Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

Belajar Beternak – Melakukan budidaya ikan nila dengan Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal tentu belum banyak yang melakoninya. Karena memang banyak dari para peternak ataupun budidaya ikan melakukan budidaya ikan nila di kolam tanah. Untuk itulah, di pembahasan kali ini saya akan berikan anda sebuah solusi yang bisa anda terapkan dirumah. Gunting Kiu Kiu

Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

Memang sangat banyak sekali jenis ikan yang bisa di jumpai diperairan indonesia. Dan saat ini budidaya ikan yang sangat banyak dilakukan adalah budidaya ikan nila. Tetapi belum banyak yang melakukan ternak ikan nila dengan menggunakan kolam terpal. Karena memang sangat banyak yang melakukan budidaya ikan nila dalam jumlah yang cukup besar.

Maka tidak heran jika pada pembudidaya melakukan ternak ikan nila dikolam tanah. Tetapi untuk anda para pemula dalam melakukan usaha budidaya ternak ikan nila dan ingin mencoba dengan jumlah populasi yang kecil. Tentu Cara Ternak Ikan Nila dengan menggunakan media kolam terpal adalah solusi yang sangat tepat. Panduan Cara Beternak

Karena untuk memulai ternak ikan nila atau budidaya ikan nila tidak harus memiliki lahan yang luas serta modal yang besar. Hanya dengan bermodalkan lahan sempit dan terpal. Anda juga sudah bisa memulai ternak ikan nila dirumah. Berikut adalah pembahasan lengkap tentang bagaimana cara untuk melakukan budidaya ikan nila dengan menggunakan media kolam terpal.

Lokasi Dan Persiapan Kolam Terpal

Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

Tentu banyak keungulan yang bisa dapatkan dengan memanfaatkan Cara Ternak Ikan Nila dengan menggunakan media kolam terpal. Salah satunya adalah bisa memanfaatkan lahan sempit bagi anda yang memang tidak memiliki lahan yang begitu luas. Lahan yang sangat minim dengan air terutama pada daerah yang memiliki tekstur tanah berpasir.

Dengan menggunakan kolam terpal ini tentu anda akan bisa melakukan bisnis budidaya ternak ikan nila dengan mudah. Dan cara ini juga merupakan sebuah solusi yang sangat penting untuk diketahui bagi anda yang memang ingin melakukan budidaya ternak ikan nila tetapi tidak ingin membuat kolam tanah ataupun beton. Karena kita ketahui modal untuk membuat kolam tanah ataupun kolam beton sangat mahal.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan jika memang anda ingin memelihara ikan dengan menggunakan media kolam terpal sebagai tempat bisnis anda. Dan untuk cara beternak ikan lele, anda bisa membaca artikel kami di Belajar Beternak Ikan Lele di Kolam Tanah

Sumber Air

  • Memberhatikan sumber air berupa sumur, air PDAM, air hujan yang ditampung ataupun air lain yang cocok untuk digunakan. Alangkah lebih bagusnya jika anda menggunakan air sungai, irigasi ataupun waduk disekitar.

Ketinggian Lokasi

  • Perlu diketahui bahwa ketinggian lokasi berpotensi pada suhu air. Cara budidaya ikan nola dengan menggunakan kolam terpal umumnya memiliki ketinggian air yang tepat yaitu 0 sampai 500 m dibawah permukaan laut atau dpl.

Ukuran Kolam Dan Kerangka Kolam

  • Ukuran kolam tentu juga harus anda pertimbangkan, anda harus perhatikan berapa jumlah populasi ikan yang ingin anda pelihara sesuai dengan lebar kolam. Saat proses peletakan kolam pada dasar tanah, tentu anda bisa menggunakan area yang datar dan perhatikan terlebih dahulu bahwa didasar kolam tidak ada benda tajam, karena akan beresiko merusak terpal.

Pemilihan Indukan Dan Penebaran Benih Ikan Nila

Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

Kesuksesan budidaya ikan nila tentu merupakan keinginan dari semua para peternak ikan. Salah satu hal yang sangat penting untuk anda perhatikan adalah pemilihan benih ataupun indukan. Faktor bibit dan induk memang sangat menentukan keberhasilan dalam melakukan ternak ikan nila. Untuk itulah disini saya juga akan memberikan ciri ciri bibit atau indukan ikan nila yang berkualitas bagus.

  1. Mampu memproduksi benih
  2. Pertumbuhannya sangat cepat
  3. Sangat responsif terhadap makanan buatan yang diberikan
  4. Resisten terhadap serangan hama
  5. Mampu hidup dan tumbuh baik pada lingkungan perairan
  6. Ukuran indukan yang bagus untuk di pijahkan yaitu sekitar 120 sampai 180 gram lebih perkilo per ekor berumur sekitar 4 sampai 5 bulan.

Dan berikut adalah cara membedakan indukan ikan nila jantan dengan indukan ikan nila betina yang harus anda perhatikan.

Betina

  • Terdapat 3 buah lubang pada urogential yaitu dubur, lubang pengeluaran telur dan lubang urine
  • Ujung sirip berwarna kemerah merahan pucat tidak jelas
  • Warna perlut lebih putih
  • Warna dagu putih dan jika perut di urut atau distriping tidak mengeluarkan cairan

Jantan

  • Pada alat urogenetial terdapat 2 buah lubang yaitu anus dan lubang sperma merangkap lubang urine
  • Ujung sirip berwarna kemerah merahan terang dan jelas
  • Warna perut berwarna lebih gelap atau kehitam hitaman
  • Warna dagu kehitam hitaman dan kemerah merahan
  • Jika perut di urut atau distriping akan mengeluarkan cairan putih

Setelah anda memilih benih ikan nila yang berkualitas. Tentu langkah selanjutnya anda bisa melakukan penebaran benih ikan nila yang harus anda perhatikan. Berikut adalah cara penebaran benih ikan nila yang harus anda lakukan. Info Tempat Liburan

  • Jumlah tebar benih yang baik adalah 15 sampai 30 ekor permeter persegi dengan ukuran 10 gram setiap satu kilonya.
  • Sebelum menebar benih ikan kedalam kolam. Sebaiknya anda membiarkan terlebih dahulu kantong plastik benih ikan didalam kolam. Cara ini bertujuan untuk menyesuaikan suhu air dan bertujuan untuk meminimalisir kematian ikan.

Perawatan Ikan Dan Pemberian Pakan Ikan

Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

Langkah selanjutnya jika anda telah mempersiapkan kolam, benih ikan ataupun indukan ikan nila. Tentu langkah selanjutnya adalah perawatan ikan nila hingga usia panen tiba. Dan ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan usaha budidaya ternak ikan nila yang harus anda perhatikan.

Pengelolaan Air

Agar ikan mampu tumbuh dengan maksimal, anda harus memantau kualitas air kolam. Parameter penentu kualitas air kolam adalah kandungan oksigen dan pH air. Atau anda juga bisa melakukan pemantauan CO2, HN3 dan H2S jika memungkinkan. Jika kandungan oksigen didalam kolam menurun

Anda bisa memperderas sirkulasi air dengan memperbesar aliran air atau debit air. Jika kolam sudah terlalu banyak mengandung NH3 dan H2S yang ditandai dengan bau busuk. Segera lakukan pergantian air, caranya anda bisa mengeluarkan air kotor sebesar 1/3 dari air didalam kolam dan kemudian anda bisa menambahkan air baru kedalam kolam. Update Smartphone

Pemberian Pakan

Melakukan ternak ikan jenis apapun tentu pengolaan pakan sangat penting. UntukĀ  itu di informasi Cara Ternak Ikan Nila yang kali ini saya bahas akan saya berikan informasi tentang cara pengolaan pakan untuk ikan nila. Biaya pakan merupakan komponen biaya yang memang sangat besar dalam budidaya ikan nila.

Pakan ikan nila tentu bisa anda berikan berupa pelet, ikan nila membutuhkan pakan sebanyak 3% dari bobot tubuhnya setiap harinya. Pemberian pakan bisa anda akukan setiap hari yaitu pada pagi dan sore hari, dan jangan lupa untuk selalu melakukan sampel ikan yang bisa anda lakukan 2 minggu sekali lalu sesuaikan dengan jumlah pakan yang telah anda berikan.

Pengendalian Hama Penyakit

Ikan nila memang merupakan jenis ikan yang sangat tahan terhadap hama penyakit. Tetapi tentu kita harus tetap melakukan pengendalian penyakit pada ikan ternak. Pada situasi normal, penyakit ikan nila memang tidak banyak mengkhawatirkan tetapi jika budidaya ikan nila dilakukan secara intensif dan secara massal anda harus mewaspadai

Panen Ikan Nila

Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

Masa panen ikan nila memang tidak membutuhkan waktu yang sangat lama. Waktu yang dibutuhkan untuk ternak ikan nila dari mulai persiapan kolam, pemilihan indukan atau bibit ikan dan penebaran. Untuk masa panen ikan nila pada umumnya membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 bulan.

Dan untuk bobot ikan nila yang siap dipanen mencapai bobot 300 sampai 500 gram per ekor. Ikan nila yang mencapai bobot 300 sampai 500 gram ini biasanya membutuhkan waktu perawatan atau pemeliharaan sekitar 4 sampai 6 bulan, sistem panen ikan nila harus anda lakukan dengan cara bertahap. Dan teknik panen yang sangat mudah yaitu dengan cara mengeringkan kolam ikan sebagian ataupun total.

Melalui informasi yang kali ini saya bahas tentang Cara Ternak Ikan Nila ini tentu akan bisa lebih mempermudah anda dalam menemukan solusi beternak ikan nila. Dan untuk anda yang membutuhkan solusi dalam melakukan ternak ataupun merawat hewan keasayangan. Anda bisa kunjungi selalu blog saya ini Panduan Belajar Beternak.

 

Related Post

  • Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik 150x150

    Belajar Beternak Belut Di Kolam Drum Plastik

    Belajar Beternak - Belajar Beternak Belut dengan menggunakan kolam drum plastik tentu merupakan salah satu kunci utama keberhasilan melakukan budidaya dengan menggunakan jenis kolam lainnya nanti.
  • Cara Budidaya Ikan Sepat Di Kolam Terpal 150x150

    Cara Budidaya Ikan Sepat Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Ingin melakukan budidaya ikan sepat dikolam terpal tetapi belum mengetahui bagimana Cara Budidaya Ikan Sepat Di Kolam Terpal dengan benar ?. Melakukan budidaya ikan sepat memang
  • Ikan Hias Termahal Di Dunia, Mau Tahu 150x150

    Ikan Hias Termahal Di Dunia, Mau Tahu ?

    Belajar Beternak - Belum mengetahui Ikan Hias Termahal Di Dunia itu ikan apa saja ?. Tenang saja, untuk anda yang belum mengetahui ikan hias apa saja yang harganya mahal. Di pembahasan yang kali ini
  • Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah 150x150

    Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal Dengan Mudah

    Belajar Beternak - Melakukan budidaya ikan nila dengan Cara Ternak Ikan Nila Dikolam Terpal tentu belum banyak yang melakoninya. Karena memang banyak dari para peternak ataupun budidaya ikan
  • Belajar Beternak Ikan Lele di Kolam Tanah 150x150

    Belajar Beternak Ikan Lele di Kolam Tanah

    Belajar Beternak - Belajar Beternak Ikan Lele merupakan salah satu ilmu untuk membuka peluang bisnis yang menguntungkan di Indonesia. Ikan lele ini sendiri pun merupakan salah satu ikan jenis air
  • Pos-pos Terbaru