Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

Belajar Beternak – Melakukan ternak belut di kolam dengan menggunakan media lumpur tentu sudah sangat banyak dilakukan. Tetapi Cara Ternak Belut Di Air Jenih tentu belum banyak yang mengaplikasikan cara ini. Untuk itulah disini saya akan memberikan sebuah informasi yang mungkin selama ini anda cari sebagai solusi tepat untuk anda lakukan dalam usaha budidaya ternak belut. Angon Lembu

Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

Untuk melakukan budidaya belut sebenarnya ada beberapa cara yang tentu bisa anda terapkan. Seperti dengan cara budidaya di kolam terpal, drum, kolam semen, kolam tanah, ataupun kolam dengan menggunakan media air jernih. Saat ini memang sangat banyak sekali kita jumpai para peternak memilih kolam yang digunakan adalah kolam dengan media lumpur.

Tentu dengan menggunakan kolam tertentu memiliki keuntungan dan kelemahan masing masing. Tetapi tentu semua tergantung dengan para peternak yang ingin membudidayakannya. Di informasi yang kali ini saya bahas, tentu akan saya bahas tentang Cara Ternak Belut dengan menggunakan air jernih.

Belum banyak para pembudidaya yang mengetahui bagaimana caranya jika beternak belut dengan menggunakan air jernih tentunya. Untuk itulah disini saya akan memberikan sebuah informasi yang bisa membantu anda untuk lebih mudah memulai ternak belut dengan media air jerni. Berikut adalah keuntungan dengan menggunakan media air jernih.

Keuntungan Cara Ternak Belut Di Air Jenih

  1. Budidaya ternak belut dengan menggunakan air bersih tentu sangat memudahkan kita untuk mengontrol pertumbuhan belut dan jika ada belut yang mati atau stres, tentu kita bisa langsung memisahkan belut tersebut.
  2. Selain memudahkan dalam hal mengontrol pertumbuhan belut. Penebaran benih belut tentu lebih proposional sehingga akan meningkatkan jumlah panen, misalnya budidaya belut menggunakan lumpur batas wajar penebaran benih hanya 2kg, jika menggunakan metode air jernih bisa 15x lebih banyak lagi.
  3. Mudah dalam hal memanen belut jika dibandingkan dengan menggunakan media lumpur. Karena dengan menguras atau mengosongkan air didalam kolam, kita sudah bisa memanen belut.
  4. Saat umur belut sudah 5 atau 6 bulan, biasanya belut akan membuat daerah kawasan kekuasaannya. Hal ini tentu terjadi dalam budidaya belut apa bila menggunakan media lumpur. Tetapi dengan menggunakan media air jernih, tentu akan meminimalisir terjadihnya kanibalisme pada belut. QJoker Login

Cara ini memang saat ini sudah mulai banyak dipilih oleh para peternak belut karena prosesnya yang cukup mudah. Tetapi peternak tentu harus mengetahui apa saja kelehaman dengan menggunakan media air jernih, yaitu anda harus mempersiapkan makanan yang cukup. Karena memang belut hanya akan mengandalkan makanan yang anda berikan.

Langkah awal yang harus anda persiapkan dalam budidaya ternak belut adalah pemilihan tempat yang memiliki persediaan air yang cukup disaat musim kering. Karena budidaya ternak belut dengan menggunakan media air jernih tentu membutuhkan pasokan air jernih yang memang cukup banyak.

Memilih Bibit Belut Berkualitas

Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

Untuk memilih bibit belut yang baik, tentu anda dapat memperhatikan ciri cirinya. Karena memang jika ingin berhasil untuk melakukan ternak belut. Tentu para peternak harus memilih bibit belut anakan yang berkualitas. Untuk itulah, anda harus benar benar jelih saat memilih bibit belut. Berikut adalah Cara Ternak Belut dan beberapa ciri ciri bibit anakan belut yang berkualitas tinggi. Info Tempat Liburan

  1. Belut yang berkualitas baik untuk di jadikan bibit adalah bibit belut yang berumur 2 sampai 4 bulan. Karena pada usia 2 sampai 4 bulan bibit belut sudah cukup dewasa untuk melakukan proses pembesaran. Dan anda juga harus memilih bibit belut yang seragam yang artinya sama besarnya.
  2. Usahakan pilihlah bibit belut yang berukuran 5 sampai 8 cm. Karena bibit belut yang berukuran 5 sampai 8 cm akan tahan terhadap serangan berbagai penyakit. Selain itu bibit belut yang memiliki ukuran 5 sampai 8 cm tidak mudah stres dan perilakunya sudah mulai dewasa.
  3. Memilih bibit yang lincah dan agresif  dan penampilan yang sehat, tubuh yang keras dan tidak lemas saat di pegang.

Persiapan Kolam Belut

Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

Persiapan kolam untuk budidaya belut tentu harus anda perhatikan. Karena melakukan budidaya di kolam air jernih yang harus dipersiapkan adalah kolam. Anda bisa mempersiapkan kolam sebaiknya dipersiapkan, anda bisa menggunakan kolam semen ataupun menggunakan kolam terpal.

Kolam budidaya belut bisa lebih menghemat tempat karena terbukti lebih efektif dan efisien, jadi untuk kolam dengan ukura 5 x 5 meter saja kita sudah bisa mengisi bibit hingga 20  kali lipat jika menggunakan media lumpur. Usahakan sirkulasi air tetap bisa keluar masuk dan kita juga harus selalu memperhatikan agar air didalam kolam bisa tetap jernih dan tahan lebih lama.

Merawat Dan Memberikan Pakan Belut

Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

Cara Ternak Belut yang selanjutnya adalah merawat belut yang harus anda perhatikan, caranya anda bisa memperhatikan kualitas air, pemberian pakan yang teratur yang sesuai dengan takaran. Sebagai penanggunalangan penyakit tentu juga harus segera dilakukan pada ternak belut yang terlihat sakit. Ciri ciri belut yang terserang penyakit ditandai dengan terus bergerak disiang hari dan selalu naik ke permukaan dan suka saling menyerang. Panduan Cara Beternak

Belut memang terkenal hewan yang berlendir dan mengeluarkan lendir secara terus menerus. Hal ini dilakukan sebagai mekanisme perlindungan tubuhnya yang sangat sensitif. Lendir yang dikeluarkan oleh belut secara terus menerus tentu bisa mempengaruhi derajat keasaman air suhu atau pH air kolam.

Jika air kolam telah mencapai batas dari keasaman maksimal 7. Maka air harus segera dinetralkan dengan cara mengganti air atau mensirkulasikan air. Dan untuk pemberian pakan, tentu adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan serta pertumbuhan belut, berikanlah pakan yang disukai oleh belut.

Jika anda memberikan pakan secara berlebihan, tentu akan mengakibatkan air menjadi lebih cepat kotor dan akibatnya belut akan mudah sakti dan mati. Namun jika anda memberikan pakan kurang maka akan muncul sifat kanibalisme pada belut dan pertumbuhan belut akan semakin menjadi lama.

Selama belut masih mau memakan pakan yang selama ini anda berikan. Usahakan jangan mengganti dengan jenis pakan lainnya, pakan yang biasa disukai oleh belut umumnya adalah cacing merah, ikan cere, anakan ikan mas, kecebong, keong sawah, katak sawah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Panen Belut

Cara Ternak Belut Di Air Jenih Dengan Tepat

Panen belut tentu bisa dilakukan kapanpun sesuai dengan permintaan pasar ataupun perorangan. Atau jika kira kira belut sudah memiliki ukuran panjang minimal 30cm anda juga sudah bisa menjualnya ke penampung belut. Dan sebelum menjual anda bisa mensortir terlebih dahulu hasil panen dan pisahkan secara manual untuk memilih belut yang bagus tanpa ada luka ataupun bekas luka.

Anda bisa memisahkannya di kantong plastik kecil dengan berat 1,5 ons dan ukuran kantong plastik besar 1/4 kg. Jika anda ingin memulai budidaya ternak belut tetapi belum mengerti Cara Ternak Belut. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini agar anda bisa mendapatkan Panduan Belajar Beternak ataupun informasi yang lengkap lainnya seputar beternak.

Related Post

  • Ikan Laut Yang Mematikan Yang Ada Di Dunia 150x150

    Ikan Laut Yang Mematikan Yang Ada Di Dunia

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui semua jenis Ikan Laut Yang Mematikan Yang Ada Di Dunia ? Mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Karena memang hanya banyak yang mengenal bahwa hewan buas
  • Hewan Laut Yang Berbahaya Yang Harus Di Waspadai 150x150

    Hewan Laut Yang Berbahaya Yang Harus Di Waspadai

    Belajar Beternak - Sering jalan jalan ke pantai, sangat sering melakukan snorkeling atau liburan ke laut ?. Sudahkah anda ketahui Hewan Laut Yang Berbahaya itu jenisnya apa saja ?, jika memang belum
  • Mamalia Laut Yang Unik Dan Sangat Lucu 150x150

    Mamalia Laut Yang Unik Dan Sangat Lucu

    Belajar Beternak - Mamalia adalah jenis kelompok binatang yang termasuk vertebrata yang melahirkan dan menyusui. Apakah anda mengetahui Mamalia Laut yang bisa hidup dilaut lepas ?. Jika memang anda
  • Jenis Jenis Ikan Koi Dan List Harga Ikan Koi 150x150

    Jenis Jenis Ikan Koi Dan List Harga Ikan Koi

    Belajar Beternak - Semua orang atau pecinta ikan hias tentu sudah mengatahui beberapa Jenis Jenis Ikan Koi yang memang sangat indah dan digemari oleh masyarakat. Untuk anda yang hobi memelihara ikan
  • 6 Jenis Ikan Kecil Yang Ditemukan Di Dunia 150x150

    6 Jenis Ikan Kecil Yang Ditemukan Di Dunia

    Belajar Beternak - Di dunia ini kini memang sangat banyak sekali bahkan lebih dari 6 Jenis Ikan Kecil yang telah ditemukan di belahan dunia. Dan penemuan ikan ikan yang memiliki ukuran kecil tersebut
  • Pos-pos Terbaru