Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Belajar BeternakCara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya berikan untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak domba. Tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang saya bahas ini agar anda bisa membantu anda untuk melakukan usaha ternak domba dengan tepat.

Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Melakukan ternak domba ataupun ternak kambing tentu merupakan sebuah bisnis yang memang sangat menjanjikan. Dan melakukan ternak domba bukanlah suatu perkara yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Karena memang sangat banyak sekali hal hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan usaha ternak kambing atau domba.

Di Indonesia sendiri peternakan domba merino terdapat hampir diseluruh penjuru nusantara. Dan yang paling banyak ditemukan domba jenis ini adalah didaerah Jawa, karena memang kita ketahui domba jenis ini memang sangat mudah untuk di temukan.

Bagi anda yang memang ingin melakukan ternak domba merino tetapi belum mengetahui bagaimana Cara Ternak Domba Merino yang memang sangat menguntungkan. Anda bisa simak dan ikuti terus artikel saya ini agar anda bisa mendapatkan solusi. Berikut adalah informasi lengkap tentang cara melakukan bisnis ternak domba merino dengan tepat.

Persyaratan Kandang Domba Merino

Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Kandang tentu merupakan hal penting yang juga harus anda perhatikan. Karena memang kandang harus dibuat se kokoh mungkin agar pada saat domba memiliki bobot yang bertambah. Kandang tidak akan roboh, selain itu tentu domba akan lebih aman jika kandang yang di tempati nya sangat nyaman dan aman untuk nya.

Umumnya kandang domba ataupun kandang kambing yang digunakan untuk melakukan ternak adalah kandang panggung. Karena memang kandang ini memiliki kelebihan yang sangat banyak jika dibandingkan dengan menggunakan kandang jenis lainnya. Dengan menggunakan kandang jenis panggung kita juga sudah tidak perlu membersihkan kandang. Karena memang kotoran akan langsung jatuh ke penampungan kotoran domba.

Cara Ternak Domba Merino dengan menggunakan jenis kandang panggung ini juga jauh lebih efisien. Untuk ukuran kandang, tentu anda bisa membuat kandang sesuai dengan jumlah populasi domba yang ingin anda ternak. Agar proses penggemukan domba cepat, anda bisa membuat sekat setiap 1 meter domba agar domba dapat lebih cepat gemuk dan siap di jual.

Memilih Bibit Domba Berkualitas

Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Untuk menentukan hasil ternak yang anda pelihara nantinya berhasil atau tidak. Tentu pemilihan bibit yang berkualitas juga sangat berpengaruh dengan hasil ternak yang kalian pelihara. Berikut adalah cara bagaimana untuk memilih bibit atau bakalan domba yan gberkualitas untuk di gemukkan.

  • Memiliki tubuh yang sehat, lincah, tidak cacat, bulu tidak kusam.
  • Pilihlah domba jantan, karena pertumbuhan domba jantan lebih cepat jika dibandingkan dengan domba betina.
  • Memiliki kaki yang kokoh
  • nafsu makan yang sangat baik
  • Memiliki bobot badan sekitar 15 kg dan memiliki usia 6 bulan atau 1 tahun.

Dengan pemilihan bibit domba yang berkualitas baik, tentu ternak yang kita pelihara nanti nya akan menghasilkan hasil sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, jika anda sangat hobi melakukan jalan jalan kuliner dan sedang berada di Jakarta. Gocha Gocha Nasi Hotplate Murah Dan Enak tentu sangat cocok untuk anda singgahi. Karena disana sangat banyak sekali jenis jenis makanan yang bisa anda coba.

Pemberian Pakan Domba

Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Melakukan ternak domba merino dan jika fokus pada proses penggemukannya saja. Tentu anda harus memberikan jam makan bagi domba agar dapat membantu proses penggemukan domba agar pencernaan juga bekerja secara maksimal. Jenis pakan yang diberikan bisa berupa pakan hijauan ataupun konsentrat yang memang mimiliki kandungan zat gizi yang bagus untuk domba.

Memberikan pakan pada domba bisa anda lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan siang hari. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan dan pada sore harinya anda bisa memberikan pakan hijauan sebagai seratnya. Dengan adanya informasi Cara Ternak Domba Merino yang kali ini saya bahas tentu akan memudahkan anda untuk menemukan solusi bagaimana cara untuk melakukan ternak domba merino agar menghasilkan Ternak Berkualitas.

Pengendalian Penyakit Pada Domba

Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Beberapa penyakit yang selalu harus di waspadai seperti mencret, penyakit radang, penyakit cacar mulut, penyakit titani, penyakit radang limpah, penyakit mulut dan kuku dan penyakit jenis lainnya. Secara umum, tentu anda harus melakukan pencegahan terhadap penyakit  pada domba anda.

Menjaga kebersihan kandang, dan mengontrol domba sesering mungkin juga bisa dilakukan sebagai pencegahan penyakit pada domba. Memberikan nutrisi, vitamin, ataupun makanan penguat yang mengandung mineral, kalsium juga harus anda akukan agar selera makannya semakin meningkat.

Panen Domba Merino

Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

Hasil utama yang dapat di panen dari ternak Domba Merino adalah daging dan bulu yang dapat di jadikan bahan tekstil. Dan tentu kotoran dari domba merino juga bisa anda jual kepada para petani yang memang memanfaatkan kotoran sapi. Domba ayam ataupun kotoran lainnya sebagai pupuk alami untuk tumbuhan yang sedang mereka tanam di lahan pertanian mereka. Dengan menjual kotoran domba kepada petani tentu juga kita bisa mendapatkan keuntungan sampingan yang banyak.

Di informasi tentang Cara Ternak Domba Merino yang kali ini saya bahas. Tentu anda akan bisa mendapatkan solusi bagaimana cara untuk melakukan ternak domba jika memang anda adalah pemula dalam memulai usaha ternak domba. Dan jika anda juga ingin mendapatkan informasi yang menarik lainnya seputar cara beternak ataupun cara merawat hewan peliharaan. Anda bisa kunjungi Panduan Cara Beternak selalu, karena disana anda juga bisa mendapatkan informasi penting disetiap harinya.

Related Post

  • Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat 150x150

    Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya kepiting soka tetapi belum mengerti Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat ?. Tentu semua para pecinta kuliner mengetahui apa itu kepiting
  • Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses 150x150

    Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah tentang Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses. Melakukan usaha ternak ataupun budidaya apapun, tentu semua orang ingin mendapatkan
  • Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan 150x150

    Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

    Belajar Beternak - Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya berikan untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak domba. Tentu anda bisa simak dan
  • Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen

    Belajar Beternak - Cara Penggemukan Sapi Secara Organik saat ini merupakan salah satu solusi agar hasil panen sapi bisa lebih cepat dari pada biasanya yang bisa di panen selama kurang lebih 4 sampai
  • Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula 150x150

    Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula merupakan artikel yang kali ini akan saya bahas. Sesuai dengan permintaan dari para peternak yang ada di Indonesia yang masih belum
  • Pos-pos Terbaru