Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Belajar Beternak – Ingin melakukan usaha budidaya belut tetapi belum begitu mengerti Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Jika memang anda ingin melakukan usaha budidaya belut sawah diarea lahan sempit, tentu anda bisa langsung simak dan ikuti terus artikel yang kali ini saya update untuk anda semua.

Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Tahukah anda bahwa belut bisa menjadi salah satu faktor rusaknya lingkungan ?. Salah satu faktor yang menandai bahwa lingkungan tersebut tidak ada belut adalah rusaknya lingkungan hidup yang sudah tercemar berbagai macam jenis pencemaran. Belut merupakan hewan yang berasal dari Benua Asia, khususnya ASEAN.

Pada umumnya belut hidup di sawah sawah, hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk para petani. Karena dengan adanya belut, mengindikasikan bahwa tanah tersebut merupakan tanah yang subur dan sangat cocok untuk di tanami sayuran atau padi yang memang merupakan mata pencarian para petani.

Usaha budidaya belut kini memang belum banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Bahkan hingga kini melakukan usaha budidaya belut sawah dirumah belum banyak yang mengetahuinya bagaimana Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi tersebut dengan lengkap.

Persiapan Kolam Belut

Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Untuk melakukan usaha budidaya belut dengan menggunakan drum. Tentu dengan menggunakan kolam drum akan sama seperti dengan menggunakan kolam terpal. Budidaya belut dengan menggunakan kolam drum tentu akan bersifat permanen, dan perlu diketahui bahwa jenis kolam untuk budidaya belut sawah harus dibedakan.

Kolam pendederan belut dimana di butuhkan untuk benih belut yang berukuran 1 sampai 2 cm. Keserasian ukuran diperlukan untuk menghindari yang besar akan tambah besar dan yang kecil akan semakin mengejar. Dan untuk kolam belut remaja dibutuhkan untuk belut yang berukuran 3 sampai 5 cm.

Untuk kolam pemeliharaan belut yang berukuran 5 sampai 8 cm sampai menjadi ukuran 15 sampai 20 cm. Dan untuk pemeliharaan belut dengan ukuran 15 sampai 20 cm sampai menjadi ukuran 30 sampai 50 cm. Tentu kolam yang di bangun relatif sama hanya saja ukuran dan kapasitas daya tampungnya di bedakan.

Pembuatan Media Budidaya Belut Sawah

Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Untuk pembuatan media budidaya belut sawah tentu anda bisa membuatnya dengan menggunakan bahan bahan yang sangat mudah di cari. Kolam yang masih kosong bisa di berikan sekam padi setebal 10 cm dan di atasnya ditimbun dengan menggunakan pupuk kandang setebal 10 cm. Lalu anda bisa timbun kembali dengan menggunakan ikatan ikatan jerami padi yang sudah kering.

Setelah semua bahan tersebut telah selesai dibuat dengan ketebalan seluruhnya dengan sekitar 30 cm. Anda bisa memberikan air yang mengandung bahan organik kedalam kolam secara perlahan sampai setinggi 50 cm. Pada proses tersebut sudah selesai, tentu anda bisa mendiamkan selama beberapa hari agar menjadi lumpur.

Dalam proses persiapan media untuk Teknik Budidaya Belut Sawah tentu akan sanga tbanyak peralatan yang digunakan. Peralatan yang diperlukan pada tahap ini antara lain adalah media dasar kolam, sumber air yang dekat, alat perlengkapan serta ember plastik untuk menampung benih belut sementara.

Pemilihan Benih Belut

Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Memilih benih belut yang berkualitas untuk diternak merupakan sebuah faktor penting dalam menentukan keberhasilan dalam melakukan usaha budidaya belut. Pada umumnya bibit belut yang diperjual belikan adalah hasil tangkapan alam, teknik penangkapan bibit dari alam menentukan kualitas bibit.

Bibit yang ditangkap dengan cara alami tentu bisa menggunakan perangkap seperti bubu. Sebaiknya bibit tidak ditangkap dengan cara di setrum, karena itu bukan merupakan bibit yang berkualitas. Pasalnya bibit yang diperoleh dengan cara seperti itu tidak akan tumbuh dengan maksimal.

Untuk bibit benih belut yang didapat dari hasil budidaya. Tentu anda bisa memilih ukurannya yang lebih seragam dan jangan memilih belut yang terserang penyakit atau cacat ditubuhnya. Jika anda ingin Meraup Keuntungan Besar Budidaya Kepiting Soka, tentu anda bisa klik link artikel tersebut untuk informasi lebih lanjut.

Pemeliharan Dan Pembesaran Belut

Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Dalam pemeliharaan dan pembesaran belut tentu harus anda perhatikan. Karena memang pemeliharan dan pembesaran belut terdiri dari pemupukan, pemberian pakan dan pemeliharaan kolam. Pada proses pemupukan, jerami yang anda gunakan dan sudah lapuk diperlukan untuk membentuk lumpur yang subur.

Selain itu, pupuk kandang juga sangat penting untuk di perlukan sebagai salah satu bahan organ utama. Pakan yang dapat diberikan adalah berupa makanan tambahan berupa cacing, kecoa, ulat besar atau belatung. Makanan tersebut tentu dapat anda berikan setiap 10 hari sekali dan tidak perlu dilakukan setiap hari dalam Teknik Budidaya Belut Sawah.

Panen Belut Sawah

Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

Masa panen adalah masa yang memang sangat ditunggu tunggu oleh semua para selaku pembudidaya yang menjalaninya. Karena memang dalam masa ini akan menentukan keberhasilan dalam melakukan usaha ternak atau budidaya apapun. Untuk masa panen belut tentu dapat anda lakukan setelah belut berumur 3 sampai 5 bulan.

Hal ini tentu juga bergantung pada permintaan ukuran belut dan permintaan di pasaran. Konsumen lokal umumnya sangat suka dengan belut yang berumur 3 sampai 4 bulan, sedangkan pada pasar ekspor ke luar negeri biasanya sangat suka dengan belut yang berumur 5 sampai 6 bulan.

Untuk anda yang ingin mencari informasi yang menarik lainnya seperti cara beternak atau cara merawat heran peliharaan. Anda bisa membaca artikel kami yang lainnya di Panduan Cara Beternak. Melalui link artikel rekan saya tersebut, tentu anda dapat menambah ilmu pengetahuan anda lebih luas.

Related Post

  • Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat bahwa ada Ikan Hias Air Tawar Termahal Di Dunia yang harganya bisa sampai ratusan juta bahkan juga bisa miliaran rupiah ?. Mungkin rasanya ikan hias dengan
  • Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya 150x150

    Jenis Penyakit Ikan Gurame Dan Cara Pengendaliannya

    Belajar Beternak - Sudah sejak lama melakukan usaha budidaya ikan gurame tetapi belum mengetahui Jenis Penyakit Ikan Gurame yang sering menyerang ikan gurame ?. Pada kesempatan kali ini akan saya
  • Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    Ikan Monster Laut Raksasa Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Belum tentu semua orang yang ada di dunia ini mengetahui jenis jenis Ikan Monster Laut Raksasa yang ada sejak zaman prasejarah. Bagi kalian yang memang ingin mengetahui ikan moster
  • Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon 150x150

    Ikan Predator Paling Ganas Penghuni Sungai Amazon

    Belajar Beternak - Di tahun 2019 ini Hutan Hujan Amazon mengalami bencana Kebakaran Hutan Terparah. Hal tersebut tidak membuat Ikan Predator Paling Ganas atau hewan buas yang ada dialam tersebut
  • Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah 150x150

    Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah

    Belajar Beternak - Ingin melakukan usaha budidaya belut tetapi belum begitu mengerti Teknik Budidaya Belut Sawah Agar Untung Melimpah. Jika memang anda ingin melakukan usaha budidaya belut sawah
  • Pos-pos Terbaru