Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Belajar Beternak – Sudah sejak lama melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum mengetahui Jenis Penyakit Ikan Gurame yang sering menyerang ikan gurame ?. Pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai beberapa jenis penyakit pada ikan gurame dan bagaimana cara mengatasinya.

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendalian

Tentu semua selaku pembudidaya pernah mengalami ikannya terkena beberapa macam jenis penyakit yang memang mungkin ada yang tidak mengenal penyakit tersebut termasuk penyakit apa. Dalam dunia peternak atau budidaya ikan, tentu berbagai macam jenis penyakit akan ditemukan apabila selaku pembudidaya tidak melakukan langkah langkah dengan tepat.

Pada kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang bagaimana cara untuk memulai usaha budidaya ikan gurame. Tetapi pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai beberapa Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya. Agar para selaku pembudidaya akan mengetahui langkah apa yang harus dilakukan jika ikan yang mereka budidaya mengalami hal yang akan saya bahas ini.

Bagi kalian yang memang sedang melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum memiliki pengalaman yang dalam tentang melakukan budidaya ikan gurame. Tentu kalian bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya bahas, karena disini kalian bisa mendaptakan informasi lengkapnya.

Penyakit Parasiter

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Jenis penyakit yang satu ini pada umumnya disebabkan oleh protozoa ichthyophtirius multifillis yang memiliki bulu getar. Dan parasit pada ikan gurame ini biasanya ada atau berasa dibawah lapisan epindermis kulit ikan gurame. Pada umumnya, gejala yang ditimbulkan pada jenis penyakit ini adalah warna tubuh yang pusat.

Akibt yang ditimbulkan dari gejala tersebut adalah dengan adanya bintik putih diseluruh badan ikan. Dan untuk cara mengobati atau pengendaliannya adalah dilakukan dengan merendam ikan gurame dalam larutan formalin sebanyak 25 ml atau m3 air. Selain itu, anda juga dapat menaikan temperatur air kolam hingga mencapai 28 derajat celcius.

Penyakitan Cacing Insang dan Cacing Kulit

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Pada jenis penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit dactylogyriasis yang menyerang pada benih ikan gurame terutama pada bagian badan dan insang. Gejala yang dikeluarkan adalah ikan tampak lemah, nafsu makan berkurang, dan ikan sering berkumpul di permukaan air karena kekurangan oksigen.

Adanya penyakit ini karena kualitas air yang sangat buruk, kekurangan pakan, terlalu banyak menebar benih serta suhu udara yang sangat rendah. Pengendalian pada penyakit jenis yang satu ini anda bisa merendam benih ikan gurame di dalam larutan garam dapur sebanyak 300 gr/m3 air selama 24jam. Selain itu, benih juga dapat direndam di dalam larutan formalin 40 ml/m3 air selama 24jam.

Bercak Merah Pada Ikan Gurame

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Jenis Penyakit Ikan Gurame yang satu ini adalah penyakit yang menyebabkan badan ikan gureame yang terserang penyakit akan berwarna gelap dan kulitnya akan menjadi kasar. Selain itu, ikan gurame yang sering muncul ke permukaan air akibat kekurangan oksigen yang akan mengakibatkan kematian.

Untuk cara pencegahan atau cara mengobati pada penyakit ini memang terbilang sangat mudah sekali. Karena kalian hanya perlu melakukan perendaman pada ikan gurame didalam larutan oxytetcracylin 205 ppm. Untuk perendaman juga bisa kalian lakukan 3 kali berturut turut masing masing dengan jangka waktu selama 24 jam.

Kekurangan Nutrisi Pada Ikan

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Untuk jenis penyakit yang satu ini disebabkan karena asam amino dan vitain pada pakan. Selain itu, penyakit ini juga dapat disebabkan karena keracunan alfatokin. Jenis penyakit ini menyerang hingga bagian insang dan juga badan bagian luar, untuk gejala yang muncul adalah tutup insang keriput, tubuh bengkok dan juga pertumbuhan lambat.

Kualitas pakan yang jelek atau pakan yang sudah tercemar jamur tentu dapat memicu penyakit yang satu ini. Karena itu, penyakit ini tentu akan dapat disembuhkan dengan cara yang sangat mudah. Yaitu dengan mengganti pakan yang lebih berkualitas dan juga memberikannya dlam jumlah sesuai dengan kebutuhannya.

Kutu Pada Ikan Gurame

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Jenis Penyakit Ikan Gurame yang satu ini merupakan penyakit yang dapat menyerang dengan cara menggigit selusuh bagian badan ikan gurame. Disekitar bekas gigitan tersebut akan terjadi pendarahan, dan jika penyakit tersebut dibiarkan tentu akan semakin parah dan membuat ikan akan mati.

Dan untuk mengatasi masalah penyakit ini dapat dilakukan dengan cara merendam ikan kedalam larutan garam dapur sebanyak 1,25% selama 15 menit. Dan untuk kalian yang memang sangat suka untuk memelihara ikan hias seperti ikan arwana dirumah tetapi belum mengetahui banyak hal tentang cara merawatnya. Tentu kalian bisa simak artikel kami di Tips Budidaya Ikan Arwana Super Red Yang Sangat Menguntungkan.

Kejenuhan Gas

Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

Jenis Penyakit Ikan Gurame ini disebabkan karena kandungan nitrogen, oksigen dan karbohidrat di dalam air kolam terlalu jenuh. Bagian yang terserang pada penyakit ini umumnya adalah kulit gurame, mata dan insang. Penyakit ini juga lebih banyak menyerang pada benih ikan gurame.

Gejala yang timbul atau yang disebabkan oleh penyakit ini adalah timbulnya gelembung udara paa bagian kulit, mata dan insang. Penyakit ini tidak menular, tetapi jika tidak segera di atasi atau diobati, tentu akan menyebabkan gangguan kronis. Penyakit ini dapat di atasi dengan mengganti air atau meningkatkan kualitas air didalam kolam.

Jika kalian ingin mencari informasi yang menarik lainnya seperti cara beternak atau cara merawat hewan peliharaan. Tentu kalian bisa kunjungi blog rekan saya di Panduan Belajar Beternak. Melalui link tersebut kalian bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi yang menarik lainnya.

Related Post

  • Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat bahwa ada Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia yang harganya bisa sampai ratusan juta bahkan juga bisa miliaran rupiah ?. Mungkin rasanya ikan hias dengan
  • Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

    Belajar Beternak - Sudah sejak lama melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum mengetahui Jenis Penyakit Ikan Gurame yang sering menyerang ikan gurame ?. Pada kesempatan kali ini akan saya
  • Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Belum tentu semua orang yang ada di dunia ini mengetahui jenis jenis Ikan Monster Laut Raksasa yang ada sejak zaman prasejarah. Bagi kalian yang memang ingin mengetahui ikan moster
  • Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon 150x150

    Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon

    Belajar Beternak - Di tahun 2019 ini Hutan Hujan Amazon mengalami bencana Kebakaran Hutan Terparah. Hal tersebut tidak membuat Ikan Predator Paling Ganas atau hewan buas yang ada dialam tersebut
  • Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah 150x150

    Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya belut tetapi belum begitu mengerti Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Jika memang anda ingin melakukan usaha budidaya belut sawah
  • Pos-pos Terbaru