Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Belajar BeternakBelajar Beternak Belut dengan menggunakan kolam drum plastik tentu merupakan salah satu kunci utama keberhasilan melakukan budidaya dengan menggunakan jenis kolam lainnya nanti. Untuk anda yang memang belum mengetahui cara budidaya belut dengan menggunakan kolam drum plastik. Tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya update untuk anda semua. Gunting Kiu Kiu

Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Belut merupakan binatang air yang digolongkan dalam kelompok ikan. Tentu belut sangat berbeda dengan jenis ikan lain pada umumnya. Belut bisa hidup didalam lumpur dengan sedikit air, binatang yang memiliki dua sistem pernapasan yang bisa membuatnya mampu untuk bertahan didalam kondisi tersebut. Jenis belut yang paling terkenal di Indonesia adlah belut sawah.

Di beberapa tempat dikenal juga dengan sebutan belut rawa, perbedaan belut rawa dengan belut sawah yang sangat mencolok adalah postur tubuhnya. Pada umumnya belut sawah memiliki ukuran tubuh  pendek, gemuk sedangkan belut rawa rawa lebih panjang dan ramping. Nah, untuk anda ingin melakukan budidaya ternak belut dengan menggunakan kolam drum plastik.

Tentu melalui informasi Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik yang kali ini saya bahas tentu bisa memberikan anda solusi dalam melakukan ternak belut. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang bagaimana cara untuk melakukan budidaya belut. Update Smartphone

Membuat Kolam Drum Plastik

Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Membuat tempat tinggal belut menggunakan media drum plastik adalah salah satu solusi untuk anda yang memang tidak memiliki lahan yang luas sebagai tempat usaha anda dirumah. Jika anda memiliki drum plastik yang tidak digunakan, tentu anda bisa menggunakannya sebagai media tempat tinggal belut. Berikut adalah beberapa cara untuk membuat kolam drum plastik untuk budidaya belut.

  • Bersihkan drum pada bagian drum hingga benar benar bersih
  • Selanjutnya anda bisa membat lubang memanjang pada bagian sisi drum
  • Dan simpan drum pada bidang tanah yang datar, dan agar drum tidak terguling tentu anda bisa memberikan pengganjal di sisi kanan dan kiri
  • Langkah selanjutnya anda bisa membuat saluran pembuangan air pada bagian bawah drum
  • Dan yang terakhir anda bisa memberikan peneduh diatas drum agar drum tidak kepanasan.

Mempersiapkan Media Tumbuh Belut

Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Agar budidaya belut atau ternak belut anda cepat besar dan tumbuh besar maksimal sesuai dengan yang kita inginkan. Tentu membuat media tumbuh kembang belut adalah cara yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk itulah melalui informasi Belajar Beternak Belut dengan menggunakan kolam drum plastik seperti yang kali ini saya bahas.

Akan saya berikan juga bagaimana cara untuk membuat media tumbuh belut. Berikut adalah cara untuk membuat media tumbuh kembang belut agar belut bisa tumbuh semaksimal mungkin seperti yang kita inginkan. Info Tempat Liburan

  • Berikan lapisan jerami padi pada bagian dasar drum dengan ketebalan sekitar 50 cm
  • Siram jerami padi dengan 1 liter mikroorganisme starter
  • Lapisi lagi dengan jarami padi dengan menggunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang dengan ketebalan 7 cm.

Pemilihan Bibit

Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Memilih bibit belut yang berkualitas tentu adalah salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan Belajar Beternak Belut bagi anda para pemula. Umumnya bibit belut yang ada saat ini sebagian besar merupakan hasil tangkapan dari alam. Karena itu, teknik penangkapan bibit belut di alam menentukan kualitas bibit.

Berkut adalah beberapa cara atau hal yang harus anda perhatikan dalam memilih bibit belut berkualitas.

  • Bibit yang berkualitas tentu sehat dan tidak ada luka pada belut.
  • Ukuran bibit seragam yang artinya tidak ada ukuran yang terlalu besar dengan ukuran belut yang lain.
  • Saat ingin di pegang, belut akan meronta.
  • Belut memiliki warna coklat gelap dan tidak pucat

Pemberian Pakan Belut

Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Belut merupakan hewan yang rakus, semua jenis serangga ataupun yang lainnya yang lewat didepan matanya yang lebih kecil dari dia akan dimangsa. Keterlambatan dalam memberikan pakan tentu bisa berakibat fatal, terutama pada belut yang baru saja di tebar. Takaran pakan tentu harus disesuaikan dengan berat populasi belut.

Secara umum belut membutuhkan jumlah pakan sebanyak 5 sampai 20% dari bobot tubuhnya disetiap harinya. Maka tidak heran jika memberikan pakan belut tentu harus anda atur dan harus diperhatikan. Berikut adalah kebutuhan pakan harian untuk bobot populasi belut 10 kg.

  • Umur 0 sampai 1 bulan 0,5 kg
  • Umur 1 sampai 2 bulan 1 kg
  • Umur 2 sampai 3 bulan 1,5 kg
  • Umur 3 sampai 4 bulan 2 kg

Untuk memberikan pakan Belut, tentu bisa berupa pakan hidup atau mati. Pakan hidup bagi belut yang masih kecil adalah larva seperti cacing, kutu air, kecebong, larva ikan, larva serangga. Sedangkan untuk belut yang telah dewasa bisa anda berikan pakan berupa ikan, katak, serangga, kepiting yuyu, kecicot, belatung, keong ataupun anda juga bisa memberikan eceng gondok, kangkung ataupun jenis sayuran lainnya.

Panen Belut

Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

Masa panen merupakan waktu yang sangat ditunggu tunggu oleh para peternak belut. Karena memang dalam proses pembesaran ataupun budidaya belut hal yang di nanti nanti adalah masa panen. Umumnya dalam 1 drum biasanya bibit belut yang bisa dimasukan sebanyak 2 kg dengan ukuran bibit 11 sampai 13 cm. Untuk masa panen belut, tentu bisa dilakukan setelah belut berumur sekitar 3 sampai 4 bulan.

Nah, jika pada saat masa panen tiba. Tentu anda harus memisahkan ukuran belut sesuai dengan pemasaran, karena ukuran belut yang sudah besar dengan yang masih kecil harganya sangat berbeda sekali. Rata rata belut yang memiliki ukuran panjang sekitar 7 sampai 12 cm dijual dengan harga Rp 55,000 per kilo. Sedangkan jika anda membeli belut konsumsi dengan harga sekitar 32,000 per kilo.

Untuk anda yang selama ini sedang mencari informasi Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik. Tentu informasi yang kali ini saya bahas anda akan bisa lebih mudah untuk menemukan solusi yang sangat tepat. Dan jika anda ingin menemukan solusi lainnya dalam beternak ataupun cara merawat hewan peliharaan dirumah. Anda bisa kunjungi selalu Panduan Cara Beternak, karena disana anda juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi penting disetiap harinya.

Related Post

  • 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah yang mungkin sampai saat ini masih hidup ?. Untuk anda yang memang belum mengetahui ikan ikan apa saja
  • Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes 150x150

    Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes

    Belajar Beternak - Ingin ikan louhan anda menang saat mengikuti kontes ? Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes yang kali ini saya bahas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan bagaimana
  • Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung 150x150

    Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat
  • Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah.
  • Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia

    Belajar Beternak - Apakah anda sudah mengetahui jenis jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia yang ada diseluruh dunia ?. Jika memang anda belum mengetahui ikan hias air tawar apa saja yang
  • Pos-pos Terbaru