Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Belajar Beternak – Tentu tidak banyak kalangan pebisnis yang mengetahui Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal. Bahkan banyak dari peternak ikan selalu menggunakan media kolam permanen ataupun kolam tanah. Tentu dengan cara alternatif seperti menggunakan media kolam terpal akan bisa lebih menghemat biaya pembuatan kolam dan menghemat lahan. Lobang Belut

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Ikan mujair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ikan mujair tersebar di perairan Afrika dan Indonsia, di Indonesia ikan mujair pertama kali di temuka pada tahun 1939 oleh Pak Mujair di muara sungai serang. Ikan mujair memiliki ukuran yang sedang dengan panjang sekitar 40cm dengan memiliki bentuk tubuh yang pipih dengan warna tubuh hitam, abu abu, kuning atau kecoklatan.

Ikan mujair juga merupakan jenis ikan air tawar yang sangat mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan. Ikan jneis ini juga sangat cepat dalam hal berkembang biak. Dalam waktu beberapa bulan saja populasi ikan mujair dapat berkembang dengan pesat. Di habitat aslinya ikan ini berada pada muara sungai yang dangkal atau juga biasa dibudidayakan dalam kolam.

Beternak ikan mujair memang tergolong sangat mudah karena peternak hanya memerlukan kolam sebagai tempat pemeliharaan. Sebelum memulai ternak ikan mujair, tentu ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan. Ketika ingin membuat kolam pemeliharaan salah satunya adalah jenis tanah yang akan dijadikan kolam.

Bagi anda yang ingin memulai usaha binis ternak ikan mujair dan ingin sukses. Tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel tentang Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal seperti yang kali ini saya bahas. Berikut adalah pembahasan lengkap tentang cara untuk beternak ikan mujair didalam kolam terpal.

Pemilihan Bibit Ikan Mujair Berkualitas

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Dalam budidaya  ternak ikan mujair, tentu pemilihan indukan akan menentukan hasil panen yang berkualitas. Dalam memilih indukan tentu hal yang harus anda perhatikan adalah kualitas indukan harus baik, sehat besarnya seragam dengan bobot 100gram. Indukan ikan mujair terdiri dari dua jenis yaitu jantan dan betina, Berikut adalah cara membedakan indukan jantan dengan indukan betina.

Indukan Jantan

  1. Memiliki 2 lubang pada bagian urogenetial
  2. Bagian anus dan bagian lubang sperma yang juga merangkap sebagai lubang urine
  3. Ujung sirip berwarna kemerah merahan terang dan jelas
  4. Bagian perut berwarna lebih gelap atau lebih kehitaman

Indukan Betina

  1. Memiliki 3 lubang pada bagian urogenetial
  2. Terdiri dari lubang anus, lubang untuk mengeluarkan sel telur yang terpisah dari lubang urine
  3. Ujung sirip berwarna kemerah merahan pucat dan tidak jelas
  4. Bagian perut berwarna putih
  5. Dagu berwarna putih
  6. Jika perut distriping tidak mengeluarkan cairan

Pemijahan Benih Ikan Mujair

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Jika anda telah mempersiapkan kolam dan siap untuk di isi. Maka tahapan selanjutnya tentu anda bisa menebarkan benih ikan kedalam kolam. Lakukan penebaran benih ikan mujair saat di sore hari dengan kepadatan 400 sampai 500 populasi untuk kolam berukuran 50 x 50 x 100 cm. Pada beberapa hari awal kemungkinan akan ada beberapa benih yang akan mati.

Namun anda tidak perlu khawatir jika benih yang mati hanya 3 sampai 4 ekor saja perhari. Karena Cara Ternak Ikan Mujair yang kali ini saya bahas tentu bisa anda pahami. Namun jika melebihi jumlah tersebut ada baiknya anda segera melakukan tindakan penjegahan kematian selanjutnya. QBandar Login

  1. Membuat kolam dengan ukuran 3 x 4 meter dengan kedalaman kolam 60 cm
  2. Masukan lumur halus pada bagian dasar kolam agar ikan mujair bisa membuat sarang dengan mudah
  3. Perbandingan indukan jangan dan betin yaitu 3 : 2.
  4. Pimijahan akan terjadi setelah indukan jandan membuat lubang sarang yang berupa cekungan di dasar kolam dengan garis tengah sekitar 10 sampai 35 cm.
  5. Setelah pemijahan dan pembuatan sarang pemijahan selesai. Akan segera berlangsung proses pemijahan, setelah proses pemijahan proses pembuahan selesai maka telur telur hasil pemijahan segera di kumpulkan oleh induk betina ke dalam mulutnya untuk dierami hingga menetas.
  6. Pada saat tersebut, indukan betina ikan mujair tidak aktif makan sehingga terlihat tubuhnya kurus
  7. Telur akan menetas setelah 3 sampai 5 hari pada suhu air sekitar 25 sampai 27 derajat celcius. Setelah sekitar 2 minggu sejak penetasan, indukan betina baru akan melepas anak anaknya.

Pembuatan Kolam Ikan Mujair

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Melakukan Budidaya Ternak Ikan Mujair dengan menggunakan kolam terpal memang lebih praktis dan tentu juga akan lebih menghemat biaya pembuatan kolam. Untuk membuat kolam terpal dengan ukuran 50 x 50 x 100 m2, anda hanya membutuhkan beberapa lembar terpal kayu ada bambu. Berikut adalah tahap Cara Ternak Ikan Mujair dan cara membuat kolam dengan menggunakan media terpal.

  • Ukuran kolam terpal bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan atau populasi ikan mujair yang ingin anda budidayakan.
  • Pilih terpal plastik yang tebal sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama
  • Bentuk kolam persigi panjang, dengan setiap sudutnya diberi kayu yang kuat sebagai penyangga agar kolam tidak roboh.
  • Saat kolam telah selesai dibuat, usahakan jangan langsung di isi dengan air, anda bisa membiarkan kolam kering terlebih dahulu selama 2 sampai 3 minggu.
  • Setelah membuat kolam, tentu anda bisa melakukan pengapuran dan didiamkan selama 3 sampai 4 minggu
  • Setelah proses pengapuran selesai, anda bisa mengisi air 3/4 bagian dari tinggi kolam

Penebaran Benih Ikan Mujair

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Sebelum benih di tebar, benih perlu di adaptasi agar benih ikan mujair tidak stres saat berada di dalam kolam. Cara Ternak Ikan Mujair untuk benih adalah ikan yang masih di bungkus dalam pastik tertutup rapat bisa anda masukan kedalam kolam dan biarkan sampai dingin plastik menggembung. Hal tersebut menandakan bahwa air kolam dan air dalam plastik sudah menyesuaikan suhu.

Setelah itu, anda bisa membuka plastiknya dan memasukan benih ikan mujair kedalam kolam sedikit demi sedikit ke dalam plastik tempat benih sampai benih terlihat dalam kondisi baik. Setelah beberapa saat, anda bisa langsung menebar benih atau dilepaskan kedalam kolam secara perlahan lahan.

Pemberian Pakan Ikan

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Jika produktivitas serta kesuburan dari kolam anda mengalami penurunan. Sebaiknya Cara Ternak Ikan Mujair atau pakan yang anda berikan adalah pakan ekstra dengan campuran yang terdiri dari tepung ikan 25%, dedak halus 65%, serta tepung kopra 10%. Komposisi atau campuran pakan ekstra tersebut tentu dapat anda aplikasikan jika anda melakukan ternak ikan mujair dalam skala kecil.

Anda juga dapat memberikan pakan pelet yang memiliki kandungan protein 20 sampai 30% dengan skala 2 sampai 3% dari jumlah bobot ikan perharinya. Pemberian pelet dilakukan pada pagi dan sore hari. Kondisi pakan dalam air juga harus sesuai dengan dosis ketentuan yang sudah ada. Diluar dari pakan, anda juga harus memberikan pakan tambahan berut pelet yang sudah hancur atau remahan dengan dosis 10% dari jumlah bobot ikan perharinya

Pasca Panen Ikan Mujair

Cara Ternak Ikan Mujair Di Kolam Terpal

Ikan mujair akan siap dipanen pada umur 4 sampai 5 bulan setelah ditebar. Ikan dengan kualitas baik dan segar akan memiliki harga jual yang sangat tinggi. Tentu cara panen harus dilakukan dengan tepat, berikut adalah Cara Ternak Ikan Mujair atau cara panen ikan mujair.

  • Saat akan melakukan panen, berikan pakan terlebih dahulu untuk menambah bobot ikan
  • Selanjutnya anda bisa mengurangi volume air secara perlahan untuk menghindari ikan menjadi stres
  • Saat volume air mulai berkurang, maka anda dapat memanen ikan dengan cara menjaringnya
  • Kemudian letakkan hasil panen pada wadah yang bersih
  • Tentu anda bisa menggunakan wadah plastik yang bersih dan di isi dengan air bersih
  • Berikan tambahan oksigen agar ikan dapat bertahan hidup dan agar tetap segar.

Cara Ternak Ikan Mujair yang telah saya bahas diatas tentu merupakan cara yang sangat penting untuk anda ketahui jika anda ingin memulai bisnis ternak ikan mujair dengan baik. Nah, untuk anda yang juga ingin mencari informasi selain cara budidaya atau ternak ikan mujair. Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi tentang belajar beternak di blog saya ini.

Tentu anda bisa mengunjungi selalu Informasi Panduan Cara Belajar Beternak disetiap harinya jika anda memang ingin mencari solusi dalam hal beternak.

Related Post

  • 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah yang mungkin sampai saat ini masih hidup ?. Untuk anda yang memang belum mengetahui ikan ikan apa saja
  • Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes 150x150

    Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes

    Belajar Beternak - Ingin ikan louhan anda menang saat mengikuti kontes ? Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes yang kali ini saya bahas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan bagaimana
  • Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung 150x150

    Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat
  • Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah.
  • Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia

    Belajar Beternak - Apakah anda sudah mengetahui jenis jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia yang ada diseluruh dunia ?. Jika memang anda belum mengetahui ikan hias air tawar apa saja yang
  • Pos-pos Terbaru