Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Belajar Beternak – Sedang mencari Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula tetapi sangat sulit untuk menemukannya di google ataupun di buku panduan ?. BelajarBeternak.com merupakan salah satu dari sekian banyak situs web yang menyediakan berbagai macam jenis informasi tentang panduan belajar beternak ataupun cara merawat hewan peliharaan yang sangat pas untuk anda singgahi. Gunting Kiu Kiu

Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Jenis udang tawar yang satu ini memang memiliki potensi yang cukup besar, sehingga tentu dapat menghasilkan keuntungan besar pada para pembudidaya. Permintaan udang galah kini memang semakin meningkat di pasaran baik didalam negri ataupun diluar negeri. Udang galam memang merupakan salah satu komoditas air tawar yang cukup bagus di masa depannya.

Karena selain harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar. Udang galah juga dapat dipasarkan untuk kebutuhan diluar negeri, karena hal ini ditandai dengan permintaan ekspor ke berbagai negara seperti Jepang dan beberapa negara di Eropa. Dengan kata lain udang galah memiliki nilai ekonomis tinggi dan berpotensi dapat menghasilkan keuntungan yang berkali kali lipat.

Untuk itulah pada kesempatan kali ini akan saya bahas Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula jika memang anda ingin melakukan budidaya udang galah tetapi masih belum mengetahui cara dan langkah langkah apa saja yang harus diperhatikan. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang bagaimana panduan melakukan budidaya ternak udang galah agar dapat menghasilkan Ternak Berkualitas.

Pemilihan Lokasi Kolam Udang Galah

Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Pemilihan lokasi dalam melakukan budidaya udang galah adalah langkah awal yang harus anda perhatikan jika memang ingin mendapatkan tempat yang strategis. Dan untuk menentukan lokasi kolam untuk udang galah anda juga tidak boleh sembarangan memilih lokasi. Berikut adalah Panduan Beternak Udang Galah dan persiapan budidaya udang galah yang harus anda perhatikan.

  • Usahakan pilih lokasi yang jauh dari kawasan industri seperti pabrik ataupun jalan raya.
  • Pastikan lokasi merupakan lokasi yang bersih dan tidak ada sampah ataupun limbah rumah tangga.
  • Lokasi kolam harus bebas dari banjir dan pecemaran
  • Jenis tanah untuk kolam adalah tanah liat berpasir
  • Membuat kolam dengan ketinggian 0 sampai 700 m dpl (meter dibawah permukaan laut)

Membuat Media Budidaya  Udang Galah

Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Dalam Budidaya Udang Galah tentu ada hal hal yang juga sangat penting dan harus anda perhatikan. Karena memang udang galah bisa dilakukan di kolam tanah. Berikut adalah langkah langkah yang harus anda perhatikan dalam media budidaya udang galah yang sangat penting untuk diperhatikan sebagai berikut.

  1. Buatlah kolam tanah dengan ketinggian sekitar 70 sampai 100 m dengan luas kolam 300 hingga 1000 meter kubik.
  2. Usahakan buatlah parit sedalam 50 cm dengan lebar 30 cm di pinggir kolam untuk mencegah banjir dan adanya genangan air di sekitar kolam.
  3. Untuk membuat pakan alami didalam kolam, anda bisa memasukan pupuk kandang ataupun kompos kedalam kolam dan mendiamkannya selama kurang lebih 1 minggu hingga warna air didalam kolam berubah.
  4. Ukura pH air dan tanah, pH yang baik yaitu tidak terllau asam ataupun basa yaitu sekitar 6 hingga 7
  5. Masukan air secara bertahap ke dalam kolam budidaya dengan menyisakan ruang kosong setinggi 20 cm dari atas kolam
  6. Untuk debit air kolam yang baik dalam budidaya udang galah yaitu 0,5 sampai 1 liter per detik.

Pemilihan Benur Udang Galah

Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Dalam menentukan keberhasilan dalam melakukan budidaya udang galah. Tentu pemilihan benih atau benur udang merupakan salah satu faktor keberhasilan yang tentu juga harus anda perhatikan. Untuk itulah melalui informasi Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula yang kali ini saya bahas akan saya berikan juga beberapa cara untuk memperoleh atau mendapatkan benur udang yang berkualitas. Update Smartphone

Tentu untuk mendapatkan benur udang yang berkualitas ada dua cara yang bisa anda lakukan jika ingin mendapatkan benur yang berkualitas baik dan dapat di budidaya. Cara pertama yang terbilang membutuhkan kesabaran dan waktu yaitu melakukan pemijahan sendiri. Karena anda perlu melakukan persiapan seperti kolam semen dan indukan udang galah yang berkualitas baik.

Adapun ciri ciri indukan betina dan jantan yang harus anda perhatikan. Untuk indukan jantan umumnya memiliki tubuh lebih besar dan ramping jika di bandingkan dengan indukan betina. Untuk indukan betina memiliki tubuh agak kecil tetapi cenderung lebar pada bagian perut. Kepala udang galah jantan lebih besar dari pada udang galah betina.

Usaha pilihlah indukan yang tidak terkena penyakit dan hama serta yang bergerak lincah atau aktif. Lakukan pemijahan hingga muncul larva udang galah, pisahkan indukan udang dan lakukan pemeliharaan terhadap larva hingga menjadi benur siap di tebar. Dan cara kedua adalah dengan cara membeli benur udang yang tidak terkena hama dan penyakit serta pilihlah benur yang aktif dan lincah.

Pemeliharaan Dan Pemberian Pakan Udang Galah

Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Sebagai tindakan pemeliharaan anda bisa melakukan adanya pencegahan pada penyakit atau hama yang bisa menyerang udang galah. Umumnya hama yang sering mengganggu udang didalam kolam pemeliharaan adalah ikan ikan liar yang masuk tanpa sengaja seperti ikan gabus, ikan lele dan ikan lain lainnya. Untuk mencegah masuknya hama pemangsa tersebut anda perlu membuat saringan pada pintu masuk dan pengeluaran air kolam berupa hapa yang terbuat dari jaring dengan mesh size 0,2mm.

Panduan Beternak Udang Galah ini tentu bertujuan agar udang yang ada di dalam kolam dapat tumbuh dengan maksimal seperti yang kita harapkan. Dan dalam proses pembesaran diperlukan pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan sebagai berikut. Info Tempat Liburan

  1. Pengambilan sampel sebagai pengujuian kesehatan pada udang galah dilakukan secara acak dengan jumlah udang sesuai dengan kebutuhan untuk pengamatan visual ataupun mikroskopik.
  2. Pengamatan visual dilakukan untuk pemeriksaan adanya gejala penyakit dan kesempurnaan morfologi pada udang  galah.
  3. Pengamatan mikroskopik tentu dapat dilakukan pemeriksaan jasad pathogen ( parasit, jamur, virus, bakteri) di laboratorium.

Untuk mendapatkan produksi udang galah yang di inginkan, tentu harus ditunjang dengan sistem manajemen pakan yang baik dan benar. Susunan komposisi dan formulasi pakan ini tentu harus memiliki palatabilitas atau daya rangsang pakan yang tinggi. Karena udang yang bersifat kanibal, maka pemberian pakan harus benar benar diperhatikan.

Anda dapat memberikan pakan  4 sampai 5 kali dalam sehari. Waktu yang baik dalam pemberian pakan pada udang galah adalah pada jam 6 pagi, jam 11 siang, jam 5 sore, jam 7 malam dan jam 10 malam. Selain pakan buatan pabrik yang bisa anda berikan, tentu anda juga dapat memberikan pakan tambahan seperti ubi jalar, ampas kelapa, singkong, jagung dan pakan jenis lainnya.

Panen Udang Galah

Panduan Beternak Udang Galah Untuk Pemula

Udang galah dapat dipanen setelah berumur 4 sampai 6 bulan atau bahkan lebih. Untuk memanen udang tentu juga sesuai dengan ukuran udang yang dibutuhkan oleh konsumen atau permintaan pasar. Biasanya udang dalah dapat mulai diual setelah memiliki ukuran 20 samapi 25 gram per ekor. Tetapi semakin besar ukuran udang harganya tentu akan semakin mahal.

Melalui informasi yang saya update tentang Panduan Beternak Udang Galah ini. Tentu akan bisa membantu anda untuk mendapatkan solusi dalam melakukan budidaya udang galah dengan mudah. Dan untuk anda yang memang ingin mencari Panduan Cara Beternak ataupun solusi dalam hal beternak. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini atau klik link panduan cara beternak yang telah saya sediakan diatas.

Related Post

  • Cara Ternak Burung Dara Pedaging 150x150

    Cara Ternak Burung Dara Pedaging

    Belajar Beternak - Usaha ternak burung dara mungkin belum banyak dilakukan masyarakat saat ini. Tetapi dengan adanya informasi Cara Ternak Burung Dara Pedaging seperti yang kali ini akan saya bahas.
  • Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah 150x150

    Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

    Belajar Beternak - Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah adalah informasi yang kali ini akan saya bahas. Karena memang ada beberapa masyarakat yang ingin belajar mengenai bagiamana cara
  • Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Menggunakan Media Lumpur 150x150

    Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Menggunakan Media Lumpur

    Belajar Beternak - Belum mengerti bagaimana Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Menggunakan Media Lumpur yang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah ?. Jika memang anda ingin melakukan usaha
  • Cara Budidaya Lebah Madu Dengan Cara Mudah 150x150

    Cara Budidaya Lebah Madu Dengan Cara Mudah

    Belajar Beternak - Pernahkah anda berpikir bagaimana Cara Budidaya Lebah Madu yang harus dilakukan ?. Saat ini melakukan usaha budidaya lebah madu memang tidak banyak dilakoni oleh seluruh masyrakat
  • Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen 150x150

    Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen

    Belajar Beternak - Pada informasi tentang Tips Cara Ternak Kambing Etawa Hingga Panen ini saya akan memberikan sebuah solusi bagi anda para peternak yang ada di Indonesia. Melakukan usaha ternak
  • Pos-pos Terbaru