Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Belajar Beternak – Ingin mengetahui Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah dengan cara yang tepat tetapi masih belum mengetahui bagaimana cara nya ?. Melalui informasi yang kali ini saya bahas tentu anda akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan sebuah solusi dengan sangat tepat. Jika anda ingin membudidayakan ikan cupang dirumah dengan sangat mudah. Anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya bahas.

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Ikan cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memang memiliki bentuk indah. Bahkan memiliki berbagai macam jenis warna yang tentu sangat menarik untuk dipelihara ataupun di budidayakan dirumah. Melakukan budidaya ikan cupang memang tidak membutuhkan tempat atau wadah yang memang cukup besar.

Ikan cupang yang memiliki nama latin Betta Sp ini merupakan kan yang berasal dari daerah tropis. Ikan ini banyak di temukan di perairan Asi Tenggara termasuk di Indonesia. Di alam bebas, ikan ini hidup berkelompok yang berhabitat di rawa rawa, danau dan sungai yang memiliki arus sungai tenang.

Banyak yang memelihara atau membudidayakan ikan jenis ini karena memang ikan cupang memiliki daya tarik yang sangat menarik untuk di pelihara atau di budidayakan. Dan kali ini akan saya berikan bagimana Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah dengan menggunakan lahan sempit. Berikut adalah informasi lebih lengkapnya.

Memilih Jenis Ikan Cupang

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Tentu banyak yang membudidayakan ikan cupang dari mulai ikan cupang aduan hingga ikan cupang hias. Ikan cupang hias dipelihara untuk dijadikan hewan peliharaan dan hanya untuk di nikmati keindahan dari bentuk sirip, bentuk badan, dan juga warna dari sirip dan badannya.

Ikan Cupang Hias dan ikan cupang adu biasanya dibedakan dari bentuk dan sifat agresifnya. Biasanya ikan cupang hias memiliki bentuk yang lebih ramping dan memiliki bentuk sirip berbagai bentuk yang memang sangat indah dan menarik. Ada lebih dari 70 jenis spesies ikan cupang yang ada di bumi ini.

Nah, untuk anda yang ingin melakukan budidaya dengan Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dirumah seperti yang kali ini saya bahas. Anda juga bisa melakukan budidaya cacing sutera sendiri dirumah agar bisa lebih mudah untuk memberikan pakan pada ikan cupang yang anda budidayakan. Dan jika anda ingin melakukan budidaya cacing sutera, anda bisa baca artikel kami di Cara Budidaya Cacing Sutra Dengan Media Air.

Memilih Indukan Ikan Cupang Berkualitas

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Agar dapat menghasilkan benih ikan cupang yang berkualitas bagus. Tentu pemilihan indukan ikan cupang yang berkualitas bagus akan mempengaruhi kualitas benih ikan cupang yang nantinya akan di hasilkan. Langkah awal yang harus anda persiapkan tentu adalah mendapatkan calon indukan ikan cupang yang memiliki kualitas bagus.

Untuk mendapatkan indukan yang berkualitas bagus, sebisa mungkin yang berasal dari keturunan unggul, kondisi yang bugar, bebas penyakit cacar bawaan. Dan sebelum masuk ke tahap pemijahan, anda bisa memisahkan terlebih dahulu indukan jantan dengan indukan betina di tempat yang terpisah.

Dan sebelum pemijahan dilakukan, pastikan indukan jantan dan betina sudah masuk dalam fase matang gonad atau siap untuk di kawinkan. Dan berikut adalah Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang dan ciri ciri indukan yang telah menunjukan siap kawin.

Ikan Cupang Jantan

  1. Memiliki umur setidaknya 4 sampai 8 bulan.
  2. Bentuk badan yang panjang
  3. Sirip panjang dan warna terang atraktif
  4. Memiliki gerakan yang agresif dan lincah.

Ikan Cupang Betina

  1. Berumur 3 sampai 4 bulan
  2. Bentuk badan bulat dan bagian perut sedikit buncit
  3. Sirip pendek dan warnanya kusam tidak menarik
  4. Gerakan yang lambat

Pemijahan Ikan Cupang

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Setelah indukan jantan dan indukan betina sudah siap untuk memijah. Anda bisa menyediakan tempat berupa wadah dari baskom plastik atau akuarium dengan ukuran kecil 20 x 20 x 20 cm. Dan anda juga bisa mempersiapkan gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina. Dan anda juga bisa menyediakan tumbuhan air seperti kiambang ataupun eceng gondok.

Dalam satu kali pemijahan, ikan cupang mamu menghasilkan hingga 1000 butir telur. Telur tersebut akan menetas dalam jangka waktu 24jam setelah pembuahan. Berdasarkan pengalaman para pelaku pembudidaya, tingkat kematian ikan cupang dalam satu kali pemijahan biasanya hanya dapat di panen 30 sampai 50 ekor ikan cupang hidup.

Pemberian Pakan Ikan Cupang

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Pemberian pakan ikan cupang tentu merupakan hal yang harus anda perhatikan. Karena agar Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang yang kali ini saya bahas bisa membantu anda untuk menghasilkan benih ikan yang berkualitas. Makanan favorit ikan cupang biasanya adalah kutu air, cacing sutera, jentik nyamuk.

Untuk memberikan pakan anda bisa memberikannya sesering mungkin atau misalnya sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Semakin sering memberikan pakan maka frekuensinya semakin baik, Pemberian pakan juga bisa anda lakukan sedikit sedikit tetapi sesering mungkin dari pada sekaligus banyak.

Perawatan Ikan Cupang

Cara Mudah Budidaya Ikan Cupang Dirumah

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang relatif tahan akan berbagai serangan penyakit. Ikan cupang bisa dipelihara dalam akuarium tanpa menggunakan aerator, ikan ini juga tahan terhadap kondisi air yang minim akan oksigen. Meskipun tahan tanpa menggunakan aerator dan kondisi yang minim akan oksigen, lebih disarankan untuk selalu menjaga kualitas air dengan memberikannya aerasi dan filter pembersih air.

Dan tidak disarankan memelihara ikan cupang jantan dewasa dalam satu akuarium. Terlebih jika ukuran akuariumnya lebih kecil dan tidak ada tempat untuk bersembunyi. Tentu ikan cupang akan saling menyerang satu sama lain dan membenturkan dirinya ke kaca. Agar hal tersebut tidak terjadi, anda bisa memberikan sekat yang tidak tembus pandang satu sama lain.

Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan berbagai macam jenis informasi yang lebih lengkap lainnya seputar cara beternak ataupun cara merawat hewan peliharaan. Anda bisa mengunjungi selalu blog rekan saya di Panduan Cara Beternak. Disana anda bisa mendapatkan informasi penting disetiap harinya mengenai cara beternak dan cara merawat hewan peliharaan.

Related Post

  • Cara Merawat Kucing Garfield Agar Sehat Selalu 150x150

    Cara Merawat Kucing Garfield Agar Sehat Selalu

    Belajar Beternak - Semua orang tentu sudah mengetahui kucing garfield tetapi belum tentu semua orang mengetahui bagaimana Cara Merawat Kucing Garfield agar sehat selalu. Untuk kalian pecinta kucing
  • Tips Merawat Tarantula Untuk Para Pemula 150x150

    Tips Merawat Tarantula Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Sedang mencari informasi Tips Merawat Tarantula Untuk Para Pemula ? Mari simak dan ikuti terus pembahasan yang kali ini akan saya bahas untuk anda para pecinta hewan reptil.
  • Cara Memelihara Ikan Arwana Silver Di Akuarium 150x150

    Cara Memelihara Ikan Arwana Silver Di Akuarium

    Belajar Beternak - Cara Memelihara Ikan Arwana Silver Di Akuarium merupakan informasi yang kali ini akan saya update. Anda memiliki ikan arwarna silver dirumah tetapi belum begitu mengerti bagaimana
  • Jenis Jenis Gecko Yang Sangat Populer 150x150

    Jenis Jenis Gecko Yang Sangat Populer

    Belajar Beternak - Apakah anda pecinta hewan peliharaan seperti gecko ? Dan apakah anda sudah mengetahui ada berapa Jenis Jenis Gecko yang memang sudah sangat populer ?. Pada kesempatan kali ini akan
  • Jenis Jenis Ular Yang Dapat Di Pelihara Dan Tidak Berbahaya 150x150

    Jenis Jenis Ular Yang Dapat Di Pelihara Dan Tidak Berbahaya

    Belajar Beternak - Ular merupakan salah satu jenis hewan reptil yang mungkin di pandang sebagai hewan berbahaya. Tetapi sebagian besar Jenis Jenis Ular ada yang tidak berbahaya dan merupakan jenis
  • Pos-pos Terbaru