Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Belajar Beternak – Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat banyak disukai oleh para konsumen. Karena memang ikan ini memiliki tekstur daging yang lembut dan gurih, maka tidak heran jika ikan ini sangat banyak di minati oleh masyarakat di Indonesia.

Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Ikan kerapu biasanya sangat banyak di jadikan menu utama di restaurant ataupun dirumah makan rumah makan kecil. Ikan kerapu umumnya bisa mencapai berat ratusan kg, seperti yang pernah ditangkap oleh nelayan diperairan Australia dengan berat 275 kg. Berdasarkan hasil penelitian di Indonesia terdapat lebih dari 40 jenis nama ikan kerapu disetiap daerah di Indonesia, yaitu disebut dengan ikan sunu, ikan lodi, dan tentu masih banyak lainnya.

Kerapu merupakan ikan demersal yang sangat suka hidup di perairan karang diantara celah celah karang atau didalam gua di dasar perairan. Ikan ini tergolong jenis karnivora yang kurang aktif, ikan ini relatif lebih mudah untuk di buidayakan karena memiliki daya adaptasi yang sangat tinggi. Tidak heran jika sangat banyak para pembudidaya saat ini banyak yang Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung.

Karena memang untuk memenuhi permintaan akan ikan kerapu di pasar yang terus meningkat. Membuat para nelayan terus berfikir bagaimana caranya agar dapat memenuhi kebutuhan di pasar tetapi hanya membutuhkan waktu yang begitu cepat. Salah satu solusi yang sangat tepat adalah dengan membudidayakan ikan kerapu dengan menggunakan kolam tipe keramba jaring apung. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang bagimana cara untuk melakukan budidaya ikan kerapu dengan menggunakan keramba jaring apung.

Pemilihan Bibit Ikan Kerapu

Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Memilih bibit atau benih ikan kerapu untuk dijadikan budidaya tentu haruslah benih atau bibit yang memang berkualitas dan merupakan bibit atau benih yang didapatkan dari para pembudidaya ikan kerapu yang sudah terkenal memiliki kualitas benih yang bagus. Berikut adalah cara untuk memilih benih ikan kerapu yang baik  untuk di budidayakan dikolam keramba jaring apung.

  • Ukuran seragam atau memiliki ukuran yang sama.
  • Bebas dari penyakit yang merugikan.
  • Lincah saat ingin di tangkap dan memiliki gerakan tenang saat berenang.
  • Respon pada pakan yang diberikan.
  • Mata terang dan sirip lengkap serta tidak memiliki cacat di tubuhnya.

Penebaran Dan Pendederan Benih Ikan Kerapu

Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Setelah anda membeli dan memilih benih yang berkualitas untuk di budidayakan. Sebelum melakukan penebaran benih kedalam kolam. Tentu anda harus membuat ikan beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan hidup baru mereka. Karena penebaran benih sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup benih atau bibit ikan yang anda pelihara.

Sebelum benih di tebarkan ke kolam pembesaran, tentu perlu diadaptasikan terlebih dahulupada kondisi lingkungan untuk melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung. Bebreapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menebar benih ikan kerapuh adalah sebagai berikut.

  1. Waktu penebaran sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari atau saat cuaca tidak panas.
  2. Sifat kanibalisme yang cenderung meningkat pada kepadatan atau jumlah populasi yang sangat tinggi
  3. Aklimatisasi, terutama pada suhu dan salinitas.

Tahap pendederan bisa anda lakukan pada ikan kerapu yang memiliki ukuran 4 sampai 5 cm dari hasil pembenihan. Dederkan terlebih dahulu dalam jaring nylon berukuran 1,5 x 3 x 3 meter dengan kepadatan kurang lebih 500 ekor. Sebelum kemudian, anda bisa melakukan grading atau pemilihan ukuran dan pergantian jaring. Ukuran jaringnya tetap, hanya saja kepadatan menjadi 250 ekor saja perjaring sampai mencapai ukuran glondongan.

Setelah itu anda bisa memindahkan ikan kerapu kedalam kerambah besar yang di khususkan untuk proses pembesaran ikan yang berukuran 3 x 3 x 3 meter dengan kepadatan sekitar 500 ekor. Dan ikan akan memasuki proses tahap pembesaran sampai mencapai ukuran 500 gram atau sesuai dengan permintaan konsumen ataupun pasar.

Pemberian Pakan Dan Jenis Jenis Hama Ikan Kerapu

Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Biaya pakan untuk melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung tentu merupakan biaya operasional terbesar dalam melakukan budidaya ikan kerapu. Maka dari itu, pemilihan jenis pakan harus benar benar dengan tepat dan mempertimbangkan kualitas nutrisi, selera ikan dan harga pakan tersebut. Untuk anda yang sua melakukan wisata kuliner dan sangat suka dengan nasi uduk. Nasi Uduk Kiko Sari Yang Selalu Ramai Pengunjung tentu merupakan rumah makan yang sangat cocok untuk anda kunjungi.

Pemberian pakan juga harus diusahakan untuk di tebak seluas mungkin, agar setiap ikan mendapatkan asupan pakan yang sesuai dengan kebutuhan. Pada tahap pendederan, pakan bisa diberikan secara adlibitum yang artinya bisa dilakukan sampai ikan kenyang. Sedangkan untuk tahap pembesaran anda bisa memberikan 8 sampai 10 % dari total berat badan perharinya. Dan pemberian pakan juga sebaiknya dilakukan pada waktu pagi dan sore hari.

Dan berikut adalah beberapa jenis hama dan penyakit yang potensial mengganggu ikan kerapu didalam Keramba Jaring Apung

Hama

  1. Ikan Buntal
  2. Burung
  3. Penyu

Penyakit

  1. Serangan parasit seperti parasit crustacea dan flatworm
  2. Penyakit yang disebabkan oleh protozoa seperti cryptocariniasis dan broollynelliasis.
  3. Penyakit jamur atau fungi seperti saprolegniasis dan ichthyosporidosis.
  4. Serangan virus yaitu VNN (Viral Neorotic Nerveus)

Konstruksi Keramba Jaring Apung Ikan Kerapu

Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Membuat kolam sebagai Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung tentu harus membutuhkan konstruksi kolam yang memang harus kokoh. Berikut adalah perlengkapan untuk pembuatan kolam keramba jaring apung yang harus anda persiapkan agar dapat menghasilkan Ternak Berkualitas.

Rakit

Rakit tentu dapat anda buat dari bahan kayu, bambu, besi yang dilapisi anti karat, ukuran bingkai rakit biasanya 6 x 6 m atau 8 x 8 meter.

Pelampung

Untuk dapat mengapungkan 1 unit rakit, diperlukan pelampung yang berasal dari bahan drum bekas ataupun drum plastik bervolume 200 liter, styreofoam dan drum fiberglass. Kemudian pelampung untuk satu untit rakit ukuran 6 x 6 meter yang dibagi 4 bagian diperlukan 8 sampai 9 buang pelampung dan 12 buah pelampung untuk rakit berukuran 8 x 8 meter.Bahan pelampung yang akan digunakan adalah drum plastik volume 200 liter yaitu sebanyak 35 buah. Dan sebelum digunakan anda bisa memasukan sedikit karbit agar dapat mengisi udara didalam pelampung sehingga memiliki daya apung yang lebih bagus.

Pengikat

Bahan pengikat rakit dapat digunakan kawat berdiameter 4 sampai 5 mm atau tali plastik polyethylene. Rakit yang terbuat dari kayu dan besi, pengikatannya bisa menggunakan baut. Untuk mengikat pelampung ke bingkai rakit gunakan tali PE berdiameter 4 sampai 6 mm.

Jangkar

Untuk menahan agar rakit tidak terbawa arus air. Tentu anda juga harus menggunakan jangkar yang terbuat dari besi ataupun semen blok berat dan bentuk jangkar juga harus di sesuaikan dengan kondisi perairan setempat. Kebutuhan jangkar per unit keramba minimal 4 dengan berat 25kg sampai 50 kg yang bisa anda letakan sedemikian rupa sehingga rakit tetap pada posisinya.

Jaring

Jaring yang digunakan untuk melakukan usaha budidaya ikan kerapu dikolam keramba jaring apung sebaiknya terdiri dari 2 bagian sebagai berikut.

  • Kantong jaring luar yang berfungsi sebagai pelindung ikan dari serangan ikan buas dan hewan air lainnya. Ukuran kantong dan lebar mata jaring untuk kantong jaring luar lebih besar dari kantong jaring dalam.
  • Kantong jaring dalam yang berfungsi sebagai tempat memelihara ikan. Ukurannya juga bervariasi dengan pertimbangan banyaknya ikan yang dipelihara dan kemudahan dalam penanganan dan perawatannya.

Pasca Panen Ikan Kerapu

Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

Melakukan panen ikan kerapu tentu ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk menjaga kualitas ikan kerapu tetap bagus. Penentuan waktu panen, peralatan panen, teknik pemanenan dan penanganan masa pasca panen. Untuk menentukan waktu panententu tidak ada patokan, karena untuk panen anda bisa sesuaikan dengan permintaan pasar. Dan jika anda ingin memanen dengan ukuran yang super, biasanya memiliki ukuran 500 gram sampai 1000 gram.

Untuk melakuka panen ikan juga sebaiknya anda lakukan pada pagi atau sore hari sehingga dapat mengurangi stres pada ikan saat cuaca panas. Peralatan yang digunakan untuk memanen ikan kerapu adalah Scoop, keranjang, timbangan, alat tulis, perahu, baik pengangkut dan alat aerasi. Untuk melakukan panen ikan juga anda bisa melakukan panen secara selektif atau panen total dengan menggunakan  cara Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung.

Penanganan pasca panen yang bisa anda lakukan adalah masalah pengangkutan sampai di tempat tujuan. Tentu hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar kesegaran ikan tetap terjaga kesegarannya. Hal ini dilakukan dengan dua cara, yaitu pengangkutan terbuka dan pengangkutan tertutup. Untuk pengangkutan terbuka digunakan untuk jarak yang dekat atau jarak yang memakan waktu maksimal hanya 7 jam saja.

Untuk anda yang selama ini sedang mencari informasi tentang cara untuk melakukan budidaya ikan kerapu dengan menggunakan keramba jaring apung. Tentu dengan adanya informasi yang kali ini saya bahas bisa membantu anda mendapatkan solusi. Atau anda juga bisa mendapatkan informasi penting lainnya di Panduan Cara Beternak, karena disana anda bisa mendapatkan informasi lengkap seputar cara beternak ataupun merawat hewan peliharaan disetiap harinya.

Related Post

  • 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah yang mungkin sampai saat ini masih hidup ?. Untuk anda yang memang belum mengetahui ikan ikan apa saja
  • Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes 150x150

    Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes

    Belajar Beternak - Ingin ikan louhan anda menang saat mengikuti kontes ? Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes yang kali ini saya bahas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan bagaimana
  • Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung 150x150

    Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat
  • Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah.
  • Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia

    Belajar Beternak - Apakah anda sudah mengetahui jenis jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia yang ada diseluruh dunia ?. Jika memang anda belum mengetahui ikan hias air tawar apa saja yang
  • Pos-pos Terbaru