Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Belajar Beternak – Tercatat diseluruh lautan dunia ada sekitar 440 Jenis Jenis Ikan Hiu atau spesies ikan hiu. Ukurannya tentu sangat bervariasi, ada yang kecil seperti hiu lantershark kurcaci ( Etmopterus perryi). Hiu lauta dalam sepanjang 17 cm, hingga hiu paus (Rhincodon typus), ikan dengan ukuran jumbo yang panjangnya bisa mencapai 12 meter.

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Dilautan memang sangat banyak sekali makhluk hidup yang bisa di jumpai. Memang benar hiu adalah seekor ikan predator yang sangat buas yang hidup dilautan lepas. Yang dimana ikan hiu merupakan jenis ikan predator dengan insting pemangsa dengan ukuran terbesar terganas yang terdapat di dalam lautan.

Sosok seekor ikan hiu memang memiliki dampak yang sangat menonjol dalam mitologi kepulauan hawai. Walau sesosok ikan hiu didunia selalu mendapatkan predikat yang jelek dimata kalangan masyarakat. Akan tetapi siapa sangka, sangat banyak Jenis Jenis Ikan Hiu yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem perairan laut yang sangat luas.

Nah, pada pembahasan kali ini akan saya berikan beberapa penjelasan tentang jenis ikan hiu yang memang mungkin belum banyak kalian ketahui. Untuk kalian yang memang ingin mengetahui beberapa jenis ikan hiu yang berhasil saya rangkum. Tentu anda bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya bahas.

Hiu Gergaji

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Ikan Hiu Gergaji atau saw shark yang memiliki moncong panjang mirip dengan mata pisau yang dilengkapi dengan serangkaian gigi layaknya gergaji bermata dua. Ikan ini mirip dengan pari gergaji, tetapi perbedaannya terletak pada celah insang. Celah insang pada ikan Hiu Gergaji terletak pada sisi kepala sedangkan pada pari gergaji berada di bawah kepala.

Tubuh ikan hiu ini juga sangat ramping dengan dua sirip di dada. Ikan Hiu Gergaji ini hidupnya didasar perairan berlumpur pada kedalaman 40 meter dan perairan payau. Hiu jenis ini merupakan ikan pemakan berbagai macam jenis ikan, dan ikan ini juga tidak berbahaya bagi manusia. Untuk persebarannya ada diseluruh perairan pantai Indonesia dan Indo Pasifik.

Dan untuk anda yang memang memiliki hewan peliharaan seperti ikan discus tetapi belum mengerti cara bagaimana untuk merawatnya. Anda bisa memahami atau membaca artikel kami di Cara Merawat Ikan Discus Yang Benar Bagi Pemula. Disana anda bisa mengetahui langkah langkah yang bisa anda pahami.

Hiu Goblin

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Hiu goblin atau yang memiliki nama ilmiah Mitsukurina owstoni ini mungkin adalah ikan hiu dengan penampilan yang sangat menyeramkan. Ikan hui goblin memiliki pergerakan yang sangat lambat dan hidup dikedalaman 1,200 meter di berbagai perairan dalam di samudera pasifik atlantik. Ikan hiu yang satu ini hidup dengan mengonsumsi ikan, termasuk hiu, dan tubuhnya bisa tumbuh hingga 3,8 meter.

Ikan hiu goblin termasuk Jenis Jenis Ikan Hiu yang diperkirakan ada sejak zaman prasejarah dengan struktur tubuh yang tidak berubah selama jutaan tahun. Sejauh ini, informasi ilmiah tentang ikan hiu goblin ini masih sangat terbatas. Meski demikan, hewan ini masih eksis dan masih ada di perairan Jepang dan beberapa kali berhasil terekam oleh kamera.

Hiu Greenland

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Hiu Greenland atau somnious microphalus adalah perenang yang sangat lambat. Kecepatan renang ikan hiu yang umumnya hidup di perairan dingin sekitar Greenland dan Iceland ini hanya 2,7 km perjam. Mernurut para ilmuwan, kondisi tersebut dikarenakan rendahnya suhu air dilaut artik

Ikan hiu jenis ini mempu hidup sepanjang 21 kaki dan mampu hidup selama 200 tahun dialam liar. Hiu ini juga terkenal dengan hewan yang bertulang punggung yang pernah hidup terlama. Ikan jenis ini cenderung hidup di kedalaman 1,800 meter dibawah permukaan laut, tetapi ikan Hiu Greenland ini pernah tertangkap kamera di laut dangkal.

Hiu Karpet Wobbegong

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Jenis Jenis Ikan Hiu yang selanjutnya merupakan ikan hiu yang sangat pendiam. Ikan hiu karpet wobbegong yang dalam bahasa latinnya disebut Orectolobus maculatus merupakan hiu yang sangat bergerak lamban. Bahkan ikan ini tidak berburu mangsa.

jIkan unik ini justru akan menyamar didasar laut hingga mangsa datang menghampirinya. Julukan ikan hiu ini didapat karena motif kulitnya sangat menyerupai karpet. Warna tubuh ikan ini abu abu kecoklatan dan memiliki corak simetris totol totol yang sangat keras.

Itu digunakan untuk berbaur disekitar karang dan pasir laut. Panjang ikan hiu ini bisa mencapai 1,5 meter, hiu wobbegong hidup disekitar karang dan goa didasar Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Australia, Jepang dan juga ada di Indonesia.

Hiu Martil

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Ikan hiu martil atau dalam bahasa inggris disebut Hammerhead Shark ini memiliki bentuk kepala yang sangat unik. Karena kepalanya sangat menyerupai martil gepeng dengan mata dan lubang hidung yang terletak pada ujung kepala. Bentuk kepalanya yang unik itu membuatnya mamu bermanuver di air dengan akurasi yang sangat tinggi.

Kepala ikan hiu martil ini juga sangat menguntungkan. Karena mereka mampu mencium dengan jarak yang leih luar sehingga mampu meningkatkan potensi untuk menemukan partikel di air 10 kali lipat jika di bandingkan dengan jenis ikan hiu yang lainnya.

Ikan hiu martil biasanya sangat suka mengonsumsi ikan ikanan seperti pari, cumi cumi, udang. Dan tidak banyak yang beranggapan bahwa ikan hiu ini tidak akan memburu manusia. Tetapi malah banyak manusia yang sangat banyak memburu mereka.

Hiu Mulut Besar

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Sesuai dengan namanya, ikan hiu ini memang memiliki mulut yang sangat besar dan termasuk dalam Jenis Jenis Ikan Hiu yang memiliki bentuk mulut yang tidak seperti hiu pada umumnya. Megachasma pelagios atau yang biasa disebut Megamouth Shark atau hiu mulut besar adalah jenis ikan hiu yang hidp di perairan dalam dan sangat jarang untuk di temukan di lepas pantai.

Jenis ikan ini diperkirakan mampu bertahan hidup secara alami hingga 100 tahun dengan mencapai panjang maksimal 6 meter. Menurut para ahli, reproduksi ikan hiu ini bersifat ovovivipar yang berarti janin ikan hiu tersebut berkembang didalam telur yang menetap dalam tubuh induk betina sampai menetas.

Hiu Zebra

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Hiu yang memiliki nama latin Stegostoma fasciatum merupakan ikan hiu yang ada di perairan Indo Pasifik yang memiliki sirip yang sangat panjang dan hampir di sepanjang tubuhnya. Hiu ini diberi nama hiu Zebra karena gerdapat garis pada tubuhnya yang sangat mirip dengan garis zebra.

Saat dewasa, garit tersebut berubh menjadi titik seperti cheetah. Oleh karena itu, ikan hiu ini terkadang disebut sebagai ikan hiu macan tutul. Nama tersebut secara luar merujuk pada Triakis semitasciata, hiu inidapat ditemukan di pantai Pasifik timur Amerika Utara. Hiu zebra dapat ditemukan di perairan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia dengan kedalaman sekitar 5 sampai 30 meter.

Hiu Thresher

Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

Ikan ini merupakan ikan hiu yang terdiri dari empat spesies yang keempatnya di tandai dengan ekor dan sirip atas yang sangat panjang bisa mencapai 50% dari total panjang keseluruhan tubuhnya. Ikan hiu ini juga memiliki moncong pendek dengan mata yang besar di depan kepala. Sirip punggung kedua jauh lebih pendek dari sirip yang pertama.

Hiu ini merupakan perenang yang kuat dan dapat melompat diatas permukaan air. Panjang maksimum untuk spesies ikan hiu ini adalah sekitar 6,1 meter. Tetapi pada umumnya berkisar antara 2 sampai 5 meter, ikan hiu ini bisa ditemukan di area pesisir didalam kedalaman 500 meter dibawah permukaan laut.

Hiu Thresher bisa anda temukan terutama di Samudera Pasifik atau Atlantik bagian utara. Nah, untuk anda yang ingin mendapatkan informasi yang menarik lainnya tentang cara beternak ataupun informasi seputar cara merawat hewan peliharaan. Dengan mengunjungi selalu Panduan Cara Beternak tentu anda juga akan bisa mendapatkan informasi yang menarik lainnya selain Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui.

Related Post

  • Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah 150x150

    Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

    Belajar Beternak - Di Indonesia sendiri sudah banyak yang melakukan budidaya ikang. Untuk itu kali ini akan saya berikan Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah untuk anda yang memang ingin
  • Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal 150x150

    Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Belum begitu paham bagaimana Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal yang harus dilakukan ?. Sesuai dengan permintaan para selaku pembudidaya ikan yang ada di
  • Teknik Budidaya Ikan Kakap Putih Dengan Tepat 150x150

    Teknik Budidaya Ikan Kakap Putih Dengan Tepat

    Belajar Beternak - Anda ingin melakukan usaha budidaya ikan kakap putih tetapi belum paham Teknik Budidaya Ikan Kakap Putih yang harus anda pahami ?. Untuk anda yang memang ingin melakukan usaha
  • Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui 150x150

    Jenis Jenis Ikan Hiu Mungkin Belum Kalian Ketahui

    Belajar Beternak - Tercatat diseluruh lautan dunia ada sekitar 440 Jenis Jenis Ikan Hiu atau spesies ikan hiu. Ukurannya tentu sangat bervariasi, ada yang kecil seperti hiu lantershark kurcaci (
  • Ikan Laut Bentuk Paling Aneh Dan Menyeramkan 150x150

    Ikan Laut Bentuk Paling Aneh Dan Menyeramkan

    Belajar Beternak -  Dilaut memang sangat banyak sekali jenis jenis ikan tetapi apakah anda sudah mengetahui jenis Ikan Laut Bentuk Paling Aneh Dan Menyeramkan ?. Jika memang anda masih belum
  • Pos-pos Terbaru