Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

Belajar BeternakTeknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah adalah informasi yang kali ini akan saya bahas. Karena memang ada beberapa masyarakat yang ingin belajar mengenai bagiamana cara untuk melakukan budidaya ikan gabus. Untuk itulah informasi yang kali ini saya update

Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

Melakukan usaha budidaya ikan gabus memang bisa dibilang tidak sepopuler seperti melakukan usaha budidaya ikan jenis lainnya. Tetapi jika kita perhatikan, ternyata melakukan usaha budidaya ikan gabus tentu bisa menghasilkan omset yang cukup menjanjikan jika memang dilakukan dengan benar.

Ikan gabus memang masih kalah populer dengan Ikan Lele, Ikan Bandeng, Ikan Nila. Percaya atau tidak,ikan gabus memiliki asam amino esensial. Bahkan ikan gabus mampu dipercaya bisa dapat membantu proses penyembuhan luka bakar, infeksi paru paru, hetatitis. Dan iksn gabus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga sangat baik diberikan pada ibu hamil, bayi dan anak anak.

Tetapi sangat disayangkan ikan jenis ini belum banyak dibudidayakan. Untuk itulah kali ini akan saya bahas tentang bagaimana Teknik Budidaya Ikan Gabus yang bisa menguntungkan. Jika anda ingin memulai usaha bisnis yang saya ini, tentu anda bisa simak terus artikel saya ini.

Pemilihan Bibit Ikan Gabus

Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

Pemilihan bibit ikan gabus tentu sangat penting untuk anda lakukan. Karena tujuan ini adalah agar Teknik Budidaya Ikan Gabus yang anda jalankan dapat memperoleh keuntungan yang banyak dan hasil yang memuaskan. Dalam bisnis usaha budidaya ikan gabus tentu ada beberapa cara untuk memilih ikan gabus yang berkualitas bagus. Berikut adalah cara memilih bibit ikan gabus yang berkualitas.

Bibit ikan gabus betina umumnya memiliki perut yang berbentuk bulat dan akan terasa lembek saat ditekan. Warna bibit ikan gabus betina juga lebih terang jika dibandingkan dengan bibit ikan gabus jantan. Jika di tekan perut ikan gabus jantan akan mengeluarkan telur saat perut di tekan.

Bibit ikan gabus jantan lebih cenderung tampak lebih kusam. Pada bagian kelamin tampak berwarna kemerahan, berarti ikan gabus tersebut telah siap untuk kawin. Dan pada umumnya ikan gabus jantan memiliki bentuk kepala yang lonjong. Dan untuk anda yang ingin melakukan budidaya lebah mau, anda bisa membaca artikel kami di Tips Budidaya Lebah Madu Yang Sangat Menguntungkan Berikut Lisnya.

Pemijahan Ikan Gabus

Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

Setelah selesai memilih Indukan yang sangat cocok untuk dijadikan Indukan yang berkualitas. Tentu cara berikutnya anda melakukan pemijahan dan proses penetasan telur ikan gabus. Untuk melakukan proses pemijahan anda harus mempersiapkan kolam khusus untuk pemijahan. Dan anda bisa mengisi kolam dengan menggunakan air setinggi 50 cm dari dasar kolam.

Jika persiapan kolam sudah anda siapkan semuanya. Anda bisa memasukan indukan ikan gabus jantan dan betina sebanyak yang memang ingin anda pelihara. Jika sudah memasukan ikan kedalam kolam, tentu anda bisa memasukan enceng gondok atau kiambang didalam kolam. Nantinya tanaman tersebut akan menjadi tempat untuk bertelur ikan gabus.

Induk ikan gabus akan bertelur selama 3 sampai 5 hari. Pada umumnya ikan gabus betina ampu menghasilkan telur sebanyak 9,000 butir sampai 11,000 butir teluar. Dan pada umumnya jika indukan ikan betina sudah bertelur, biasanya kurang dari 1 hari telur telur tersebut akan menetas setelah itu anda harus mengatur suhu air agar tepat stabil.

Penetasan Dan Perawatan Larva Ikan Gabus

Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

Dalam perawatan larva ikan gabus tentu ada tahap tahap yang harus anda lakukan. Melalui informasi Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah kali ini saya juga akan memberikan tahap tahap melakukan perawatan larva ikan gabus yang harus anda perhatikan.

Perawatan Larva Ikan Gabus

Dalam perawatan ini tentu tidak membutuhkan perawatan yang ekstra. Karena memang larva ikan gabus yang berumur selama 3 hari memiliki cadangan makanan. Jika sudah menginjak umur 3 hari, tentu anda bisa memberikan pakan berupa artemia dan anda juga bisa memberikannya sebanyak 3 kali dalam sehari.

Setelah umur larva ikan gabus sudah menginjak usia 5 sampai 7 hari tetap berikan makan 3 kali dalam sehari dan bila perlu anda sisipkan makanan tambahan seperti daphina dan jangan lupa juga selalu mengganti air kolam untuk memperlancar sirkulasi air.

Pembesaran Dan Panen Ikan Gabus

Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

 

Larva yang sudah besar yang kira kira sudah berumur 2 sampai 3 minggu. Tentu anda bisa menempatkannya ditempat terpisah atau megeluarkan larva tersebut dari tempat yang telah di khususkan untuk penetasan tersebut. Untuk dapat mendapatkan hasil ikan gabus berat yang maksimal sesuai dengan yang di inginkan.

Tahap pembesaran tentu bisa anda lakukan pada ikan gabus agar budidaya ikan gabus yang anda lakukan berhasil dan mendapatkan keuntungan besar. Berilah pakan secara teratur  dan perawatan rutin setiap harinya, untuk pakan anda bisa gunakan pakan yang di produksi dari pabrik seperti pelet. Selain itu anda juga bisa membuat pakan campuran yang terbuar dari ampas tahu, bekatul, ikan teri dan juga jagung.

Tentu anda bisa memindahkan ke kolam yang lain dan diberikan pakan berupa pelet berukuran sedang sehingga bisa mempercepat proses tahap pembesaran ikan gabus. Dengan Teknik Budidaya Ikan Gabus yang saya berikan kali ini tentu anda akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan solusi melakukan budidaya ikan gabus dirumah dengan tepat.

Nah untuk anda yang juga ingin mendapatkan informasi yang menarik lainnya seputar Budidaya Ikan Gabus Dengan Mudah Dan Menguntungkan. Anda bisa klik link tersebut agar anda bisa mendapatkan informasi yang menarik lainnya seputar cara untuk melakukan budidaya ikan gabus dirumah dengan mudah dan menguntungkan.

Related Post

  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula 150x150

    Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula

    Belajar Beternak -  Apakah anda ingin memulai usaha ternak kambing kacang ?. Dan apakah anda sudah mengetahui bagaimana Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula ?. Jika memang anda belum banyak
  • Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula 150x150

    Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

    Belajar Beternak - Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula merupakan tema artikel yang kali ini saya bahas untuk anda semua para penghobi ternak sapi di Indonesia. Dengan adanya cara seperti
  • Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula 150x150

    Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Mau memulai usaha budidaya lobster air tawar tetapi belum banyak mengetahui Teknik Budidaya Lobster Air Tawar ?. Jika memang anda ingin memulai usaha budidaya lobster dengan sangat
  • Pos-pos Terbaru