Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Belajar Beternak – Usaha ternak burung dara mungkin belum banyak dilakukan masyarakat saat ini. Tetapi dengan adanya informasi Cara Ternak Burung Dara Pedaging seperti yang kali ini akan saya bahas. Tentu akan memperluas pengetahuan untuk mereka yang memang ingin melakukan ternak burung dara pedaging ini.

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Burung merpati merupakan salah satu jenis komoditas ternak yang memang saat ini cukup menjanjikan. Karena memang melakukan ternak burung dara pedaging saat ini belum banyak di dilakoni. Tidak hanya sebagai hewan peliharaan saja, tetapi kerap juga dijadikan sajian menu utama atau menu pendamping pada beberapa rumah makan dan restoran.

Bahkan burung jenis ini juga ada yang dijadikan sebagai menu andalan dan unggulan. Di mata masyarakat Indonesia sendiri burung ini memang sangat mudah untuk bisa ditemukan. Daging burung jenis ini di percaya memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi. Daging burung ini juga memiliki kandungan mineral yang pasti dapat menggantikan konsumsi terhadap daging jenis lainnya.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai informasi Cara Ternak Burung Dara Pedaging yang harus anda ketahui untuk anda para pemula atau untuk anda yang ingin memulainya. Berikut pembahasan lebih lengkapnya, atau anda ingin mencari informasi yang menarik lainnya seperti 5 Jenis Laba Laba Yang Sangat Mematikan Di Dunia. Tentu anda bisa membaca artikel tersebut dengan cara langsung klik link tersebut.

Menyiapkan Indukan Jantan Dan Betina

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Langkah awal yang sangat penting untuk anda perhatikan adalah dengan mempersiapkan indukan jantan dan burung betina. Keduanya tentu harus merupakan indukan yang produktif dan mampu menghasilkan anakan yang berkualitas. Dan berikut adalah cara untuk memilih indukan burung yang sangat berkualitas bagus.

  • Pilih indukan yang sehat, lincah dan berukuran besar.
  • Tidak cacat fisik tubuh
  • Umur berkisar antara 7 bulan keatas.
  • Usahakan jangan membeli indukan yang sudah tua, karena itu akan mempengaruhi kualitas anakan yang dihasilkan nantinya.
  • Memiliki bulu yang bagus, pada bagian sayap ujung kaki tidak melor dan juga saat di tangkap memberikan perlawanan.

Persiapan Kandang Dan Sanitasi Kandang

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Persiapan kandang sebelum anda melakukan ternak burung dara. Tentu mempersiapkan kandang adalah hal utama yang harus dipersiapkan. Dan melalui informasi Cara Ternak Burung Dara juga akan saya berikan beberapa persyaratan dan persiapan kandang burung dara sebelum melakukan ternak burung dara.

Ukuran kandang sebaiknya dibuat seluas mungkin karena burung merpati sangat suka hidup berkelompok. Kandang dapat dibuat seperti kandang ayam dengan ukuran yang sangat luas dan longgar. Dan anda juga bisa menambahkan tneggeran untuk burunng didlam kandang agar burung merpati lebih nyaman. Juga berikan lapisan pada kandang agar burung tetap merasa hangat didalam kandang.

Nah, hal yang sangat penting untuk anda perhatikan adalah dengan selalu menjaga kondisi kandang tetap ideal. Kebersihan kandang merupakan hal yang harus diutamakan, karena kandang yang lembab mampu mendatangkan berbagai macam jenis penyakit. Untuk mengatasi kotosan burung yang menumpuk. Sebaiknya anda gunakan alas agar kotoran dapat tertampung dan mudah untuk dibersihkan. Dan kandang juga harus dapat memperoleh cahaya matahari yang cukup agar tetap dalam kondisi kering dan tidak lembab.

Menjodohkan Dan Mengawinkan Burung

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Tahapan yang selanjutnya harus anda lakukan adalah dengan menjodohkan burung dara jantan dan betina. Untuk melakukan perjodohan anda juga bisa melakukannya di dalam kandang dengan cara menempatkan kedua indukan tersebut dalam kandang. Atau anda juga bisa menempatkan kedua indukan didalam kandang dengan cara di dekatkan.

Setelah keduanya menunjukan tingkat yang lenjeh dan jantan sudah tidak galak lagi dengan burung betina. Tentu tahap selanjutnya anda dapat melakukan proses perkawinan. Ketika indukan burung jantan menunjukan tanda tanda hendak kawin maka tentu tahapan selanjutnya adalah dengan mengawinkan kedua indukan tersebut.

Proses pengawinan juga dilakukan dalam pengupon pada malam hari, dan ketika siang hari, indukan dijemur dalam satu kandang yang berukuran besar. Saat matahari sudah tinggi maka, indukan dapat dikembalikan kedalam pengupon sehingg malamnya bisa dikawinkan kembali.

Pengeraman Dan Penetasan Telur

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Jika indukan burung dara sudah menunjukan tanda tanda ingin bertelur tentu tahap selanjutnya adalah mempersiapkan tempat bertelur bagi burung dara. Dan berikut adalah Cara Ternak Burung Dara dan cara untuk mempersiapkan tempat untuk bertelur burung dara.

  • Indukan akan menetaskan telur biasanya sebanyak 2 telur
  • Telur harus ditempatkan kedalam kandang untuk langsung dierami
  • Waktu pengeraman biasanya membutuhkan waktu 19 sampai 22 hari
  • Untuk membantu proses penetasan sebaiknya siapkan jerami dan masukan kedalam kandang.
  • Dan agar mempermudah menetaskan telurnya, tentu anda juga perlu membuatkan sarang berupa kotak kayu atau gerabah yang berbentuk mengkok.
  • Masukan jerami kedalam sangkar agar memudahkan penetasan, dan jaga selalu jangan sampai kandang menjadi lembab.

Pemberian Pakan Burung Dara

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Pemberian pakan untuk merpati tentu dapat memberikan pakan berupa pelet dengan ketentuan diberikan sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari. Sedangkan saat indukan sudah mulai bertelur diberikan pakan tambahan yang mengandung banyak mineral. Pakan yang bisa diberikan adalah kacang tanah, kacang hijau atau millet.

Selain mineral, tentu dibutuhkan juga vitamin terutama pada indukan yang nantinya akan meloloh atau memberikan makan pada anaknya. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium sekaligus mineral dan penceraan yang baik bagi indukan maka dapat diberikan pakan grit. Grit tentu dapat dibuat dengan campuran bata merah, atang dan grit putih yang dihaluskan dengan komposisi 40 : 40 : 20.

Pemeliharan Anakan Burung Dara

Cara Ternak Burung Dara Pedaging

Setelah menetas, tentu anda harus melakukan pemeliharaan anakan piyik agar dapat bertahan hidup. Dan tentu ada beberapa tahapan dalam sistem pemeliharaan yang sangat harus diperhatikan dalam melakukan usaha dengan Cara Ternak Burung Dara Pedaging.

Jangan memisahkan anakan burung dengan secara paksa, karena jika anda melakukan hal tersebut. Itu bertujuan untuk memaksa indukan cepat bertelur kembali, tentu hal ini akan berbahaya dan akan dapat membuat anakan burung menjadi stres karena kehilangan induknya. Dan pada akhirnya akan meningkatkan resiko kematian.

Sebaiknya anda bisa memisahkan burung dara saat minimal berusia 1 bulan. Dan pisahkan anakan burung daradengan indukan terutama pada indukan jantan. Karena dikhawatirkan jika dicampur maka akan bisa menyebabkan keduanya bertengkar dan pastinya anakan burung dara akan kalah.

Tetapi jika dicampurkan maka sebaiknya di campurkan saja dengan indukan betina. Dengan demikian tentu anakan burung dara tumbuh lebih optimal. Untuk memberikan pakan, tentu anda bisa memberikan pakan sesuai dengan ukuran tubuh dan kebutuhan. Untuk anda yang ingin mencari informasi tentang Cara Budidaya Burung Merpati Pedaging.

Tentu anda bisa mengunjungi link blog rekan saya yang telah tersedia diatas. Karena melalui link tersebut anda juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi yang sangat pentin guntuk anda ketahui. Jadi anda sudah tidak perlu bingung lagi jika sedang mencari informasi seputar cara beternak atau cara merawa hewan peliharaan.

Related Post

  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula 150x150

    Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula

    Belajar Beternak -  Apakah anda ingin memulai usaha ternak kambing kacang ?. Dan apakah anda sudah mengetahui bagaimana Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula ?. Jika memang anda belum banyak
  • Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula 150x150

    Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

    Belajar Beternak - Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula merupakan tema artikel yang kali ini saya bahas untuk anda semua para penghobi ternak sapi di Indonesia. Dengan adanya cara seperti
  • Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula 150x150

    Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Mau memulai usaha budidaya lobster air tawar tetapi belum banyak mengetahui Teknik Budidaya Lobster Air Tawar ?. Jika memang anda ingin memulai usaha budidaya lobster dengan sangat
  • Pos-pos Terbaru