Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Belajar Beternak – Mau memulai usaha budidaya lobster air tawar tetapi belum banyak mengetahui Teknik Budidaya Lobster Air Tawar ?. Jika memang anda ingin memulai usaha budidaya lobster dengan sangat mudah. Adanya artikel yang kali ini saya update untuk anda semua merupakan sebuah solusi untuk anda semua yang memang ingin melakukan budidaya lobster air tawar ini.

Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Lobster air tawar merupakan salah satu diantara seafood yang memang memiliki harga yang sangat tinggi. Lobster air tawar adalah crustacea yang bentuk tubuhnya mirip lobster tetapi hidupnya di air tawar. Lobster jenis ini juga memiliki ketahanan hidup yang sangat tinggi. Bayangkan saja, hewan ini mampu hidup dimanapun asalkan ada air yang mengalir serta tempat berlindung untuk dirinya serta bisa bertahan hidup selama 8 jam tanpa air.

Selain memiliki pertahanan hidup yang sangat baik dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Kandungan gizi didalamnya juga sangat banyak sekali, tentu hal tersebut menjadikan salah satu alasan untuk mencoba melakukan usaha budidaya lobster air tawar. Untuk itulah pada kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai Teknik Budidaya Lobster Air Tawar.

Bagi anda pecinta lobster, dari pada anda harus membeli dan merogoh kocek lebih dalam disetiap ingin menyantap makanan yang lezat satu ini. Ada baiknya anda mencoba membudidayakan lobster air tawar dirumah sendiri. Selain bisa menikmati lobster dengan gratis, tentu anda juga bisa mendapatkan keuntungan sampingan dari memulai usaha yang satu ini.

Syarat Hidup Lobster Air Tawar

Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Umumnya, lobster air tawar ini memerlukan lahan atau kolam yang cukup lebar. Selain itu, lobster air tawar juga sangat toleran dengan oksigen yang rendah. Meskipun demikian, hidup dengan cara seperti itu sangat minim untuk lobster berkembang biak dengan baik. Oksigen yang dapat digunakan oleh lobster air tawar sekitar 4 ppm.

Bukan hanya pada oksigen, anda juga harus memperhatikan suhu udara yang ada di kolam tersebut. Lobster air tawar ini sangat cocok hidup di kolam yang bersuhu sekitar 25 sampai 29 derajat celcius. Untuk tingkat keasaman air, lobster air tawar ini sangat cocok dengan air yang memiliki keasaman sekitar 7 sampai 9 pH.

Untuk itulah, anda tidak terlalu mudah untuk menemukan lobster air tawar yang perairannya memiliki keasaman dibawah 7 pH. Lobster air tawar ini juga memerlukan perairan yang memiliki kandungan kapur sedang sampai tinggi, Hal ini sangat diperlukan karena untuk menjaga kadar kalsium sebagai pembentukan cangkang lobster air tawar.

Pemilihan Indukan Dan Proses Pembenihan

Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Memilih bibit indukan yang sangat berkualitas tentu adalah salah satu hal yang sangat penting bagi semua peternak atau selaku pembudidaya. Memilih bibit yang unggul akan menentukan keberhasilan dalam melakukan sebuah budidaya apapun. Karena memilih bibit atau indukan yang berkualitas tentu akan menghasilkan anakan yang sehat, produktif dan cepat tumbuh besar.

Nah, untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukan Budidaya Lobster Air Tawar Yang Sangat Menguntungkan. Tentu anda bisa memahami cara untuk melakukan budidaya lobster air tawar melalui link artikel yang telah saya sediakan diatas. Karena dengan membaca link artikel yang telah saya sediakan diatas anda bisa mendapatkan informasi yang menarik lainnya.

Pemindahan Indukan Lobster

Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Dalam proses pemindahan Indukan lobster akan terjadi proses pengeraman dan penetasan telur lobster. Pada umumnya, akan dilakukan 3 atau 3 minggu setelah pembuahan. Telur baru akan menempel, dan indukan betina akan berjalan keliling dengan posisi ekor yang terbuka agar telur dapat terlihat dengan jelas. Pada proses inilah anda dapat memindahkan indukan ke kolam penetasan yang wadahnya bisa anda buat sekita 1 x 2 meter.

Setelah kaki indukan lobster betina bersih dan tidak ada lagi embrio yang menempel. Tentu anda bisa memindahkannya kedalam akuarium, dan biarkan indukan betina beristirahat selama dua minggu sampai berganti kulit. Pergantian kulit ini menunjukan bahwa lobster telah tumbuh besar, Jika lobster bisa bertumbuh semakin besar, tentu lobster dapat berpeluang untuk memberi anakan yang lebih banyak dari sebelumnya.

Dan berikut adalah Teknik Budidaya Lobster Air Tawar dan cara untuk melihat telur yang sudah matang

  • Minggu  ke 2, telur masih berbentuk bulat
  • Minggu ke 3, telur mulai terdapat bintik hitam, bintik hitam inilah yang disebut sebagai embrio
  • Minggu ke 4, capit, sungut dan kaki mulai tumbuh didalam telur. Meski demikian, pada masa ini lobster anakan tersebut masih belum bisa mandiri. Jadi jika pada masa ini telur rontok dari induknya, maka dapat di pastikan embrio bisa mati.
  • Minggu ke 5, hampir seluruh kuning telur mulai habis dan pada masa inilah embrio mulai lepas dari induknya satu persatu dan mencari makan sendiri. Tetapi tidak semua lepas dari kaki induknya, masih ada sekitar 30% yang menempel.

Pemberian Pakan Dan Pemeliharaan

Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Pemberian pakan dilakukan dengan cara teratur yaitu bisa dilakukan sehari 2 x pada pagi dan sore hari. Untuk jenis pakannya gunakanlah antara pelet dan nutrisi, hal ini dimaksudkan agar lobster dapat menghemat pakan namun kualitasnya tetap terjaga. Nutrisi yang bisa digunakan sebagai pakan lobster antara lain adalah ketela pohon parut, jagung basah parut, dan beberapa sayuran lainnya.

Jika and amenggunakan kolam tanah untuk Teknik Budidaya Lobster Air Tawar, nutrisi bisa di dapatkan dari tumbuhan tumbuhan atau plankton yang ada di dalam kolam. Cara pemberian nutrisi ini terbilang sangat efektif dalam menekan biaya pakan. Karena kita tahu bahwa pellet memiliki harga yang terbilang sangat tinggi menggunakannya tanpa mengombinasikan dengan pakan alternatif.

Panen Lobster Air Tawar

Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

Melakukan usaha budidaya lobster atau hewan ternak lainnya, tentu menunggu saat masa panen tiba merupakan hal yang sangat di nanti nanti oleh kebanyakan para selaku pembudidaya. Pada umur sekitar 6 sampai 8 bulan dalam masa perawatan dan pemberian pakan, umumnya lobster yang memiliki berat mencapai 10 sampai 12 ekor perkilonya akan di pasarkan.

Karena memang lobster yang memiliki ukuran tersebut adalah ukuran lobster stantar tetapi anda harus perlu ingat. Semakin besar lobster tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya.  Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya lobster dengan menggunakan akuarium. Anda bisa membaca artikel kami di Cara Ternak Udang Lobster Di Akuarium.

Dengan adanya Teknik Budidaya Lobster Air Tawar yang kali ini saya bahas. Tentu akan bisa mempermudah anda untuk menemukan solusi bagaimana cara untuk memulai usaha budidaya lobster dengan sangat mudah.

Related Post

  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula 150x150

    Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula

    Belajar Beternak -  Apakah anda ingin memulai usaha ternak kambing kacang ?. Dan apakah anda sudah mengetahui bagaimana Cara Ternak Kambing Kacang Untuk Pemula ?. Jika memang anda belum banyak
  • Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula 150x150

    Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

    Belajar Beternak - Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula merupakan tema artikel yang kali ini saya bahas untuk anda semua para penghobi ternak sapi di Indonesia. Dengan adanya cara seperti
  • Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula 150x150

    Teknik Budidaya Lobster Air Tawar Untuk Pemula

    Belajar Beternak - Mau memulai usaha budidaya lobster air tawar tetapi belum banyak mengetahui Teknik Budidaya Lobster Air Tawar ?. Jika memang anda ingin memulai usaha budidaya lobster dengan sangat
  • Pos-pos Terbaru