Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Belajar Beternak – Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif tentu belum banyak dilakukan oleh para peternak di Indonesia. Karena memang banyak para peternak yang melakukan ternak dengan cara tradisional. Tetapi melalui informasi yang kali ini saya bahas akan saya berikan informasi tentang ternak ayam kampung dengan cara intensif. Angon Lembu

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Ayam kampung merupakan jenis ayam buras yang memang sudah sangat banyak di ternak oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi saat ini belum banyak yang melakukan ternak ayam dengan cara intensif. Kebanyakan dari masyarakat yang memelihara atau beternak dengan cara tradisional.

Tetapi saat ini Cara Beternak Ayam Kampung sudah bisa dilakukan dengan cara intensif. Untuk anda yang memang belum mengetahui bagaimana caranya. Berikut akan saya bahas dengan lengkap beberapa cara ataupun panduannya. Ayam kampung di Indonesia sendiri pada umumnya di ternak hanya sebagai usaha sampingan saja.

Disetiap desa atau kampung bahkan setiap rumah tentu memelihara ayam buras dengan cara dibiarkan hidup liar dan mencari makan sendiri. Dan akan dimasukan kedalam kandang hanya pada malam hari saja, dan pemberian pakan juga tidak dilakukan secara rutin, ayam diberikan pakan hanya jika ada sisa nasi atau makanan lainnya.

Tentu masyarakat di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan jenis ayam yang satu ini. Karena memang jenis ternak unggas yang satu ini telah tersebar diseluruh pelosok nusantara. Ayam kampung juga  sangat mudah ditemukan di pedesaan, semenjak dilakukan program pengembangan, pemurnian dan pemuliaan beberapa ayam lokal unggul, tentu saat ini dikenal ada beberap ras unggul ayam kampung.

Untuk membedakannya kini dikenal dengan istilah ayam buras yaitu ayam bukan ras. Para peternak ayam kampung tentu memiliki peranan dalam hal mencukupi kebutuhan pasar tentang daging ayam kampung. Karena memang dengan Cara Beternak Ayam Kampung dengan menggunakan cara intensif akan bisa lebih mendorong jumlah pasokan daging ayam kampung ke pasar lebih cepat.

Belakangan ini beternak ayam kampung memang sudah sangat banyak yang menjalaninya. Seiring meningkatnya permintaan daging ayam kampung ataupun telur ayam kampung. Ternak ayam kampung dengan cara intensif adalah cara alternatif bagai para peternak yang emmang ingin mendapatkan penghasilan yang besar. QJoker Login

Lokasi Dan Pembuatan Kandang

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Dalam melakukan ternak ayam, menentukan lokasi kandang dan konstruksi pembuatan kandang tentu harus diperhatikan. Karena memang membuat kandang untuk memulai beternak ayam kampung harus jauh dari permukiman warga, jalan besar dan pabrik. Kandang ayam tentu harus layak untuk di huni oleh ternak dan harus kuat dan kokoh.

  • Letak kandang tidak terlalu dekat dengan rumah atau permukiman.
  • Kandang tidak lembab dan selalu dalam kondisi kering.
  • Kandang dibuat menghadap ke arah timur, agar sinar matahari pagi dapat langsung masuk kedalam kandang
  • Kandang harus memiliki ventilasi agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.
  • Pilih lokasi yang agak terlindung dari hembusan angin kencang.
  • Usahakan agr kandang harus selalu dibersihkan, karena kebersihan kandang adalah cara untuk menghindari adanya penyakit ataupun bibit penyakit yang bisa menyerang ayam.
  • Jumlah ternak atau ayam harus disesuaikan dengan ukuran kandang, dan usahakan jangan sampai kandang terlalu sempit.

Pemilihan DOC Berkualitas

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Keberhasilan dalam beternak ayam tentu sangat dipengaruhi oleh kualitas DOC tersebut. Menurut para peternak, memilih DOC sebelum diternakkan . Dalam memilih bibit ayam kampung yang berkualitas tentu harus memiliki ciri ciri yang bagus, melalui informasi Cara Beternak Ayam Kampung yang kali ini saya bahas saya juga akan memberikan cara memilih bibit berkualitas. Info Tempat Liburan

  1. Bentuk tubuh DOC yang berkualitas harus sehat dan utuh (tidak cacat) hal ini bisa diketahui dengan tidak adanya cacat dibagian kaki, sayap, leher dan dibagian lainnya.
  2. Memiliki otot yang kuat serta gempal pada bagian dada dan paha juga bisa menjadi tanda bahwa ayam tersebut adalah ayam yang unggul, tangguh dan kuat. Cara ini dilakukan agar anda mendapatkan bibit ayam yang kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  3. Cara mengetahui bibit tersebut sehat, anda bisa melihat pada bagian matanya. Apakah matanya bersinar, cerah, rajam atau tidak. Dan dilihat dari susunan bulunya tentu anda bisa melihatnya rapi atau tidak.
  4. Ukuran badan yang sedang sehingga bibit ini bisa melakukan gerakan yang gesit ketika di tangkap akan melakukan perlawanan atau memberontak.

Pemberian Pakan Dan Perawatan Ayam

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Pemberian pakan pada sistem secara intensif diberikan secara teratur dengan kandungan nutrisi yang sudah di sesuaikan perhitungannya terhadap kebutuhan nutrisi untuk ayam. Dengan kebutuhan nutrisi yang cukup tentu mampu membantu ayam untuk menunjukan performa terbaiknya dalam berproduksi.

Tentu dengan cara pemberian pakan secara teratur akan memberikan keuntungan yang lebih bagi para peternak ayam kampung. Karena pemeliharaan yang dilakukan dengan cara intensif, tentu para peternak akan bisa lebih mudah untuk mengetahui kapan pergantian untuk indukan betina yang sudah mengalami penurunan produksi.

Indukan ayam kampung betina akan mengalami penurunan produksi setelah berusia 1,5 tahun keatas. Untuk dapat memaksimalkan keuntungan, peternak akan melakukan pergantian indukan dengan indukan yang baru. Mengubah pola pemeliharaan ayam secara tradisional menjadi pola pemeliharaan secara intensif akan meningkat kemampuan produksi ayam kampung. Panduan Cara Beternak

Pengendalian Penyakit Dan Panen Ayam Kampung

Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Meskipun ayam kampung memiliki daya tahan tubuh yang bisa dibilang sangat baik dan berbeda dengan ayam broiler ataupun jenis ayam lainnya. Namun tidak mungkin ternak yang selama kita pelihara tidak akan terserang penyakit. Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ayam kampung antara lain adalah penyakit tetelo (ND) penyakit gumboro, penyakit cacing ayam, berak kapur dan berak darah. Berikut adalah Cara Beternak Ayam Kampung dan pencegahan serangan penyakit ayam kampung.

  1. Menjaga kebersihan kandang dan linkungan umbaran
  2. Sanitasi kandang yan baik
  3. Membuat kandang pada lokasi yang cukup mendapatkan sinar matahari pagi
  4. Memberikan vitamin dan antibiotik pada masa awal pertumbuhan agar anak ayam memiliki daya tahan tubuh yang baik.
  5. Tidak memberikan sisa makanan yang sudah basi apalagi membusuk
  6. Melakukan vaksinasi secara teratur dan memberikan pakan yang kaya akan gizi dan vitamin

Untuk masa panen, tentu ayam buras tidak memiliki batas waktu ataupun umur. Karena ayam kampung bisa dipanen sesuai dengan permintaan pasar ataupun perorangan yang membutuhkannya. Tetapi akan lebih menguntungkan jika anda menjualnya pada saat masa lebaran tiba. Karena pada saat itu harga ayam kampung harganya sangat menguntungkan untuk dijual.

Bagi anda yang selama ini sedang mencari informasi yang tentu bisa membantu anda. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog Panduan Belajar Beternak saya ini agar anda bisa mendapatkan pengetahuan lebih disetiap harinya. Karena disini tentu sangat banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan disetiap harinya.

Related Post

  • Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia 150x150

    Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia

    Belajar Beternak - Ada berapa sih Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia yang memang berasal dari Indonesia bagian Timur ?, Pulau Pulau selat Tores, Papua Nugini, hingga Australia Timur.
  • Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes 150x150

    Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

    Belajar Beternak - Bingung bagiamana Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes agar dapat tampil maksimal ?. Bagi kebanyakan para pecinta burung kicau, tentu memiliki burung yang memiliki suara
  • Ayam Aduan Termahal, Harganya Bisa Beli Rumah 150x150

    Ayam Aduan Termahal, Harganya Bisa Beli Rumah ?

    Belajar Beternak - Sudah mengetahui Ayam Aduan Termahal itu apa saja ?. Hobi setiap orang tentunya berbeda beda, ada yang hobi memelihara hewan reptil, hewan buas sampai hewan langka sekalipun. Tentu
  • Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor 150x150

    Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor

    Belajar Beternak - Bagaimana sih cara Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor dengan maksimal ?. Tentu banyak para kicau mania yang memang ada yang belum mengerti bagaimana cara untuk
  • Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor 150x150

    Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

    Belajar Beternak - Melakukan usaha ternak bebek pedaging ataupun bebek petelur, tentu anda harus mengetahui Analisa Usaha Ternak Bebek. Karena memang mengetahui analisa usaha terlebih dahulu
  • Pos-pos Terbaru