Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Belajar Beternak – Ingin melakukan usaha ternak kalkun tetapi belum mengerti bagaimana Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya ?. Saat ini memang belum banyak yang melakukan usaha ternak ayam kalkun dengan menggunakan lahan yang sempit atau seadanya saja. Silakan simak dan baca terus artikel yang kali ini saya update untuk anda semua.

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Ayam kalkun merupakan salah satu jenis ayam yang sangat banyak dikembang biakkan selain ayam kampung, ayam pedaging dan ayam petelur. Kalkun biasanya menjadi bahan makanan yang sangat tekenal akan kelezatannya yang memang sudah tidak diragukan lagi. Diluar negeri, ayam kalkun menjadi makanan favorit di acara acara seperti pesta.

Tetapi di Indonesia saat ini masih belum begitu populer ayam kalkun dijadikan menu hidangan di restaurant atau di rumah makan. Ayam kalkun adalah jenis ayam yang memiliki ukuran tubuh sangat besar dan juga memiliki bentuk tubuh yang unik. Dan di informasi yang kali ini saya bahas adalah tentang Cara Ternak Ayam Kalkun.

Untuk anda yang memang ingin melakukan usaha ternak ayam kalkun. Tentu anda bisa simak penjelasan yang akan saya bahas ini. Berikut adalah informasi lebih lengkapnya.

Pemilihan Bibit Ayam Kalkun

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Pemilihan bibit ayam kalkun yang baik dan berkualitas tentu juga merupakan Cara Ternak Ayam Kalkun dan bisa menentukan keberhasilan anda dalam melakukan usaha budidaya ternak ayam kalkun. Untuk mendapatkan calon bibit yang berkualitas tentu anda harus membelinya pada peternak yang memang sudah berpengalaman dan sudah memiliki data recording.

Saat membeli bibit ayam kalkun untuk diternak, pastikan terlebih dahulu kondisi nya dalam keadaan sehat dan juga tidak terdapat cacat pada tubuhnya. Selain itu, anda juga bisa perhatikan bentuk tubuh anakan ayam kalkun. Dan usahakan lah anda memilih calon bibit yang memiliki tubuh tegap.

Pemilihan Lokasi Dan Pembuatan Kandang

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Lokasi kandang untuk ternak ayam kalkun yang sangat strategis tentu akan menjamin keberhasilan dalam melakukan usaha ternak ayam kalkun. Usahakan lokasi kandang yang ingin di jadikan tempat ternak ayam kalkun jauh dari keramaian untuk menjaga kenyamanan ayam kalkun. Selain itu juga untuk mengantisipasi adanya pencuri atau binatang buas.

Hal yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah tempat tinggal untuk kalkun sebagai tempat untuk bereproduksi dan sebagai tempat istirahat. Kandang untuk ayam kalkun juga tidak perlu terlalu rumit, cukup dengan adanya pembatas dan juga atap untuk berteduh serta tempat untuk ayam kalkun bermain saja sudah cukup.

Tempat makan dan minum juga harus tersedia didalam kandang. Dan anda juga bisa memisahkan ayam kalkun sesuai dengan usianya. Tentu hal ini agar dapat menghindari perkelahian selama ayam kalkun. Usahakan sinar matahari pagi masuk kedalam kandang, selain itu tentu kebersihan kandang juga harus tetap dijaga agar tidak ada bakteri yang bersarang di kandang ayam kalkun.

Pemberian Pakan Ayam Kalkun

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Pemberian pakan pada burung dengan tepat dan juga sesuai tentu akan membantu menunjang keberhasilan dalam melakukan usaha ternak ayam kalkun. Untuk mengurangi biaya pakan yang akan dikeluarkan, tentu kita bisa memanfaatkan makanan sisa dari rumah atau juga bisa tempat usaha catering.

Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan dedak di campur dengan menggunakan ikan ikan kecil atau keong mas yang bisa di dapatkan dengan mudah. Untuk menambah nutrisi pada pakan ayam kalkun, tentu kita bisa memberikan makanan kemasan yang banyak dijual di toko. Pemberian pakan kemasan juga harus disesuaikan dengan usia dan kondisi fisik ayam kalkun.

Cara Ternak Ayam Kalkun dengan pemberian pakan yang saya bahas diatas tentu bisa anda terapkan. Karena bila amakanan diberikan terlalu banyak akan membusuk didalam kandang dan akan menyebabkan banyak bakteri yang hidup dan bisa menyerang ayam kalkun kapan saja.

Vaksinasi Ayam Kalkun

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Vaksin merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan usaha ternak unggas. Karena memang apalagi untuk anakan ayam kalkun. Vaksin berfungsi untuk menghindari adanya anakan ayam kalkun terserang penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Vaksinasi bisa diberikan melalui cara tetes mata, tetes mulut atau melalui minum.

Nah, untuk anda yang ingin memulai usaha ternak ayam petelur dan sering mencari tips nya. Tentu anda bisa membaca artikelnya di Tips Beternak Ayam Petelur Agar Cepat Bertelur. Disana anda bisa memahami tips yang telah dibahas dari awal mulai hingga penanganan pasca panen.

Jenis Pakan Ayam Kalkun

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Ayam kalkun merupakan jenis hewan herbivora atau hewan pemakan tumbuhan. Untuk memberikan pakan ayam kalkun tentu tidak perlu bingung. Karena di pasar atau melalui para petani yang ada di dekat rumah, tentu kita sudah bisa mendapatkan pakan untuk ayam kalkun yang tentu merupakan pakan utama. Berikut adalah jenis jenis pakan ayam kalkun yang bisa anda berikan untuk ayam kalkun.

  • Konsentrat

Konsentrat merupakan salah satu jenis BR yang pada umumnya dijual di warung atau kios kios pakan ternak di pasar. Pemberian pakan jenis konsentrat ini harus disesuaikan dengan umur ayam kalkun yang anda pelihara. Konsentrat BR terbagi menjadi dua yaitu BR1 untuk ternak ayam kalkun anakan dan BR2 di gunakan untuk ternak ayam kalkun dewasa.

  • Bekatul

Sebagian besar masyarakat sering menyebut bekatul dengan sebutan dedak. Bekatul atau dedak ini terbuat dari gilingan padi yang halus, bekatul juga terbagi menjadi dua jenis. Yaitu bekatul halus untuk anakan dan bekatul kasar diberikan untuk pakan ayam kalkun dewasa.

  • Sayuran

Pada dasarnya kalkun memang merupakan termasuk hewan herbivora atau hewan vegetarian. Kebanyakan orang yang memiliki peternakan kalkun biasanya memberikan pakan utama berupa 80% sayuran. Selain mengandung banyak vitamin dan nutrisi, sayuran juga lebih murah jika di bandingkan dengan bekatul dan konsentrat. Berikut adalah sayuran yang biasanya dijadikan pakan ayam kalkun.

Panen Ayam Kalkun

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Ayam kalkun yang sudah berusia lebih dari 2 bulan sudah layak untuk di panen. Panen ternak ayam kalkun yang umum didapatkan adalah daging dan juga telur. Selain di manfaatkan dagingnya dan telurnya, kotoran ayam kalkun juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk para petani disekitar.

Dan biasanya bulu ayam kalkun dijadikan untuk hiasan dirumah atau asesoris dirumah. Dan untuk pemanenan pada daging ayam kalkun memiliki dua cara yaitu. Secara eceran atau daging utuh tanpa kepala atau karkas. Keduanya tentu memiliki harga jual yang sangat tinggi karena memang harga ayam kalkun terbilang mahal.

Analisa Usaha Ayam Kalkun

Untuk anda yang ingin memulai usaha ayam kalkun tetapi belum mengerti bagaimana cara untuk memulainya. Tentu dengan mengunjungi informasi yang kali ini saya bahas tentang Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya anda juga akan bisa mendapatkan analisa usaha ternak ayam kalkun. Berikut adalah analisa usaha ternak ayam kalkun yang bisa anda pahami.

Pembelian Pakan / Indukan Biaya
Indukan Betina 10 Ekor x 400,000 Rp 4,000,000
Indukan Jantan 1 Ekor Rp 250,000
Modal Pembelian Indukan Rp 4,250,000
Biaya Pakan Indukan Biaya
2 kg Bekatul + Hijauan x Rp 2,500 Rp 5,000
Biaya 1 Bulan 30 x Rp 5,000 Rp 150,000
Biaya 2 Bulan Rp 150,000 x 2  Rp 300,000
Total Biaya Pakan Indukan  Rp 455,000

Keterangan : Ayam kalkun hanya membutuhkan 2 x makan yaitu setiap pagi dan sore hari. Setiap kali makan hanya membutuhkan 1 kg bekatul + hijauan. Satu periode ternak ayam kalkun hanya memerlukan waktu panen selama 2 bulan. Indukan kalkun yang baik tentu mampu menghasilkan terlu sebanyak kurang lebih 12 butir.

Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

Harga per ekor anakan ayam kalkun yang baru menetas umumnya berkisar antara Rp 30,000. Dalam setahun, ayam kalkun indukan dapat bereproduksi sebanyak 6 kali. Selama setahun dan dikalikan sebanyak 10 ekor indukan betina anda bisa mengantongi jumlah keuntungan yang cukup besar. Berikut adalah analisa usaha dalam melakukan usaha ternak ayam kalkun yang bisa anda ketahui.

Pembelian Total Biaya
Modal Awal Indukan Jantan / Betina Rp 4,250,000
Pakan Pertahun 150,000 x 12 Bulan Rp 1,800,000
Total Anggaran Rp 6,500,000
Keuntungan Bersih Selama Setahun Rp 18,000,000 – Rp 6,500,000 = Rp 11,500,000

Dengan adanya informasi yang kali ini saya bahas tentang Cara Ternak Ayam Kalkun. Tentu anda akan bisa lebih mudah untuk mengetahui langkah langkah atau cara cara dalam memulai usaha ternak ayam kalkun. Bagi anda yang juga ingin mencari informasi yang menarik lainnya seputar cara beternak atau untuk anda yang ingin mengetahui hewan air predator yang mematikan.

Anda bisa membaca artikel kami di 5 Hewan Predator Air Tawar Yang Paling Mematikan. Disana anda bisa mengetahui hewan air apa saja yang merupakan hewan air yang sangat mematikan.

Related Post

  • Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik 150x150

    Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik

    Belajar Beternak - Tentu sangat banyak sekali Jenis Jenis Burung Gelatik yang sangat banyak diminati oleh para penghobi burung kicau atau burung hias yang ada di seluruh dunia. Dan pada artikel yang
  • Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor 150x150

    Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor

    Belajar Beternak - Memiliki burung Kepodang dirumah tetapi masih bingung bagaimana Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor ?. Untuk anda para pemula dalam merawat burung kepodang yang memiliki
  • Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia 150x150

    Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia yang mungkin belum banyak anak anak di Indonesia yang mengenal burung atau
  • Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia 150x150

    Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda memelihara burung hantu dirumah ? atau bahkan apakah anda sudah mengetahui ada berapa Jenis Burung Hantu Yang Paling Populer Di Indonesia ?. Jika memang anda belum
  • Burung Terbesar Di Dunia, Ada Yang Setinggi Manusia 150x150

    Burung Terbesar Di Dunia, Ada Yang Setinggi Manusia ?

    Belajar Beternak - Semua burung tentu memiliki sayap, tidak seluruhnya burung dapat terbang. Tetapi tahukah anda ada beberapa jenis Burung Terbesar Di Dunia yang tingginya bisa mencapai tinggi orang
  • Pos-pos Terbaru