Cara Penggemukan Sapi Limosin Dengan Mudah

Belajar Beternak – Untuk memulai usaha penggemukan sapi limosin, tentu ada beberapa Cara Penggemukan Sapi Limosin yang bisa kalian terapkan. Karena memang banyak peternak yang meraup keuntungan besar dari ternak sapi membuat orang tertarik untuk semua orang menggeluti bisnis ini. Mengingat bahwa kebutuhan daging sapi yang begitu besar di pasaran membuat para peternak berfikir cerdas bagaimana cara menghasilkan sapi dengan bobot yang cukup tinggi.

Cara Penggemukan Sapi Limosin Dengan Mudah

Indonesia merupakan salah dari sekian banyak negara yang kaya akan berbagai macam jenis hewan ternak. Dengan kondisi alam yang alami serta banyaknya lahan dan pakan menjadi beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya hewan ternak dikembangkan di Indonesia. Salah satu ternak yang dikembangkan oleh banyak peternak Indonesia adalah sapi jenis limosin.

Sapi limosin merupakan hewan ternak yang dapat menghasilkan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Beberapa diantaranya adalah kotorannya yang dapat di manfaatkan sebagai pupuk kandang yang tentu sangat bermanfaat untuk di gunakan oleh para petani. Tidak heran jika sangat banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan dari ternak sapi limosin ini.

Sapi ini juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Dengan kualitas daging yang memang sudah tidak dapat di ragukan lagi tentu membuat para konsumen memilih untuk membeli daging sapi ini. Akan tetapi, secara umum Budidaya Sapi Limosin di Indonesia sangat minim sekali. Banyak peternak yang menjalankan usaha beternak sapi limosin dengan cara tradisional yang hanya di jadikan kerja sambilan saja.

Sementara itu, pertumbuhan penduduk di Indonesia yang semakin meningkat. Tentu membuat jumlah permintaan dan kebutuhan dagin yang sangat meningkat membuat para peternak harus berfikir secara ekstra keras untuk meningkatkan daging yang berkualitas. Hingga saat ini jumlah produksi daging masih belum mencukupi dengan kebutuhan masyarakat yang sangat tinggi. Lobang Belut

Cara Penggemukan Sapi Limosin Dengan Mudah

Bahkan tidak jarang untuk memenuhi kebutuhan daging bagi masyarakat akhirnya pemerintah akan melakukan impor dan semacamnya yang akan membuat harga daging juga terpengaruh. Apabila kita dapat memenuhi kebutuhan daging sapi secara mandiri, tentu akan ada lebih banyak dana yang di peroleh oleh masyarakat secara langsung dan tentunya juga akan lebih bermanfaat.

Meskipun sat ini sangat banyak sekali peternak yang mengembangbiakkan sapi limosin sebagai jenis sapi yang mereka inginkan. Dan tidak semua semua peternak berhasil menggemukkan sapi limosi yang mereka pilih. Karena memang tidak banyak Cara Penggemukan Sapi Limosin yang mereka ketahui. Tentu hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang cara beternak sapi dan hal yang lainnya.

Mencari Pakan Dengan Kandungan Gizi Yang Cukup

Pakan merupakan salah satu hal penting dalam memastikan pertumbuhan sapi agar dapat berlangsung dengan sempurna. Agar sapi limosin dapat tumbuh dengan baik, maka di perlukan pakan yang memiliki kandungan gizi yang baik bagi sapi. Kandungan gizi yang dimaksud antara lain adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pakan juga harus dalam kondisi baik dan tidak ada bibit penyakit yang tercemar.

Mencari Pakan Yang Cocok

Terkadang meskipun pakan bergizi telah diberikan kadang tidak ingin memakan makanan tersebut. Tentu ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa hal tersebut dapat terjadi. Salah satu faktor yang menyebabkan sapi tidka ingin memakannya adalah sapi merasa tidak cocok atau tidak nyaman dengan makanan tersebut. Oleh karena itu peternak sapi juga harus mencari pakan yang cocok untuk sapi agar sapi dapat lebih mudah untuk di pelihara.

Memberikan Vitamin

Memberikan vitamin pada sapi adalah Cara Penggemukan Sapi Limosin yang selanjutnya. Karena memang salah satu nutrisi penting yang dapat membuat sapi tumbuh dengan lebih cepat dan sempurna. Selain memberikan pakan yang banyak dan cukup, tentu kalian juga harus memberikan vitamin dalam jangka waktu tertentu untuk menambah daya tahan tubuh sapi yang mungkin rawan sakit pada susu tertentu dan sisi lain juga dapat menambah asupan gizi pada sapi.

Memberikan Pakan Hijauan

Pakan hijauan adalah jenis pakan yang sangat baik untuk sapi terutama pada masa penggemukan. Pakan hijauan dapat diberikan pada sampi limosin adalah rumput, siratro, lamtoro, gamal, centro, jerami dan jenis pakan hijauan lainnya. Pakan hijauan merupakan salah satu jenis pakan yang dapat dijadikan sebagai pakan utama bagi sapi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Agar gizi yang terdapat pada pakan hijauan tidak berkurang kualitasnya. Maka lebih di sarankan pakan yang diberikan pada sapi haruslah pakan yang baru. Maksudnya adalah bukan pakan yang sudah tiga hari atau lebih di simpan, karena pakan hijauan yang terlalu lama di simpan sudah banyak nutrisi yang hilang.

Memberikan Pakan Tambahan Atau Konsentrat

Dilihat dari sistem pencernaanya, sapi di golongkan pada hewa ruminansia karena memiliki tiga tahap pencernaan. Yaitu pencernaan mekanis dalam mutu dengan bantuan air ludah atau saliva, secara fermentatif dalam rumen dengan bantuan mikrobia rumen dan secara enzimatis setelah melewati rumen.

Beberapa penelitian pada proses pencernaan sapi menunjukkan bahwa penggemukan dengan mengandalkan pakan hijauan saja memang sangat kurang memberikan hasil yang optimal dan perlu memakan waktu yang relatif lebih lana bila di bandingkan dengan memberikan pakan tambahan atau konsentrat. Tentu konsentrat yang digunakan dapat berasal dari berbagai macam jenis. Misalnya adalah ampas tahu, ampas tebu, bekatul, dedak, bungkil kedelai, ampas sagu, dan masih banyak yang lainnya.

Semua bahan tersebut tentu bisa kalian campurkan terlebih dahulu dan aduk secara merata. Dan konsentrat dapat diberikan terlebih dahulu untuk memberikan pakan mikrobia yang ada di dalam rumen. Dengan begitu, ketika pakan hijau masuk ke dalam rumen mikrobia tentu rumen telah siap dan aktif untuk mencerna pakan hijau. Dengan demikian pencernaan sapi akan lebih efektif dalam mengekstrak nutrisi yang terkandung dalam pakan hijauan yang di makan oleh sapi limosin tersebut.

Membuatkan Kandang Yang Baik

Agar pertumbuhan Sapi Limosin dapat berkembang dengan sempurna, sebaiknya kandang juga sangat harus di perhatikan. Kandang yang sangat cocok  seharusnya memiliki ruang tersendiri untuk masing masing sapi. Dengan ukuran kurang lebih 1,5 sampai 2 meter untuk satu ekor sapi, agar lebih mempercepat dalam proses masa pertumbuhan.

Selain itu dengan cara membatasi ruang gerak pada sapi tentu bisa mempercepat perkembangan dan pertumbuhan sapi jadi lebih cepat. Di bandingkan dengan harus membuat satu kandang sapi untuk kapasitas sapi yang berlebihan. Dan di bandingkan dengan satu kandang untuk banyak sapi tentu cara ini lebih efektif untuk Cara Penggemukan Sapi Limosin tetapi memang membutuhkan banyak biaya.

Memberikan Vaksinasi dan Memberikan Jamu Anti Cacing

Agar sapi limosin terhindar dari virus, maka salah satu cara yang harus kalian lakukan adalah dengan cara melakukan vaksinasi terhadap bakalan sapi limosin tersebut. Tentu vaksinasi bisa di lakukan mantri hewan yang ada di daerah kalian. Dan berdasarkan pengalaman para peternak sapi yang sukses. Agar sapi terhindar dari cacing parasit yang ada di dalamnya, salah satu hal yang dapat kalian lakukan adalah dengan memberikan ramuan tradisional atau jamu.

Seperti temu ireng untuk membunuh caing caing parasit yang ada di dalam tubuh sapi. Tentu ada banyak jenis jamu anti cacing yang dapat membantu tumbuh kembang sapi limosin selain jamu temu ireng. Ramuah kunyit, temu lawak, atau telur ayam kampung, semua jenis jamu tersebut tentu dapat di berikan setiap tiga bulan sekali sebagai salah satu asupan tambah untuk meningkat daya tahan tubuh.

Beberapa penggemukan sapi limosin yang dapat di terapkan oleh para peternak untuk menggemukkan sapi dengan cepat dan tepat tentu kalian bisa mencoba menerapkan cara yang telah saya berikan. Dan jika kalian ingin mencari informasi tentang solusi cara beternak lainnya tentu kalian bisa langsung kunjungi selalu blog saya ini.

Related Post

  • Cara Ternak Sapi Lokal Dan Persiapan Sebelum Beternak 150x150

    Cara Ternak Sapi Lokal Dan Persiapan Sebelum Beternak

    Belajar Beternak - Penggemukan sapi saat ini memang sangat banyak sekali, maka tidak heran jika saat ini juga sangat banyak Cara Ternak Sapi Lokal yang bisa ditemukan di internet ataupun di buku buku
  • Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula 150x150

    Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Khusus di informasi yang kali ini saya bahas akan membahas tentang Tips Ternak Burung Lovebird Dirumah Untuk Pemula. Karena memang melakukan ternak ataupun memelihara sudah sangat
  • Tips Budidaya Ikan Bawal Dan Pemeliharaan Ikan Bawel 150x150

    Tips Budidaya Ikan Bawal Dan Pemeliharaan

    Belajar Beternak - Tips Budidaya Ikan Bawal Dan Pemeliharaan Ikan Bawal merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya bahas. Untuk anda yang selama ini sedang mencari cara atau solusi dalam hal
  • Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit 150x150

    Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit

    Belajar Beternak - Melakukan ternak kambing tanpa ngarit tentu tidak banyak dilakoni peternak. Berikut adalah Tips Ternak Kambing Jawa Tanpa Ngarit yang tentu bisa mempermudah untuk anda para
  • Tips Ternak Sapi Lokal Agar Cepat Gemuk 150x150

    Tips Ternak Sapi Lokal Agar Cepat Gemuk

    Belajar Beternak - Tips Ternak Sapi Lokal Agar Cepat Gemuk saat ini tentu hanya bisa anda temukan di buku pedoman ataupun semacamnya. Jika melalui informasi di internet seperti yang kali ini saya
  • Pos-pos Terbaru