Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Dengan Mudah

Belajar Beternak – Budidaya Ikan Mas di Indonesia saat ini memang sangat banyak dilakoni oleh para peternak. Ikan mas didatangkan ke Indonesia dari Eropa dan Tiongkok. Menurut sejarah, sejak tahun 1860 masyarakat Ciamis, Jawa Barat sudah menguasai cara membenihkan ikan mas dengan bantuan kakaban. Kakaban yaitu suatu alat yang terbuat dari ijuk untuk meletakkan telur hasil pembuatan. Angon Lembu

Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Dengan Mudah

Ikan mas merupakan ikan konsumsi air tawar yang sangat populer di Indonesia. Permintaan terhadap daging ikan mas memang cukup besar jika di bandingkan dengan ikan jenis air tawar lainnya. Budidaya Ikan Mas memang sangat banyak dilakukan masyarakat dengan cara di kolam terpal ataupun kolam permanen seperti kolam tanah ataupun kolam semen.

Ikan mas atau dalam bahasa ilmiahnya yaitu Cyprinus carpio termasuk dalam genus Cyprynidae. Secara fisiologis, ikan mas memiliki badan yang memanjang dan sedikit pipih ke samping, mulut ikan mas terletak di tengah. Memiliki sungut sebagai ciri pokok yang membedakan ikan mas dengan ikan koki.

Di alam aslinya ikan mas tentu hidup di perairan sungai, danau ataupun rawa rawa pada ketinggian 150 sampai 160 m dpl dengan suhu air berkisar 20 derajat hingga 25 derajat celcius. Ikan mas termasuk hewan omnivora atau pemakan segala sehingga di alam makanan ikan mas berupa de daunan. Panduan Cara Beternak

Saat ini tentu memang sangat banyak sekali Budidaya Ikan Mas dengan pembudidayaan dalam kantong jaring apung, kolam air deras, kolam tanah, kolam beton ataupun kolam terpal. Nah, untuk anda yang selama ini ingin memulai ternak ikan mas tetapi bingung ingin memilih mulai beternak dengan menggunakan media apa. Tentu dengan adanya informasi yang kali ini saya bahas anda akan bisa lebih mudah untuk menemukan solusi dalam hal Beternak Ikan Mas.

Persiapan Kolam Ikan Mas

Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Dengan Mudah

Sebelum memulai ternak ikan mas tentu anda harus membersihkan terlebih dahulu kolam dari penyakit dan parasit. Hal yang pertama harus anda lakukan adalah dengan mengeringkan kolam ikan agar penyakit dan parasit dapat mati akibat paparan sinar matahari langsung selama satu haru untuk kolam semen dan 5 sampai 7 hari untuk kolam tanah.

Untuk dapat menambah makanan alami pada kolam, tentu anda dapat mengkultur plankton dengan cara menambah pupuk organik atau pupuk kandang yang sudah matang sebagai makanan plankton. Dosisi pupuk yang bisa anda berikan yaitu antara 1 sampai 2 ton/ha. Setelah diberikan pupuk, anda bisa mengisi kolam dengan air setinggi 15 cm. Jika warna air sudah menjadi hijau yang mengindikasikan bahwa gangang dan plankton sudah tumbuh, anda bisa langsung isi kolam air dengan hingga ketinggian 120cm.

Pembenihan Ikan Mas

Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Dengan Mudah

Dalam pelaksanaan teknik pembenihan ikan mas tentu terdapat beberapa proses yaitu persiapan kolam, seleksi indukan, pemijahan, penetasan telur, pemeliharaan larva dan pemanenan. Untuk memulai usaha Budidaya Ikan Mas, hal yang harus anda perhatikan adalah memilih calon indukan. Info Tempat Liburan

Untuk memilih calon indukan ikan mas usahakan harus memiliki sifat unggul sehingga dapat menghasilkan benih yang memiliki produktivitas yang sangat tinggi. Calon indukan ikan mas bisa anda pelihara dalam kolam pembibitan dan dipisahkan antara indukan jantan dengan indukan betina.

Pemisahan dilakukan sampai kedua indukan siap memijah, proses pemijahan atau perkawinan ikan mas dilakukan di kolam khusus. Kolam tersebut harus dilengkapi dengak kakaban, tempat untuk menempelkan telur hasil pembuahan. Dengan cara seperti ini tentu akan lebih mempermudah anda dalam hal beternak ikan mas.

Pemeliharaan Dan Pembesaran Ikan Mas

Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Dengan Mudah

Benih yang biasanya digunakan dalam usaha Budidaya Ikan Mas biasanya memiliki ukuran 10 sampai 12 cm atau memiliki berat sekitar 80 sampai 100 gram per ekor. Ukuran ini menjadi hal yang sangat penting, karena pada ukuran benih ini berarti ikan mas sudah cukup kuat untuk di besarkan. QJoker Login

Sehingga segara resiko kegagalan bisa dikurangi, lama proses pembesaran ikan mas berlangsung kurang lebih sekitar 2 sampai 3 bulan. Ternak ikan mas tentu bisa dilakukan dengan berbagai macam jenis metode, seperti metode air deras, air tenang dan tumpang sari. Sedangkan untuk media atau tempat untuk budidaya tentu kita bisa menggunakan dari kolam tanah, kolam tembok, kolam terpal, keramba, sawah, jaring apung ataupun kolam jenis lainnya.

Selain hama yang menyerang ikan mas yang harus di hadapi oleh para peternak ikan mas adalah serangan penyakit. Penyakit ikan mas di sebabkan oleh beberapa hal yaitu parasit, kekurangan gizi dan faktor kondisi lingkungan yang buruk. Penularan penyakit terjadi melalui dua cara, yaitu kontak badan dan air.

Penyakit yang menular melalui kontak badan merupakan akibat dari populasi yang terlalu sangat padat. Penularan melalui air disebabkan ada ikan yang terserang penyakit. Penyebab penyakit ikan mas dapat dibedakan menjadi dua yaitu penyakit parasiter dan nonparasiter.

Panen Ikan Mas

Budidaya Ikan Mas Bagi Pemula Dengan Mudah

Secara umum tingkat ke ekonomian pembesaran ikan mas berada pada kisaran 300 sampai 400 gram per ekor. Bobot ikan dibawah itu, tentu masih memiliki potensi untuk di besarkan kembali. Sedangkan jika sudah melebihi bobot tersebut, ikan mas sudah tidak ekonomis lagi untuk di besarkan.

Porsi pakan yang di konsumsi ikan sudah tidak sebanding dengan pertumbuhan dan harga jual ikan. Semakin lama waktu pembesaran semakin besar biaya operasional yang harus dikeluarkan. Biaya pemeliharaan khususnya untuk pakan akan semakin besar dengan meningkatnya bobot ikan per ekor.

Namun hal tersebut masih tergantung dengan kondisi pasar. Jika ada pasar yang ingin menerima ikan mas berukuran besar dengan harga per kilonya mahal, tentu tahap pembesaran masih layak untuk dilakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk Budidaya Ikan Mas dari ukuran 100 gram per ekor. Sampai ukuran siap konsumsi 300 sampai 400 gram ekor sekitar 2 sampai 3 bulan. Dalam kurun waktu tersebut bobot ikan akan mudah untuk tumbuh 3 sampai 4 kali lipat.

Dengan adanya informasi yang kali ini saya bahas tentu anda akan bisa lebih mudah untuk mengerti bagaimana cara untuk memulai ternak ikan mas dengan lebih mudah. Dan untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lengkap tentang Cara Beternak, tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini disetiap harinya.

Related Post

  • Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit

    Belajar Beternak - Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit mungkin belum banyak yang melakukannya dan mungkin terdengar sangat asing. Karena memang pada umumnya para pembudidaya ikan
  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

    Belajar Beternak - Tentu ada sebagian besar masyarakat yang tentu belum mengetahui bagaimana Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah. Jika anda ingin memulai ternak atau budidaya ikan sidat
  • Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium 150x150

    Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium

    Belajar Beternak - Mungkin belum banyak yang memelihara ikan koi didalam akuarium. Karena memang belum mengetahui bagaimana Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium. Jika memang anda ingin
  • Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat 150x150

    Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

    Belajar Beternak - Melakukan ternak belut di kolam dengan menggunakan media lumpur tentu sudah sangat banyak dilakukan. Tetapi Cara Ternak Belut Di Air Jenih tentu belum banyak yang mengaplikasikan
  • Cara Merawat Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar 150x150

    Cara Memelihara Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar

    Belajar Beternak - Ikan louhan saat ini sangat banyak di pelihara oleh pecinta ikan hias. Tetapi belum tentu semua mengerti Cara Memelihara Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar yang tentu akan bisa
  • Pos-pos Terbaru