Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Belajar BeternakPanduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah merupakan tema artikel yang kali ini akan saya bahas. Burung puyuh adalah jenis burung yang tidak dapat terbang seperti burung pada umumnya. Umumnya burung puyuh memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil jika di bandingkan dengan beberapa jenis burung lainnya. Angon Lembu

Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Burung puyuh yang biasa disebut dalam bahasa jawa adalah burung Gemak merupakan jenis burung liar yang sudah mulai diternak pada tahun 1870 dan terus berkembang hingga dipenjuru dunia. Di Indonesia sendiri, burung puyuh ditemukan pada akhir tahun 1979 dan hingga saat ini burung puyuh dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia.

Burung puyuh merupakan jenis burung yang dapat di konsumsi baik daging ataupun telurnya. Selain di konsumsi dagingnya, telur burung puyuh memang sangat banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Telur puyuh yang berukuran kecil biasanya dimasak sebagai menu di rumah makan di pinggir jalan ataupun sebagai konsumsi dirumah rumah.

Kandungan nutrisi pada telur puyuh memang sangat tinggi, tidak heran jika masyarakat sangat banyak yang suka telur puyuh. Tetapi saat ini memang pasokan telur puyuh ataupun daging burung puyuh belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar. Maka dari itu sangat banyak yang melakukan budidaya ternak burung puyuh dengan menggunakan Panduan Lengkap Ternak Puyuh.

Persiapan Lokasi Dan Kandang

Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Dalam menentukan lokasi kandang, tentu ada beberapa syarat yang harus anda perhatikan. Karena memang untuk menentukan lokasi untuk memulai bisnis ternak burung puyuh tidak boleh sembarangan pilih lokasi. Berikut adalah beberapa persyaratan lokasi untuk beternak burung puyuh yang baik. Update Smartphone

  • Lokasi kandang ternak burung puyuh tidak boleh terlalu dekat dengan keramaian seperti jalan raya, pabrik permukiman warga.
  • Kandang harus bisa di jangkau oleh alat alat transportasi seperti motor, mobil yang akan membawa persediaan pakan ataupun mengangkut hasil panen.
  • Harus terhindar dari beberapa wabah penyakit dan usahakan memilih tempat di dataran tinggi.
  • Memiliki sirkulasi udara yang baik.

Dalam membuat kandang burung puyuh tentu juga ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Mulai dari temperatur udara didalam kandang, kelembaban didalam kandang dan pencahayaan yang cukup. Untuk temperatur didalam kandang suhu yang baik adalah 20 sampai 25 derajat celcius dengan kelembaban antara 30 sampai 80% dan untuk pencahayaan berkisar antara 25 sampai 40 watt.

Umumnya kandang puyuh yang sering digunakan adalah kandang jenis kandang baterai. Karena kandang dengan jenis ini merupakan kandang yang sangat mudah dalam hal merawat burung puyuh dibandingkan harus menggunakan kandang jenis lainnya.

Ukuran kandang puyuh tentu juga harus anda sesuaikan yaitu untuk 1 meter kubik diisi dengan 90 sampai 100 ekor anakan burung puyuh. Dan akan di susutkan atau dikurang  menjadi 60 ekor permeter kubik pada saat burung puyuh sudah berumur 10 hari hingga lepas masa anakan. Dan 40 ekor permeter kubik saat burung puyuh sudah masuk masa bertelur.

Pemilihan Bibit Berkualitas

Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Untuk menentukan keberhasilan dalam melakukan ternak burung puyuh. Tentu memilih bibit yang berkualitas merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh para peternak burung puyuh. Untuk itu di informasi Panduan Lengkap Ternak Puyuh juga akan saya berikan beberapa cara untuk memilih bibit burung puyuh yang berkualitas bagus.

  • Membeli Bibit Dari Peternakan

Usahakan mencari bibit dari para peternak yang sudah memang berjalan sangat lama dan pastikan juga bahwa peternakan tersebut memiliki track record yang baik dalam menghasilkan bibit burung puyuh. Jika ada, tentu anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada para peternak lain yang memang sudah berlangganan membeli bibit burung puyuh di peternakan tersebut.

Lebih disarankan jangan pernah membeli bibit dipasar, karena harga burung di pasar biasanya lebih mudah jika dibandingkan dengan peternak. Tetapi untuk dapat menghasilkan telur yang berkualitas, tentu anda harus mencari bibit yang berkualitas dari para peternak yang sudah berpengalaman.

  • Jangan Membeli Calon Bibit Indukan Yang Berumur 3 Minggu

Caloin indukan atau bibit yang unggul umumnya berumur sekitar 3 minggu. Dan usahakan jangan membeli bibit yang terlalu tua ataupun terlalu muda. Karena umur bibit akan mempengaruhi kualitas telur yang akan dihasilkan nantinya. Jadi jangan menganggap remeh tentang umur bibit burung puyuh yang akan dibeli. Info Tempat Liburan

Berikut juga akan saya infokan beberapa ciri ciri fisik burung puyuh unggul

  • Lincah dan aktif bergerak, jika anakan burung puyuh diam saja dan tidak lincah ada kemungkinan sedang terserang penyakit
  • Bentuk tubuh sempurna, simetris dan anggota tubuh yang lengkap
  • Warna bulu cerah dan tidak kusam

Berikut adalah cara membedakan burung puyuh jantan dan burung puyuh betina

  • Bibit burung puyuh jantan memiliki benjolan di bagian pantat seperti kelereng, sedangkan pada bulu puyuh betina tidak ditemukan benjolan dibagian pantatnya.
  • Bulu dada pada burung puyuh betina berwarna sawo matang dan terdapat garis atau bercak hitam, sementara burung puyuh jantan tidak memiliki garis atau bercak hitam
  • Burung puyuh jantan berkokok sedangkan betina tidak
  • Ukuran tubuh burung puyuh betina lebih besar jika dibandingkan dengan burung puyuh jantan.

Sanitasi Kandang Dan Pengontrolan Penyakit

Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Untuk mencegah terjadinya serangan penyakit pada ternak pada burung puyuh. Tentu kebersihan lingkungan internal ataupun eksternal kandang harus selalu dalam keadaan bersih. Karena memang jika kandang kotor tentu akan ada banyak bibit bibit penyakit yang bisa saja menyerang burung puyuh kapanpun.

Dan untuk pengontrolan penyakit dalam melakukan ternak burung puyuh. Melalui Panduan Lengkap Ternak Puyuh yang kami berikan ini anda dapat melakukan setiap saat dan jika anda melihat bahwa ada tanda tanda burung puyuh yang mengalami sakit. Tentu anda bisa langsung melakukan tindakan pengobatan yang dianjurkan oleh dinas peternakan ataupun dokter hewan. Panduan Cara Beternak

Pemberian vaksin dan obat tentu juga harus anda lakukan. Tentu anda juga harus memperhatikan umur burung puyuh agar dalam pemberian vaksin tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Pada umur 4 sampai 7 hari anda dapat melakukan vaksin melalui tetes mata ataupun dengan mencampurkan vaksin melalui minum.

Pemberian Pakan

Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Memberikan pakan kepada burung puyuh anda bisa memberikannya berupa pelet atau remah remahan pelet ataupun juga bisa berikan dalam bentuk tepung. Dan untuk anakan burung puyuh bisa anda berikan pakan sebanyak 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Sedangkan untuk burung puyuh dewasa dan remaja berikan sekali dalam sehari.

Untuk memberikan minum, tentu tidak ada patokan yang harus anda lakukan. Karena anda dapat memberikannya secara bebas sesuai dengan kebutuhan yang dipenuhi setiap saat. Untuk memberikan minum anda bisa menggunakan air sumur ataupun air sungai. Usahkan jangan menggunakan air yang telah tercemar apalagi mengandung racun.

Panen Telur Puyuh

Panduan Lengkap Ternak Puyuh Petelur Dirumah

Proses untuk mencapai masa panen telur burung puyuh memang merupakan tahap yang tidak mudah. Karena membudidayakan ternak burung puyuh tanpa adanya Panduan Lengkap Ternak Puyuh tidak akan mudah untuk menjalaninya. Terlebih lagi jika anda baru ingin memulai ternak burung puyuh dirumah.

Untuk melakukan panen telur burung puyuh sebaiknya anda bisa melakukan pada pagi hari sebelum memberikan pakan pada burung puyuh. Telur hasil panen segera ditempatkan pada satu tempat, telur yang retak bisa dipisahkan dari telur yang utuh. Alangkah baiknya jika anda mensortir telur sesuai ukuran sehingga tingkat ukuran telur dan harganya dapat di bedakan.

Nah, jika burung puyuh sudah masuk dalam masa afkir, tentu anda bisa melakukan penjualan daging burung puyuh. Untuk panen daging burung puyuh umumnya bisa dilakukan pada umur 30 hari saja. Untuk harganya biasanya antara 1000/ekor sampai 3000/ekor burung puyuh.

Jika selama ini anda sedang mencari informasi Panduan Belajar Beternak. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini agar anda bisa mendapatkan informasi penting tentang solusi beternak ataupun merawat hewan kesayangan anda.

Related Post

  • Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya 150x150

    Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya

    Belajar Beternak - Jenis Jenis Penyakit Ayam Dan Cara Pencegahan Dan Pengobatannya merupakan tema pembahasan yang kali ini akan saya update untuk anda semua para peternak yang ada di Indonesia.
  • Burung Cantik Yang Terancam Punah Pada Dekade Ini 150x150

    Burung Cantik Yang Terancam Punah Pada Dekade Ini

    Belajar Beternak - Akhir akhir tahun belakangan ini sangat banyak sekali hewan yang mengalami kepunahan tidak terkecuali Burung Cantik Yang Terancam Punah Pada Dekade Ini. Penyebab terjadinya
  • 7 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Merdu 150x150

    7 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Merdu

    Belajar Beternak - Berikut informasi 7 Jenis Burung Kicau Dengan Suara Merdu yang mungkin anda miliki dirumah. Bagi anda para pecinta kicau mania, tentu mungkin ada yang sudah mengetahui jenis jenis
  • Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia 150x150

    Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia

    Belajar Beternak - Ada berapa sih Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia yang memang berasal dari Indonesia bagian Timur ?, Pulau Pulau selat Tores, Papua Nugini, hingga Australia Timur.
  • Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes 150x150

    Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

    Belajar Beternak - Bingung bagiamana Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes agar dapat tampil maksimal ?. Bagi kebanyakan para pecinta burung kicau, tentu memiliki burung yang memiliki suara
  • Pos-pos Terbaru