Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

Belajar Beternak – Mau ikut kontes balap merpati tetapi belum mengerti bagaimana Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara ?. Lomba merpati balap kini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Maka tidak heran jika sebagin ada yang melatih burung merpati untuk dijadikan burung balap. Tapi masih ada saja yang bingung bagaimana cara untuk melatih merpati balap agar menjadi juara.

Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

Salah satu kunci uama agar burung merpati yang ingin anda ikuti lomba mau hinggap pada pasangannya tentu harus sudah giring keket atau birahi. Periode birahi biasanya mengalami siklus naik setelah sehari paska bertelur yang kedua. Untuk melatih agar burung merpati balap mempu memenangkan juara.

Tentu jangan memaksakan untuk melatih burung merpati jika belum keket, karena akan memungkinkan burung pejantan akan terbang menghilang. Untuk mempercepat proses giring, tentu anda bsa menggunakan obat atau jamu yang dijual di pasar atau di toko burung yang menjual dengan harga sekitar 20 ribu.

Setelah burung memiliki tanda giring, anda bisa melepaskan pejantan dari kandang dan biarkan berkeliaran disekitar burung merpati betina. Waktu yang sangat tepat untuk membebeaskan pejantan adalah sekitar pukul 09.00 WIB hingga 11.00 WIB. Cuaca yang masih hangat akan semakin mempercepat proses giring.

Sembari membiarkan burung merpati jantan dilepas, anda bisa mendekatkan juga burung merpati betina dengan pejantan lain agar merpati jantan tersebut semakin cemburu. Kepakan sayap burung betina beberapa kali untuk menggoda pejantan, lakukan hal tersebut selama 5 hari terus menerus dengan frekuensi 4 kali sehari.

Dan anda juga bisa mengembangkan sayap burung betina dan sodorkan ketiak betina diatas kepala pejantan. Nah, pada artikel yang kali ini saya bahas akan saya bahas informasi mengenai bagaimana Cara Melatih Merpati Balap agar menjadi juara. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap bagiamana caranya agar merpati yang anda latih bisa menjadi juara.

Memilih Tempat Latihan Yang Strategis

Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

Jika pejantan pasangan sudah agresif menghampiri, tentu anda bisa langsung melatih dengan jarak yang semakin jauh dengan kelipatan 10 meter. Jika lokasi sudah tidak mencukupi untuk melakukan latihan terbang, tentu anda bisa melatih dipersawahan atau di lapangan yang memang tidak memiliki halangan seprti pohon.

Pada burung merpati yang memiliki karakter terbang susur sangat rendah, sawah yang dipenuhi pada akan membuat burung merpati terbang lurus mendatar menyusuri permukaan sawah. Sedangkan sawah tanpa tanaman akan membuat burung merpati terbang bergelombang kecil.

Untuk melakukan latihan, tentu anda bisa menghindari adanya pohon tinggi dikanan atau kiri lintasan. Karena dengan adanya pohon tinggi di kanan dan kiri membuat burung menjadi kehilangan arah dan justru malah melesat keatas dan membuat burung bingung untuk mencari pasangannya.

Waktu yang sangat ideal untuk melatih Burung Merpati Balap adalah sekitar pukul 8 WIB hingga 9 WIB, untuk burung merpati bakalan. Sedangkan untuk merpati dewasa bisa dilatih sekitar pukul 3 WIB sampai 5 WIB, dan usahakan jangan berganti ganti tempat untuk latihan jika merpati anda masih selalu terlambat mendeteksi keberadaan merpati pasangannya.

Melatih Burung Merpati Jantan

Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

Melakukan pelatihan pada burung merpati jantan usahakan jangan pada saat cuaca berangin atau mendung. Karena hal tersebut akan menguras fisik burung merpati yang masih lemah, dan juga akan mempengaruhi mental merpati. Cuaca gelap juga akan menyebabkan burung merpati kesulitan menentukan arah.

Di informasi Cara Melatih Merpati Balap tentu bertujuan agar dapat melakukan pelatihan burung merpati dengan tepat. Melakukan pelatihan saat cuaca gelap sering terjadi hilang nya merpati saat merpati dilepas menjelang hujan. Untuk menghasilkan burung balap yang bagus dan dapat menjadi juara, tentu joki harus sering melakukan teknik keplek dengan posisi jongkok.

Nah, untuk anda yang ingin melakukan budidaya hewan yang unik. Tentu anda bisa membaca artikel kami di Sukses Budidaya Kura Kura Brazil Di Rumah. Sangat banyak sekali informasi penting yang bisa anda dapatkan melalui link artikel yang telah saya sediakan diatas untuk anda semua.

Tips Jadi Joki Burung Merpati Balap

Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

Usahakan jangan pernah posisi tangan joki mendahului burung merpati betina. Lebih disarankan dibelakang tangan kanan, posisi tangan yang salah tentu akan menyebabkan merpati jantan kesulitan untuk melihat pasangannya atau akan ragu ragu untuk mendarat. Pelajari juga tata tertib lomba dalam hal menangkap burung merpati balap.

Jangan sampai kemenangan anda di diskualifikasi oleh juri hanya karena masalah sederhana. Cari partner terbang yang seimbang sehingga merpati muda mudah untuk mengikuti terbang. Terbang tentu tidak memancing burung merpati untuk mengeluarkan seluruh performanya dilapangan.

Mengadu merpati juara yang memiliki karakter terbang zig zag tentu akan membuat merpati bakalan akan keluar dari lintasan. Tetapi jika anda menemukan bakalan yang berkarakter zig zag maka bisa jadi anda beruntung dikemudian hari nanti. Gunakan atribut yang konsisten,  yang artinya warna yang seragam saat sedang latihan atau sedang lomba.

Sudah rahasia umum jika wanya menjadi pemandu burung merpati, jangan pernah berganti ganti warna saat menjoki. Jika ingin lebih maksimal, tentu anda bisa gunakan beberapa asisten untuk berdiri dibelakang anda dengan warna yang seragam. Panggillah nama burung merpati dengan keras, dan sebelumnya anda bisa membiasakan untuk memanggil burung saat memberikan pakan.

Melalui informasi tentang Cara Melatih Merpati Balap yang kali ini saya bahas tentu akan bisa membantu anda untuk mengerti bagaimana cara untuk melatih burung merpati agar lebih tampil dengan bagus dan menang. Dan jika anda ingin melakukan usaha budidaya ikan baung. Anda bisa membaca artikel kami di Cara Budidaya Ikan Baung Sangat Menguntungkan.

Related Post

  • Pos-pos Terbaru