Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Belajar Beternak – Di Indonesia sendiri sudah banyak yang melakukan budidaya ikang. Untuk itu kali ini akan saya berikan Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah untuk anda yang memang ingin menjalani usaha budidaya ikan yang satu ini. Agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal seperti yang di harapkan.

Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Indonesia memang merupakan negara yang memiliki wilayah perairan yang sangat luas. Wilayah yang luas ini tentunya membuat Indonesia memiliki berbagai macam jenis ikan. Salah satunya adalah ikan baung, ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari Indonesia. Saat ini kini populasi ikan baung sangat banyak di daerah Kampar, Riau.

Disana sangat mudah untuk kita jumpai rumah makan yang menyediakan menu ikan baung sebagai menu andalan mereka. Meskipun saat ini melakukan usaha budidaya ikan baung dengan menggunakan kolam tanah atau kolam terpal belum begitu banyak dilakukan. Tetapi banyak juga yang mulai tertarik untuk melakukan budidaya ikan yang satu ini.

Bagi anda yang memang tertarik untuk melakukan usaha budidaya ikan baung. Tentu melalui Panduan Budidaya Ikan Baung yang kali ini saya bahas. Tentu akan mempermudah anda untuk melakukan usaha budidaya ikan baung didalam kolam tanah. Jadi anda sudah tidak perlu bingung lagi jika memang masih belum mengerti bagaimana cara untuk memulai usaha budidaya ikan yang satu ini.

Pemilihan Lokasi Kolam

Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Pemilihan lokasi dalam melakukan usaha budidaya jenis ikan apapun tentu harus sangat diperhatikan. Karena menentukan kolam tempat budidaya akan mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan usaha budidaya ikan. Lokasi yang sangat tepat untuk melakukan usaha budidaya ikan baung harus memiliki tanah yang berstruktur kuat.

Karena untuk kolam nya sendiri harus mempu menahan air, didalam kolam. Selain itu tanah juga harus subur dan tidak memiliki sumber kolam air sepanjang tahunan dan juga bebas dari pencemaran. Dan sebaiknya air memiliki sifat fisika dan kimia seperti memiliki suhu sekitar 26 derajat celcius sampai 30 derajat celcius.

Persiapan Kolam Dan Kontruksi Kolam

Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Setelah memilih lokasi dan pembuatan kolam sudah dilakukan, Tentu anda bisa mengeringkan kolam terlebih dahulu lalu lakukan pengapuran dengan kapur CACO3 untuk membunuh binatang yang membahayakan ikan dan mengurangi adanya derajat keasaman tanah dan juga air kolam.

Lakukan juga pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk organik atau pupuk anorganik. Jika semua tahap tersebut dilakukan Panduan Budidaya Ikan Baung selanjutnya adalah isi air kedalam kolam. Tinggi air minimal sekitar 0,5 meter dengan debit sekitar 10 sampai 15 liet perdetik per herkat kolam. Tetapi sebelum air dimasukan kedalam kolam, pintu masuk air diberikan saringan agar kotoran atau hama tidak masu kedalam kolam.

Penebaran Dan Pemberian Pakan Ikan Baung

Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Tahap selanjutnya adalah melakukan pendederan ikan atau penyebaran benih ikan kedalam kolam pembesaran. Pada proses ini dilakukan sebanyak 3 kali dalam 3 kolam tanah. Pendederan pertamakali dilakukan dengan cara mengeringkan kolam terlebih dahulu. Setelah di perbaiki, anda bisa mengisi kolam dengan kotoran ayam atau kotoran puyuh sebanyak 5 sampai 7 karung.

Isi air setinggi 40 cm dan biarkan selama 5 hari, setelah 5 hari, anda bisa memasukan 50,000 ekor larva ikan didalamnya. Berikan juga makanan berupa pelet, dan bibit siap dipanen dalam waktu 3 minggu. Tahap pendederan ke 2 dan 3 bisa dilakukan dengan langkah yang sama seperti pendederan pada sebelumnya.

Yang berbeda adalah jumlah benih yang dimasukan ke kolam pada pendederan kedua masukan 30,000 ekor benih hasil dari pendederan 1 dan benih siap di panen. Sedangkan pada pendederan 3, anda bisa memasukan 20,000 ekor hasil pendederan 2 dalam waktu sebulan dan benih telah siap di panen.

Untuk pemberian pakan pada ikan baung yaitu anda bisa memberikan pakan yang mengandung 30% protein, 25% lemak dan 10 sampai 25% karbohidrat. Pakan tersebut tentu dapat diberikan berupa pelet, tetapi selain pelet, anda juga bisa memberikan pakan tambahan berupa dedak, jagung, ikan asin dan yang lainnya sebaganya yang digiling menjadi satu. Untuk memberikan pakan bisa anda lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari yaitu pagi, sore dan malam hari.

Pembesaran Dan Perawatan Ikan Baung

Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Untuk melakukan tahap pembesaran, tentu anda bisa memilih ikan baung yang berukuran 200 m2. Satu kolam bisa digunakan untuk menghasilkan 400 sampai 500 kg ikan baung yang berukuran 125 gram per ekor. Dengan adnaya informasi Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah yang kali ini saya bahas. Tentu akan bisa mempermudah anda untuk mendapatkan solusi dalam melakukan budidaya ikan baung.

Dan and ajuga bisa melakukan penambahan air pada kolam setiap 3 hari sekali. Karena volume air akan berkurang yang disebabkan karena penguapan. Selain itu anda juga harus sirkulasi air lebih bagus diberikan oleh kincir air didalam kolam. Untuk caranya anda juga bisa membaca artikel kami di Cara Budidaya Ikan Baung Sangat Menguntungkan.

Panen Ikan Maung

Panduan Budidaya Ikan Baung Dikolam Tanah

Tahap terakhir yang ditunggu tunggu oleh semua selaku pembudidaya yang melakukannya. Untuk melakukan panen ikan baung, tentu anda bisa menggunakan jaring ikan yang di rentangkan dari ujung kolam sampai ke ujung kolam. Lalu anda bisa menggiring ikan ke pinggir kolam, lalu anda bisa menangkap ikan.

Untuk melakukan pemanenan juga bisa anda lakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara mensortir

Dan untuk anda yang ingin membudidayakan ikan patin tetapi belum paham tahapan yang harus dilakukan. Anda bisa membaca artikel kami di Tahapan Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Yang Menguntungkan. Disana sangat banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan selain belajar beternak, anda bisa mendapatkan informasi tentang merawat hewan peliharaan.

Related Post

  • Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat bahwa ada Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia yang harganya bisa sampai ratusan juta bahkan juga bisa miliaran rupiah ?. Mungkin rasanya ikan hias dengan
  • Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

    Belajar Beternak - Sudah sejak lama melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum mengetahui Jenis Penyakit Ikan Gurame yang sering menyerang ikan gurame ?. Pada kesempatan kali ini akan saya
  • Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Belum tentu semua orang yang ada di dunia ini mengetahui jenis jenis Ikan Monster Laut Raksasa yang ada sejak zaman prasejarah. Bagi kalian yang memang ingin mengetahui ikan moster
  • Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon 150x150

    Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon

    Belajar Beternak - Di tahun 2019 ini Hutan Hujan Amazon mengalami bencana Kebakaran Hutan Terparah. Hal tersebut tidak membuat Ikan Predator Paling Ganas atau hewan buas yang ada dialam tersebut
  • Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah 150x150

    Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya belut tetapi belum begitu mengerti Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Jika memang anda ingin melakukan usaha budidaya belut sawah
  • Pos-pos Terbaru