Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Belajar Beternak – Sebelum memulai untuk beternak ayam petelur, tentu anda harus memahami dahulu Panduan Beternak Ayam Petelur yang tentu sangat penting untuk kalian ketahui. Langkah ini bertujuan agar dalam proses beternak ayam petelur anda dapat memberikan penanganan yang tepat, mulai dari pakan, perawatan dan sampai ke tahap pasca panen. Mancing Belut

Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk di ambil telurnya. Telur yang dihasilkan oleh ayam petelur jumlahnya banyak dan terus menerus. Dengan begitu, ayam jenis ini tentu dapat di manfaatkan untuk di budidayakan dan di manfaatkan telurnya untuk dijual di pasaran ataupun ke perumahan.

Produksi ayam petelur bisa dimulai sejak umur 5 bulan dan dapat terus menerus menghasilkan telur sampai umur ayam mencapai 1,5 sampai 2 tahun. Tetapi umumnya produksi telur terbaik ada pada tahun tahun awal ayam mulai bertelur. Karena permintaan pasar yang semakin meningkat, tentu membuat para pebisnis ingin mengambil ahli dalam hal untuk mencukupi kebutuhan di pasar.

Maka tidak heran jika saat ini semakin banyak para pebisnis yang mengambil keputusan untuk beternak ayam petelur demi untuk mencukupi kebutuhan pasar yang memang sangat tinggi. Tetapi, sebelum memulai Ternak Ayam Petelur, tentu kalian yang memiliki pengalaman dalam bidang usaha ternak ayam.

Untuk itu, bagi kalian yang memang belum memiliki pengalaman dalam bidang usaha beternak ayam petelur. Kalian bisa simak pembahasan saya kali ini tentang Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar. Dan selain membaca artikel saya ini, tentu kalian bisa berkonsultasi dengan para peternak ayam petelur lain agar kalian mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam.

Berikut adalah beberapa panduan untuk memulai ternak ayam petelur. Bagi kalian yang memang ingin memelihara ternak ayam petelur, kalian bisa memahami langkah langkahnya di bawah ini.

Pemilihan Lokasi Kandang

Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Kandang ayam tentu harus disesuaikan dengan kondisi ayam, kondisi lingkungan dan yang pastinya harus disesuaikan dengan umur ayam. Untuk ayam umur 0 sampai 6 minggu adalah 1 meter persegi untuk 10 sampai 15 ekor anakan ayam. Sebelum anakan ayam dimasukan ke dalam kandang, tentu kalian harus mensterilkan terlebih dahulu peralatan kandang.

Pensterilan ini dilakukan dengan cara membersihkan dan menyemprot kandang dengan menggunakan desinfektan. Persiapan kandang harus selesai dalam beberapa hari sebelum anakan ayam masuk ke dalam kandang. Setelah kandang steril, tentu anda perlu memastikan kondisi kandang nyaman untuk anakan ayam.

Untuk alas kandang, tentu anda bisa menggunakan kertas koran ataupun kertas lain, tentu ini berguna untuk memfilter udara dingin dan perlindungan saat cuaca ekstrem atau pada saat malam hari. Sebagai penghangat, tentu kalian bisa memberikan lampu sebagai penghangat atau juga bisa memberikan gas olec. Untuk suhu pada kandang anak ayam berkisar antara 30 derajat celcius sampai 32 derajat celcius.

Dan Panduan Beternak Ayam Petelur untuk kandang ayam yang telah dewasa atau Layer. Tentu harus berbeda dengan kandang anakan ayam, dan ada beberapa perbedaan dari kedua kandang tersebut seperti temperatur kandang, luas kandang, konstruksi kandang dan peralatan sanitasi kandang yang akan digunakan.

Temperatur pada kandang dewasa adalah 32,2 derajat celcius sampai 35 derajat celcius dengan kelembaban antara 60 sampai 70%. Untuk penerangan tentu anda bisa sesuaikan dengan kondisi di lingkungan. Usahakan kondisi kandang mendapatkan sinar matahar pagi yang cukup dan tidak melawan arah mata angin.

Penempatan lokasi kandang juga harus di perhatikan, usahakan lokasi kandang jauh dari permukiman warga. Langkah ini bertujuan untuk menghindari bau yang tidak sedap dari kotoran ayam itu sendiri. Lokasi yang jauh dari keramaian ataupun permukiman warga tentu juga bisa mengurangi tingkat stress pada ayam serta untuk mencegah penyebaran wabah penyekit terhadap manuasia

Pemilihan Bibit Ayam Petelur

Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Pada pemilihan bibit ayam petelur tentu semua orang ingin memilih anakan ayam yang berkualitas. Berikut adalah bibit ayam petelur yang sangat populer di Indonesia.

  1. Ayam ras petelur putih yang memiliki ciri bulu warna putih, telur putih kecoklatan dan memiliki berat badan ayam dewasa sekitar 1,7 kg.
  2. Ayam ras petelur cokelat yang memiliki bulu warna cokelat, telur cokelat, berat badan ayam dewasa sekitar 2,1 kg. Ayam jenis ini sedikit lebih besar bila dibandingkan dengan ayam petelur putih.

Tentu kedua jenis ayam tersebut memiliki kandungan nutrisi yang sama pada telur yang dihasilkan. Berikut adalah Panduan Beternak Ayam Petelur dan beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih bibit. Tentu pemilihan bibit yang bagus akan mempengaruhi hasil produksi telur yang berkualitas.

  • Konversi Ransum

Yang di maksud konversi ransum adalah perbandingan antara ransum yang dihabiskan ayam dengan telur yang bisa di hasilkan oleh ayam. Konversi ransum bisa di sebut dengan ransum per kilo gram telur. Ayam yang baik dapat makan sejumlah ransum serta dapat menghasilkan telur yang lebih banyak atau lebih besar dari ransum yang telah di makan. Jika konversi ini tidak sesuai atau ayam makan terlalu banyak dan bertelur hanya sedikit, maka hal ini merupakan cerminan buruk untuk ayam tersebut.

  • Produksi Telur

Produksi telur harus menjadi perhatian utama pada ternak ayam petelur. Dan bibit yang harus dipilih haruslah bibit yang dapat memproduksi telur banyak. Karena produksi ini juga harus mempertimbangkan konversi ransum, konversi ransum juga harus sesuai agar tidak merugikan bagi peternak ayam petelur.

  • Prestasi Bibit Di Lapangan atau Di peternakan

Prestasi bibit dilapangan atau di perternakan tentu dapat kalian lihat berdasarkan kemampuan konversi ransum, produksi telur dan kemampuan ayam untuk bertelur.

Pemberian Pakan Ayam Petelur

Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Pemberian pakan pada ayam petelur tentu ada 2 fase. Fase pertama yaitu fase starter pada umur 0 sampai 4 minggu dan fase kedua adalah fase finisher pada umur 4 sampai 6 minggu. Berikut adalah Panduan Beternak Ayam Petelur pada masa fase starter.

  • Fase Starter

Dalam fase starter, kualitas atau kandungan zat gizi pakan ayam petelur harus terdiri dari protein 22 sampai 24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7 sampai 0,9%, ME 2800 sampai 3500 Kcal. Kuantitas pakan terbai menjadi 4 golongan, yaitu sebagai berikut.

  1. Minggu pertama umur 1 sampai 7 hari 17 gram/hari/ekor
  2. Minggu kedua umur 8 sampai 14 hari 43 gram/hari/ekor
  3. Minggu ketiga umur 15 sampai 21 hari 66 gram/hari/ekor
  4. Minggu keempat umur 22 sampai 29 hari 91 gram/hari/ekor

Jadi, jumlah pakan ayam petelur yang dibutuhkan tiap ekor sampai pada umur 4 minggu sebesar 1,520 gram.

  • Fase Finisher

Kualitas dan kuantitas pakan pada ayam petelur pada fase finisher tentu berbeda dengan fase starter. Kualitas kandungan zat gizi pakan pada fase finisher terdiri dari protein 18,1 sampai 21,1% lemak 2,5% serat kasar 4,5%, kalsium (Ca) 1%, phospor (P) 0,7 sampai 0,9 % dan energi (ME) 2900 sampai 3400 Kcal. Kuantitas pakan ayam peterlu terbagi menjadi 4 golongan umur, yaitu.

  1. Minggu ke 5 umur 30 sampai 36 hari 111 gram/hari/ekor
  2. Minggu ke 6 umur 37 sampai 43 hari 129 gram/hari/ekor
  3. Minggu ke 7 umur 44 sampai 50 hari 146 gram/hari/ekor
  4. Minggu ke 8 umur 51 sampai 57 hari 161 gram/hari/ekor

Jadi total untuk jumlah pakan ayam petelur per ekor pada umur 30 sampai 57 hari adalah 3,829 gram

Perawatan Ayam Petelur

Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Untuk merawat kesehatan ayam petelur tentu anda bisa melakukannya dengan cara memberikan vaksin serta vitamin secara rutin agar menjaga kekebalan tubuh pada ayam petelur. Selain perawatan kesehatan, yang harus di perhatikan juga adalah perawatan dan kebersihan kandang. Karena kita ketahui betapa sangat pentingnya menjaga kebersihan kandang bertujuan agar ayam terhindar dari segala jenis penyakit.

Menjaga kebersihan lingkungan kandang dan area peternakan merupakan usaha pencegahan (preventif) yang paling utama dan efektif. Usaha preventif yang paling utama dan efektif. Usaha preventif ini hanya membutuhkan keultetan, Panduan Beternak Ayam Petelur dan keterampilan pengelolanya, tindak ini juga dapat dilakukan dengan memberikan vaksin dan perawatan ternak.

Pasca Panen

Panduan Beternak Ayam Petelur Yang Benar

Dalam usaha ternak ayam petelur, hasil utamanya adalah telur. Tetapi jika anda memilih budidaya ayam petelur jenis medium, maka anda akan mendapatkan hasil tambahan berupa daging dari ayam yang telah berhenti reproduksi atau afkir. Ayam petelur akan mulai produksi telur saat berumur 4 bulan.

Dan akan menghasilkan telur setiap hari sehingga kita bisa panen atau mengumpulkan setiap hari, sebelum telur telur di pasarkan. Alangkah baiknya telur di sortir terlebih daulu dengan cara memisahkan telur yang memiliki kualitas bagus dengan telur yang abnormal. Bentuk telur abnormal adalah lonjong atau gepeng, ukuran lebih besar atau lebih kecil dari ukuran telur pada umumnya.

Setelah telur di sortir berdasarkan kualitas. Tentu kita sudah bisa langsung menjual telur ke pasar ataupun ke agen yang membutuhkan pasokan telur dalam skala besar. Bagi kalian yang sedang mencari Panduan Beternak Ayam Petelur ataupun informasi lain seputar cara beternak, kalian bisa kunjungi selalu blog saya ini. Karena disini kalian bisa mendapatkan informasi yang menarik disetiap harinya.

Related Post

  • Panduan Ternak Bebek Pedaging Terlengkap 150x150

    Panduan Ternak Bebek Pedaging Terlengkap

    Belajar Beternak - Melakukan ternak bebek saat ini memang belum banyak dilakukan. Karena mungkin ada yang sedang mencari Panduan Ternak Bebek Pedaging agar usaha yang mereka jalani berjalan sesuai
  • Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern 150x150

    Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Asalkan kita tekun dan telaten dalam menjalani usaha tersebut. Nah, khusus untuk anda yang
  • Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor 150x150

    Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor

    Belajar Beternak - Ingin memelihara burung cucak ijo tetapi masih belum mengetahui Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor. Tenang saja, karena melalui informasi yang kali ini akan saya bahas anda
  • Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif 150x150

    Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

    Belajar Beternak - Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif tentu belum banyak dilakukan oleh para peternak di Indonesia. Karena memang banyak para peternak yang melakukan ternak dengan cara
  • Jenis Jenis Burung Kicau Yang Memiliki Kicauan Indah 150x150

    Jenis Jenis Burung Kicau Yang Memiliki Kicauan Indah

    Belajar Beternak - Di Indonesia tentu terdapat beberapa Jenis Jenis Burung Kicau yang sangat banyak diminati dan tentu merupakan burung kicau ataupun burung hias. Bahkan saat ini sangat banyak
  • Pos-pos Terbaru