Cara Merawat Ikan Koi Untuk Para Pemula

Belajar Beternak – Ingin memelihara ikan koi dirumah tetapi belum mengetahui bagaimana Cara Merawat Ikan Koi ?. Jangan khawatir jika selama ini anda ingin memelihara ikan koi tetapi masih belum mengerti bagaimana cara untuk memelihara ikan koi dengan mudah. Karena di informasi yang kali ini saya bahas anda bisa lebih mudah untuk mengetahui cara cara untuk memulai merawat ikan koi dengan benar. Lobang Belut

Cara Merawat Ikan Koi Untuk Para Pemula

Tentu banyak cara untuk memelihara ikan koi di kolam ataupun di aquarium. Tentu ada banyak Cara Merawat Ikan Koi agar sehat selalu dan menjadi ikan hias yang sangat indah untuk dilihat. Ikan yang berasal dari ikan mas yang menyerupai ikan khas dari negeri Jepang ini disebut sebagai ikan pembawa berkah atau hoki.

Asal usul mengenai ikan koi banyak versi, salah satunya berasal dari persia lalu di bawa oleh bangsa cina ke jepang untuk di budidayakan. Ikan koi termasuk jenis ikan yang sangat mudah di pelihara. Karena untuk pakannya juga memang sangat mudah, maka dari itu disini saya akan memberikan informasi tentang cara untuk merawat ikan koi.

Berikut akan saya bahas tentang bagaimana cara untuk merawat ikan koi yang tentu sangat mudah dan tentu sangat membantu untuk anda yang belum mengerti caranya. Tentu cara ini adalah cara yang sangat bisa membantu bagi anda yang ingin memelihara ikan koi tetapi belum mengetaui caranya.

Memilih Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi Untuk Para Pemula

Langkah awal yang sangat penting yang harus anda perhatikan adalah dengan memilih jenis ikan koi yang akan di pelihara. Cara Merawat Ikan Koi dirumah memang tidak terlalu susah. Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat banyak diminati oleh masyarakat di Indoneisa.

Permintaan pasar tentang ikan hias koi ini juga semakin meningkat. Maka tidak heran jika para peternak ikan koi kewalahan untuk tetap bisa memberikan pasokan ikan koi yang berkualitas. Untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan berikut adalah cara memilih ikan koi yang berkualitas. QJoker Login

  1. Pilihlah ikan koi yang memiliki bentuk tubuh yang ideal. Idealnya perbandingan panjang dan tinggi tubuh ikan koi adalah 1:2 atau 1:3. Jadi jika dilihat dari atas, tubuh ikan koi akan terlihat bulat memanjang tidak terlalu gemuk.
  2. Usahakan memilih ikan koi yang memiliki garis punggung lurus, atau tidak melengkung.
  3. Ikan koi yang baik tentu memiliki gaya berenang yang seimbang. Karena memiliki pasangan sirip yang seimbang kanan dan kiri, dan juga memiliki garis tubuh yang seimbang. Hal ini di kenal ikan koi tersebut memiliki jitai yang baik.
  4. Pilihlah ikan koi yang memiliki sirip dada dan sirip perut yang sama besarnya.
  5. Memilih ikan koi yang memiliki ukuran sirip punggung dan sirip ekor yang proposional, seimbang, dan sesuai dengan panjang dan tinggi  ikan koi.
  6. Bentuk kepala yang meliputi bagian mata, mulut, dan insang harus proposional dan serasi. Usahakan jangan memilih hidung ikan koi yang terlalu mancung atau terlalu masuk sehingga tenggelam dalam timbunan daging.

Kolam Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi Untuk Para Pemula

Ikan koi memang tidak tinggal di habitat air asing. Namun ternyata kolam tempat tinggalnya tentu harus memiliki salinitas tertentu. Kadar asin pada air kolam ikan koi membantu mereka untuk mempertahankan keseimbangan kadar air dan garam pada tubuh. Serta untuk mengurangi kadar nirit untuk membunuh bakteri.

Air jernih dengan kadar salinitas yang baik, ternyata belum cukup untuk membuat ikan koi terus berada dalam kondisi sehat. Anda juga harus memperhatikan temperatur serta tingkat keasaman alias pH yang pas. Temperatur kolam ikan koi yang sangat di anjurkan adalah antara 15 sampai 28 derjat celcius. Sementara untuk pH, tentu anda bisa mempertahankan pada angkat 7 sampai 9. Info Tempat Liburan

Kolam juga harus sering di bersihkan agar kotoran yang berasal dari makanan dan sisa pencernaan merka tidak mengendap. Jika dibiarkan dan tidak segera di bersihkan, air di dalam kolam tentu bisa terkontaminasi. Tentu anda bisa membersihkannya secara rutin atau anda juga bisa memberikan filter air yang baik.

Cara Memberi Pakan Ikan Koi

Cara Merawat Ikan Koi Untuk Para Pemula

Cara Merawat Ikan Koi selanjutnya tentu anda bisa perhatikan dari segi makanan. makanan yang berkualitas tentu bisa membuat ikan koi lebih cepat besar dan sehat. Makanan ikan koi memang dikenal memiliki harga yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan pakan ikan hias lainnya.

Karena memang untuk mendapatkan makanan ikan koi terbaik biasanya harus di impor langsung dari Jepang. Demi untuk menghemat dana dan agar pemberian pakan tidak berlebihan. Tentu anda harus mengatur dengan bijak pemberian pakan tersebut, pemberian pakan bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Berikut adalah contoh pakan ikan koi yang bisa anda gunakan yaitu sawi, kubis, udang, cacing rambut, semangka dan cacing darah. Dan tentu anda bjuga bisa menjaga kualitas air kolam. Anda bisa memperhatikan selalu suhu dan tingkat kekeruhan air, usahakan jangan sampai air kolam tersebut menjadi keruh.

Nah, jika anda juga ingin untuk menambah jumlah ikan koi di dalam kolam. Sebaiknya anda perhatikan terlebih dahulu kondisi ikan tersebut. Jangan sampai memasukkan ikan yang membawa bakteri atau terkontaminasi, karena ikan tersebut akan mempengaruhi ikan ikan lama yang ada di dalam kolam.

Sebelum memasukkan atau menambahkan ikan didalam kolam. Sebaiknya anda melakukan karantina terlebih dahulu terhadap ikan koi yang ingin di tambahkan karena Cara Merawat Ikan Koi ini adalah cara agar ikan koi lainnya tidak terkontaminasi jika ikan baru terdapat virus yang bisa menularkan.

Untuk anda yang selama ini sedang mencari informasi tentang Panduan Cara Belajar Beternak ataupun informasi yang menarik lainnya. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini agar anda bisa mendapatkan informasi menarik tentang panduan cara belajar beternak lainnya.

Related Post

  • 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah yang mungkin sampai saat ini masih hidup ?. Untuk anda yang memang belum mengetahui ikan ikan apa saja
  • Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes 150x150

    Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes

    Belajar Beternak - Ingin ikan louhan anda menang saat mengikuti kontes ? Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes yang kali ini saya bahas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan bagaimana
  • Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung 150x150

    Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat
  • Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah.
  • Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia

    Belajar Beternak - Apakah anda sudah mengetahui jenis jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia yang ada diseluruh dunia ?. Jika memang anda belum mengetahui ikan hias air tawar apa saja yang
  • Pos-pos Terbaru