Belajar Beternak Ikan Lele di Kolam Tanah

Belajar Beternak – Belajar Beternak Ikan Lele merupakan salah satu ilmu untuk membuka peluang bisnis yang menguntungkan di Indonesia. Ikan lele ini sendiri pun merupakan salah satu ikan jenis air tawar yang paling banyak di konsumsi di Indonesia. Tidak menutup kemungkinan jika anda bisa Ternak Ikan Lele ini akan membawa keuntungan yang besar jika mengetahuinya. Ikan lele termasuk ikan yang mudah didapatkan dan relatif lebih muda diternak karena tidaklah susah untuk dilakukan seorang diri.

Belajar Beternak Ikan Lele di Kolam Tanah

Jika Anda memang ingin Belajar Beternak Ikan Lele kami akan memberikan informasi yang tepat dan cepat untuk Ternak Iklan Lele Agar Cepat Menghasilkan dan pastinya menguntungkan. Untuk Panduan Beternak Ikan Lele Yang Menguntungkan ini Kalian cukup mengikuti Tips yang ada di bawah ini untuk anda yang sedang Belajar Beternak Ikan Lele. Tidak tutup kemungkinan juga bagi anda yang pemula atau baru ingin mencoba Ternak Ikan Lele kalian bisa dapatkan informasinya disini.

Mempersiapkan Kolam Ternak Ikan Lele

Pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan Ternak lele atau siap melakukan bisnis budidaya ikan lele kalian harus menyaipkan Kolam. Kolam ini sangatlah mudah dibuat karena anda bisa gunakan dari bentuk tanah, terpal maupun semen di perkarangan anda sendiri. Jika kalian berminat untuk menggunakan terpal kalian bisa melihat tips nya di : Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Nah sedikit informasi juga jika kalian ingin menggunakan Kolam semen kalian bisa medapatkan tips nya di : Tips Budidaya Ikan Lele Di Kolam Semen. Untuk Ukuran dari kolam Ikan Lele ini juga diwajibkan memiliki ukuran yang besar agar mengurangi resiko Ikan lele kehabisan Oksigen.

Jika sudah memiliki Kolam yang cukup segeralah mengisi air tersebut. Perlu diketahui setelah pengisian air ke dalam kolam jangan langsung menebar bibit Ikan Lele ke dalam Kolam. Karena Kalian harus menunggu proses pembentukan Lumut dan Fitoplankton yang dapat menetralkan Air Kolam agar tidak cepat keruh. Untuk itu kalian harus menunggu beberapa hari kedepan sebelum menebar Benih Ikan Lele yang ingin di Ternak.

Pilihlan Bibit Ikan Lele Yang Unggul untuk di Ternak

Ketika anda ingin membeli bibit Ikan Lele pastikan bibit tersebut sehat dan tidak boleh asal memilih. Ternak Lele ini juga harus di perhatikan dan wajib memiliki bibit Unggul karena yang unggul akan lebih sulit terserang atau terkena penyakit dan juga ukuran akan lebih besar. Lantas Ciri bibit unggul seperti apa ? bibit Unggul Ikan Lele ini adlaah dengan ciri lebih agresif dan Gesit saat pemberian makan, Ukuran Lele Terlihat Sama dan Warna akan sedikit lebih terang dan sebagainya.

Lakukan Dengan Benar Proses Penebaran Bibit agar Belajar Beternak Ikan Lele sukses

Hal yang paling salah dalam penebaran bibit ikan lele unggul adalah menebarkan bibit lele secara langsung dan bersamaan. Buat kalian yang masih pemula atau belom tau cara ini kalian harus perhatikan ini. Lantas bagaimana cara penebaran ikan Lele yang benar ?

Gunakan Ember untuk memasukan bibit ikan lele tersebut ke dalam ember, lalu letakan di dalam kolam. Tunggulah 30 menit hingga secara alami lele tersebut keluar dari ember yang anda gunakan. Perlu diingat lele pun juga memiliki waktu untuk adaptasi dan juga waktu tenang. Saran dari saya waktu untuk penebaran bibit tersebut adalah di pagi hari dan malam hari karena cendeung Benih Ikan Lele tersebut tenang.

Pemisahan Ikan Lele Berukuran Besar & Kecil

Ikan Lele termasuk ikan yang rakus atau juga kanibal yang bisa makan sesama Lele atau speciesnya sendiri. Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut kita wajib pisahkan Ikan Lele ukuran besar dengan Ikan Lele yang berukuran Kecil. Dengan Hal tersebut anda tidak perlu takut lagi Ikan Lele Saling memakan satu sama Lainnya.

Kontrol Kualtias Air Kolam Untuk Ternak Ikan Lele anda

Kolam dengan air yang berwarna hijau adalah tempat yang baik bagi ikan ternak Ikan Lele. Ikan Lele ini juga dapat bertahan hidup di air yang berlumpur dan dimana warna hijau ini menandahkan banyaknya lumur yang ada di sekitaran kolam. Ketika air berwarna agak kemerahan maka seharusnya Ikan lele Tersebut sudah siap dipanen. Sedikit informasi untuk anda, Walaupun ikan lele merupakan ikan yang tidak suka hidup di air jernih jangan sembarang memasukan jenis Air apa saja kedalam kolam Tersebut. Karena kita tidak akan tau apakah air tersebut mengandung Bakteri atau semacam parati yang dapat merugikan anda.

Memperhatikan Kedalam Kolam demi proses Belajar Beternak Ikan Lele sukses

Pada Kolam Ikan Lele bahkan pada kolam manapun pasti akan mengalami proses penguapan yang dimana Volume Air pada kolam akan berkurang. Nah Perlu anda perhatikan juga ketika Air nya sudah pada tingkatan yang tidak seharusnya maka akan menyebabkan kematian pada Ikan lele. Tingkat Kolam Lele pada bulan pertama adalah 20cm , lalu bulan kedua 40cm dan bulan ketiga adalah 80cm. Anda juga perlu memasukan tanaman air seperti Enceng Gondok atau dalam kedalam kolam agar kolam tersebut terasa teduh dan alami agar Ikan Lele tersebut tidak gelisah.

Pemberian Makanan pada Ternak Ikan Lele yang tepat

Belajar Beternak - Belajar Beternak Ikan Lele merupakan salah satu ilmu untuk membuka peluang bisnis yang menguntungkan di Indonesia.

Pada Umumnya Ikan Lele wajib diberikan makan 3 kali sehari pada waktu pukul 07.00 Pagi, 17.00 Sore, dan 22.00 Malam. Untuk jenis makanan yang diberikan lele biasanya adalah makanan berjenis sentrat 781-1 karena didalmnya banyak sekali mengandung nutrisi yang dibutuhkan lele diantaranya Protein, Lemak, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral. Perlu anda perhatikan juga jangan memberikan terlalu banyak makanan kepada Ikan Lele karena akan menimbulkan penyakit akibat makanan yang tidak termakan lele tersebut dan mengendap di dasar kolam Ikan Lele milik Anda.

Mencegah Penyakit dan Hama pada Ikan Lele

Penyakit lalu hama merupakan salah satu faktor keberhasil Belajar beternak Ikan Lele karena mempengaruhi jumlah Produksi dari Bibit Ikan Lele Tersebut. Untuk pencegahan Hama kalian bisa menggunakan penghalang disekitaran kolam agar hewan liar tidak memangsa ikan lele anda di kolam. Untuk Penyakit anda harus memberikan obat obatan yang cocok dengan jenis penyakit yang dialami ikan lele tersebut.

Proses Panen Ikan Lele Yang Anda Ternak

Belajar Beternak - Belajar Beternak Ikan Lele merupakan salah satu ilmu untuk membuka peluang bisnis yang menguntungkan di Indonesia.

Lama Waktu Ternak Lele dengan jangka waktu 3 Bulan Semenjak bibit Ikan lele disebar. Lalu untuk Ikan Lele yang layak dipanen adalah ikan lele yang memiliki ukuran 4 sd 7 Ekor dalam 1 kg atau sesuai dengan keinginan pembeli anda. Pastikan Lele yang anda panen adalah lele yang sangat sehat dan bagus.

Berikut salah satu video dari Hasil Belajar Ternak Ikan Lele :

Setelah Panen Ikan lele ini yang WAJIB diperhatikan di Belajar Beternak Ikan Lele

Layaknya memulai menebar bibit ikan lele lagi ke dalam kolam yang kosong. Alangkah baiknya kalian membersihkan kolam tersebut dengan cara meguras air yang di dalam kolam. Tujuannya adalah agar dapat membersihkan sisa makanan ikan lele yang dipanen. Menguras air kolam bertujuan untuk mengetahui apakah masih tertinggal atau ada ikan lele yang belom terpanen. Nah jika kalian langsung menebar benih, benih ini akan dimakan oleh ikan lele yang tidak terpanen dan pastinya ini akan merugikan anda sendiri. Jadi saran dari saya setelah panen bersihkan kolam anda dan kuras air didalam kolam demi hal tesrsebut.

Itulah beberapa informasi tentang Cara Belajar Beternak Ikan Lele yang menguntungkan dan pastinya kalian bisa coba sebagai pemula dan juga yang baru saja ingin melakukan bisnis budidaya Ternak Ikan lele. Bila Artikel ini bermanfaat jangan sungkan untuk share kepada rekan rekan anda atau di media sosial. Indahnya berbagi tips Belajar Beternak Untuk anda sesama pembisnis budidaya.

Related Post

  • Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat bahwa ada Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia yang harganya bisa sampai ratusan juta bahkan juga bisa miliaran rupiah ?. Mungkin rasanya ikan hias dengan
  • Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

    Belajar Beternak - Sudah sejak lama melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum mengetahui Jenis Penyakit Ikan Gurame yang sering menyerang ikan gurame ?. Pada kesempatan kali ini akan saya
  • Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Belum tentu semua orang yang ada di dunia ini mengetahui jenis jenis Ikan Monster Laut Raksasa yang ada sejak zaman prasejarah. Bagi kalian yang memang ingin mengetahui ikan moster
  • Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon 150x150

    Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon

    Belajar Beternak - Di tahun 2019 ini Hutan Hujan Amazon mengalami bencana Kebakaran Hutan Terparah. Hal tersebut tidak membuat Ikan Predator Paling Ganas atau hewan buas yang ada dialam tersebut
  • Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah 150x150

    Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya belut tetapi belum begitu mengerti Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Jika memang anda ingin melakukan usaha budidaya belut sawah
  • Pos-pos Terbaru