Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Belajar Beternak – Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya peluang bisnis untuk anda. Jika memang anda ingin melakukan usaha ternak tetapi hanya memiliki modal usaha yang memang tidak besar.

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Melakukan usaha ternak apapun tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Karena memang melakukan usaha ternak adalah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Terlebih lagi saat ini melakukan usaha ternak ulat hongkong memang merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya saat ini sangat banyak yang memanfaatkan ulat ini sebagai pakan bagi peternak tau pecinta hewan peliharaan.

Jika di piki pikir, melakukan usaha ternak ulat memang mungkin belum banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi selama burung kicau dan hewan peliharan jenis lainnya yang memang memakan ulat masih menjadi hobi dan sangat banyak dibudidayakan. Tentu bisnis ternak ulat hongkong akan terus memiliki prospek yang sangat bagus.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai bagaimana Cara Ternak Ulat Hongkong untuk para pemula. Dan bagi anda yang memang selama ini sedang mencari bagaimana cara untuk memulainya. Tentu dengan adanya informasi yang kali ini saya bahas bisa membantu anda untuk menemukan solusinya.

Kandang Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan mempersiapkan kandang untuk ulat hongkong yang ingin anda pelihara. Untuk membuat perkembang biakan ulat hongkong tentu anda memerlukan bahan bahan seperti kayu, triplek, lakban dan nampan untuk dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memulai ternak.

Memang saat ini belum banyak masyarakat yang bisa melakukan usaha ternak ulat hongkong dirumah dengan benar. Untuk itulah, pada artikel yang kali ini saya bahas tentang Cara Ternak Ulat Hongkong. Akan saya berikan sebuah solusi bagaimana cara untuk memulai usaha ternak ulat hongkong dirumah dengan tahap dan langkah langkah yang benar.

Tahap Pemilihan Bibit Atau Indukan

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Tentu sangat penting memperhatikan agar memilih indukan yang tidak lebih dari 2 kg. Cara ini dilakukan agar ulat yang akan menjadi kepompong, dan ukurannya juga harus seragam atau sama besarnya. Ulat indukan yang harus anda pilih adalah sekitar sebesar 15 mm dan lebih 4 mm dengan rata rata panjang 15 mm dan dengan lebar 3 mm.

Pemisahan kepompong dari ulat dewasa dilakukan setiap 3 hari sekali dan ditempatkan pada nampan terpisah agar menjadi kumbang secara serentak. Anda juga bisa memilih kepompong yang sudah berwarna putih kecoklatan dan jangan lupa untuk memasang koran sebagai alas untuk penutup nampan.

Dalam waktu sekitar 10 hari, kepompong akan berubah menjadi kumbang. Sayap hitam mengkilap merupakan ciri kumbang yang telah siap untuk ditelurkan. Anda bisa menempatkan kumbang sekitar 250gr pada 1 nampan yang seblumnya telah diberikan alas kapas sebagai media untuk bertelurnya.

Periode pembibitan tentu akan berlangsung selama 7 hari. Kumbang akan diturunkan setelah 7 hari dengan cara memisahkannya dari kapas. Dan anda juga bisa meberikan tempat kapas baru untuk kumbang yang lepas dan begitu juga seterusnya. Tingkat kematian kumbang rata rata mencapai 2,4% dalam proses sekali turun.

Perawatan Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Dalam melakukan usaha budidaya apapun, tentu melakukan perawatan untuk ternak yang dipelihara adalah salah satu cara agar ternak yang dipelihara dapat tumbuh dengan maksimal dan sesuai dengan keinginan. Dalam merawat ulat hongkong. Tentu Cara Ternak Ulat Hongkong ini bisa anda pahami.

Sirkulasi dan suhu didalam kandang yang sangat ideal yaitu 29 sampai 30 derajat celcius. Dalam suhu tersebut tentu akan dapat memberikan kesuburan bagi perkembangbiakan ulat hongkong. Selain itu, kandang juga harus anda bersihkan disetiap harinya agar menghindari ulat mudah terserang penyakit.

Nah, bagi anda yang ingin memulai usaha ternak ikan baung dikolam. Tetapi belum mengerti bagaimana caranya, anda bisa membaca artikel kami sebelumnya di Budidaya Ikan Baung Di Kolam Yang Sangat Menguntungkan. Disana anda bisa mengetahui bagaimana cara untuk melakukan usaha ternak yang tepat.

Pemberian Pakan Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Dalam tahap pemberian pakan, tentu anda bisa memberikan pakan utama yaitu ampas tahu, bekatul, sayuran seperti selada dan beberapa buah buahan lainnya seperti labu dan apel. Untuk ampas tahu dan bekatul tentu sangat cocok untuk diberikan pada ulat hongkong yang masih anakan atau yang akan dijadikan bibit.

Pemberian pakan pada ulat hongkong juga tidak boleh terlalu banyak, untuk memberikan pakan anda hanya cukup memberikannya pakan sebanyak 500 gr setiap 4 hari sekali. Cara memberikan pakannya juga sangat mudah sekali, anda hanya perlu mengepal ampas tahu dan bekatil menjadi 3 bagian agar tidak menimbun ulat.

Tips Cara Ternak Ulat Hongkong

Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

Dengan adanya cara cara yang telah saya sampaikan diatas tentu sudah bisa menjadikan solusi untuk ternak ulat hongkong anda dirumah berhasil. Tetapi jika anda ingin mendapatkan hasil yang ingin lebih nanti pada saat panen, maka akan saya berikan tips tambahan yang bisa dilakukan oleh semua para selaku peternak.

  1. Setiap makanan yang sudah membusuk dan menjamur segeralah untuk di ganti dengan makanan yang baru darn masih segar.
  2. Ukuran toples atau nampan harus disesuaikan dengan jumlah ulat.
  3. Meskipun ulat hongkong menyukai suhu yang lembab, usahakan jangan sesekali menaruh toples atau nampan tersebut ke mesin pendingin.
  4. Usahakan jangan terlalu banyak menaruh ulat hongkong kedalam nampan atau toples, karena cara tersebut akan memperlambat tumbuh kembang nya.
  5. Jangan terlalu sering membersihkan toplesnya, karena itu akan mempengaruhi perubahan suhunya, untuk itulah yang perlu anda lakukan hanya perlu menjaga kesejukan ruangan dalam toples.

Nah, untuk anda yang ingin mencari informasi yang menarik lainnya selain informasi Cara Ternak Ulat Hongkong. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog rekan saya di Panduan Belajar Beternak. Karena disana anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi pentin yang juga bisa wajib anda ketahui.

Related Post

  • Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 150x150

    Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips
  • Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera 150x150

    Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

    Belajar Beternak - Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan
  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Pos-pos Terbaru