Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Belajar Beternak – Budidaya Ikan Lele menjadi primadonanya bisnis perikanan di Indonesia. Warung makan makin banyak yang menyajikan lele. Supermarket dan pasar tradisional juga menyediakan lele setiap hari. Tidak heran jika saat ini sangat banyak sekali masyarakat di Indonesia yang memilih beternak ikan lele untuk menambah penghasilan mereka dalam berbisnis.

Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Ikan yang satu ini banyak digemari masyarakat. Tidak sedikit para pebisnis ikan yang memilih ikan ini sebagai muara penghasilan sekaligus budidaya. Dewasa ini, banyak peternak ikan lele yang beralih ke jenis ikan Lele Dumbo jenis Sangkuriang. Lele yang satu ini berhasil mencuri hati para pelaku budidaya karena memiliki beberapa keistimewaan.

Tidak hanya para pembudidaya, Para pengusaha kuliner pun mulai banyak yang menggunakan ikan lele sebagai menu makanan dalam bisnisnya. Karena itu tidak heran jika setiap kita mampir ke warung selalu ada saja menu makanan yang berupa ikan lele. Entah lele penyet, lele bakar, atau bahkan lele goreng. Bahkan di beberapa supermarket atau pasar tradisional pun ikan lele selalu ada di dalamnya. Jadi tak perlu khawatir jika kita sedang mencari ikan lele di pasar, pasti akan selalu ada.

Karena begitu terlalu banyaknya masyarakat Indonesia yang sangat menggemari ikan lele. Sehingga saat ini sangat banyak sekali Budidaya Ikan Lele yang berkembang di desa desa agar para konsumen tetap bisa menikmati ikan lele tanpa takut kehabisan stok. Dengan permintaan pasar terhadap ikan lele semakin banyak inilah di manfaatkan oleh para pebisnis ikan di Indonesia semakin banyak.

Tidak heran jika sangat banyak pebisnis yang memilih ikan lele sebagai bisnis sumber penghasilan mereka. Karena memang ikan lele sangat mudah sekali untuk di rawat, terlebih lagi ikan ini ini sangat mudah sekali untuk di jual di pasaran. Karena begitu banyaknya permintaan pasar yang tidak akan pernah ada habisnya.

Untuk memulai binis ternak ikan lele, tentu perlu ada beberapa Cara Beternak Ikan Lele di kolam terpal dengan dengan mudah. Untuk itulah disini saya akan terus memberikan tips cara beternak, dan informasi yang menarik seputar cara beternak dan berbisnis yang bisa membantu kalian agar bisa lebih mudah untuk berbisnis ikan, unggas ataupun yang lainnya.

Berikut akan saya berikan beberapa persiapan untuk Budidaya Ikan Lele dan beberapa langkah yang bisa kalian pahami jika kalian ingin berhasil dalam berbisnis ternak ikan lele.

Persiapan Budidaya Lele

  • Memilih Jenis Ikan Lele
    • Ikan lele yang sangat banyak di gemari oleh masyarakat di Indonesi yaitu adalah jenis lele dumbo atau lele sangkuriang. Banyak yang memilih lele jenis ini karena memang lele jenis ini sangatlah mudah sekali untuk di budidayakan dan perawatannya yang tidak begitu repot.
    • Terlebih lagi ikan lele jenis dumbo atau sangkuriang ini memiliki banyak kelebihan yang sangat di gemari oleh masyarakat.
  • Kelebihan Lele Sangkuriang
    • Produktivitas jenis lele Sangkuriang terbilang sangatlah tinggi.
    • Kualitas daging yang lebih empuk di bandingkan ikan lele jenis lainnya.
    • Lebih tahan terhadap serangan penyakit.
    • Teknik budidayanya pun tidak terlalu sulit, asalkan mau belajar dan menekuninya dengan sabar.

Kolam Pertumbuhan

Memilih jenis kolam yang ingin di gunakan dalam usaha ternak lele memang sangat penting sekali. Karena memang kolam pertumbuhan lele lebih mudah dibuat dari pada membuat kolam untuk perkembangbiakan atau pembenihan. Saat ini sangat banyak sekali masyarakat yang mengaplikasikan kolam terpal.

Karena memang memilih kolam jenis ini adalah solusi bagi mereka yang memiliki lahan yang pas pasan. Hal pertama yang harus di perhatikan adalah kita harus menyiapkan terpal untuk kolam lele nantinya. Langkah selanjutnya kalian bisa menggunakan dasar kolam dengan menggali tanah sesuai dengan ukuran kolam yang ingin kita buat. ” Untuk Pemula Kalian Bisa Mencoba Dengan Kolam Berukuran 5 x 2 Meter Saja.”

Ketika kalian membuat dasar kolam dengan menggali tanah, usahakan gali lah tanah sedalam 70 cm sampai 1 menter. Dan untuk ganlian tanah, usahakan jangan di buang. Karena sisa galian tanah tersebut bisa kalian manfaatkan sebagai tanggul  dibagian bibir kolam dengan ketinggian sekita 30 sampai 50 cm. Hal ini diperlukan agar kolam tidak mudah jebol nantinya saat hujan atau banjir. Mancing Belut

Persiapkan Benih Berkualitas

  • Memilih Benih
    • Memilih benih tentu harus memilih benih yang memiliki ukuran yang seragam alias sama. Contoh jika kalian membeli benih dengan ukuran 6 cm, maka kalian bisa membeli semua benih dengan ukuran yang sama.
    • Ukuran tubuh yang seimbang juga perlu kalian perhatikan. Karena ikan lele yang berkualitas adalah ikan lele yang bentuk tubuh dan kepala yang seimbang.
    • Dan carilah ikan lele yang memiliki gerakan lincah, dengan kata lain, ikan lele yang aktif adalah ikan lele yang berkualitas.
  • Menebar Benih Ikan Lele
    • Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menebak benih lele. Penebaran benih lele memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena jam yang sangat pasa saat penebaran benih adalah pada pagi atau sore hari, hal ini sangat baik dilakukan agar terhindar dari sinar matahari langsung sangat sangat menyengat.

Pemeliharaan Ikan Lele

Dalam Budidaya Ikan Lele tentu ada beberapa hal penting dalam memelihara ikan tersebut. Agar lele yang kita ternak atau budidayakan dapat tumbuh dengan baik sesuai dengan yang kita inginkan. Berikut adalah beberapa hal yang haru kalian perhatikan dalam memelihara ikan lele dengan baik dan benar.

  • Ada dua hal penting yang harus kalian perhatikan dalam pemeliharaan ikan lele, yaitu adalah pengelolaan air dan pemberian pakan terhadap ikan lele.
  • Lebih di sarankan untuk tidak mengganti air di kolam sebelum masa panen tiba. Karena kita harus menjadi ketenangan dan menjaga keasaman air kolam agar ikan tidak stres nantinya.
  • Tambahkan air kolam tetapi dengan syarat bahwa benih ikan lele sudah diberi makan dan lakukan penambahan air secara bertahap.
  • Pada pemberian pakan juga harus ada jadwal atau waktu yang tepat. Berilah ikan lele makan 5 sampai 6 kali sehari dengan jangka waktu sekitar 2 sampai 3 jam.
  • Jika hujan, alangkah baiknya jangan memberikan pakan kepada ikan lele. Karena dapat membuat pencemaran zat asam pada pakan nantinya, tentu pakan yang tercemar dapat mengganggu kesehatan ikan. Sebaiknya tunggu hujan reda barulah lele bisa di berikan pakan.

Pada umumnya, lele akan tumbuh besar kisaran waktu sekitar 2 sampai 3 bulan barulah bisa di panen. Pada saat pasca panen, usahakan gunakan bahan yang licin agar tidak membuat tubuh ikan lele menjadi lecet. Jangan memanen saat lele yang usianya belum cukup umur, Saat pasca panen kalian bisa surutkan terlebih dahulu air yang ada di dalam kolam.

Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal yang kali ini saya bahas tentu bisa membantu untuk kalian pemula jika kalian ingin membuka usaha seperti beternak lele. Karena memang saat ini beternak ikan lele merupakan salah satu solusi alternatif bagi mereka yang memiliki lahan yang tidak begitu besar. Untuk kalian yang ingin mencari informasi tentang Cara Beternak lainnya, tentu kalian bisa kunjungi selalu blog saya di Cara Ternak Ikan Lele agar kalian bisa mencari solusi dalam memulai beternak.

Related Post

  • Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit

    Belajar Beternak - Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit mungkin belum banyak yang melakukannya dan mungkin terdengar sangat asing. Karena memang pada umumnya para pembudidaya ikan
  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

    Belajar Beternak - Tentu ada sebagian besar masyarakat yang tentu belum mengetahui bagaimana Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah. Jika anda ingin memulai ternak atau budidaya ikan sidat
  • Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium 150x150

    Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium

    Belajar Beternak - Mungkin belum banyak yang memelihara ikan koi didalam akuarium. Karena memang belum mengetahui bagaimana Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium. Jika memang anda ingin
  • Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat 150x150

    Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

    Belajar Beternak - Melakukan ternak belut di kolam dengan menggunakan media lumpur tentu sudah sangat banyak dilakukan. Tetapi Cara Ternak Belut Di Air Jenih tentu belum banyak yang mengaplikasikan
  • Cara Merawat Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar 150x150

    Cara Memelihara Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar

    Belajar Beternak - Ikan louhan saat ini sangat banyak di pelihara oleh pecinta ikan hias. Tetapi belum tentu semua mengerti Cara Memelihara Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar yang tentu akan bisa
  • Pos-pos Terbaru