Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

Belajar Beternak – Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah dengan memanfaatkan lahan sempit. Tentu bisa simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya update hingga akhis pembahasan.

Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

Gurame adalah salah satu spesies ikan yang sangat banyak dijual belikan di pasaran. Bukan karena cantik untuk dipelihara di akuarium dan dijadikan hewan peliharaan. Akan tetapi jenis ikan yang satu ini sangat banyak dijadikan hidangan dalam berbagai macam jenis masakan yang sangat lezat untuk di konsumsi.

Terlebih lagi kini perkembangan dunia kuliner semakin merajalela dan sudah banyak yang menyediakan dengan berbagai macam jenis olahan unik. Ikan gurame memang semakin banyak di buru untuk dijadikan olahan jenis masakan. Khususnya disebuah restoran yang selalu memasok ikan gurame dengan menu yang bahkan tidak dimiliki di restoran lain.

Tentu ini bisa menjadikan sebuah bisnis baru yang bisa dilakukan di halaman rumah dan bahkan bisa anda lakukan di lahan sempit. Maka dari itu pada informasi yang kali ini saya bahas, akan saya berikan pembahasan tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton dengan benar.

Persiapan Kolam Ikan Gurame

Jika kolam ikan sudah selesai di bangun, dan kolam tersebut masih baru. Anda bisa membiarkan mengisi air dan dibiarkan selama beberapa hari. Karena dengan cara seperti itu untuk menetralisir parasit yang ada di dalam kolam. Dan untuk membersihkan bagian dasar kolam atau pinggir kolam.

Anda bisa membersihkan kolam dengan menggunakan desinfektan KMn04 sebanyak 20 sampai 30 liter. Selanjutnya, anda bisa mengisi kembali kolam dengan menggunakan air setinggi 100 sampai 120 cm. Dan lebih baik kolam dilengkapi dengan saluran tengah atau dibatu yang nantinya akan berguna saat pemanenan tiba.

Penebaran Benih Ikan Gurame

Menebarkan benih ikan gurame yang akan di ternak nantinya tentu adalah hal yang sangat penting harus diperhatikan. Untuk menebarkan bibit benih ikan gurame, tentu anda bisa memilih benih yang berukuran sekitar 7 sampai 15 gram per ekor. Dalam setiap meter persegi kolam beton atau kolam semen akan ditebar sebanyak 12 sampai 20 ekor ikan.

Dengan begitu, tentu ikan akan lebih leluasa untuk tumbuh. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan budidaya ikan gurame didalam kolam beton atau kolam semen adalah sekitar 90 hari sampai 120 hari. Dan sebaiknya penebaran benih ikan dilakukan pada saat suhu rendah yaitu pada pagi atau sore hari. Karena pada Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton seperti yang kali ini saya bahas bertujuan untuk mencari hasil panen yang sesuai dengan perkiraan.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Dalam tahap pemberian pakan ikan gurame, ini tentu bisa dilakukan dengan pemberian pakan alami dan pakan buatan. Karena memang ikan gurame adalah salah satu jenis hewan herbivora. Untuk itulah, jenis pakan yang diberikan untuk ikan gurame tidak begitu sulit untuk ditemukan oleh para selaku pembudidaya Ikan Gurame.

Pakan yang dapat diberikan kepada ikan gurame adalah berupa dedaunan hijau dan juga sayuran seperti daun talas atau sante dan juga kangkung. Selain pakan tersebut, tentu anda dapat memberika pakan buatan seperti pelet ikan, Anda bisa membuat sendiri dengan bahan campuran seperti bekatul, ampas tahu, tepung tulang dan berbagai macam jenis olahan lainnya.

Panen Ikan Gurame

Nah, pada tahap terakhir adalah tahap pemanenan ikan gurame. Tentu tahap ini adalah tahap yang sangat ditunggu tunggu oleh para selaku pembudidaya ikan gurame. Untuk melakukan pemanenan pada ikan gurame ini tnetu anda bisa melakukan pemanenan saat bobot ikan mencapai 200 sampai 300 gram per ekor.

Dengan bobot badan itu, tentu tekstur ikan akan lebih gurih dan enak. Cara untuk memanen ikan didalam kolam beton bisa anda lakukan dengan panen total atau panen sebagian yang tentu bisa anda pilih yang sudah siap panen dengan yang belum siap panen. Untuk anda yang sedang mencari informasi lebih lengkap lainnya tentang panduan cara beternak.

Atau bagi anda yang sedang mencari informasi yang menarik lainnya. Anda bisa langsung kunjungi blog rekan kami di Panduan Belajar Beternak, karena disana anda bisa mendapatkan informasi penting disetiap harinya.

Related Post

  • Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 150x150

    Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips
  • Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera 150x150

    Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

    Belajar Beternak - Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan
  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Pos-pos Terbaru