Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia

Belajar Beternak – Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia yang mungkin belum banyak anak anak di Indonesia yang mengenal burung atau unggas asli Indonesia yang sudah terancam punah ini. Dan berikut adalah informasi lebih lengkap tentang burung kakak tua asli yang asli dari Indonesia.

Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia

Sejak kecil, tentu masyarakat Indonesia sudah akrab dengan lagu burung kakak tua bukan ?. Selain lagunya yang sudah sangat familiar, tentu anda juga perlu mengetahui ada beberapa jenis unggas atau burung kakak tua asli dari Indonesia yang sangat cantik dan beraneka ragam dan memiliki beberapa spesies.

Burung kakak tua merupakan salah satu jenis burung yang memiliki paruh bengkok yang memiliki bulu indah dan suara yang sangat nyaring. Burung ini memiliki tubuh gempal dan sayap yang sangat kuat, bentuk paruhnya besar, bengkok dan memiliki ujung paruh yang sangat runcing sekali.

Burung jenis ini memiliki kaki dengan susunan jarinya yang bersilangan. Jarinya berjumlah empat dengan dua jari menghadap kedepan, sedangkan 2 jari lainnya menghadap kebelakang. Kondisi kakinya tersebut berguna untuk memanjat pohon dan menggenggam makanannya saat menyantap makanan.

Selain ciri ciri tersebut, burung ini juga memiliki karakteristik khas yang membedakannya dengan burung paruh bengkok lainnya. Dan pada artikel Jenis Burung Kakak Tua Asli Dari Indonesia seperti yang kali ini saya bahas. Berikut adalah pembahasan lengkap tentang beberapa jenis unggas atau burung kakak tua asli dari Indonesia.

Burung Kakak Tua Raja Hitam

Burung Kakak Tua yang satu ini tentu memiliki ciri khas yang berbeda dengan burung kakak tua lainnya. Yang membedakanya dengan burung kakak tua lainnya adalah warna hitam diseluruh tubuhnya. Mulai dari jambul, bulu, lingkar mata, hingga ekornya berwarna hitam.

Yang tidak berwarna hitam hanya pada bagian pipiny saja, yaitu memiliki warna berwarna merah. Lidahnya juga berwarna merah dengan memiliki bagian hitam pada ujung. Burung kakak tua ini merupakan burung asli dari Indonesia yang merupakan hewan endemik di Papua. Tapi burung ini juga dapat ditemukan di Kepulauan Aru dan Kepulauan Raja Ampat.

Makanan utama burung ini adalah biji bijian yang berukuran besar dan juga keras. Selain itu, burung kakak tua juga sangat suka makan buah buahan dan tunas daun. Burung ini termasuk salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah, hal tersebut dikarenakan burung satwa ini banyak di buru secara ilegal sehingga jumlahnya semakin berkurang.

Burung Kakak Tua Maluku

Burung kakak tua maluku adalah salah satu Jenis Burung Kakak Tua yang hanya bisa ditemukan di Pulau Seram, Maluku Selatan. Kaerna hal tersebut juga, burung ini disebut dengan kakak tua seram. Burung ini mampu tumbuh hingga 52 cm dan mampu bertahan hidup hingga 70 tahun lama nya.

Ciri ciri unggas ini umumnya memiliki bulu berwarna putih yang tebal dengan jambul merah muda. Burung ini juga memiliki paruh yang sangat kuat. Bayangkan saja, burung ini bahkan mampu menggunakan paruhnya untuk memecahkan batok kelapa yang memang terkenal sangat keras.

Burung ini mampu untuk menirukan bermacam macam suara dan termasuk burung yang sangat pandai. Dulunya unggas ini banyak di perjual belikan baik dalam negeri atau luar negeri. Tetapi sekarang hal tersebut sudah dilarang karena memang jumlahnya yang semakin banyak berkurang.

Burung Kakak Tua Jambul Kuning

Burung yang satu ini termasuk dalam hewan yang hampir punah dan telah dilindungi oleh pemerinta Indonesia. Burung ini merupakan hewan endemik yang hanya dapat anda temukan di Nusa Tenggara, Sulawesi dan Kepulauan Masalembu. Spesies burung ini memiliki nama ilmiah Cacatua sulphurea memiliki ukuran sedang.

Seperti kebanyakan jenis kakak tua yang lainnya, burung ini memiliki bulu yang berwarna putih. Yang membedakannya dengan yang lainnya adalah warna jambulnya yang berwana kuning terang dan ukurannya tidak terlalu besar. Bukan hanya itu saja, pada bulu bagian bawah sayap dan ekornya juga berwarna kuning.

Karena banyaknya pembukaan lahan dan perburuan ilegal membuat hewan yang sangat indah ini kian menurun populasinya dan sudah terancam punah. Sejak tahun 2005, Kovensi Perdagangan International Tumbuhan dan Satwa Liar Spesies Terancam telah memasukannya kedalam apendiks l yang berarti tidak boleh di perdagangkan secara komersial.

Burung Kakak Tua Koki

Jenis Burung Kakak Tua yang satu ini memang hampir sangat mirip dengan burung kakak tua jambul kuning. Meskipun terlihat serupa, tetapi burung tersebut memiliki spesies yang berbeda. Ukurannya memang lebih besar dari burung jambul kuning biasa, yaitu bisa tumbuh sekitar 45 cm sampai 55 cm, paruh burung ini berwarna hitam dengan ukuran jambul yang besar yaitu sekitar 14 cm.

Untuk membedakan burung kakak tua koki dengan burung kakak tua jambul kuning adalah pada warna mata, yaitu pada burung jantan berwarna coklat gelap sedangkan pada burung betina berwarna coklat kemerahan. Nah, untuk anda yang ingin mencari informasi yang menarik lainnya seputar burung macaw.

Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya di Cara Merawat Burung Macaw Yang Mudah Dan Benar. Disana anda akan bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana cara untuk merawat burung macaw dengan baik dan benar.

Burung Kakak Tua Tanimbar

Burung kakak tua yang satu ini merupakan burung kakak tua yang memiliki ukuran paling kecil dari Jenis Burung Kakak Tua lainnya. Sesuai dengan namanya, burung yang sangat lucu ini merupakan hewan endemik dari Pulau Tanimbar yang berada di daerah Maluku. Burung ini memiliki beberapa nama lokal yaitu anar, arar, tilngoi dan kake.

Ukuran burung ini hanya berkisar 31 cm dengan bobot badan hanya sekitar 350 gram. Warna putih mendominasi bulunya dengan aksen merah jambu diantara paruh dan matanya. Sedangkan untuk paruhnya, ada yang berwarna abu abu dan ada juga yang memiliki warna putih.

Nah, jika anda ingin mencari informasi yang menarik lainnya tentang cara merawat hewan peliharaan atau cara memulai untuk melakukan bisnis ternak. Anda bisa kunjungi selalu blog rekan saya di Panduan Belajar Beternak yang tentu bisa anda kunjungi selalu agar anda bisa mendapatkan informasi penting.

Related Post

  • Burung Terkecil Di Dunia Yang Sangat Menggemaskan 150x150

    Burung Terkecil Di Dunia Yang Sangat Menggemaskan

    Belajar Beternak - Pada pertemuan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Burung Terkecil Di Dunia Yang Sangat Menggemaskan. Untuk kalian yang memang sangat gemar memelihara burung hias atau
  • Burung Predator Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Burung Predator Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Burung Predator Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah merupakan informasi yang kali ini saya update untuk anda semua. Jika pembahasan sebelum sebelumnya hanya membahas tentang cara
  • Jenis Jenis Burung Merak Asli Indonesia Yang Indah 150x150

    Jenis Jenis Burung Merak Di Dunia Yang Indah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui Jenis Jenis Burung Merak Di Dunia Yang Indah ? jika memang belum. Tentu kalian bisa ikuti terus blog saya ini agar kalian bisa mendapatkan informasi
  • Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik 150x150

    Jenis Jenis Burung Gelatik Yang Sangat Cantik

    Belajar Beternak - Tentu sangat banyak sekali Jenis Jenis Burung Gelatik yang sangat banyak diminati oleh para penghobi burung kicau atau burung hias yang ada di seluruh dunia. Dan pada artikel yang
  • Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor 150x150

    Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor

    Belajar Beternak - Memiliki burung Kepodang dirumah tetapi masih bingung bagaimana Cara Merawat Burung Kepodang Agar Cepat Gacor ?. Untuk anda para pemula dalam merawat burung kepodang yang memiliki
  • Pos-pos Terbaru