Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Belajar BeternakCara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya update untuk anda semua. Ternak jangkrik merupakan salah satu komoditi dan jenis usaha yang memang cukup menjanjikan. Karena memang jangkrik sangat banyak digunakan sebagai pakan untuk burung ataupun hewan peliharaan lainnya. Guntik Kiu Kiu

Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Usaha ternak jangkrik merupakan peluang usaha yang memang baru baru saja sempat booming. Tetapi tidak mungkin usaha pada yang beberapa tahun lalu sempat banyak dilakukan ini bisa memberikan anda penghasilan tambahan yang besar bukan ?. Meskipun usaha ternak jangkrik sempat meredup pada beberapa waktu lalu. Kini ternak jangkrik sudah sangat banyak dilakoni oleh para peternak yang ada di Indonesia.

Peluang usaha ternak jangkrik memang sangat bagus untuk dikembangkan. Karena mengingat bahwa dengan banyak sekali saat ini yang memelihara burung kicau. Karena tentu jangkrik umumnya digunakan oleh para penghobi burung sebagai pakan tambahan bagi burung kicau mereka. Untuk harga jual jangkrik perkilonya juga tidak sangat murah yaitu berkisar sekitar 40 ribu sampai 50 ribu perkilo gram nya.

Untuk itulah disini saya akan memberikan sebuah solusi bagaimana Cara Ternak Jangkrik dirumah untuk para pemula. Mungkin hanya di blog saya ini anda bisa menemukan solusi untuk memulai usaha ternak jangkrik dirumah. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap bagaimana cara untuk memulai ternak jangkrik dirumah dengan benar.

Lokasi Kandang Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Mempersiapkan lokasi kandangĀ  juga merupakan salah satu cara agar jangkrik tidakĀ  cepat stres dan berkembang dengan maksimal. Dalam beternak, tentu jangkrik membutuhkan kandang atau wadah yang hampir mirip dengan habitat asli di alam liarnya. Maka dari itu kita juga harus membuat kandang jangkrik sesuai dengan habitat asli dialam nya. Update Smartphone

Berikut adalah persyaratan kandang jangkrik yang harus anda penuhi.

  • Lokasi kandang jangkrik harus tentang, sunyi, teduh serta mendapatkan sirkulasi udara yang baik untuk penyesuaian suhu ruangan.
  • Cari lokasi yang jauh dari keramaian atau sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya, pabrik dan lain lain.
  • Lokasi yang baik adalah jauh dari kegiatan manusia seperti banyak orang lewat.
  • Ruangan tidak boleh terkena sinar matahai secara langsung.
  • Jauhkan pembuatan kandang dari pepohonan agar dapat menyerap sinar matahai secara bebas.
  • Jauhi dari kandang ayam atau hewan lainnya yang mengganggu.

Persyaratan Kandang Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Membuat kandang jangkrik yang ideal agar jangkrik bisa hidup dan berkembang sesuai dengan yang kita inginkan. Tentu hal ini sangat penting untuk kita perhatikan, karena di lingkungan alam liar, jangkrik hanya berkembang biak pada musim tertentu sesuai dengan kondisi alam. Kandang jangkrik bisa anda buat dari bahan triplek atau plywood yang dirancang seperti peti tetapi diberi kaki kaki untuk menghindari adanya hama penggangu.

Nantinya pada kaki kaki tersebut diberikan wadah berupa botol aqua yang dipotong dan di isi dengan oli bekas sebagai penghalang semut dan para predator naik keatas kandang. Dengan adanya oli bekas tentu akan menghalani semut dan predator naik keatas kandang dan tentu oli bekas bisa anda dapatkan secara gratis tanpa perlu biaya.

Dan oli bekas juga berfungsi sebagai pembunuh predator yang akan masuk dan hama yang akan naik akan terjebak pada oli bekas yang telah diletak kan di botol aqua tersebut. Untuk dinding kandang anda bisa mengolesinya dengan menggunakan lumpur sawah agar jangkrik merasa sedang berada di alam liar. Dan agar jangkrik tidak kabur.

Anda juga bisa memberikan lapisan selotip atau solasi agar jangkrik tidak bisa memanjat keatas kandang. Cara Ternak Jangkrik ini tentu sudah banyak dilakukan, karena memang cara ini adalah cara terbaik agar jangkrik yang kita pelihara selalu sehat dan maksimal pertumbuhannya.

Pemilihan Bibit Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Jika anda ingin usaha ternak jangkrik anda mendapatkan hasil yang berkualitas. Tentu memilih calon bibit ataupun calon indukan berkualitas bagus adalah hal yang harus sangat di perhatikan. Meskipun proses ternak juga menentukan hasil panen nantinya. Tetapi pemilihan indukan ataupun bibit jangkrik juga hagus anda perhatikan.

Untuk calon bibit, tentu anda bisa mendapatkannya dari beberapa peternak ataupun toko yang memang menjual. Dan berikut adalah beberapa Cara Ternak Jangkrik dan beberapa cara untuk memilih bibit jangkrik yang berkualitas bagus. Info Tempat Liburan

Ciri Ciri Indukan Berkualitas

  • Sungut atau antena panjang, seluruh anggota badan lengkap tidak ada cacat. Bisa melompat jauh dan gesit, badan berwarna mengkilap.
  • Memiliki warna hitam mengkilap pada tubuhnya dan berbentuk bulat memanjang.
  • Badan besar tetapi padat
  • Kaki lengkap dan tidak abnormal
  • Memiliki cairan didalam mulut saat diraba

Ciri Ciri Indukan Jantan

  • Ketika mengerik atau mengeluarkan suara akan mengeluarkan suara yang keras dan tajam
  • Permukaan pada sayap transparan dan tulang halus
  • Bentuk punggung kasar dan bergelombang
  • Di bagian ekor jangkrik jantan tidak terdapat ovipositor

Ciri Ciri Indukan Betina

  • Jangkrik betina tidak mengeluarkan suara seperti jangkrik jantan
  • Pada permukaan punggung halus
  • Memiliki sayap yang lembut dan tulang halus
  • Memiliki ovipositor yang memiliki fungsi sebagai mengeluarkan telur dan terdapat dibawah ekor.

Pemeliharaan Dan Pemberian Pakan Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Dalam Cara Ternak Jangkrik dan merawat jangkrik, tentu merawat kandang jangkrik juga harus anda lakukan agar kebersihan kandang selalu terjaga. Selain itu, kelembaban kandang tentu juga harus anda jaga. Pastikan juga pakan di kandang selalu tersedia, karena jangkrik akan menjadi kanibal jika kelaparan. Usahakan buanglah sisa makanan yang sudah tidak dimakan oleh jangkrik.

Untuk pemberian pakan pada jangkrik yang berumur 1 sampai 10 hari. Tentu anda bisa memberikan pakan ayam yang terbuat dari kacang kedelai, beras merah, dan jagung kering yang telah dihaluskan. Setelah umur jangkrik telah lewat dari 10 hari, tentu anda bisa memberikan pakan sayur sayuran seperti jagung muda, sawi, bayam dan jenis sayur sayuran lainnya.

Pemanenan Jangkrik

Cara Ternak Jangkrik Untuk Para Pemula

Setelah semua proses pemeliharaan jangkrik kita lewati selama sebulan atau lebih. Tentu masa panen adalah salah satu momen yang sangat ditunggu oleh para peternak. Dan tentu untuk hasil ada dua hasil yang bisa kita peroleh, yaitu adalah telur dan jangkrik dewasa. Telur jangkrik biasanya di jual lebih mahal dari jangkrik yang biasa dijual.

Dan untuk telur biasanya dijual kepada para peternak jangkrik pembesaran yang memang tidak memiliki indukan. Untuk anda yang selama ini sedang mencari informasi Panduan Cara Beternak. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini agar anda bisa menemukan informasi penting setiap harinya yang tentu bisa membantu anda dalam beternak.

Related Post

  • Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat 150x150

    Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya kepiting soka tetapi belum mengerti Langkah Langkah Budidaya Kepiting Soka Yang Tepat ?. Tentu semua para pecinta kuliner mengetahui apa itu kepiting
  • Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses 150x150

    Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah tentang Tips Ternak Bebek Pedaging Agar Sukses. Melakukan usaha ternak ataupun budidaya apapun, tentu semua orang ingin mendapatkan
  • Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan 150x150

    Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan

    Belajar Beternak - Cara Ternak Domba Merino Yang Menguntungkan merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya berikan untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak domba. Tentu anda bisa simak dan
  • Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen 150x150

    Cara Penggemukan Sapi Secara Organik Agar Cepat Panen

    Belajar Beternak - Cara Penggemukan Sapi Secara Organik saat ini merupakan salah satu solusi agar hasil panen sapi bisa lebih cepat dari pada biasanya yang bisa di panen selama kurang lebih 4 sampai
  • Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula 150x150

    Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Panduan Cara Ternak Kelinci Untuk Pemula merupakan artikel yang kali ini akan saya bahas. Sesuai dengan permintaan dari para peternak yang ada di Indonesia yang masih belum
  • Pos-pos Terbaru