Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

Belajar Beternak – Tentu ada sebagian besar masyarakat yang tentu belum mengetahui bagaimana Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah. Jika anda ingin memulai ternak atau budidaya ikan sidat tetapi masih belum mengetahui caranya. Anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya bahas untuk anda. Gunting Kiu Kiu

Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

Melakukan budidaya ikan sidat sebenarnya tidak terlalu jauh jika dibandingkan beternak ikan jenis lainnya. Melakukan ternak ikan sidat anda hanya perlu memahami perbedaan ikan sidat, ikan sidat memang merupakan salah satu jenis ikan yang sangat kurang suka dengan banyak cahaya. Ikan sidat akan berenang kedasar kolam saat matahari terik.

Tentu itu adalah tantangan menarik untuk para pembudidaya ikan sidat yang harus dilalui. Karena para peternak dituntut harus lebih kreatif untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk ikan sidat. Karena memang lingkungan yang baik tentu akan mempengaruhi pertumbuhan pada ikan sidat yang telah kita pelihara.

Sebelum anda memulai ternak atau budidaya ikan sidat. Tentu ada beberapa hal yang harus anda ketahui, untuk itulah melalui informasi yang kali ini saya bahas tentang Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah bisa memudahkan anda untuk lebih mudah menemukan solusi dalam melakukan budidaya ikan sidat.

Persiapan Kolam Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

Persiapan kolam merupakan salah satu hal yang juga sangat penting untuk anda siapkan terlebih dahulu agar anda bisa mendapatkan hasil maksimal saat melakukan budidaya ternak sidat. Dan untuk kolam budidaya ikan sidat tentu ada beberapa jenis macam kolam yang sangat populer digunakan pada budidaya ikan sidat. Berikut adalah Cara Budidaya Ikan Sidat didalam 2 jenis kolam yang harus anda perhatikan. Panduan Cara Beternak

Kolam Beton

  • Jika anda ingin budidaya sidat dengan menggunakan kolam beton, maka anda bisa mempersiapkan kolam beton yang berukuran 2 meter dan lebar 2 meter dengan ketinggian 0,8 meter, dan anda bisa mengisi air setinggi 0,4 meter.

Kolam Terpal

  • Sebelum membuat kolam terpal, tentu anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu kerangka kolam dengan menggunakan besi ataupun kayu. Untuk sisinya anda bisa membuat pagar dari bambu atau kayu, letakkan alas sebelum memasang terpal. Untuk alas anda bisa menggunakan sekam padi ataupun karpet, yang sangat penting hindari alas dari benda benda tajam.

Pemilihan Bibit Dan Penyebaran Bibit

Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

Dalam melakukan budidaya ternak ikan sidat, memilih benih tentu harus yang memiliki kualitas yang bagus, sehat, tidak cacat dan memiliki berat badan yang ideal. Pemilihan bibit sidat untuk ditebar didalam kolam terpal minimal memiliki berat 80 sampai 150 gram, untuk setiap 5 sampai 6 liter air berukuran 1 meter persegi dibutuhkan 4 sampai 5 ekor.

Benih ikan sidat yang sehat tentu memiliki ciri kulit yang halus, licin dan jika melihat dari pergerakan dari bibit tersebut. Jika diletakkan di emer pergerakannya lincah tentu bibit merupakan bibit yang sehat yang tentu akan sangat berpengaruh dalam melakukan budidaya ternak ikan sidat yang anda lakukan.

Pemberian Pakan Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

Masa pembesaran ikan sidat agar bisa mencapai bobot yang siap untuk di panen umumnya kurang lebih 7 sampai 8 bulan. Dalam proses ini tentu jenis pakan yang harus anda berikan haruslah yang memiliki kualitas gizi ataupun nutrisi yang baik bagi ikan sidat. Pakan ikan sidat berupa pelet dan pakan campuran, pakan campuran bisa berupa campuran udang, psp dan indofeed di campurkan dengan vitamin c dan cmc. Info Tempat Liburan

Dan untuk memberikannya tentu dengan perbandingan 10% : 45% : 45%. Pada pemberian pakan ini sebaiknya anda bisa melakukannya pada pukul 10 pagi sebanyak 40% dan malam hari bisa anda berikan pada pukul 8 malam sebanyak 60%. Dan disetiap minggunya anda bisa mengamati bobot ikan sidat. Tentu Cara Budidaya Ikan Sidat yang saya berikan ini bisa membantu untuk menormalkan semua bobot sidat agar lebih seragam.

Tujuannya adalah untuk mengamati pertumbuhan ikan sidat, untuk melakukan pengamatan anda bisa mengambil 5% ikan sidat sebagai sampel untuk di mengamati bobot ikan sidat. Jadi jika bobotnya kurang dari yang anda inginkan, tentu anda bisa mengejar ketertinggalan bobot ikan sidat di minggu berikutnya.

Panen Ikan Sidat

Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

Ukuran ikan sidat yang sia untuk di panen umumnya memiliki ukuran sekitar 180 sampai 200 gram per ekor. Ikan sidat pada ukuran tersebut tentu telah siap untuk di panen dan dipasarkan di pasar lokal ataupun juga bisa di ekspor keluar negeri seperti Jepang, Thailand, Vietnam, Korea, ataupun ke negara negara lain yang memang membutuhkan pasokan ikan sidat yang lebih banyak.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan pemanenan ikan sidat yang bisa anda lakukan.

  1. Sehari sebelum dipanen, anda tidak perlu memberikan makan, saat ketika akan di panen anda bisa memberikannya makan, ketika ikan sidat berebut makan tentu anda akan bisa lebih mudah untuk menangkap ikan sidat dengan jaring.
  2. Keringkan kolam dan giring ke kolam bak penampungan.
  3. Pisahkan ikan sidat yang memiliki ukuran standar. Karena tentu akan ada ikan sidat yang pertumbuhannya cepat dan ada juga yang pertumbuhannya lambat.
  4. Letakkan pada bak atau penampungan yang berisi air dangkal yang telah di lengkapi dengan aerator.

Dengan cara seperti diatas tentu anda akan bisa lebih mudah dalam hal memanen ikan sidat. Melalui informasi yang kali ini saya bahas tentang Cara Budidaya Ikan Sidat tentu akan membantu anda untuk menemukan solusi yang tepat untuk anda lakukan. Jika anda ingin mencari informasi lebih lengkap tentang Panduan Belajar Beternak, tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini disetiap harinya.

Related Post

  • Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit

    Belajar Beternak - Budidaya Ikan Betok Dirumah Dengan Lahan Sempit mungkin belum banyak yang melakukannya dan mungkin terdengar sangat asing. Karena memang pada umumnya para pembudidaya ikan
  • Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah

    Belajar Beternak - Tentu ada sebagian besar masyarakat yang tentu belum mengetahui bagaimana Cara Budidaya Ikan Sidat Dirumah Dengan Mudah. Jika anda ingin memulai ternak atau budidaya ikan sidat
  • Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium 150x150

    Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium

    Belajar Beternak - Mungkin belum banyak yang memelihara ikan koi didalam akuarium. Karena memang belum mengetahui bagaimana Cara Memelihara Ikan Koi Di Dalam Akuarium. Jika memang anda ingin
  • Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat 150x150

    Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

    Belajar Beternak - Melakukan ternak belut di kolam dengan menggunakan media lumpur tentu sudah sangat banyak dilakukan. Tetapi Cara Ternak Belut Di Air Jenih tentu belum banyak yang mengaplikasikan
  • Cara Merawat Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar 150x150

    Cara Memelihara Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar

    Belajar Beternak - Ikan louhan saat ini sangat banyak di pelihara oleh pecinta ikan hias. Tetapi belum tentu semua mengerti Cara Memelihara Ikan Louhan Di Akuarium Dengan Benar yang tentu akan bisa
  • Pos-pos Terbaru