Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Belajar BeternakJenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya update untuk anda semua para peternak yang ada di Indonesia. Melakukan usaha ternak unggas ataupun ternak mamalia tentu merupakan hal yang banyak dilakukan. Karena memang banyak yang bergantung pada bisnis tersebut.

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Unggas memang merupakan jenis ternak yang sangat banyak sekali dipilih sebagai ternak ataupun hewan peliharaan dirumah. Unggas yang sangat populer diternak adalah ayam, itik ataupun burung. Karena memang unggas bisa di manfaatkan dari mulai telur, daging, bulu ataupun bahkan kotorannya. Unggas memang hampir dibudidayakan oleh setiap rumah di pedesaan.

Tidak heran jika populasi unggas sangat tinggi jika dibandingkan dengan hewan ternak lainnya. Seiring dengan bertambahnya populasi unggas, tentu penyakit yang menyerangnya akan semakin banyak dan kompleks. Penyakit penyakit unggas baik penyakit ringan ataupun penyakit berat yang bisa menular kepada manusia merupakan kendala terberat dalam usaha budidaya ternak unggas.

Banyak sekali Jenis Jenis Penyakit Ayam yang tentu sudah sangat sering ditemukan pada ternak unggas.. Penyakit pada unggas tentu bisa disebabkan oleh beberapa jenis mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur atau parasit. Gejala dan akibat yang ditimbulkan oleh serangan mikroorganisme tersebut tentu berbeda beda dengan jenis penyakitnya. Dan Berikut adalah beberapa jenis penyakit pada unggas dan cara pencegahannya.

Penyakit Flu Burung

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Penyakit Flu Burung atau Avian Influenza pada unggas disebabkan oleh virus influenza type A subtipe H5 dan H7. Semua jenis unggas dapat terserang penyakit virus influenza A tetapi wabah penyakit ini sering menyerang ayam kalkun. Penyakit ini bersifat zoonosis dan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit ini sangat tinggi karena mencapai hingga 100%.

Gelaja yang terlihat pada penyakit ini adalah jengger, pial, kelopak matam, telapak kaki dan peut yang ditumbuhi bulu terlihat warna biru keunguan. Pendarahan pada kaki berupa bintik bintik merah atau biasa disebut dengan kerokan kaki. Keluarnya cairan dari mata dan hidung, pembengkakan pada muka dan kepala, diare, batuk, bersin dan ngorok. Nafsu makan menurun, penurunan produksi telur, kerabang telur lembek. Adanya gangguan syaraf, tortikolis, lumpuh dan gemetar terkadang kematian datang dengan cepat.

Tindakan pencegahan belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini. Usaha yang dapat dilakukan untuk tindakan pencegahan adalah dengan membuat kondisi badan ayam cepat membaik dan merangsang nafsu makannya dengan memberikan vitamin dan mineral. Serta anda bisa mencegah infeksi sekunder dengan pemberian antibiotik, dan anda juga bisa memberikan pemanas tambahan apda kandang.

Penyakit Lymphoid Leukosis

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Jenis Jenis Penyakit Ayam yang berbahaya selanjutnya adalah Penyakit Lymphoid Leukosis yang bisebabkan oleh Leukovirus dan digolongkan ke dalam famili Retroviridae genus Oncorna C. Secara morfologi dan strukturnya menyerupai virus RNA yang bersifat onkogenik yang ditemukan selain pada unggas. Penyakit ini merupakan penyakit neoplasma pada unggas yang bersifat menular.

Gejala yang terlihat adalah ayam yang terserang memiliki masa inkubasi lama dengan gelaja tidak mencolok. Sulit untuk dibedakan antara ayam yang baru tertular dari ayam yang tidak terpapar. Pada stadium lanjut, maka akan terlihat adanya pial yang kering  dan gelaja umum antara lain adalah kelihatan pucat, jengger dan pial sianosis, nafsu makan menurun, menjadi kurus dan lemah, perut tampak membesar dan bila diraba (palpasi) akan terasa mengeras.

Saat ini belum ada pengobatan untuk penyakit jenis ini. Vaksin untuk penyakit ini saat ini juga belum tersedia, oleh karna itu usaha pencegahan pada penyakit ini lebih difokuskan pada manajemen pemeliharaan yang baik dan benar.  Ingin beternak burung perkutut tetapi bingung belum mengetahui bagaimana caranya ?. Artikel Cara Ternak Burung Perkutut Di Rumah tentu bisa membantu anda.

Penyakit Swollen Head Syndrome

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Penyebab dari penyakit ini adalah virus ss-RNA dari genus pneumovirus yang masih merupakan famili Paramyxoviridae. Swollen Head Syndrome merupakan penyakit viral yang sangat menular pada ayam yang ditandai dengan membengkaknya pada daerah kepala, dan menimbulkan gejala pernafasan  dan turunnya produksi telur.

Gejala dari penyakit jenis ini adalah adanya pembengkakan pada sinus periorbitalis dan sinus infraorbitalis. Selain itu terlihat pula adanya torticolis, optisthotonus, inkoordinasi, depresi dan adanya gangguan pernafasan. Jika terjadi pada ayam petelur akan terjadi penurunan produksi telur.

Sebagai pencegahan atau pengobatan manajemen peternakan yang baik. Sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit Swollen Head Syndrome. Pemberian antibiotik memperlihatkan keberhasilan yang bervariasi. Berdasarkan laporan, keberhasilan pemberian pada kasus penyakit berat, ternyata hanya mampu mencegah infeksi sekunder oleh bakteri.

Penyakit Chicken Anemia Syndrome

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Jenis Jenis Penyakit Ayam yang satu ini adalah Penyakit Chicken Anemia Syndrome yang disebabkan oleh Chicken Anemia Agent termasuk grup Cricovirus. Virus yang berukuran 18 sampai 26,5 nm, tergolong ss-DNA, tidak beramplop dan berbentuk ikosahedral. CAA merupakan penyakit viral yang bersifat akut pada ayam muda. Penyakit ini ditandai dengan adanya anemia aplastika dan atrofi organ limfoid yang mengakibatkan terjadinya imunosupresif.

Pada akut gejalan klinis muncul pada ayam yang berumur 7 sampai 14 hari, dan di tandai dengan adanya hambatan pertumbuhan anoreksia. Pada bagian muka, pial dan jengger tampak pucat, bulu berdiri disertai dengan terjadinya peningkatan mortalitas ayam sekitar 5 sampai 16% tetapi pernah mencapai 60%.

Tindakan pencegahan dilakukan dengan cara vaksinasi. Dan pengobatan dengan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder dapat membantu menurunkan kasus penyakit ini.

Penyakit Infectious Bronchitis

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Penyakit Infectious Bronchitis merupakan penyakit pernafasan akut dan bisa menular pada ayam lainnya. Penyakit yang disebabkan oleh virus genus coronavirus dari famili Coronaviridae. Virus Infectious Bronchitis termasuk virus ss-RNA, berbentuk spherik atau pleomorfik dengan diameter 90 sampai 200 nm. Spesies rentan terhadap penyakit Infectious Bronchitis adalah ayam broiler ataupun ayam layer.

Gejala pada penyakit klinis pada anakan ayam yang ditandai dengan batuk, bersin, ngorok, keluar leleran hidung dan eksudat berbui dimata. Anak ayam yang terkena penyakit ini tampa tertekan dan akan cenderung meringkuk didekat sumber panas. Gejala klinis ini muncul dalam waktu 36 sampai 48 jam.

Pencegahan belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit Infectious Bronchitis ini. Usaha yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat kondisi badan ayam cepat membaik dan merangsang nafsu makan dengan memberikannya tambahan vitamin dan mineral.

Penyakit Infectious Laryngo Tracheitis

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Penyakit Infectious Laryngo Tracheitis merupakan Jenis Jenis Penyakit Ayam yang disebabkan virus herpes, berbentuk kuboid beramplop, peka terhadap ether, dan memiliki inti DNA. Virus ini diklasifikasikan sebagai anggota famili Alphaherperviridae dengan nomenklatur virologi Gallid herpesvirus l . Infectious laryngo tracheitis merupakan penyakit akut pada ayam yang ditandai dengan gejala khas pada saluran pernafasan, sulit untuk bernafas dan keluarnya eksudat berdarah.

Gejala khas dari penyakit ini adalah adanya leleran hidung, suara mengorok yang diikuti dengan batuk dan tarik nafas. Tanda klinis dengan adanya kesulitan bernafas dan keluarnya cairan mukus berdarah adalah khas untuk bentuk penyakit Infectious Laryngo Tracheitis parah.

Pencegahan pada penyakit ini bisa dilakukan dengan pemberian vaksin. Untuk saat ini tidak ada obat yang efektif untuk menurunkan keparahan ataupun mengurangi gejala penyakit jenis ini.

Penyakit Infectious Bursal Disease

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Infectious Bursal Disease merupakan penyakit menular akut pada ayam yang berumur muda, penyakit ini disebabkan oleh virus Infectious Bursal Disease tergolong virus RNA dari genus avibrinavirus dan famili birnaviridae. Penyakit ini menyerang pada anakan ayam yang berumur muda kurang lebih 3 minggu dengan tingkat morbiditas dan mortalitas tinggi.

Gejala pada ayam yang terserang penyakit ini ditandai dengan gejala depresi, nafsu makan menurun, lemah, gemetar, sesak nafas, bulu berdiri dan kotor terutama bulu di daerah perut dan dubur. Serta diikuti dengan diaer, fases atau kotoran berwarna putih kapur dan kematian yang terjadi akibat dehidrasi.

Cara mencegah yang sangat efektif adalah melakukan vaksinasi. Saat ini tidak ada pengobatan yang efektif, tetapi ada perlakuan terhadap ternak ayam yang sakit dapat diberikan pengobatan, misalnya dengan tetes 5% dalam air minum selama 3 hari, gula merah 2% dan di campur dengan NaHC030,2% dalam air minum selama  2 hari.

Penyakit ND (Newcastle Disease) Tetelo

Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

Penyebab dari penyakit Newcastle Disease ini adalah virus yang tergolong Paramyxovirus, termasuk virus ss-RNA yang berukuran 150 sampai 259 milikron. Dengan bentuk bervariasi tetapi umumnya berbentuk spherik, Paramyxovirus merupakan penyakit menular akut yang menyerang ayam dan jenis unggas lainnya dengan gejala klinis berupa gangguan pernafasan, pencernaan dan syaraf disertai mortalitas yang sangat tinggi.

Gejala klinis yang ditimbulkan juga bermacam macam, mulai dari asymptomatis, gejala pernafasan ringan, pernafasan disertai dengan gangguan syaraf atau kombinasi gangguan respirasi, syaraf dan degesti. Tindakan pencegahan dapat dilakukan dengan cara vaksinasi secara teratur. Untuk saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit jenis ini.

Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi tentang cara beternak atapun cara merawat hewan peliharaan yang sangat lengkap. Anda bisa kunjungi selalu blog rekan saya di Panduan Cara Beternak. Disana anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi yang sangat menarik dan tentu sangat penting untuk anda ketahui.

Related Post

  • Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara 150x150

    Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

    Belajar Beternak - Mau ikut kontes balap merpati tetapi belum mengerti bagaimana Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara ?. Lomba merpati balap kini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Maka
  • Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara 150x150

    Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara

    Belajar Beternak - Jika pada umumnya yang anda ketahui hanya ayam pedaging, ayam petelur dan ayam kampung. Kali ini akan saya bahas mengenai Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara. Untuk
  • Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya 150x150

    Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha ternak kalkun tetapi belum mengerti bagaimana Cara Ternak Ayam Kalkun Dan Analisa Usahanya ?. Saat ini memang belum banyak yang melakukan usaha ternak ayam
  • Jenis Burung Elang Terbesar Di Seluruh Dunia 150x150

    Jenis Burung Elang Terbesar Di Seluruh Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkan anda mengetahui semua Jenis Burung Elang Terbesar Di Seluruh Dunia ?. Atau selama ini anda hanya mengetahui beberapa jenis elang asli Indonesia yang ukurannya memang
  • Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya 150x150

    Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

    Belajar Beternak - Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya update untuk anda semua para peternak yang ada di Indonesia.
  • Pos-pos Terbaru