Bisnis Ternak Kambing Mengawali Kesuksesan

Belajar BeternakBisnis Ternak Kambing merupakan salah satu jenis Ternak yang sangat menguntungkan dengan jumlah yang menggiurkan lho guys. Cobalah kalian membuat rencana untuk melakukan Bisnis Ternak Kambing dan mengikuti Tips dan Pembelajaran yang ada di website BelajarTernak.com.

Sebelum ke Panduan Beternak, Alangkah baiknya jika kalian bisa memahami semua pembahasan tentang Bisnis Ternak Kambing yang kami rangkum sedemikian rupa bedasarkan kisah nyata seorang peternak kambing. Semoga ini akan bisa membuka motivasi anda agar lebih semangat dan lebih betul untuk memahaminya.

Apa Sih Keuntungan dari Bisnis Ternak kambing?

Hewan Kambing merupakan salah satu hewan yang bisa di ternak dan dagingnya banyak di gemari oleh masyarakat di indonesia. Maka dari itu Kambing merupakan salah satu Hewan Ternak Yang menguntungkan. Untuk Agama Muslim sendiri Hewan Kambing ini wajib di konsumsi setiap tahunnya. Tahu kah anda harga 1 ekor Kambing? ternyata Rp.2.500.000. per ekor kambing Dewasa jika di hari raya.

Sedangkan untuk dihari biasa kambing ini normal di jual Rp.1.500.000 per satu ekor dewasanya. Nah karena itu Bisnis Ternak Kambing merupakan salah satu peluang yang bisa dibilang bakalan untung. Kenapa demikian? diindonesia populasi muslim sangatlah besar. Dan untuk muslim pasti akan suka dengan daging kambing.

Banyak pemula yang tidak mau memulai bisnis ternak kambing karena minimnya pengetahuan dan pengalaman untuk beternak kambing. Perlu anda ketahui bagi mereka yang sudah menjalankan Ternak Kambing ini meraka selalu kebanjiran pesanan daging kambing.

Jikalau memang anda sudah memiliki atau menyiapkan niat dan keseriusan anda untuk tekuni bisnis ternak kambing ini dari segala macam perimbangan. Sudah waktunya anda mencoba dan merasakan keuntungan yang menggiurkan ini.

Tetapi sebelum anda memulai, anda juga harus mengetahui berbagai macam manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ternak kambing ini. Simak berikut ini

Daging Kambing Memiliki Gizi dan Nutrisi yang bayak

Daging Kambing Memiliki Gizi dan Nutrisi yang bayak

Banyak para koki atau bahkan para pecinta kuliner sudah mengetahui bahwa kambing ini memiliki banyak sekali gizi dan nutrisinya. Untuk Daging Kambing ini sendiri juga mengandung protein, lemak dan kelori yang tinggi yang baik untuk kesehatan jika di konsumsi dengan kadar yang benar. Ingat daging kambing juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan.

Selain dagingnya kalian juga bisa menfaatkan untuk mengambil susu kambing karena beberapa masyarakat juga mengkonsumsi susu kambing ini. Khususnya yang pada alergi pada susu sapi maka susu kambing sebagai alternatifnya.

Susu Kambing ini memiliki hampir sama setara dengan ASI atau air susu ibu karena alergi susu sapi. Kandungan gizinya mengandung air, energi, lemak, serta kalsium yang tinggi, magnesium, Vitamin A dan B12 lebih tinggi dari pada sapi dan setara ASI.

Untuk kalian yang memang berminat menjalankan bisnis untuk memproduksi susu kambing kalian bisa memiliki ternak kambing jenis ETAWA atau seperti gambar di bawah ini.

Jenis Kambing Etawa

Baca juga : Tips Beternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Usia Panen yang terbilang cepat

Kambing juga merupakan hewan yang cepat sekali di panen tapi harus diperhatikan cara merawat dan memeliharanya dengan baik. Untuk di pedesaan mungkin akan lebih mudah karena tinggal di biarkan atau di lepas dihalaman luat untuk mengkonsumsi rumput liat dan sebagainya.

Tidak banyak makan waktu untuk kambing berkembang biar. Contoh dari 5 Ekor kambing dengan 2 jantan dan 3 betina dalam 1 tahun kalian bisa mendapatkan kurang lebih 25 ekor kambing. Nah untuk keuntungan kambing pun rata rata di hitung pertahunnya untuk di panen.

Ternak Kambing Banyak dicari oleh industri Kuliner

Ternak Kambing Banyak dicari oleh industri Kuliner

Dari jaman dulu hingga jaman yang modern ini, Kambing merupakan daging yang sangat populer sekali di kalangan tertentu. Apalagi daging kambing ini merupakan anjuran daging yang  dikonsumsi oleh agama terbesar di Indonesia ini.

Karena hal diatas maka Daging kambing menjadi bahan yang tetap konsisten dari waktu ke waktu tidak pernah turun. Berbagai macam restoran besar atau warung kecil selalu ramai di kunjungi jika menjual olahan daging kambing ini.

Untuk Rasa Daging Kambing juga diolah dari berbagai macam jenis olahan membuat daging kambing ini tidak akan bosan jika di konsumsi. Dari berbetuk soup hingga bakaran tetap daging kambing ini memiliki cita rasa yang spektakuler.

Perlu anda ketahui juga jika ingin mengkonsumsi daging kaming kalian juga harus makan buah-buahan dulu yah. Mengapa begitu? Daging kambing ternyata memiliki kandungan kolesterol dan lemak cukup tinggi. Permintaan pasar terhadap daing kambing juga sesuai dengan kebutuhan daging yang mendaung protein yang sesuai dengan tubuh.

Sebaliknya untuk susu kambing juga sudah meningkat permintaan nya karena memang susu tersebut sangat berhasiat. Maka dari itu bisnis ternak kambing ini sangat menjanjikan sekali jika kalin tekuni dengan benar dan serius.

Memilih Jenis Kambing yang cocok

Taukah anda Jumlah kambing gibas dan domba potong ternyata di ekspor ke malaysia sebanyak 2100 ekor atau sebesar Rp. 3.78 Milliar. Ekspor tersebut dilakukan karena produksi kambing di indonesia meningkat dan mencapai 124.842 ton di tahun 2017. sedangkan untuk kebutuhan nasional atau dalam negeri hanya 13.572 ton.

Nah mendengar hal tersebut bukankah ini peluang bisnis Ternak Kambing anda go Internasional ? menakjubkan bukan ?. Masi Ragu ? Anda bisa juga kok memilih berbagai jenis kambing sebelum mengawali rencana usaha bisnis ternak kambing ini.

Lantas Jenis kambing apa yang populer di kalangan masyarakat indonesia untuk di ternak ? kita simak berikut ini

Jenis Kambing Etawa

Jenis Kambing Etawa

Baca juga : Cara Ternak Kambing Etawa Tanpa Ngarit

Kambing Etawa atau Jamnapari ini rata2 memiliki fisik diantaranya berbadan besar. Tinggi untuk seorang jantannya bisa 90cm hingga 130cm. sedangkan untuk betina nya 92com saja. Untuk bobotnya sekitaran 91 kg jantan dan 63 kg betina.

Telinga panjang terurai kebawah dengan dahi dan hidung terlihat cembung serta tanduknya yang pendek. Kambing ini memang sudah terkenal untuk di konsumsi susuntya karena sehari dia bisa menghasilkan 3 Liter Susu. Beberapa industri kuliner juga sering menggunakan daging nya sebagai olahan bahan dasar menu kambing.

Jenis Peranakan Kambing Etawa

Jenis Peranakan Kambing Etawa

Untuk jenis kambing etawa ini sangatlah cocok untuk di ternak karena memang daya tahan tubuhnya yang bagus. Untuk kambing ini juga sangat mudah untuk beradaptasi dengan baik.

Jenis kambing ini juga sangat lincah sehingga disebut kambing lokal karena merupakan hasil kawin silang antara kambing etawa dengan kambing kacang lokal. Ciri-ciri kambing peranakan Etawa ini adalah bulu yang belang antara etawa dan kambing kacang.  Bobot mencapai 91 kg untuk jangan dan betina 63 kg. untuk betuk dahi,hidung dan tanduk sama seperti kambing etawa umumnya.

Jenis Kambing Gibas

Jenis Kambing Gibas

Untuk jenis kambing ini merupakan jenis kambing yang sangat banyak sekali di ternak di masyarakat indonesia. Wajar saja kambing Gibas ini sampai di ekspor dalam jumlah besar. Untuk ciri-cirinya adalah memiliki fisik tubuh yang bulat dan berbulu tebal di punggungnya.

Tentukan Suskes Bisnis Ternak Kambing Sekarang Juga

Jika anda sudah menetapkan jenis kambing apa yang ingin anda ternak, pastinya kalian memiliki konsep dan gambarannya. Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk anda pelajari agar sukses.

Kumpulkan Modal untuk perencanaan Awal

Untuk perencanaan awal kalian harus menentukan anggaran berapa saja yang harus disiapkan. Selain itu kalian juga harus menyiapkan jaringan dan modal sosial agar hasil ternak anda bisa segera laris manis. Kalian bisa kunjungi restoran atau warung yang menyediakan berbagai macam menu makananan dengan olahan daging kambing. Bisa juga menjual ke pedagang pasar.

Jika kalian suda memiliki aspek permodalan tersebut saya katakan kalian siap untuk menjalankan Bisnis Ternak kambing yang menggiurkan ini.

Membangun Kandang untuk Bisnis Ternak Kambing

Berbicara kandang atau tempat anda memelihara kambing ini merupakan hal yang cukup dibilang mudah. Sistem dari kandang akambingini memiliki desain yang cukup sederhana tanpa memakan waktu yang lama. Karena Kambing juga bisa bebas untuk digembalakan.

Berbeda hal dengan kandang yang dedesain secara modern karena cocok diterapkan di lahan yang tidak begitu luas. Untuk kandang ini kalian juga harus mengatur jarak antara kandang kambing dengan rumah agar tidak terganggu aktivitas dalam rumah tangga anda sendiri.

Membangun Kandang untuk Bisnis Ternak Kambing

Baca juga : Cara Ternak Kambing Modern Dengan Mudah

Kalian cukup membuat sebuah kandang berupa rumah panggung yang ketinggian kolongnya mencapat 1 Meter dan di bawah kolong tersebut dipasang terpal yang dapat menampung kotoran dari kambing yang anda ternak. Untuk besar dan kecilnya kandang tersebut kalian juga harus mencocokan dengan jumlah kambing yang ingin anda ternakan.

Pemilihan Bibit Kambing Yang berkualitas

Bibit kambing yang berkualitas memiliki ciri dengan umur 8 sampai 12 bulan dengan ukuran normal dan bulunya bersih dan mengkilap. Garis pinggan dengan garing punggung harus lurus. Pilih yang sehat, tidak cacat, tidak buta hidung dan anus bersih. Itu merupakan Salah satu dasar Ternak Berkualitas.

Memilih Makanan Yang Cocok dan berkualitas untuk kambing

Umumnya kambing ini memakanan tanaman hijau seperti rumut atau daun daunan yang ada di alam liar. Nah untuk makanan kambing kalian cari Daun Legume dan rumput yang sebaiknya dijemur dulu di bawah terik matahari sekitar 2-3 jam.

Untuk makanan di atas rasanya kurang maksimal untuk pertumbuhan dan perkembangan kambing yang anda ternak tersebut.

Tambahkan makanan lain seperti bekatul, ampas tahu, dan ketela pohon yang dicacah terlebih dahulu. Konsentrat ini sangat bermanfaat untuk penggemukan kambing ternak anda dan kaya akan nutrisi, gizi, serta vitamin.

Tapi bukan berarti makanan rerumputan hijau itu tidak diberikan karena pencernaan kambing tersebut akan lebih lancar jika memakan makanan rumput hijau atau tanaman hijau lainnya.

Untuk pemberian makan yang rutin dan berkualitas merupakan salah satu kunci sukses dari Bisnis Ternak Kambing. Kalian akan melihat hasilnya yang maksimal jika kalian sudah panen dengan cara pemberian makan yang baik dan teratur.

Untuk info tambahan kalian juga bisa memberikan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh agar bisa mengurangi bau dari kotoran kambing tersebut.

Panen Hasil Bisnis Ternak kambing

Untuk usia Panen kambing itu sendiri memiliki waktu 8 s/d 12 bulan ketika dia menginjak masa dewasa. Panen kambing memang dilakukan hanya setahun sekali. usahakan masa panen kambing pertahun sesuai dengan hari raya idul dha agar keuntungan kalian lebih maksimal.

Perhitungkan Keuntungan Dari Bisnis Ternak Kambing

Perencanaan awal atau menghitung keuangan untuk segala jenis usaha memang sangatlah diperlukan agar kalian bisa memprediksikan semuanya untuk keuntungan. Untuk jenis Bisnis Ternak Kambing ini pun juga sama memerlukan perhitungan matang kalau tidak kalian akan merugi.

Kalian sendiri juga harus mengetahui harga jual yang ada dipasaran. Sangat di sarankan untuk menjual hasil bisnis ternak kambing ini pada menjelang hari raya idul adha agar keuntungan kalian berlipat. Sekiranya informasi yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk anda yang baru saja ingin belajar atau teratarik di dunia Bisni Ternak Kambing ini.

Jika tidak keberatan segeralah share pengetahuan ini kepada saudara atau rekan anda agar saling berbagi. Terima Kasih.

Related Post

  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Pos-pos Terbaru