Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

Belajar Beternak – Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah. Untuk itulah di informasi yang kali ini saya bahas akan saya bagaimana cara untuk melakukan budidaya ikan gurame dengan menggunakan media kolam terpal dilahan sempit.

Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

Melakukan usaha budidaya ikan gurame tentu bukan hanya bisa dilakukan jika anda memiliki modal yang besar saja. Usaha budidaya ikan gurame tentu juga bisa anda lakukan dengan menggunakan modal secukupnya dan bahkan dilahan sempit juga bisa anda jalani. Dan usaha budidaya ikan gurame juga bisa anda lakukan sendiri atau mengajak teman anda untuk bekerja sama untuk memulai bisnis kecil kecilan tersebut.

Pada aspek bisnis, tentu jenis ikan air tawar ini sangat menarik karena harga jualnya memang cukup tinggi dan relatif stabil jika dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya. Selain itu, permintaan konsumen juga memang masih sangat tinggi, sehingga tidak banyak kekhawatiran bagi para pembudidaya dari segi pesaing. Untuk itulah budidaya Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit sangat menguntungkan untuk dilakukan.

Ikan Gurame memiliki bentuk ciri fisik yang khas, yaitu bentuk badan pipih agak panjang dan lebar. Dengan seluruh bagian tubuh tertutup sisik yang kuat dengan tepi agak kasar. Pada bagian mulutnya kecil, miring atau tidak tepat dibawah bibir. Bibir bagian bawah terlihat menyembul sedikit jika dibandingkan dengan bibit bagian atas. Secara visual, tampilan ikan gurame dewasa berbeda dengan ikan gurame muda.

Dasar perbedaan itu dapat diamati dari ukuran tubuh, warna, bentuk kepala dan dahi. Dari perilaku dan segi warna, gurame muda lebih menarik jika dibandingkan dengan gurame dewasa. Habitat asli ikan gurame pada umumnya adalah di perairan tenang dan dalam seperti rawa, situ, waduk atau danau. Baik lah, agar tidak membuang buang waktu langsung saja informasi lengkap tentang bagaimana cara untuk melakukan budidaya atau ternak ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal di lahan sempit.

Cara Membuat Kolam Terpal

Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

Melakukan Budidaya Ikan Gurame memang saat ini sangat banyak sekali jenis pilihan kolam yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal ikan. Model kolam yang sangat sering digunakan oleh para pembudidaya adalah kolam tanah yang memang untuk menggunakan tipe kolam ini kita membutuhkan lahan yang luas serta modal yang memang cukup besar. Dan untuk anda yang memang ingin lebih praktis dan menghemat biaya pembuatan kolam.

Menggunakan kolam jenis terpal tentu merupakan sebuh solusi yang sangat tepat untuk digunakan oleh semua para pembudidaya pemula. Karena memang kita ketahui dengan menggunakan kolam jenis ini kita akan bisa lebih mudah untuk melakukan perawatan ataupun proses pembesaran ikan lebih mudah. Dan berikut adalah cara untuk membuat kolam terpal yang harus anda perhatikan sebelum memulai usaha budidaya ikan gurame.

  1. Ratakan dan bersihkan tanah yang akan digunakan sebagai dasar kolam terpal.
  2. Siapkan besi panjang dengan siku berlubang yang memiliki fungsi sebagai kerangka kolam terpal.
  3. Potong besi dengan ukuran 6,4 dan 1/2 dan kemudian rankai besi hingga tersusun bentuk persegi panjang.
  4. Sebelum terpal di pasang, taburkan sekam padi dengan ketebalan 10 sampai 15 cm pada tanah yang nnatinya akan digunakan sebagai dasar kolam dan kemudian disiram dengan air.
  5. Selanjutnya, pasang terpal pada kerangka besi dengan rapi
  6. Pasang pipa paralon pada dasar kolam untuk pembuangan air. Perkuat sambungan antara paralon dengan terpal.
  7. Cuci kolam dengan menggunakan sabun hingga bersih untuk menghilangkan bau lem atau bahan kimia yang dapat berdampak buruk bagi benih ikan.

Pemilihan Bibit Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

Untuk menentukan keberhasilan dalam melakukan usaha Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal tentu juga berpengaruh dengan pemilihan bibit yang nantinya akan menentukan hasil panen yang kita dapatkan. Agar dapat menghasilkan hasil panen yang sesuai dengan yang kita inginkan, tentu anda harus memilih bibit benih ikan gurame yang memiliki kualitas bagus, unggul dan tidak cacat.

Untuk mendapatkan bibit bitbit benih ikan yang berkualitas, tentu anda bisa mendapatkan bibit yang berkualitas dari para pembudidaya ikan gurame yang memang sudah terkenal memiliki kualitas bibit yang bagus. Dan berikut adalah beberapa ciri ciri bibit unggul yang berkualitas bagus agar dapat menghasilkan Ternak Berkualitas.

  • Pilihlah bibit ikan gurame yang memiliki ukuran yang sama atau seragam
  • Anda bisa perhatikan bentuk fisik benih dan usahakan pilih benih yang sehat dan terhindari dari ikan yang memiliki luka.
  • BIbit ikan gurame yang berkualitas tentu memiliki bentuk yang normal, tidak kaku, dan gerakannya lincah saat ingin di tangkap.

Pemberian Pakan Dan Perawatan

Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

Ikan gurame adalah jenis hewan omnivora yang cenderung herbivora. Pada fase larva, makanan alami ikan gurame berupa caing sutera, rotifer dan infusaria. Tetapi setelah berumur beberapa hari, benih ikan gurame lebih menyukai larva insekta, krustacea dan zooplankton. Setelah berumur beberapa bulan, barulah pakan ikan gurame dapat diganti berupa tumbuhan air lunak seperti daun talas, daun pepaya, daun singkong, daun lamtoro dan jenis daun lainnya.

Apabila kebutuhan pakan ikan gurame tidak mencukupi, ikan gurame tentu bisa memakan bahan organik yang ada di dasar kolam. Jika ingin memberikan pakan ikan gurame tambahan dalam budidaya. Tentu anda bisa memberikannya pakan tambahan berupa dedak, ampas tahu dan bungkil kedelai. Dan untuk pakan alternatif, anda dapat memberikan pakan alternatif tersebut berupa rayap untuk gurame muda dan indukan.

Selain memperhatikan pakan ikan gurame sesuai dengan takaran pakan yang biasa diberikan. Anda juga harus melakukan pemeliharaan, karena ini diperlukan agar ikan gurame tahan terhadap penyakit ataupun hama penyakit. Salah satu hal penting yang harus anda lakukan dalam melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal adalah kegiatan ikan gurame didalam kolam. Karena jika kondisi kolam yang buruk tentu dapat menyebabkan ikan mudah terserang penyakit.

Nah, jika anda suka dengan kuliner daging ikan gureme Pondok Laguna Dengan Menu Gurame Terbang merupakan tempat jajanan yang sangat cocok untuk anda singgahi. Karena disana anda bisa mendapatkan menu makanan olahan dari daging ikan gurame yang sangat unik. Yaitu pondok laguna yang memang mengandalkan menu ikan gurame bagi para pengunjung.

Panen Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

Masa panen atau tahap akhir yang sangat ditunggu tunggu oleh para pembudidaya ikan gurame adalah tahap pemanenan. Dalam memanen ikan gurame sangat tergantung pada ukuran yang memang diminat oleh para konsumen. Pada umumnya panen dilakukan setelah ikan gurame berumur 10 sampai 12 bulan, karena ikan gurame yang berumur 10 bulan memiliki bobot badan sekitar 800 gram 1 kg per ekor. Dan Berikut juga akan saya bahas bagaimana cara panen ikan gurame dengan benar.

  1. Lakukan penangkapan ikan pada pagi hari atau sore hari, agar ikan tidak stres.
  2. Surutkan air sedikit demi sedikit air didalam kolam. Dan anda harus menghindari cara penangkapan yang dapat melukai ikan.
  3. Setelah ditangkap, langsung pindahkan ikan pada drum atau wadah yang berisi air. Lalu anda bisa langsung menjual kepasar ataupun kepada pembeli, karena cara ini dilakukan agar ikan tetap segar sampai ke tangan konsumen.

Dengan adanya cara Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal seperti yang kali ini saya bahas. Tentu akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan solusi dalam melakukan budidaya ikan gurame didalam kolam terpal. Jika memang anda hanya memiliki lahan yang memang tidak terlalu luas, tentu dengan cara seperti yang telah saya bahas ini anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk memulai bisnis kecil kecilan dirumah.

Nah, jika anda ingin mencari informasi tentang cara beternak ataupun cara merawat hewan lainnya yang lebih lengkap. Anda bisa kunjungi Panduan Cara Beternak, karena disana anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi penting yang bisa anda dapatkan disetiap harinya.

Related Post

  • 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah yang mungkin sampai saat ini masih hidup ?. Untuk anda yang memang belum mengetahui ikan ikan apa saja
  • Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes 150x150

    Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes

    Belajar Beternak - Ingin ikan louhan anda menang saat mengikuti kontes ? Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes yang kali ini saya bahas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan bagaimana
  • Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung 150x150

    Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat
  • Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah.
  • Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia

    Belajar Beternak - Apakah anda sudah mengetahui jenis jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia yang ada diseluruh dunia ?. Jika memang anda belum mengetahui ikan hias air tawar apa saja yang
  • Pos-pos Terbaru