Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

Belajar Beternak – Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan berbagai macam jenis hewan, ada yang beternak dengan memanfaatkan ulat hongkong, ulat jerman dan berbagai macam jenis hewan ternak lainnya.

Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan

Sepertinya sudah bukan hal biasa lagi kalau ulat sutera ini kini sudah di butuhkan oleh banyak orang. Tetapi sayangnya masih terlalu sedikit sekali yang mencoba untuk melakukan usaha ternak atau budidaya ulat sutera yang satu ini. Padahal jika di lakukan dengan benar dan langkah yang tepat, ternak usaha ini tentu berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Ulat sutera atau ulat murbei adalah salah satu jenis ngengat yang bisa menghasilkan erat atau benang sutera. Ulat ini hanya memakan daun murbei, sehingga untuk membudidayakannya, tentu selaku peternak harus memiliki pasokan daun Murbei yang sangat baik. Dalam perkembangan menjadi ulat, satu butir telur ulat sutera membutuhkan waktu hingga 10 hari agar menetas.

Setelah telur menetas dan menjadi ulat, tentu akan terbentuk kepompong mentah. Kepompong tersebut yang akan di pintal menjadi benang sutera yang panjangnya bisa mencapai 300 sampai 900 meter dengan diameter 10 mikrometer. Dalam hidup ulat ini juga terdapat beberapa fase ganti kulit. Saat kulit berwarna kekuningan dan lebih ketat, tentu ini menandakan bahwa ulat sutera akan sergera membungkus diri dan berubah menjadi kepompong.

Tetapi pada pembahasan kali ini, saya tidak membahas tentang asal usul ulat sutera, kehidupan ulat sutera atau makanan ulat sutera itu apa saja. Karena pada pembahasan kali ini yang akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar mendapatkan ulat sutera yang sangat berkualitas baik.

Lokasi Kandang Dan Rak Ulat

Ulat sutera memang merupakan hewan peliharaan yang sangat spesial, pembuatan kandang untuk ulat juga harus aman dan jauh dari hama atau binatang lain. Dan ada lebih baiknya membuat kandang di dekat pohon murbei, dan anda juga bisa membuat kandang yang dekat dengan lingkungan aslinya.

Selain itu, anda juga bisa membuat pintu dan jendela yang menghadap ke utara dan selatan untuk menghindari paparan sinar matahari. Satu hal lagi yang sangat penting untuk kalian ketahui. Sebaiknya kandang ulat sutera usahakan terbuat dari kayu, hindari bahan apapun yang berbuat dari metal, karena akan berpengaruh besar pada tingkat kelembabannya.

Untuk rak tempat ulat sutera melakukan aktifitasnya, kalian bisa membuat rak ulat sutera yang berbentuk persegi panjang. Dan buatlah sebanyak mungkin untuk kotak ulat sutera. Tentu dengan adanya informasi tentang Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera yang kali ini saya bahas akan bisa membantu untuk menemukan solusi bagaimana cara untuk melakukan usaha ternak ulat sutera dengan baik.

Perawatan Dan Pembibitan Ulat Sutera

Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan

Langkah selanjutnya yang harus kalian perhatikan adalah tentang perawatan ulat sutera. Hal ini tentu meliputi beberapa proses seperti desinfektan, anda bisa mensterilkan ruangan kandang dengan larutan kaporit atau bisa juga dengan menggunakan formalin. Kadar yang direkomendasikan adalah sebesar 0,5% (kaporit) dan 3%(formalin) dan kemudian tutup ruangan agar patogen mati, dan buka kembali setelah 24jam sebelum pengandangan ulat dimulai.

Dalam merawat ulat sutera tentu ada beberapa tahapan perawatan yang membutuhkan treatment yang berbeda. Jadi, bukan hanya diberikan makan secara terus menerus. Berikut adalah langkah langkah atau hal penting yang harus anda perhatikan dalam melakukan usaha ternak ulat sutera agar berhasil.

Instar 1

Masa ini merupakan masa setelah lahir, kira kira 4 hari ulat muda ini membutuhkan nutrisi dan membutuhkan makanan. Dan anda bisa memberikannya cacahan daun mulberry.

Moulting

Masa ini adalah masa pengelupasan kulit dan masuk pada tahapan instar yang akan berlangsung selama 18 sampai 24 jam. Pada periode ini tentu anda tidak perlu memberikan pakan. Dan untuk menandai proses moulting adalah dengan kepala membesar, diangkat ulat tidak bergerak. Dan jika masa moulting sudah selesari, tentu anda harus memisahkannya. Tanda tandanya adalah ulat mulai aktif, bagian mulut lebih lebar, kulit kenodr dan kelupasan kulit terlihat di kotak.

Instar 2

Memberikan pakan ulat dengan daun sekitar 4 hari sebelum kembali ke proses atau masa moulting lagi. Bagi kalian yang ingin mencari solusi bagaimana cara untuk merawat marmut anggor. Kalian bisa membaca artikel kami sebelumnya di Cara Pelihara Marmut Anggora Untuk Para Pemula.

Instar 3

Jika siklus kedua telah selesai, berikan daun mulberry segar dan hijau selama 3 hari. Dan biasanya setelah proses ini akan kembali ke masa atau proses moulting lagi.

Instar 4

Anda bisa memberikan makan lagi selama 6 hari

Instar 5

Pada masa ini, anda bisa memberikan makan selama 7 hari dan amati juga setiap perubahan pada pertumbuhannya. Usahakan jangan sampai terlalu besar atau terlalu dewasa.

Proses Mounting

Pada periode mounting adalah masa di mana ulat akan di pindahkan dari rak pengembangbiakan dan di pindahkan kem montase. Periode ini dimulai dari setelah Instar ke 5 berakhir, dan pada masa ini juga ulat sutera sudah matang. Dan berikut adalah tanda tanda yang akan dikeluarkan oleh ulat sutera.

  • Larva berhenti makan dan mencari sudut untuk melakukan pemintalan dan biasanya mereka akan bergerak ke sudut kotak
  • Panjang ulat sutera menyusut.
  • Warna putih cream dan tubuh di penuhi sutera.

Dan anda bisa melakukan pemindahan ulat sutera ke proses pounting yang harus disiapkan adalah kotak yang berisi kotak kotak kecil agar ulat bisa membentuk kepompong. Dan temperatur yang sangat tepat atau ideal adalah sekitar 26 derajat celcius dengan kelembaban kandang sekitar 60 sampai 70%.

Proses Panen Ulat Sutera

Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan

Untuk melakukan panen ulat sutera tentu dapat dilakukan setelah hari ke 7 atau ke 8. Dalam hal ini, tent ulat akan membentuk dirinya menjadi pupa dan ulatnya akan menjadi mengeras serta berwarna kecoklatan. Itu adalah beberapa informasi mengenai Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Dapat Sutera Terbaik yang bisa kalian pahami.

Dan jika memang kalian ingin melakukan usaha ternak lainnya agar lebih mudah dan berhasil dan menghasilkan ternak yang berkualitas. Tentu kalian bisa coba membaca panduan lainnya di Ternak Berkualitas. Karena disana akan sangat banyak sekali informasi penting yang bisa kalian temukan disetiap harinya.

Related Post

  • Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 150x150

    Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips
  • Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera 150x150

    Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

    Belajar Beternak - Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan
  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Pos-pos Terbaru