan kandang sebagai tempat bertelur ataupun istirahat bagi para hewan ternak anda. Pembuatan kandang ternak bebek memang terbilang sangat mudah sekali. Karena anda hanya perlu menggunakan box dan postal atau kandang kayu.

Untuk anda yang ingin melakukan ternak bebek sekitar 100 ekor, maka luas kandang yang diperlukan yaitu 1 x 2 m. Jika anda ingin melakukan ternak lebih banyak, tentu anda bisa menggunakan kelipatannya saja. Pada awal pemeliharaan ternak bebek, yaitu pada umur dibawah 3 minggu. Kandan harus diberikan lampu penghangat, anda bisa memasang 2 buah lampu dengan masing masing 40 watt.

Perawatan Dan Pencegahan Penyakit

Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

Sebagai tindakan perawatan dan pencegahan pada penyakit bebek. Anda harus sering mengontrol keadaan ternak bebek secara berkala. Analisa Usaha Ternak Bebek Peking yang kali ini saya bahas tentu anda juga bisa mengetahui penyakit apa saja yang sering menyerang bebek dan bagaimana cara untuk menanggulanginya. Berikut adalah bagaimana cara menanggulangi penyakit pada bebek.

Berak Kapur

Penyakit ini biasanya ditandai dengan kotoran bebek yang berwarna hijau bercak putih. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella typhimurium, untuk mengatasi penyakit tersebut anda dapat memberikannya sulfa, nitrofuran, ataupun antibiotik lainnya dan di campurkyan ke pakan bebek.

Lumpuh

Penyakit yang disebabikan karena bebek mengkonsumsi pakan yang sudah kadaluwarsa atau basi dan terlalu sering berada di tanah yang becek. Untuk masalah pencegahan ataupun mengatasi penyakit tersebut. Dapat dilakukan dengan menggunakan bongkahan es batu kecil pada bebek. Dan untuk mencegah penyakit tersebut, usahakan jangan memberikan pakan yang sudah kadaluwarsa atau basi dan hindari kandang yang terlalu becek.

Nafsu Makan Berkurang

Jika nafsu makan bebek yang semakin turun terlihat sangat jelas yang bisa anda perhatian yaitu badan bebek terlihat sangat lemas dan pakan selalu tidak habis. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentu anda bisa memberikannya air minum sebanyak 1 liter dan di campur dengan prebiotik 2,5 ml dan vitamin.

Gangguan Tenggorokan

Gangguan tenggorokan pada ternak bebek peking biasanya di sebabkan oleh cacing yang menempel pada tenggorokan. Untuk mengatasinya, anda harus mengambil cacing tersebut menggunakan pinset dan membuangnya. Dan jika sudah diambil, anda bisa memberikan obat Tetrachlor atau obat cacing khusus unggas.

Informasi Analisa Usaha Ternak Bebek Peking yang kali ini saya bahas tentu akan bisa lebih mudah untuk mempermudah anda mengetahui bagaimana analisis ternak bebek peking. Dan untuk anda yang ingin mencari informasi Panduan Cara Beternak hewan lainnya atau bagaimana cara untuk memelihara hewan peliharaan. Anda bisa kunjungi blog saya tersebut agar anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap lainnya disetiap hari.

Related Post

  • Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik 150x150

    Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik

    Belajar Beternak - Tentu sangat banyak sekali Jenis Jenis Burung Gelatik yang sangat banyak diminati oleh para penghobi burung kicau atau burung hias yang ada di seluruh dunia. Dan pada artikel yang
  • Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor 150x150

    Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor

    Belajar Beternak - Memiliki burung Kepodang dirumah tetapi masih bingung bagaimana Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor ?. Untuk anda para pemula dalam merawat burung kepodang yang memiliki
  • Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia 150x150

    Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia yang mungkin belum banyak anak anak di Indonesia yang mengenal burung atau
  • Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia 150x150

    Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda memelihara burung hantu dirumah ? atau bahkan apakah anda sudah mengetahui ada berapa Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia ?. Jika memang anda belum
  • Burung Terbesar Di Dunia, Ada Yang Setinggi Manusia 150x150

    Burung Terbesar Di Dunia, Ada Yang Setinggi Manusia ?

    Belajar Beternak - Semua burung tentu memiliki sayap, tidak seluruhnya burung dapat terbang. Tetapi tahukah anda ada beberapa jenis Burung Terbesar Di Dunia yang tingginya bisa mencapai tinggi orang
  • Pos-pos Terbaru