Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Belajar Beternak – Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal yang sangat aneh karena jarang yang menemukannya. Semua itu karena memang melakukan usaha budidaya atau ternak yang satu ini tidak banyak yang melakukannya.

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Yang sangat sering kita jumpai tentang ternak adalah ternak sapi potong, ternak kambing, ternak domba, ternak ayam, dan ternak jenis lainnya. Tetapi pernahkah anda melihat ternak kroto didaerah rumah anda ?. Melakukan usaha yang satu ini memang sangat menjanjikan dan merupakan bisnis yang sangat tepat untuk dilakukan.

Karena untuk memulai usaha, di era yang memang perkembangannya semakin pesat ini kini kroto atau telur semut rangrang telah banyak dimanfaatkan sebagai ladang usaha. Bahkan budidaya kroto kini sudah sangat banyak yang melakukannya karena bisa dijadikan sebagai pakan ternak seperti burung kicau yang dipelihara.

Untuk anda yang penasaran bagaimana cara untuk memulai Ternak Kroto dirumah dengan cara modern. Maka anda bisa simak terus artikel yang kali ini saya bahas tentang Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Karena disini anda bisa mendapatkan solusi yang sangat tepat untuk dilakukan saat melakukan usaha ternak kroto.

Kandang Kroto

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Sebelum memulai usaha ternak atau budidaya kroto, hal yang harus anda persiapkan diawal adalah kandang. Anda bisa mempersiapkan tempat didalam rumah atau diluar rumah yang terhindar dari hujan dan sinar matahari langusng agar tidak langsung masuk kedalam kandang kroto.

Dan yang perlu anda perhatikan adalah penempatan kandang usahakan jauhkan dari kebisingan. Karena karakteristik dari semut rangrang sangat menyukai tempat sepi dan teduh. Suhu ruangan kandang berkisar antara 24 sampai 31 derajat celcius.

Bibit Semut RangRang

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Setelah persiapan kandang telah dipersiapkan dan rak sebagai wadah juga sudah disediakan. Maka tahap selanjutnya yang bisa anda persiapkan adalah bibit semut rangrang yang berkualitas baik. Jika kurang mengerti bagaimana cara untuk menentukan bitbi yang bagus untuk di ternak, anda bisa membelinya pada penangkar yang sudah mahir.

Untuk mendapatkan bibit semut rangrang biasanya berkisar antara Rp 25,000 sampai 30,000 per toples dan tergantung dengan kuantitas pembelian yang anda lakukan. Biasanya jika melakukan pembelian banyak, anda akan mendapatkan bonus ratu dari semut rangrang.

Pemilihan Tempat Ternak Semut

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Pemilihan media untuk memulai usaha ternak kroto yang sangat banyak digunakan adalah dengan menggunakan toples. Sebenarnya selain menggunakan toples, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan usaha ternak krot yaitu dengan menggunakan paralon, bambu dan botol air mineral.

Kelebihan Ternak Kroto Dengan Menggunakan Toples

  • Wadahnya mudah di dapatkan dan relatif lebih murah.
  • Proses pemanenannya sangat mudah untuk dilakukan.
  • Teknik menjualnnya juga sangat cepat.
  • Dapat mengamati perkembangan dan pertumbuhan kroto dengan sangat mudah karena umumnya toples berwarna bening.

Kelemahan Ternak Kroto Dengan Menggunakan Toples

Setiap melakukan usaha ternak tentu ada beberapa kelemahannya masing masing. Salah satunya adalah melakukan usaha ternak atau budidaya kroto dengan menggunakan toples. Kelemahan dengan menggunakan media toples adalah wadah menjadi lebih cepat penuh, karena tempatnya yang sangat terbatas.

Jika anda ingin mencari informasi seputara cara beternak atau cara merawat hewan peliharaan. Anda bisa mengunjungi blog rekan saya di Panduan Cara Beternak, karena disana setiap harinya anda bisa mendapatkan informasi yang menarik lainnya seputara cara beternak.

Pakan Semut RangRang

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Memberikan pakan semut rangrang yang mengandung protein tinggi tentu adalah hal yang juga sangat penting, karena tentu setiap makhluk hidup membutuhkan protein dan vitamin yang cukup. Dan usahakan untuk memberikan pakan tanpa menyisahkan makanan yang nantinya akan membuat sarang menjadi kotor dan mudah bau.

Pada umumnya Teknik Cara Ternak Kroto, semut rangrang memakan serangga sebagai pakan utamanya. Semua jenis serangga seperti jangkrik, belalang, capung, kumbang, lalat dan jenis serangga lainnya. Para peternak biasanya memberikan pakan semut rangrang dengan menggunakan ulat hongkong dan jangkrik sebagai pakan utamanya karena memang bisa dengan mudah di dapatkan.

Pengontrolan Kroto

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Dalam ternak atau budidaya apapun, tentu melakukan pengontrolan adalah hal yang sangat penting harus dilakukan secara rutin. Anda bisa memperhatikan semua pendukung dari kelangsungan hidup semut rangrang seperti kondisi rangrang, suhu ruangan dan hal yang sebainya harus anda perhatikan.

Usahakan jangan sampai semut rangrang tidak menjadi stress, karena nantinya jika semut mudah stress tidak akan mampu menghasilkan telur atau kroto secara maksimal seperti yang anda inginkan. Bahkan jika kondisi sarang tidak memadai, maka akan ada hal yang tidak anda inginkan seperti semut menjadi mati.

Panen Kroto

Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

Melakukan usaha ternak atau budiday apapun tentu menunggu hasil panen adalah hal yang sangat di nanti nanti oleh semua para pelaku pembudidaya dan peternak. Dan tentu setiap pemanenan memiliki cara cara tersendiri. Seperti pada artikel Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern ini, cara panen pun dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu sebagai berikut.

Panen Tumpah

Metode jenis ini akan memberikan banyak penghasilan kroto yang sangat maksimal. Tetapi kelemahan dalam melakukan panen ini adalah semut rangrang akan membangun sarangnya dari awal dan membutuhkan waktu yang memang sangat lama untuk memproduksi kroto.

Panen Sogrog

Panen dengan cara ini menggunakan syarat teknik rak yang digunakan sebagai tempat penyimpanan sarang dengan rak lantai bukan triplek, metode ini tidak akan memindahkan sarang dari raknya. Cara pengambilan kroto seperti cara pengambilan kroto dialam bebas.

Dengan menggunakan bilah bambu yang kecil atau sejenis untuk di tusuk tusukan dari bawah sarang. Kelemahan dengan menggunakan metode atau teknik ini adalah penghasilan kroto hanya bisa mencapai hingga 85% saja.

Untuk melakukan panen, tentu bisa di lakukan dengan cara selaku pembudidaya tersebut. Untuk anda yang memiliki burung hantu dirumah tetapi belum mengerti bagaiman cara menjinakkannya. Anda bisa membaca artikel kami di Cara Menjinakan Burung Hantu Untuk Para Pemula.

Related Post

  • Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 150x150

    Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips
  • Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera 150x150

    Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

    Belajar Beternak - Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan
  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Pos-pos Terbaru