Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Belajar Beternak – Bingung bagiamana Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes agar dapat tampil maksimal ?. Bagi kebanyakan para pecinta burung kicau, tentu memiliki burung yang memiliki suara kicauan yang sangat indah tentu adalah hal yang sangat di impikan oleh semua pecinta burung kicau. Nah, jika anda sangat suka mengikuti lomba kontes burung kicau tetapi belum paham bagaimana cara untuk merawatnya. Anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang saya update disini agar bisa anda pahami cara caranya.

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Untuk mendapatkan hasil suara atau kicauan yang maksimal dari jenis burung yang satu ini. Tentu anda harus melakukan perawatan perawatan khusus  yang memang diperlukan sebelum perlombaan di mulai. Burung yang akan di ikut sertakan lomba tentu harus burung yang sehat dan terlatih kicauannya. Jika memang anda membeli burung tersebut yang sudah terlatih tetapi tidak dirawat dengan baik, tentu penampilan atau peformanya sudah tidak bagus.

Maka dari itu, anda harus merawat burung kicau dengan tepat dan benar. Jenis burung kicau yang satu ini sangat banyak ditemukan dan tersebar luas di pulau jawa, sumatera dan kalimantan. Burung yang memang banyak tersebar di hutan tersebut memiliki tubuh dan karakteristik yang sangat berbeda dengan jenis burung kicau lainnya.

Berikut adalah bagaimana Cara Merawat Burung Murai Batu sebelum kontes dimulai. Untuk anda yang memang ingin mencoba membawa burung kontes anda ke perlombaan. Berikut adalah bagaimana cara untuk merawat burung kicau jenis murai batu yang harus anda perhatikan. Dan jika anda juga ingin mengikut sertakan burung kenari anda dirumah tetapi belum mengetahui bagaimana cara merawatnya. Anda bisa baca artikel di Tips Merawat Kenari Cepat Gacor Dan Menang Kontes agar burung kicau anda bisa menang dalam mengikuti lomba.

Pengembunan Burung Murai

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Langkah awal yang harus dilakukan sebelum memandikan burung kicau, tentu anda bisa mengembun embunkan atau di angin anginkan terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit. Pada umumnya para pecinta burung atau kicau mania mengembunkan burung kicaunya diluar rumah disetiap pagi hari, hal ini bertujuan agar burung dapat beradaptasi dengan lingkungan yang ada di sekitarnya.

Memandikan Burung Murai

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Setelah pagi hari di angin anginkan atau di embunkan, tentu memandikan burung kicau adalah rutinitas yang sangat penting dalam Cara Merawat Burung Murai Batu untuk di perlombakan di kontes yang memang mengadakan kotes burung kicau. Tujuan untuk memandikan burung kicau adalah bertujuan untuk mencegah berbagai macam jenis penyakit dan menjaga burung kicau tetap tampil bersih.

Untuk memandikan burung, anda bisa memandikannya dengan cara di semprot didalam keramba atau di sangkarnya langsung. Sebaiknya untuk memandikan burung kicau jangan terlalu lama untuk memandikannya agar burung tidak merasa tersakiti. Untuk anda yang ingin memelihara burung jalak suren tetapi masih bingung untuk memulainya. Anda bisa membaca artikel kami di Cara Pelihara Jalak Suren Di Rumah.

Membersihkan Sangkar Burung

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Selain mengembunkan dan memandikan burung, tentu membersihkan kandang burung adalah salah satu cara agar burung merasa lebih nyaman untuk tinggal. Tentu para pecinta kicau mania ingin burung peliharaannya selalu sehat dan aktif berkicau disetiap hari. Untuk memiliki burung kicau yang sehat dan selalu aktif setiap harinya.

Menjaga kebesihan kandang burung dalam keadaan yang tetap besih tentu akan menghindari dari burung kicau dari segala jenis penyakit atau hama yang bisa menyerang kesehatannya. Dan anda juga bisa mengganti air minum burung disetiap harinya agar burung tetap sehat.

Memberikan Makan Burung Murai

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Memberikan makanan yang bergizi dan tepat waktu tentu merupakan hal yang harus anda perhatikan juga. Karena biasanya para kicau mania merawat burung kicau miliknya akan terus memberikan pakan burung yang berkualitas setelah di mandikan dan dijemur. Untuk memberikan pakan, tentu anda bisa memberikan pakan serangga seperti jangkrik sebanyak 5 ekor dalam sekali makan.

Dan sebaiknya letakkan jangkrik kedalam wadah makanan agar burung kicau anda ingin bergerak setelah dimandikan. Dan anda juga dapat memberikannya pada waktu sore saja, dan juga bisa memberikan variasi makanan lain seperti kroto atau cacing sebanyak seminggu sekali agar burung tepat sehat dan rajin berkicau.

Menjemur Burung Murai

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Melakukan penjemuran burung kicau tentu adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan setelah burung selesai di mandikan. Penjemuran burung dapat anda lakukan selama kurang lebih satu jam pada pagi hari. Dan anda juga harus menjauhkan dari burung peliharaan lainnya saat proses penjemuran berlangsung.

Setelah itu anda bisa melakukan tahap pengembunan Burung Murai Batu kembali selama 10 menit. Dan sebaiknya jangan masukan burung ke dalam rumah agar burung tidak kaget setelah dijemur dan dibiarkan berada di halaman rumah terlebih dahulu.

Melakukan Pemasteran Burung

Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

Jika tujuan dalam Cara Merawat Burung Murai Batu yang anda lakukan memang untuk dijadikan sebagai ajang kontes ataupun perlombaan. Maka tahap pemasteran merupakan hal yang sangat penting untuk anda lakukan, karena dengan tujuan pemasteran ini adalah untuk melatih kicau burung murai agar memiliki suara yang sangat indah dan juga merdu.

Untuk melatih burung dengan tahap pemasteran anda bisa melakukan tahap pemasteran selama 15 menit atau kurang dari 15 menit. Dan untuk melakukan proses pemasteran yang sangat baik adalah jam 10 pagi sampai 4 sore, karena pada waktu tersebut burung lebih mudah menangkap suara burung lain yang telah diberikan.

Nah, untuk anda yang ada peliharaan burung elang dirumah tetapi bingung bagimana cara untuk membuatnya menjadi jinak. Anda bisa pahami bagaimana caranya agar burung elang bisa jinak di artikel Cara Menjinakan Dan Merawat Burung Elang Dengan Mudah. Karena disana akan bisa mendapatkan informasi lengkap.

Related Post

  • Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia 150x150

    Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda memelihara burung hantu dirumah ? atau bahkan apakah anda sudah mengetahui ada berapa Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia ?. Jika memang anda belum
  • Burung Terbesar Di Dunia, Ada Yang Setinggi Manusia 150x150

    Burung Terbesar Di Dunia, Ada Yang Setinggi Manusia ?

    Belajar Beternak - Semua burung tentu memiliki sayap, tidak seluruhnya burung dapat terbang. Tetapi tahukah anda ada beberapa jenis Burung Terbesar Di Dunia yang tingginya bisa mencapai tinggi orang
  • Jenis Burung Rangkong Yang Nyaris Punah Di Indonesia 150x150

    Jenis Burung Rangkong Yang Nyaris Punah Di Indonesia

    Belajar Beternak -  Informasi yang kali ini saya bahas adalah informasi tentang Jenis Burung Rangkong Yang Nyaris Punah Di Indonesia. Burung Rangkong merupakan satwa endemik yang tersebar di daratan
  • Daftar Harga Burung Cucak Rowo Terbaru 2019 150x150

    Daftar Harga Burung Cucak Rowo Terbaru 2019

    ,Belajar Beternak - Daftar Harga Burung Cucak Rowo Terbaru 2019 adalah informasi yang kali ini akan saya bahas. Indonesia memang memiliki kekayaan flora dan fauna yang begitu sangat beragam. Ada
  • Jenis Jenis Burung Kolibri Tercantik Di Indonesia 150x150

    Jenis Jenis Burung Kolibri Tercantik Di Indonesia

    Belajar Beternak - Mungkin belum banyak diantara para pecinta kicau mania yang belum mengetahui Jenis Jenis Burung Kolibri Tercantik yang ada di Indonesia. Jenis burung kolibri yang satu ini
  • Pos-pos Terbaru