Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Bulunya Lebat

Belajar Beternak – Ingin memiliki kelinci yang mempunyai bulu lebat tetapi belum mengerti bagiamana Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Bulunya Lebat ?. Ikuti terus artikel saya ini, karena disini kalian akan bisa mendapatkan solusinya. Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang di Indonesia sendiri sudah sangat populer, dimana kepopulerannya sama seperti hewan peliharaan lainnya seperi Kucing dan Anjing.

Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Bulunya Lebat

Kelinci adalah hewan mamalia yang cara berkembang biaknya dengan cara viviar atau melahirkan. Kelinci termasuk hewan yang tersebar di banyak penjuru dunia. Di berbagai negara sperti Afrika hingga Eropa kelinci lebih sering di temukan hidup liar di padang rumput. Ciri khas dari kelinci terletak pada kupingnya yang sangat panjang dan lebar.

Selain itu, ada beberapa ras dari kelinci yang tentu memiliki bulu tebal dan masih banyak lainnya. Untuk ras, tentu kelinci tidak sebanyak ras seperti pada kucing. Beberapa ras kelinci yang sangat populer di Indonesia untuk di jadikan hewan peliharaan adalah New Zealand White, Anggora, Flemish Giant, Netherland Dwarf. Satin, Rex, Anggora Giant.

Dan beberapa jenis ras kelinci lainnya yang tersebar di dunia. Namun di Indonesia sendiri jenis atau ras kelinci anggora merupakan ras yang sangat banyak di buru untuk di jual atau di jadikan peliharaan. Dan bahkan di beberapa tempat tidak jarang kelinci ini di jadikan hidangan yang sangat lezat seperti sate.

Tetapi disini saya akan membahas bagaimana Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Bulunya Lebat bukan untuk budidaya kelinci. Khusus di informasi yang kali ini saya bahas tentang kelinci saya akan membahas tentang cara merawatnya terlebih dahulu. Beberapa para pecinta kelinci tentu masih ada yang belum mengerti tentang cara untuk merawat kelinci agar bulunya lebat dan sehat. Untuk itulah disini saya akan berbagi pengalaman yang saya miliki agar kalian juga bisa memiliki kelinci idaman yang kalian inginkan.

Tentu banyak sekali orang yang sangat ingin untuk merawat atau memeilihara kelinci anggora karena bulunya yang lucu dan menggemaskan. Akan tetapi kelinci anggora terkenal dengan hewan yang tidak tahan dengan penyakit ataupun yang lainnya. Sehingga sangat membutuhkan perawatan yang tentu benar benar harus teliti dan telaten.

Memberikan perawatan yang salah pada kelincin anggora tentu bisa mengakibatkan kelinci mudah terserang penyakit dan cepat mati. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena diisni saya akan memberikan beberapa cara untuk merawat kelinci anggora yang tentu merupakan cara yang sangat mudah untuk kalian terapkan. Lobang Belut

Cara Merawat Kelinci Anggora Agar Bulunya Lebat

1. Kondisi Kandang

Kandang merupakan salah satu sarana yang harus di wajib di perhatikan. Karena memang kandang adalah tempat tinggal dan tempat istirahat kelinci setiap harinya. Jika kalian memelihara kelinci anggora diluar ruangan, yang perlu kalian perhatikan adalah kondisi kandang. Kondisi kandang untuk kelinci anggora yang baik itu tidak lembab dan tidak selalu kering, terhindar dari hujan, panas matahari dan hembusan angin secara langsung.

Usahakan selalu menjaga kebersihan kandang tetap bersih dari kotoran ataupun pakan. Caranya adalah dengan membuat penampungan kotoran dibawah kandang agar semua kotoran dan sisa pakan jatuh ke bawah pada penampungan tersebut. Kandan untuk kelinci juga tidak boleh terlalu sempit. Karena kelinci anggora termasuk hewan yang aktif dan lincah, cara ini agar kelinci tidak mudah stres dan cepat mati.

2. Makanan Kelinci

Memperhatikan pola makan kelinci anggora memang sangat penting sekali pola makan yang baik tentu kalian harus memberikannya pakan disetiap pagi dan sore hari. Makan yang sangat baik untuk Kelinci Anggora dewasa adalah berupa pellet khusus untuk kelinci. Karena pellet khusus banyak memiliki nutrisi yang tepat dan lengkap untuk memenuhi kebutuhan zat gizi  pada kelinci.

Selain pellet, tentu kalian juga bisa memberikan pakan tambahan berupa pakan hijauan seperti rumput, sayuran hijau ataupun buah buahan. Tetapi untuk memberikan sayuran hijau pada kelinci sebaiknya kalian memberikan dalam keadaan layu. Tujuannya adalah untuk mengurangi kadar air pada sayuran tersebut serta menetralkan racun yang mungkin terdapat pada sayuran tersebut. Dan kelinci juga tentunya membutuhkan air, lebih disarankan untuk memberikan minum jangan terlalu sering. Kalian bisa memberikan kelinci minum sebanyak 2 kali dalam sehari dengan porsi yang tidak berlebihan. Karena jika banyak mengkonsumsi air, tentu kelinci akan mudah mencret.

3. Memberikan Waktu Bermain

Cara Merawat Kelinci Anggora selanjutnya adalah dengan memberikan waktu untuk bergerak bebas dan bermain pada kelinci. Tentu kelinci juga membutuhkan waktu untuk bermain dan bergerak bebas. Jadi kalian bisa sesekali membiarkan kelinci keluar di halaman dan bermain agar kelinci tidak mudah stres.

Selain membiarkan kelinci bermain di luar kandang, kalian juga bisa memberikannya tempat bermain di dalam kandang. Misalnya dengan memberikan kardus atau kayu, kardus biasanya digunakan sebagai tempat persembunyian sedangkan kayu dimanfaatkan kelinci sebagai bahan untuk di gigit. Dan tujuan memberikan kayu agar di gigit oleh kelinci adalah untuk mengasah gigi agar gigi tidak terlalu panjang.

4. Memandikan Kelinci

Seperti hewan peliharaan yang lainnya, jika kalian ingin memiliki kelinci yang memiliki bulu yang lebat dan tidak mudah rontok. Tentu kalian bisa memandikan kelinci setiap seminggu sekali agar kelinci terhindar dari kutu dan bulu kelinci juga tidak mudah rontok. Setelah dimandikan, kalian bisa menyisir bulu kelinci anggora dengan rutin agar bulunya tetap bersih, rapi dan mengkilap.

5. Menjaga Kesehatan Kelinci

Menjaga kesehatan pada kelinci terbilang sangat mudah sekali, karena untuk melihat kelinci sehat atau tidak kalian hanya perlu memperhatikan tingkah laku pada kelinci. Jika kelinci sehat, maka kelinci akan aktif dan untuk melihat kelinci kurang sehat kalian bisa melihat dari tingkah lau yang lesu dan cenderung pendiam atau tidak lincah.

Ada kemungkinan kelinci anggora yang kalian miliki sedang sakit atau kekurangan gizi. Maka sebaiknya segera lakukan penanganan atau periksakan ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut. Nah, bagi kalian yang ingin mencari informasi penting lainnya seputar Cara Merawat Kelinci Anggora, ataupun Tips Cara Beternak. Kalian bisa kunjungi selalu blog saya ini karena disini kalian bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi menarik.

Related Post

  • Hewan Reptil Yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan 150x150

    Hewan Reptil Yang Cocok Dijadikan Hewan Peliharaan

    Belajar Beternak - Hewan Reptil merupakan jenis hewan berdarah dingin yang memiliki keunikan yang tentu sudah sangat banyak diakui oleh para pecinta hewan. Oleh karena itu hewan jenis reptil mampu
  • Cara Merawat Kura Kura Brazil Dalam Akuarium 150x150

    Cara Merawat Kura Kura Brazil Dalam Akuarium

    Belajar Beternak - Saat ini memang sangat banyak sekali yang merawat kura kura jenis brazil, tetapi tentu tidak semua mengerti Cara Merawat Kura Kura Brazil Dalam Akuarium. Untuk anda yang tertarik
  • Cara Merawat Kucing Anggora Untuk Pemula 150x150

    Cara Merawat Kucing Anggora Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Cara Merawat Kucing Anggora agar kucing terlihat selalu sehat dan memiliki bulu yang indah tentu bukan merupakan suatu hal yang mudah. Apalagi untuk anda yang baru ingin memulai
  • Cara Memelihara Kelinci Anggora Dirumah Dengan Benar 150x150

    Cara Memelihara Kelinci Anggora Dirumah Dengan Benar

    Belajar Beternak - Suka memelihara kelinci dengan ras anggora tetapi masih bingung bagaimana Cara Memelihara Kelinci Anggora Dirumah Dengan Benar ?. Jika memang anda ingin memulai ingin memelihara
  • Ciri Ciri Arwana Golden Red Yang Asli 150x150

    Ciri Ciri Arwana Golden Red Yang Asli

    Belajar Beternak - Ikan arwana merupakan ikan primadona ikan hias air tawar yang sangat populer. Berikut akan saya jelaskan Ciri Ciri Arwana Golden Red Yang Asli yang tentu belum banyak diketahui
  • Pos-pos Terbaru