Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Belajar BeternakCara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Asalkan kita tekun dan telaten dalam menjalani usaha tersebut. Nah, khusus untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk memulai ternak bebek peterlur dengan cara modern. Tentu melalui informasi yang kali ini saya bahas anda akan bisa menemukan solusinya. Angon Lembu

Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Melakukan ternak bebek tentu saat ini menjadi salah satu pilihan peluang bisnis yang memang cukup menggiurkan dan tentu menguntungkan. Untuk melakukan ternak bebek ini tentu kita tidak memerlukan lahan yang luas, untuk lahan tentu kita bisa memanfaatkan lahan secukupnya yang masih kosong untuk melakukan usaha ini.

Selain bisa dilakukan di lahan yang sempit pakan untuk bebek tentu sangat mudah untuk ditemukan. Makanan tambahan bebek petelur juga bisa berupa sisa makanan. Sehingga hal tersebut bisa mengurangi biaya untuk pembelian pakan disetiap minggunya atau disetiap bulannya. Saat ini ternak bebek banyak dilakukan di pedesaan.

Dulu beternak bebek memang banyak dilakukan dengan cara di gembala disetiap harinya di sawah sawah untuk mencari makan. Tetapi seiring berkembangnya zaman, kini melakukan ternak bebek sudah bisa anda lakukan dirumah yaitu dengan Cara Ternak Bebek Petelur dengan menggunakan cara modern.

Bagi anda yang memang ingin memulai ternak bebek dirumah dan di lahan yang tidak luas. Tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya bahas. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang cara untuk beternak bebek petelur dengan menggunakan cara modern yang bisa anda pahami. Agen Sakong Online

Persiapan Kandang Bebek

Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Syarat utama dalam budidaya ternak bebek petelur adalah persiapan kandang. Usahakan memilih lokasi kandang yang jauh dari permukiman warga, pabrik ataupun jalan besar. Karena memang dengan cara memilih lokasi kandang, hal ini untuk menghindari bau dari kotoran bebek ataupun bau yang tidak sedap lainnya.

Tentu para peternak harus menentukan jenis kandang yang harus digunakan oleh para peternak. Kandang yang sangat sering digunakan oleh para peternak adalah kandang jenis ren, karena kandang jenis ini sangat cocok untuk Ternak Bebek secara intensif. Untuk membuat kandang jenis ren ini tentu dibagi menjadi dua bagian.

Yaitu tempat istirahat dan tempat bermain, ruang istirahat umumnya dibuat seperti rumah dengan menggunakan atap. Dengan tinggi atap sekitar 2,5 meter dan laintainya tetap dari tanah yang dilapisi dengan sekam padi, jerami padi, serbuk gergaji ataupun rumput kering. Dengan lantai yang kering tentu agar merangsang bebek untuk cepat bertelur.

Pemilihan Bibit Bebek Berkualitas

Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Dalam usaha budidaya ternak bebek petelur tentu hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan jenis bibit yang berkualitas. Bibit yang berkualitas tentu akan mempengaruhi produksi yang akan di hasilkan nantinya. Untuk itulah, memilih bibit bebek yang berkualitas tentu merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk di pahami.

Tentu ada beberapa ciri ciri bebek petelur ataupun bebek pedaging yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Untuk anda yang belum mengetahui ciri ciri bebek petelur yang berkualitas. Berikut adalah Cara Ternak Bebek Petelur dan cara untuk memilih bibit bebek petelur yang memiliki kualitas yang sangat bagus. Info Tempat Liburan

  1. Memiliki postur tubuh yang tegap dan nafsu makan bagus
  2. Bergerak dengan lincah
  3. Bobot bebek sekitar 40 gram
  4. Memiliki kaki yang kokoh dan tidak pincang
  5. Mata jernih, sehat dan tidak buta
  6. Memiliki bulu bersih, kering dan bagus
  7. Bebas dari berbagai macam jenis penyakit

Perawatan Dan Pemberian Pakan Bebek

Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Memberikan perawatan bagi bebek petelur tentu merupakan hal yang harus anda perhatikan. Karena memang merawat bebek agar sehat dan berproduksi sesuai dengan yang kita inginkan. Tentu akan membuat hasil budidaya kita akan menjadi lebih maksimal seperti yang kita harapkan.

Untuk itulah anda harus bisa mengendalikan penyakit yang mungkin bisa menyerang bebek petelur anda kapan saja. Penyakit yang umumnya sangat sering menyerang bebek adalah penyakit parasit seperti berak darah dan cacingan, penyakit bakterial seperti salmonelosis, cholera, keracunan, kaki bengkak, pasteurellosis, corryza atau pilek dan penyakit yang lainnya. Panduan Cara Beternak

Untuk pemberian pakan anda bisa memberikannya pakan sebanyak 2 kali dalam sehari atau 3 x dalam sehari. Dalam pemberian pakan tentu anda bisa memberikan pakan berupa dedak, bekatul, tepung tulang, ampas tahu ataupun bahan pakan tambahan lainnya yang bisa anda dapatkan dari para pengepul.

Sebagai pakan tambahan, anda bisa memberikannya seperti makanan keong sawah, ikan asin, sayur sayuran ataupun yang lainnya. Tentu dengan adanya Cara Ternak Bebek Petelur yang kali ini saya bahas anda akan bisa lebih mudah untuk menemukan solusi dalam hal beternak bebek petelur.

Panen Telur Bebek

Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

Penanganan pasca panen terhadap produksi telur memang cukup penting untuk dilakukan. Jenis bebek petelur yang menghasilkan telur dengan jumlah yang banyak adalah bebek mojosari yang mampu menghasilkan telur sekitar 200 sampai 220 butir per ekor pertahun. Dengan produksi telur yang cukup banyak tentu diperlukan penanganan yang tepat.

Telur bebek umumnya dijadikan telur tetas dan telur produksi. Untuk itu, sebelum dijadikan telur konsumsi. Umumnya para peternak menyorti terlebih dahulu telur yangb isa dijadikan telur untuk di tetaskan. Berikut adalah penanganan masa pasca panen pada terlu bebek yang harus anda lakukan.

  1. Pengumpulan telur dari kandang yang diletakkan dalam kontainer dan dimasukan dalam tempat penampungan
  2. Pembersihan telur yang disimpan didalam tempat penampungan perlu di bersihkan terlebih dahulu. Cara pembersihannya tentu sangat mudah sekali, anda bisa mencampurkan air hangat yang memiliki pH -4 dengan detergen cair sekitar 2 sampai 3 tetes dengan 10 liter.
  3. Setelah dibersihkan, lalu anda bisa memisahkan telur yang retak ataupun yang bentukmya abnormal.
  4. Pengemasan telur yang telah di sortir setelah di kemas sesuai standar dan siap di pasarkan.

Tentu Cara Ternak Bebek Petelur yang kali ini saya bahas akan bisa lebih membantu anda untuk lebih mudah bagaimana untuk memulai ternak bebek petelur dengan menggunakan cara modern. Dan untuk anda yang sedang mencari informasi lengkap tentang cara untuk beternak ataupun merawat hewan peliharaan.

Anda bisa kunjungi selalu blog saya ini Panduan Belajar Beternak. Karena memang di blog saya ini anda akan bisa lebih mudah untuk menemukan informasi lengkap tentang cara beternak ataupun informasi yang menarik lainnya disetiap harinya.

Related Post

  • Pos-pos Terbaru