Ayam Hias Termahal Asli Indonesia, Harganya Puluhan Juta Per Ekor

Belajar Beternak – Umumnya untuk mendapatkan 1 ekor ayam hanya 30 ribu sampai 50 ribu. Tetapi harga tersebut tidak berlaku pada Ayam Hias Termahal Asli Indonesia. Harga untuk ayam hias asli Indonesia yang kali ini saya bahas tentu akan membuat anda terheran heran jika mengetahui harganya.

Ayam Hias Termahal Asli Indonesia, Harganya Puluhan Juta Per Ekor

Jika biasanya harga ayam hanya mencapai kurang lebih 100 ribu perkilonya. Tetapi untuk harga ayam yang kali ini saya bahas tentu harganya diluar perkiraan. Bagi para pecinta ayam hias, tentu memiliki ayam hias yang memang sudah sangat terkenal adalah keinginan bagi para pecinta ayam.

Dijual dengan harga selangit, beberapa ayam yang kali ini saya bahas tentu memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Ayam hias memang kini banyak diburu oleh para kolektor untuk dijadikan hewan peliharaan dirumah sebagai pengobat rasa jenuh saat pulang dari kantor.

Dulu ayam dipelihara atau di ternak hanya dimanfaatkan diambil dagingnya ataupun di manfaatkan telurnya untuk dijual. Seiring berjalannya waktu dan zaman, tetapi kini ayam sudah dimanfaatkan keindahan ataupun keunikannya. Berikut adalah beberapa jenis jenis Ayam Hias Termahal asli dari Indonesia yang mungkin anda miliki dirumah.

Ayam Ketawa

Ayam Hias Termahal Asli Indonesia, Harganya Puluhan Juta Per Ekor

Tentu bukan hanya orang saja yang bisa ketawa, ada juga ayam yang bisa tertawa. Tidak heran jika unggas yang satu ini diberi nama ayam ketawa, Suara kokoknya seperti oran yang sedang tertawa. Sementara bagi ada yang memang sedang mencari hoki, ayam ini juga dipercaya masyarakat setempat dapat mendatangkan keberuntungan.

Dulunya ayam ketawa dipelihara dan diternak oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam ketawa termasuk salah satu Ayam Hias Termahal dan merupakan simbol status sosial budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah dan sukses.

Secara fisik, unggas yang dikenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur ini hampir mirip dengan ayam kampung atau ayam buras biasanya. Mulai dari bentuk, ukuran tubuh, gerak gerik dan juga warna bulunya sangat menyerupai dengan ayam kampung atau ayam buras. Untuk anda yang ingin mencari solusi agar dapat menghasilkan ternak yang memiliki kualitas bagus, anda bisa baca artikelnya di Ternak Berkualitas.

Perbedaannya, ayam ketawa sudah mulai bisa berkokok saat usia tiga bulan. Tetapi bagi orang yang baru pertama mendengar suara kokoknya akan merasa heran. Karena suara kokoknya sangat mirip dengan burung perkutut. Terdapat tiga jenis ayam yang ketawa, yang pertama adala Gretek, Gaga Dan Dodo. Untuk satu ekor ayam yang sudah juara di kontes berkisar antara 40 juta.

Ayam Pelung

Ayam Hias Termahal Asli Indonesia, Harganya Puluhan Juta Per Ekor

Pada dasarnya, jenis ayam pelung ini memiliki perkembangan pertumbuhan yang sangat pesat sekali. Pada tahun 1850 di Desa Bunikasih Kecamatan Warungkondang, Cianjur. Seorang petani bernama Djarkasih menemukan seekor anak ayam jantan dikebun miliknya. Hebatnya anak ayam ini memiliki pertumbuhan dengan pesat.

Unggas yang dikenal dengan nama Ayam Pelung ini memiliki tiga sifat genetik yang sangat unik. Pada umumnya pada ayam jado memiliki postur tubuh yang tinggi dan memiliki suara kokok yang khas, panjang, mengalun dan berirama. Tidak hanya itu saja, ayam ini juga dapat tumbuh dengan cepat.

Saat ini ayam pelung memang sangat populer dan banyak diminati masyarakat umum, wisatawn dalam ataupun luar negeri. Bahkan Putra Kaisar Jepang pernah mengunjungi Cianjur untuk melihat proses peternakannya. Uniknya setiap tahun di Cianjur digelar kontes ayam pelung yang diikuti para pecinta ayam dari wilayah Jawa Barat dan Jakarta.

Jenis unggas yang satu ini disebut dengan ayam Pelun yang berasal dari bahasa sunda Mawelung atau Melung yang artinya melengkung sesuai dengan suara khas kokoknya. Ayam ini bisa di banderol dengan harga per ekor sekitar 20 juta jika sudah juara kontes. Dan jika kalian ingin mengetahui ternak unggas apa saja yang menguntungkan, anda bisa baca artikelnya di Ternak Unggas Yang Menguntungkan Untuk Pemula.

Ayam Cemani

Ayam Hias Termahal Asli Indonesia, Harganya Puluhan Juta Per Ekor

Ayam Cemani yang berasal dari Kedu Jawa Tengah ini mampu menarik perhatian para penggemar ayam hias dari luar negeri. Tidak heran jika ayam cemani termasuk Ayam Hias Termahal, Bahkan seorang peternak asal Amerika Serikat banyak menerima pesanan untuk ayam ini. Keistimewaannya terletak pada warna tubuhnya yang memang memiliki warna serba hitam.

Tentu bukan hanya bagian luarnya saja yang diselimuti warna hitam pekat, organ tubuh, kuku serta daging ayam cemani memiliki warna hitam legam. bahkan linkgaran matanya pun juta hitam, keunikan tersebut yang membuat harganya melambung sangat mahal sekali.

Meskipun dijual seharga 28 juta di Amerika Serikat, di Indonesia harga ayam ini bisa mencapai harga hingga 40 juta. Sayangnya ayam asli Indonesia ini sudah hampir punah, meski demikian masih ada kelompok tani di Kedu yang mengembangbiakkan dan memeliharanya. Unggas yang lidahnya juga hitam ini di percaya oleh penduduk setempat memiliki kekuatan magis.

Ayam Kukuak Balenggek

Ayam Hias Termahal Asli Indonesia, Harganya Puluhan Juta Per Ekor

Nama unggas yang satu ini memang sangat jarang didengar para pecinta ayam hias tetapi termasuk Ayam Hias Termahal. Popularitasnya juga masih kalah jika dibandingkan dengan ayam ketawa dan ayam pelung. Meski memiliki suara kokok yang memang sama indah, rendahnya publikasi ayam yang satu ini membuat nama kuakak balenggek masih asing dimata pecinta ayam hias.

Ayam ini memiliki keunikan yang terletak pada alunan suara kokok nya yang sangat berbeda dengan ayam lainnya. Ayam yang berasal dari Sumatera Barat ini memiliki irama kokok yang bertingkat mulai dari 3 sampai 12 lenggek bahkan bisa mencapai 19 lenggek. Kokok ayam ini pjuga terdiri dari 6 sampai 15 suku kata, tergantung dengan faktor genetik dan pelatihan yang diberikan terhadap ayam.

Nilai jual ayam hias kukuak balenggek juga terpacu pada kokoknya tersebut. Jika semakin banyak tingak suku, maka semakin mahal pula ayam hias yang satu ini. Suara panjang dan khas jika ayam ini sudah juara dalam perlombaan bisa di banderol dengan harga sekitar 20 juta hingga 40 juta per ekor.

Untuk anda yang ingin mencari informasi tentang Panduan Cara Beternak ataupun informasi seputar cara beternak ataupun merawat hewan peliharaan. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini agar anda bisa mendapatkan informasi penting disetiap harinya.

Related Post

  • Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara 150x150

    Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

    Belajar Beternak - Mau ikut kontes balap merpati tetapi belum mengerti bagaimana Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara ?. Lomba merpati balap kini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Maka
  • Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara 150x150

    Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara

    Belajar Beternak - Jika pada umumnya yang anda ketahui hanya ayam pedaging, ayam petelur dan ayam kampung. Kali ini akan saya bahas mengenai Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara. Untuk
  • Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya 150x150

    Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha ternak kalkun tetapi belum mengerti bagaimana Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya ?. Saat ini memang belum banyak yang melakukan usaha ternak ayam
  • Jenis Burung Elang Terbesar Di Seluruh Dunia 150x150

    Jenis Burung Elang Terbesar Di Seluruh Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkan anda mengetahui semua Jenis Burung Elang Terbesar Di Seluruh Dunia ?. Atau selama ini anda hanya mengetahui beberapa jenis elang asli Indonesia yang ukurannya memang
  • Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya 150x150

    Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

    Belajar Beternak - Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya update untuk anda semua para peternak yang ada di Indonesia.
  • Pos-pos Terbaru