Langkah Langkah Ternak Bebek Secara Intensif

Belajar Beternak – Sebelum memulai beternak bebek, tentu kalian harus mengetahui Langkah Langkah Ternak Bebek. Karena bebek yang sangat mudah untuk di ternakkan dan mudah di pelihara, tentu banyak dari para peternak yang ingin memilih beternak bebek. Bagi kalian yang ingin memulai beternak bebek dan belum mengetahui caranya berikut pembahasan lengkapnya.

Langkah Langkah Ternak Bebek Secara Intensif

Penggemar daging bebek dan telur bebek disetiap harinya tentu semakin meningkat. Dengan olahan dagingnya yang lezat dan tentu telur asin bebek yang gurih menjadikan hasil ternak bebek ini sangat banyak di minati oleh para pebisnis. Dengan kebutuhan daging bebek dan telur bebek yang terus meningkat, maka ini adalah kesempatan bagi para pebisnis untuk menjalani ternak bebek yang masih sangat potensial. Lobang Belut

Pada umumnya, bisnis ternak bebek ditujukan hanya untuk memanfaatkan terlurnya saja. Namun kalian juga bisa menggunakan bebek petelur untuk di manfaatkan dagingnya. Tentu jika bebek sudah tidak produktif atau sudah tidak bertelur lagi kalian bisa menjual bebek tersebut untuk di manfaatkan dagingnya.

Sebelum memulai ternak bebek, tentu kalian harus menyiapkan diri dengan memahami Langkah Langkah Ternak Bebek seperti kondisi kandang. Pemilihan bibit, pakan dan pengolahan pakan. Contohnya bagaimana sih cara pemeliharaan terhadap anakan bebek, pemeliharaan bebek dara, dan pemeliharan bebek dewasa. Tentu semua itu membutuhkan langkah langkah yang berbeda agar mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Masa produksi telur yang ideal untuk ternak bebek petelur sekitar satu tahun. Untuk bebek lokal rata rata dapat menghasilkan telur hingga 200 sampai 300 butir pertahunnya dengan berat telur rata rata 70 gram. Jika kalian menggunakan bebek alabio, maka produktivitasnya akan lebih tinggi yaitu diatas 250 butir telur pertahunnya dengan masa produksi mencapai kurang lebih 68 minggu.

Bisnis ternak bebek di Indonesia memang sudah sangat lama di kenal oleh masyarakat di Indonesia. Tidak heran jika saat ini sangat banyak sekali masyarakat di Indonesia yang sedang berbisnis ternak bebek petelur ataupun bebek pedaging. Untuk kalian yang ingin mendapatkan keuntungan besar dan optimel, tentu ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan tentang manajemen pemeliharaan ternak sebagai berikut.

Langkah Langkah Ternak Bebek Secara Intensif

Seleksi Bibit Bebek

Langkah Langkah Ternak Bebek Secara Intensif

Bibit bebek di Indoneis tentu memiliki berbagai macam jenis dan di bagi dalam dua kelompok, yaitu jenis bebek lokak dan bebek persilangan. Berikut adalah beberapa jenis bebek loka yang bisa kalian gunakan sebagai ternak kalian.

  • Bebek Tegal, bebek ini mempunyai ciri warna bulu yang polos sampai coklat kehitaman, memiliki warna paruh dan kaki kuning atau hitam.
  • Bebek Mojosari, jenis bebek yang memiliki warna bulu coklat muda hingga tua dengan warna paruh hitam dan warna kaki hitam
  • Bebek Alabio, ciri bebek ini memiliki badan yang lebih besar jika dibandingkan dengan bebek tegal.

Jenis Pakan yang bisa kalian gunakan untuk anakan bebek tentu kalian bisa menggunakan jagung, dedak padi, bungkil kedelai dan bungkil kelapa. Untuk memberikan pakan kalian juga harus memperhatikan takaran sesuai dengan umur ternak bebek yang kalian pelihara.

  • Umur 1 sampai 2 minggu berikan pakan sebanyak 60gr/ekor/hari
  • Umur 3 sampai 4 minggu berikan pakan sebanyak 80 gr/ekor/hari
  • Umur 5 sampai 9 minggu berikan pakan sebanyak 100gr/ekor/hari
  • Umur 10 minggu berikan pakan 150 sampai 180gr/ekor/hari

Kandang

Pembuatan kandang bebek tentu harus memperhatikan beberapa faktor yang harus kalian pahami antara lain adalah

  • Usahakan tempatkan kandang ternak bebek jauh dari keramaian.
  • Letak kandang harus dekat dengan sumber air dan jangan terlalu jauh.
  • Jangan terlalu membuat kandang bebek terlalu dekat dengan pemukiman warga.
  • Buatlah kandang yang mudah di akses oleh kendaraan dan yang mudah untuk di awasi.

Langkah Langkah Ternak Bebek selanjutnya adalah bahan pembuatan kandang ternak bebek. Tentu kalian bisa menggunakan bahan jenis kayu atau bambu untuk membuat rangka kandangnya. Sedangkan untuk atap atau tempat berteduh, tentu kalian bisa menggunakan genteng dan untuk lantai kandan umumnya para peternak menggunakan sekam padi.

Perhatikan juga daya tampung kandang dalam pembuatan kandang Ternak Bebek. Berikut adalah contoh ukuran kandang dengan daya tampung 100 ekor bebek.

  • Umur 1 hari sampai 2 minggu dengan ukuran 1 sampai 2 meter
  • Umur 1 sampai 2 minggu dengan ukuran 2 sampai 4 meter
  • Umur 2 sampai 4 minggu dengan ukuran 4 sampai 6 meter
  • Umur 4 sampai 6 minggu dengan ukuran 6 sampai 8 meter
  • Umur 6 sampai 8 minggu dengan ukuran 8 sampai 10 meter

Pemeliharaan dalam bisnis ternak bebek tentu ada beberapa cara atau metode yang bisa kalian terapkan untuk memelihara ternak bebek kalian sebagai berikut.

  • Cara intensif adalah dengan cara pemeliharaan terus menerus mengandangkan bebek seperi memelihara ayam ras.
  • Cara ekstensif merupakan cara pemeliharaan dengan menggembala atau memindah mindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Cara semi intensif adalah cara pemeliharaan dengan cara di kandangkan dengan menggunakan halaman kandang yang luas dan diberi pagar sebagai pembatasnya.

Penanggulangan Penyakit

Dalam beternak hewan apapun, tentu ada beberapa penyakit yang sering menyerang ternak tersebut. Sebagai penanggulangannya, berikut adalah cara penanggulangan penyakit pada Ternak Bebek.

  •  Penyakit Lumpuh, penyebab dari penyakit ini adalah kekurangan vitamin B pada bebek. Tanda penyakit lumpuh adalah bagian persendian pada kaki yang bengkak, jalan pincang, dan lumpuh. Bebek kelihatan mengantuk dan sering mengeluarkan air mata secara berlebihan, untuk mencegah penyakit lumpuh, kalian bisa memberikan sayuran hijau setiap harinya.
  • Penyakit Cacing, penyakit ini disebabkan dari beberapa jenis cacing. Tanda dari penyakit ini, bebek kalian tidak nafsu makan yang berkurang kadang disertai dengan mencret, bulu kusam kurus dan produksi terlur menurun. Untuk pencegahan kalian bisa melakukan pembersihan kandang dan perhatikan kandang agar tidak selalu kering dan tidak lembab. Makanan dan minuman juga harus kalian perhatikan, dan langkah lainnya kalian bisa perhatikan sanitasi kandang.
  • Penyakit berak kapur, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella Pullorum. Tanda tanda dari penyakit yang satu ini adalah dari kotoran yang berwarna putih dan lengket seperti pasta. Cara pencegahannya kalian bisa secara rutin membersihkan kandang dan sanitasi kandang yang ada di sekitarnya.

Pasca Panen

Langkah Langkah Ternak Bebek Secara Intensif

Pasca panen merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu oleh para peternak bebek. Karena memang ini adalah hasil kerja atau usaha yang telah kalian dapatkan. Setelah kalian memanen hasil dari ternak bebek tentu ada beberapa hasil ternak bebek lainnya yang bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan hasil tambahan sebagai berikut.

  • Telur bebek bisa kalian oleh menjadi telur asin, telur pindang dan hasil olahan lainnya.
  • Bebek bisa di olah menjadi makanan yang lezat seperti bebek goreng, bebek bakar, bebek kecap, bebek rendang dan olahan makanan lainnya.
  • Kotoran bebek tentu bisa kalian manfaatkan sebagai bahan pupuk organik bagi para peternak.

Khusus untuk kalian yang ingin mencari informasi lebih lengkap tentang Langkah Langkah Ternak Bebek ataupun informasi seputar cara beternak lain. Tentu kalian bisa kunjungi selalu blog saya ini agar kalian bisa mendapatkan informasi penting tentang bagaimana cara beternak dan informasi yang sangat penting untuk kalian ketahui.

Related Post

  • Panduan Ternak Bebek Pedaging Terlengkap 150x150

    Panduan Ternak Bebek Pedaging Terlengkap

    Belajar Beternak - Melakukan ternak bebek saat ini memang belum banyak dilakukan. Karena mungkin ada yang sedang mencari Panduan Ternak Bebek Pedaging agar usaha yang mereka jalani berjalan sesuai
  • Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern 150x150

    Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Asalkan kita tekun dan telaten dalam menjalani usaha tersebut. Nah, khusus untuk anda yang
  • Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor 150x150

    Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor

    Belajar Beternak - Ingin memelihara burung cucak ijo tetapi masih belum mengetahui Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor. Tenang saja, karena melalui informasi yang kali ini akan saya bahas anda
  • Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif 150x150

    Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

    Belajar Beternak - Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif tentu belum banyak dilakukan oleh para peternak di Indonesia. Karena memang banyak para peternak yang melakukan ternak dengan cara
  • Jenis Jenis Burung Kicau Yang Memiliki Kicauan Indah 150x150

    Jenis Jenis Burung Kicau Yang Memiliki Kicauan Indah

    Belajar Beternak - Di Indonesia tentu terdapat beberapa Jenis Jenis Burung Kicau yang sangat banyak diminati dan tentu merupakan burung kicau ataupun burung hias. Bahkan saat ini sangat banyak
  • Pos-pos Terbaru