Bisnis Ternak Ayam Potong Menguntungkan Bagi Pemula

Belajar Beternak – Ternak unggas seperti Ayam Potong, saat ini memang sangat banyak sekali yang melakoninya tidak heran Bisnis Ternak Ayam Potong saat ini banyak di pilih oleh kalangan masyarakat demi untuk mencari penghasilan yang besar. Tentu kemampuan dalam hal beternak juga haruslah dimiliki oleh seoarang pengusaha.

Bisnis Ternak Ayam Potong Menguntungkan Bagi Pemula

Di Indonesia peluang usaha ternak unggas memang masih sangat terbuka luas. Namun beternak unggas juga tidak terlalu mudah, sebab unggas termasuk hewan yang sangat rentan terserang penyakit stres dan penyakit lainnya. Tetapi jika dilihat dari tingginya permintaan pasar yang begitu tinggi. Tentu ternak ayam broiler adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk para pengusaha.

Salah satu ternak yang sangat menjanjikan adalah ternak ayam potong. Pernahkan kalian berpikir bahwa ayam potong adalah salah satu peluang usaha yang sangat baik untuk di jalankan ?. Ataukah kalian masih belum memahami bagaimana cara untuk memulai beternak ayam broiler, kalian tidak perlu khawatir.

Di blog saya ini kalian akan bisa mendapatkan informasi penting tentang Bisnis Ternak Ayam Potong Menguntungkan Bagi Pemula. Ayam Broiler yang biasa disebut oleh masyarakat Ayam Potong adalah ras ayam yang memiliki pertumbuhan sangat cepat dan berbeda dengan jenis ayam lain. Ayam ini umumnya sudah bisa di jual sekitar umur mencapai 2 bulan saja.

Maka tidak heran jika sangat banyak yang menjalankan bisnis beternak ayam potong sebagai penghasilan sampingan atau utama. Tidak heran jika dalam beternak ayam broiler ini jatuh bangung dalam hal yang asing lagi di dengar. Tentu banyak dari masyarakat di Indonesia yang berhasil melakukan ternak ayam ini dan ada pula sebagian yang tidak berhasil.

Mengigat bahwa beternak ayam potong atau ayam broiler ini tidaklah begitu mudah. Dengan daya tahan tubuh yang sangat berbeda jauh dengan ayan lainnya. Ayam broiler ini memang sangat mudah sekali terserang penyakit, tentu banyak hal atau procedure yang harus di perhatikan agar bisa sukses menjalankan usaha peternakan ayam broiler ini. Mancing Belut

Bisnis Ternak Ayam Potong Menguntungkan Bagi Pemula

Menentukan Lokasi Kandang

  • Membuat kandang yang jauh dari pemukiman penduduk, sumber air yang banyak, dan memiliki akses jalan masuk yang mudah. Tentu adalah lokasi kandang yang sangat efisien untuk di pilih. Karena ini adalah cara agar penduduk tidak mencium aroma bau dari ayam dan kotoran ayam.

Sirkulasi Udara Yang Cukup

  • Memperhatikan sirkulasi udara yang masuk ke dalam kdang juga harus disesuaikan dengan umur ayam. Berikut adalah skema suhu udara sesuai umur ayam. Umur 1 sampai 7 hari suhu kurang lebih 34 sampai 32 derajat celcius, pada umur 8 sampai 14 hari suhu pada ayam 27 sampai 29 derajat celcius, umur 15 sampai 21 suhunya 26 sampai 25 derajat celcius. Umur 21 sampai 28 suhunya 24 sampai 23 derajat celcius dan pada umur 29 sampai 35 suhu pada ayam 23 sampai 21 derajat celcius.

Pemilihan Bibit Unggul

Sebagai peternak ayam broiler atau ayam potong, tentu bibit di peroleh dari pihak supplier yang dibeli per box dengan isi perbox 100 erkor dan di tambah fee 2 sampai 5 ekor per box. Bagaimana cara melihat ciri ciri bibit unggul pada ayam broiler ?. Berikut adalah cara melihat bibit unggul pada ayam broiler. Bentuk tubuh bulat, lincah dalam bergerak, memiliki mata yang jernih, hidung bersih. Anus yang bersih dari kotoran dan bulunya tidak cacat.

Pada umumnya banyak di jumpai jenis atau tipe kandang ayam potong dengan tipe Panggung dan sangat jarang sekali di jumpai dengan tipe litter. Tentu dengan memilih tipe kadang yang di pilih oleh pe Bisnis Ternak Ayam Potong ini memiliki alasan masing masing. Meskipun tipe kedua kandang ini ada keuntungan dan kekurangannya masing masing.

Misal pada tipe kandang panggung ayam akan lebih bersih kaerna kotorannya yang langsung jatuh ketanah. Namun dalam pembuatan biaya kandang panggung ini akan menelan biaya yang begitu besar tentu hanya orang yang memiliki modal besar yang berani menggunakan tipe kandang panggung ini.

Tipe kandang litter atau lantai, Kandang ini tentu akan lebih rumit perawatannya sebab setiap masa satu kali panen sekam yang digunakan sebagai alas perlu di ganti atau di kering kan lagi untuk digunakan kembali. Tetapi lebih disarankan untuk menggantinya dengan yang baru Karena kita tidak akan tahu ada virus penyakit atau tidak pada ayam sebelumnya.

Bisnis Ternak Ayam Potong Menguntungkan Bagi Pemula

Saat ini masih belum ada bukti bahwa tipe kandang sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada ayam broiler. Baik tipe kandang litter ataupun kandang panggung tentu sama sama baik untuk di gunakan asal peternak rajin memberikan sanitasi kandang dan memperhatikan setiap kebersihan semua alat yang gunakannya.

Untuk pakan tentu haruslah pakan yang berkualitas yang harus memiliki zat karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Untuk peternakan ayam potong, pemberian pakan tentu tidaklah boleh dibatasi karena ayam potong memang sangatlah berbeda dengan jenis ayam lainnya. Pemberian pakan pada ayam potong ini tentu harus selalu terisi. Untuk ternak ayam potong sendiri ada 2 bagian kategori berbasarkan atas pertumbuhan ayam.

1. Tahap Awal Atau Starter

Ini merupakan pemberian pakan sejak umur 1 sampai 20 hari atau 1 hari sampai umur 3 minggu. Hendaknya kualitas atau kandungan zat gizi pakan meliputi protein 22 sampai 24%, lemak 2,5% serat kasar 4%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7 sampai 0,9%, ME 2800 sampai 3500 kkal/kg makanan.

2. Tahap Finisher

Pada bagian ini umur 21 sampai panen, kualitas pakan harus melihputi protein 18,1 sampai 21,2%, lemak 2,5%, serat kasar 4,5%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7 sampai 0,9% dan energi (ME) 2900 sampai 3100 kkal/kg.

Adapun Kuantitas Konsumsi Pakan

  1. Minggu ke-1 (1-7 hari) 17 gram/ekor/hari
  2. Minggu ke-2 (8-14 hari) 43 gram/ekor/hari
  3. Minggu ke-3 (15-21 hari) 66 gram/ekor/hari
  4. Minggu ke-4 (22-28 hari) 91 gram/ekor/hari
  5. Minggu ke-5 (29-35 hari) 111 gram/ekor/hari
  6. Minggu ke-6 (36-42 hari) 129 gram/ekor/hari
  7. Minggu ke-7 (43-49 hari) 146 gram/ekor/hari
  8. Minggu ke-8 (50-56 hari) 161 gram/ekor/hari

Keseluruhan jumlah pakan per ekor pada umur 1-56 hari adalah 5349 gram pakan / ekor/hari.

Pemberikan vaksin pada ayam potong atau ayam broiler ini umumnya dilakukan 2 kali dalam satu kali periode pasca panen. Umur 4 atau 5 hari pertama dan yang kedua, vaksin dilakkan pada umur 21 hari. Pemberian vaksin pertama dilakukan dengan tetes mata, sedangkan pada tahap vaksin kedua dengan cara disuntik di bagian dada. Tujuan pemberian vaksin adalah untuk melemahkan pertumbuhan atau membunuh bibit penyakit yang ada di ayam potong.

Pemeliharaan Bisnis Ternak Ayam Potong

Pada awal pemeliharaan, DOC atau (Day Old Chicken) dimasukan kedalam kandang yang sudah di berikan penghangat seperti lampu, kemudian diberikan air hangat dan dapat diberikan obat vitamin seperti VITERNA Plus untuk mengembalikan kondisi tubuh saat berada di dalam box. Dan kekurangan tenaga saat berada dalam perjalanan. Sedangkan pemberian pakan bisa di berikan secara langsung dengan cara disebarkan ke dalam alas.

Alas dapat di ganti 3 hari sekali atau lebih, sesuai dengan kondisi dari kertas atau alas yang digunakan. Jika lembab atau basah, tentu kalian bisa langsung menggantinya dengan menggunakan kertas atau karton lain yang masih baru. Meletakkan tempat pakan atau minum usahkan dapat mudah di jangkau dengan mudah oleh seluruh anakan ayam atau DOC.

Kalian juga harus memperhatikan suhu dari tingkah pada ayam. Jika semua ayam bergerombol atau mengumpul pada satu tempat, itu artinya suhu kandang terlalu dingin berilah lampu yang bisa menghangatkan badannya contohnya adalah lampu pijar. Jika semua ayam pada menjauh dari lampu, itu artinya suhu di dalam kandang terlalu panas, tentu kalian bisa menaikkan sedikit keatas positi lampu tersebut.

Bisnis Ternak Ayam Potong tentu tidak semudah seperti yang kalian bayangkan. Karena kalian juga harus memperhatikan sirkulasi udara yang masuk. Usahakan jangan telalu terbuka sirkulasi udara untuk ayam yang sedang dalam masa pertumbuhan minggu ke 1 sampai dengan minggu ke 3 haruslah tetap terjaga.

Berikut Adalah Beberapa Gejala Penyakit Yang Dapat Menyerang Ayam Broiler atau Ayam Potong

  • Tetelo

Penyakit dengan gejala megap megap, nafsu makan menurun, diare dan sering berkumpul pada tempat yang lebih hangat.Berkisar antara beberapa minggu muncul gejala syaraf, kaki lumpuh leher terkilir dan ayam berputar putar kemudian mati.

  • Gumboro

Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus golongan Reovirus ini menyerang sistem kekebalan dan daya tahan tubuh pada ayam. Gejala ini umumnya di awali dengan menurunnya nafsu makan, terdapat luka di duburnya dan tubuh menggigil. Penyakit ini menuran secara langsung melalui kotoran tidak melalui pakan, air minum dan peralatan yang tercemar lainnya.

  • Penyakit Ngorok

Penyakit infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma Gallisepticum ini adalah gejala yang muncul yaitu sering bersin, ayam ingusan dan ngorok saat bernafas. Pada ayam yang masih muda menyebabkan tubuh yang lemah, sayap terkulai lemas, mengantuk dan diare dengan kotoran yang berwarna tidak normal. Penyakit ini menular melalui lendir atau perantara seperti alat alat yang ada di sekitar. Pengobatan : Pisahkan ayam yang terkena penyakit ngorok ini dan berikan minuman yang sudah diberi dosis obat.

  • Berak Kapur

Umumnya penyakit berak kapur adalah diare dan setelah kering menjadi serbuk putih yang menyerupai kapur yang disebabkan oleh bakteri Salmonella pullorum.

Dengan adanya informasi yang saya berikan tentang Bisnis Ternak Ayam Potong Menguntungkan Bagi Pemula kali ini. Tentu kalian memiliki pengetahuan yang perlu di pahami bagaimana memulai untuk Beternak Ayam Potong. Dan jika kalian ingin mencari solusi ataupun tips untuk cara beternak lainnya kalian bisa kunjungi selalu blog saya in.

Related Post

  • Burung Terkecil Di Dunia Yang Sangat Menggemaskan 150x150

    Burung Terkecil Di Dunia Yang Sangat Menggemaskan

    Belajar Beternak - Pada pertemuan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Burung Terkecil Di Dunia Yang Sangat Menggemaskan. Untuk kalian yang memang sangat gemar memelihara burung hias atau
  • Burung Predator Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Burung Predator Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Burung Predator Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah merupakan informasi yang kali ini saya update untuk anda semua. Jika pembahasan sebelum sebelumnya hanya membahas tentang cara
  • Jenis Jenis Burung Merak Asli Indonesia Yang Indah 150x150

    Jenis Jenis Burung Merak Di Dunia Yang Indah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui Jenis Jenis Burung Merak Di Dunia Yang Indah ? jika memang belum. Tentu kalian bisa ikuti terus blog saya ini agar kalian bisa mendapatkan informasi
  • Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik 150x150

    Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik

    Belajar Beternak - Tentu sangat banyak sekali Jenis Jenis Burung Gelatik yang sangat banyak diminati oleh para penghobi burung kicau atau burung hias yang ada di seluruh dunia. Dan pada artikel yang
  • Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor 150x150

    Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor

    Belajar Beternak - Memiliki burung Kepodang dirumah tetapi masih bingung bagaimana Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor ?. Untuk anda para pemula dalam merawat burung kepodang yang memiliki
  • Pos-pos Terbaru