Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Belajar Beternak – Belum begitu paham bagaimana Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal yang harus dilakukan ?. Sesuai dengan permintaan para selaku pembudidaya ikan yang ada di Indonesia, kali ini akan saya berikan solusi untuk anda yang tidak memiliki lahan luas tetapi ingin melakukan usaha budidaya ikan agar dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Usaha budidaya ikan bawal memang cukup menjanjikan dan menguntungkan untuk dilakukan karena banyaknya permintaan pasar tentang ikan bawal segar. Dan untuk melakukan usaha budidaya ikan kini sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan lahan sempit atau lahan disekitar rumah yang tidak di manfaatkan.

Memanfaatkan lahan lahan sempit untuk melakukan usaha tentu adalah hal yang sangat bermanfaat. Karena anda hanya bisa bermodalkan kecil kecil saja anda sudah bisa melakukan usaha budidaya ikan. Seperti melakukan usaha budidaya ikan bawal dengan menggunakan media kolam terpal.

Untuk Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal dengan menggunakan kolam terpal juga sangat mudah untuk dilakukan. Karena lahan yang digunakan tidak perlu terlalu besar, anda bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk melakukan usaha tersebut.

Dan berikut adalah tahap tahap untuk melakukan usaha budidaya ikan bawal dengan menggunakan media kolam terpal. Untuk anda yang ingin mencobanya, tentu anda bisa memahami terlebih dahulu dan simak langkah langkah untuk melakukan budidaya ikan bawal dengan menggunakan kolam terpal sebagai berikut.

Pemilihan Lokasi Dan Persiapan Kolam

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Saat ingin melakukan usaha budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal. Menentukan lokasi yang sangat cocok dan tepat untuk dibangung untuk menjadi kolam adalah Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal yang juga sangat penting untuk anda lakukan. Usahakan pilihlah lokasi atau tempat yang datar dan tidak terdapat banyak benda benda tajam dibawahnya.

Karena jika terdapat benda tajam dibawah kolam terpal yang akan di bangung. Tentu kolam akan bocor dan tentu akan membuat gagal melakukan usaha budidaya ikan bawal. Melakukan budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal terbilang sangat efisien, dan juga biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan jenis kolam tanah dan kolam semen.

Untuk membuat kolam terpal, tentu anda bisa menggali tanah sesuai dengan ukuran kolam yang anda inginkan. Dan selanjutnya pastikan tidak ada benda benda tajam yang bisa merobek terpal. Dan anda bisa memasang pagar bambu disekeliling kolam agarĀ  kolam lebih kokoh, anda bisa memberikan tumpukan tanah pada pinggiran kolam terpal.

Setelah kolam terpal selesai dibuat, tentu tidak bisa digunakan langsung. Anda harus mengisi air kedalam kolam dengan ketinggian 50cm dan kemudian biarkan selama 2 sampai 3hari. Setelah membiarkan selama 2 sampai 3 hari, anda bisa mengganti air dan biarkan lagi selam 7 hari. Anda bisa memberikan daun pepaya, daun ketepeng sebagai antiseptic.

Pemilihan Benih Yang Berkualitas

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Memilih bibit benih ikan bawal yang memiliki kualitas bagus tentu merupakan hal yang sangat penting. Karena memang jika usaha budidaya ikan atau ternak yang diawali dengan memilih jenis bibit yang kurang bagus. Tentu akan menentukan hasil panen dan keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

Untuk itulah, kunci sukses dalam melakukan budidaya ikan atau ternak adalah pemilihan bibit yang berkualitas. Bibit ikan bawal yang berkulitas idealnya adalah sekitar 5 sampai 12 cm. Nah, jika anda bingung ingin melakukan usaha budidaya ikan air tawar yang sangat cocok dibudidayakan. Anda bisa membaca artikel kami di Jenis Ikan Air Tawar Yang Banyak Di Budidayakan. Disana anda bisa menemukan jenis ikan air tawar yang bisa anda budidayakan.

Penebaran Benih Ikan Bawal

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Untuk penebaran benih ikan pada kolam terpal tentu tidak sama dengan melakukan penebaran benih ikan di kolam tanah. Benih ikan bawal yang akan ditebar kedlaam kolam memiliki ukuran 5 sampai 12 cm. Sebelum ditebar, usahakan lakukan tahapan pendederan terlebih dahulu. Untuk melakukan pendederan pada ikan bawal juga termasuk sangat mudah sekali.

Anda bisa memasukan benih ikan bawal yang ada di dalam plastik kedalam kolam terpal yang bertujuan untuk membiarkan benih ikan bawal mampu beradaptasi dengan lingkungan barunya. Setelah dilakukan selama 2 sampai 3 jam, anda bisa membuka penutup plastik tersebut sembari memasukan air kolam dikit demi sedikit dan membiarkan benih ikan bawal keluar dengan sendirinya dari dalam kantong plastik.

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal yang saya bahas ini memiliki kepadatan ideal yaitu 100 sampai 150 ekor per meter. Ketinggian air didalam kolam adalah 30 sampai 40 cm. Dalam melakukan usaha budidaya ikan bawal dikolam terpal adalah dengan menjaga selalu kualitas air agar tetap stabil.

Pemberian Pakan Ikan Bawal

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Pemberian pakan pada ikan bawal juga harus anda perhatikan. Mulai dari menentukan jenis pakan yang akan diberikan, kandungan gizi yang ada di dalam pakan, frekuensi pemberian pakan serta jumlah pakan harus diberikan. Pakan yang biasanya banyak digunakan oleh para selaku pembudidaya adalah pelet atau pakan alternatif lainnya.

Frekuensi pemberian pakan pada budidaya ikan bawal biasanya dilakukan 4 kali dalam sehari yaitu pagi, siang, sore dan malam. Jumlah pakan yang dibutuhkan tentu harus sesuai dengan jumlah ikan serta juga harus sesuai dengan berat tubuh ikan. Usahakan 70% pakan yang diberikan memiliki kandungan protein yang bagus dan baik untuk ikan.

Pemanenan Ikan Bawal

Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal Di Kolam Terpal

Masa panen ikan bawal tentu dapat dilakukan setelah ikan berumur 4 sampai 5 bulan. Atau anda juga bisa memanen saat ikan bawal sudah memiliki berat mencapai 300 sampai 500 gram per ekor. Untuk mempercepat atau mempermudah dalam melakukan panen ikan bawal, anda bisa menggunakan jaring yang berdiameter lebar.

Melakukan panen ikan bawal tentu akan sama seperti pada melakukan panen ikan jenis lainnya seperti ikan lele, ikan nila atau jenis ikan lainnya. Panen ikan bawal juga bisa andal akukan secara selektif atau secara total, yang dimaksud secara selektif adalah dengan memilih ikan bawal yang sudah cocok di panen. Dan dengan cara total adalah anda bisa memanen semua ikan bawal yang ada didalam kolam.

Nah, untuk anda yang memang ingin mencari informasi yang menarik lainnya seperti Jenis Jenis Kucing Hutan Asli Indonesia Yang Sangat Memukau. Melalui link artikel tersebut anda tentu anda juga bisa mendapatkan informasi yang menarik dari informasi tentang Langkah Langkah Budidaya Ikan Bawal yang kali ini saya update.

Related Post

  • Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat bahwa ada Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia yang harganya bisa sampai ratusan juta bahkan juga bisa miliaran rupiah ?. Mungkin rasanya ikan hias dengan
  • Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

    Belajar Beternak - Sudah sejak lama melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum mengetahui Jenis Penyakit Ikan Gurame yang sering menyerang ikan gurame ?. Pada kesempatan kali ini akan saya
  • Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Belum tentu semua orang yang ada di dunia ini mengetahui jenis jenis Ikan Monster Laut Raksasa yang ada sejak zaman prasejarah. Bagi kalian yang memang ingin mengetahui ikan moster
  • Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon 150x150

    Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon

    Belajar Beternak - Di tahun 2019 ini Hutan Hujan Amazon mengalami bencana Kebakaran Hutan Terparah. Hal tersebut tidak membuat Ikan Predator Paling Ganas atau hewan buas yang ada dialam tersebut
  • Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah 150x150

    Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya belut tetapi belum begitu mengerti Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Jika memang anda ingin melakukan usaha budidaya belut sawah
  • Pos-pos Terbaru