Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Belajar Beternak – Ternak ayam kampung memang tidak banyak yang melakoninya. Tidak heran jika banyak sekali yang mencari informasi Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat yang tentu bisa di terapkan oleh para peternak yang ada di Indonesia. Untuk anda yang memang ingin memulai ternak ayam kampung tetapi masih belum mengetahui caranya. Anda bisa simak dan ikuti terus artikel saya kali ini. Lobang Belut

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Ayam kampung merupakan salah satu jeni ayam yang banyak di minati oleh masyarakat di Indonesia karena memiliki tekstur daging yang lebih gurih dan nikmat jika di bandingkan dengan daging ayam lainnya. Sehingga tidak heran jika permintaan daging ayam kampung di pasar pasar kini semakin meningkat dan sangat banyak sekali.

Selama ini kita ketahui bahwa daging ayam yang kita beli kebanyakan adalah dari jenis ayam broiler atau ayam potong. Meski ukurannya yang lebih besar dan lebih murah jika di bandingkan dengan ayam buras atau ayam kampung. Tentu daging ayam kampung lebih enak jika di bandingkan dengan daging ayam broiler atau ayam potong.

Karena rasanya yang enak inilah maka ayam kampung memiliki nilai ekonomis atau nilai jual yang lebih tinggi. Tidak heran jika saat ini ayam kampung menjadi peluang bisnis bagi para peternak. Nah, untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana Cara Ternak Ayam Kampung dengan cepat dan mudah, terus ikuti artikel saya ini.

Budidaya atau beternak ayam kampung memang tidak terlalu susah dan modal yang di perlukan juga tidak terlalu besar jika di bandingkan dengan ternak ayam broiler. Secara alami, ayam kampung juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat terhadap penyakit jika di bandingkan dengan ayam broiler.

Meskipun demikian, tentu anda juga harus memiliki beberapa cara untuk memulai ternak ayam kampung yang tentu tidak akan merugikan bisnis ternak ayam kampung yang ingin anda lakoni. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang bagaimana cara untuk memulai ternak ayam kampung atau ayam buras.

Persiapan Kandang Ayam Kampung

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Tahap awal dalam ternak ayam kampung yang perlu anda persiapkan dahulu adalah kandang. Karena kandang merupakan tempat tinggal yang harus di perhatikan oleh para peternak. Kandang juga akan digunakan sebagai lokasi budidaya, sebaiknya siapkan terlebih dahulu lokasi kandang yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumah. QBandar Login

  • Membuat kandang tertutup yang mengelilingi lokasi agar ayam tidak berkeliaran dan mengganggu masyarakat sekitar.
  • Anda bisa membuatkan kandan menggunakan bambu.
  • Dinding harus kuat dan rapat agar hewan liar atau hewan buas tidak masuk ke dalam kandang.
  • Tinggi kandang minimal 3 meter.
  • Memberikan sekat kandang ayam untuk dewasa dan untuk anakan.

Memilih Indukan Ayam Kampung Berkualitas

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Setelah persiapan kandang telah selesai di persiapkan. Tentu langkah selanjutnya adalah memilih calon indukan untuk ayam kampung yang berkualitas. Karena memilih indukan ayam kampung yang berkualitas tentu mempengaruhi hasil ternak anda nantinya. Berikut adalah Cara Ternak Ayam Kampung dan tips memilih indukan ayam kampung berkualitas.

  • Memiliki sifat yang lincah.
  • Besar dan sehat, yang tentu memiliki berbagai gerakan lincah, tidak malas gerak.
  • Memiliki corak bulu yang bagus dan warna yang cerah.
  • Berat badan 1,3 hingga 1,6 kg
  • Susunan sisik pada kaki rapi dan tidak ada kelainan pada susunan kulit, seperti kerusakan pada kulit.
  • Memiliki dada yang tegap.
  • Sayap tidak terkulai terbawah, ayam yang memiliki kualitas terbaik adalah ayam yang memiliki sayap rapat dengan tubuh.

Mengawinkan Indukan Ayam Kampung

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Mengawinkan indukan ayam kampung dengan cara dilepaskan di kandang selama beberapa hari tentu akan memudahkan ayam untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Cara Ternak Ayam Kampung ini tentu juga akan bisa lebih mempercepat untuk proses bertelur bagi ayam indukan yang siap bertelur.

Proses perkawinan akan dilakukan oleh indukan ayam jika keduanya telah siap untuk kawin. Anda tidak bisa mempercepat proses perkawinan, karena hal ini berlangsung secara alami. Tentu anda hanya bisa menunggu hingga melakukan perkawinan. Setelah indukan ayam jantan dan betina telah melakukan perkawinan.

Tentu ayam betina sudah mulai bertelur, jika ayam ingin bertelur anda cukup memperhatikan suara ayam. Jika ayam betina terus menerus berkokok, arinya ayam sudah mulai bertelur. Tentu anda bisa langsung mempersiapkan sarang untuk bertelur ayam. Biasanya ayam kampung akan bertelur paling sedikit hanya 5 butir dan bisa juga mencapai hingga 14 butir.

Mengerami Dan Menetaskan Telur

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Untuk menetaskan telur ayam, tentu ada 2 pilihan yang bisa pilih. Yaitu dengan menggunakan inkubator atau mesin tetas atau langsung di erami dengan indukan ayam betina. Kedua pilihan tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum proses dilanjutkan. Info Tempat Liburan

Di Erami Indukan Ayam Betina

  • Tentu cara yang sangat sering kita temui untuk menetaskan telur adalah dengan cara langsung di erami oleh indukan ayam betina. Cara ini merupakan cara alami untuk menetaskan telur ayam kampung.

Inkubator Atau Mesin Tetas

  • Inkubator merupakan salah satu mesin tetas telur yang digunakan sebagai alternatif untuk mempercepat dan mempermudah proses penetasan ayam. Jadi untuk anda yang ingin menetaskan telur ayam dengan skala besar, tentu mesin ini adalah mesin yang sangat cocok untuk anda gunakan sebagai alterntif untuk menetaskan telur.

Merawat Dan Memelihara Ayam Kampung

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Pemeliharaan ayam kampung tentu sangat berbeda dengan pemeliharaan ayam broiler. Persamaannya, untuk perawatan yang intensif pada ayam broiler diterapkan pada perawatan ayam kampung sehingga hasilnya maksimal. Ayam kampung memerlukan suhu kandang yang hangat, terutama pada pekan pertama.

Untuk pakan juga tidak perlu terlalu banyak jika di bandingkan dengan ayam broiler. Dari 1,000 ekor ayam buras hanya membutuhkan pakan 4 karung campuran pakan dari bibit sampai panen sekitar 60 hari. Dengan sistem pemeliharaannya bisa dengan sistem pemeliharaan yang intensif dengan kandang tertutup.

Cara Ternak Ayam Kampung dengan cara ini tentu bisa lebih menghemat waktu dalam pemeliharaan ayam. Untuk anda yang ingin sukses dalam hal beternak ayam kampung. Tentu anda bisa coba menggunakan cara yang telah saya bahas ini, karena memang telah banyak yang menggunakan cara ini.

Panen Ayam kampung

Cara Ternak Ayam Kampung Dengan Cepat

Keuntungan ternak ayam kampung secara semi intensif adalah masa panen yang lebih cepat jika di bandingkan dengan cara tradisional. Jika ternak ayam kampung secara tradisional ayam baru bisa di panen untuk di manfaatkan dagingnya sekitar kurang lebih 5 sampai 6 bulan. Tetapi jika di ternak secara semi intensif, ayam sudah bisa di panen pada usia 4 sampai 4 bulan saja.

Jika anda ingin memanfaatkan telurnya saja, tentu Cara Ternak Ayam Kampung dengan cara semi intensif juga lebih cepat berproduksi. Umur 6 bulan ayam buras atau ayam kampung sudah mulai bertelur, sedangkan jika merapkan cara tradisional ayam baru bisa bertelur sekitar umur 8 sampai 12 bulan.

Cara yang telah saya bahas diatas tentu bisa anda coba praktekkan jika anda memang ingin memulai ternak ayam kampung dengan benar. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lengkap tentang Panduan Belajar Beternak. Tentu anda bisa langsung kunjungi selalu blog saya ini, karena disini sangat banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan disetiap harinya.

Related Post

  • Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia 150x150

    Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia

    Belajar Beternak - Ada berapa sih Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia yang memang berasal dari Indonesia bagian Timur ?, Pulau Pulau selat Tores, Papua Nugini, hingga Australia Timur.
  • Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes 150x150

    Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

    Belajar Beternak - Bingung bagiamana Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes agar dapat tampil maksimal ?. Bagi kebanyakan para pecinta burung kicau, tentu memiliki burung yang memiliki suara
  • Ayam Aduan Termahal, Harganya Bisa Beli Rumah 150x150

    Ayam Aduan Termahal, Harganya Bisa Beli Rumah ?

    Belajar Beternak - Sudah mengetahui Ayam Aduan Termahal itu apa saja ?. Hobi setiap orang tentunya berbeda beda, ada yang hobi memelihara hewan reptil, hewan buas sampai hewan langka sekalipun. Tentu
  • Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor 150x150

    Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor

    Belajar Beternak - Bagaimana sih cara Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor dengan maksimal ?. Tentu banyak para kicau mania yang memang ada yang belum mengerti bagaimana cara untuk
  • Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor 150x150

    Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

    Belajar Beternak - Melakukan usaha ternak bebek pedaging ataupun bebek petelur, tentu anda harus mengetahui Analisa Usaha Ternak Bebek. Karena memang mengetahui analisa usaha terlebih dahulu
  • Pos-pos Terbaru