Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

Belajar BeternakTeknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula merupakan tema artikel yang kali ini saya bahas untuk anda semua para penghobi ternak sapi di Indonesia. Dengan adanya cara seperti yang saya bahas melalui blog sederhana ini anda akan bisa mendapatkan solusi penting dalam melakukan usaha ternak sapi potong dirumah.

Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

Sapi adalah hewan ternak yang memang bisa di bilang tidak mudah untuk dirawat apalagi di kembangkan sebagai usaha. Keahlian khusus untuk melakukan ternak sapi tentu sangat di perlukan jika memang anda ingin berhasil melakukan ternak sapi potong. Untuk itulah melalui blog sederhana ini anda akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan informasi penting seputara cara beternak atau cara merawat hewan peliharaan.

Dalam memelihara sapi potong tentu memerlukan intensif dan perhatian khusus. Jika tidak, tentu ternak sapi potong yang dihasilkan nantinya akan memiliki kualitas yang memang tidak bagus. Untuk anda yang memang ingin memulai ternak sapi potong dan ingin berhasil, tentu membaca dan memahami artikel yang saya bahas ini bisa membantu anda untuk melakukan usaha ternak sapi potong.

Saat ini usaha ternak sapi potong memang merupakan ternak yang paling menguntungkan. Karena memang memelihara sapi dari ukuran bakalan hingga ukuran siap di potong merupakan hal yang saat ini sangat banyak dilakukan. Tetapi banyak ternak sapi di Indonesia yang merasa melakukan ternak sapi potong itu tidak mudah. Dan pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai Teknik Ternak Sapi Potong yang bisa anda pahami.

Pemilihan Bibit Sapi Potong

Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

Dalam melakukan usaha ternak sapi atau ternak hewan apapun. Pemilihan bibit yang berkualitas tentu adalah hal yang sangat harus di perhatikan. Karena memang untuk menentukan hasil yang kita hasilkan nantinya, bibit akan berpengaruh kepada kualitas yang nanti akan di hasilkan. Untuk itulah Teknik Ternak Sapi Potong ini akan saya bahas juga  tips memilih bibit sapi potong yang berkualitas bagus.

  1. Memiliki tanda ditelinga, sehingga anda bisa berpatokan bahwa di tanda tersebut membuktikan bahwa sapi tersebut sudah terdapat dan lengkap dengan silsilahnya.
  2. Mata terlihat cerah dan bersih, tidak memiliki cacat tubuh
  3. Bulu terlihat bagus dan tidak kusam atau tidak keriting
  4. Bentuk tubuh yang besar serta bentuknya persegi empat atau bola
  5. Memiliki kualitas daging yang maksimal serta mudah untuk di pasarkan
  6. Memiliki badan yang tinggi, kaki kokoh, struktur pertulangan yang besar dan panjang

Ciri ciri yang telah saya sampaikan diatas tentu merupakan ciri ciri bibit sapi potong yang sangat berkualitas. Jadi untuk anda yang ingin memelihara atau melakukan ternak sapi potong. Tentu anda bisa memilih bibit sapi potong yang berkualitas seperti yang telah saya sampaikan untuk anda semua para peternak di Indonesia.

Lokasi Kandang Sapi Potong

Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

Lokasi dalam melakukan usaha ternak sapi potong tentu haruslah yang strategis dan bisa di akses dengan menggunakan mobil truck atau alat transportasi lainnya. Tujuan tersebut adalah untuk memudahkan dalam mengangkut hasil ternak dan pakan yang dibutuhkan atau peralatan yang lain yang dibutuhkan.

Untuk menentukan lokasi yang sangat cocok yang harus anda perhatikan adalah sumber air yang dekat. Karena memang air merupakan kebutuhan yang mutlak bagi Ternak Sapi Potong. Tetapi setidaknya air yang melimpah tersebut bisa di dapatkan dengan mudah untuk memberikan minum, membersihkan kandang, serta membersihkan lingkungan sekitar.

Kondisi lahan harus memilih lahan yang lebih tinggi dari sekelilingnya. Jauh dari rumah penduduk, jauh dari tempat ramai seperti jalan raya, dan lingkungan yang sehat. Dalam arti kata kandang juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup pada pagi dan sore hari serta mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Sinar matahari berfungsi sebagai pembasmi bibit penyakit dan juga mempercepat pengeringan kandang atau lingkungan yang dibersihkan.

Pemberian Pakan Sapi Potong

Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

Dalam pemeliharaan sapi potong tentu memiliki beberapa sistem dalam pemberian pakan. Dan pakan yang dibutuhkan pada umumnya adalah pakan hijauan dan pakan tambahan seperti konsentrat. Untuk pakan hijauan tentu bisa anda berikan berupa rumpur gajah, rumput alang alang, rumput sawah, rumput benggala, rumput gelagah dan berbagai macam jenis pakan hijauan lainnya.

Pada masa pertumbuhan sapi, tentu anda harus memberikan pakan yang memadai agar sapi tidak jenuh dan akan mempengaruhi dari sisi kualitas dan kuantitas. Dan pemberian pakan sapi juga bisa anda lakukan dengan 3 cara yaitu seperti yang akan saya bahas di artikel Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula yang saya update ini.

Kereman

Cara ini adalah cara pemberian pakan yang biasanya banyak diterapkan oleh para peternak. Pemberian pakan dengan cara ini yaitu dengan cara dijatah atau diberikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk komposisi pakan anda bisa memberikan 10% dari bobotnya dan ekstra pakan sebesar 1 sampai 2% dari bobot nya.

Gembala

Ternak sapi dengan sistem gembala merupakan proses pemeliharaan dengan melepaskan sapi di padang rumput. Sistem ini tentu dapat anda lakukan disetiap hari untuk anda yang memang tidak ingin mencari pakan hijauan untuk sapi yang anda ternak. Dan dengan menggunakan cara ini anda juga bisa melakukan dengan waktu 5 sampai 7 jam disetiap hari.

Kombinasi

Menerapkan sistem kombinasi seperti yang telah saya sampaikan diatas juga bisa anda lakukan. Yaitu dengan memberikan pakan hijauan segar, hijuan kering, serta silase atau fermentasi. Setelah selesai di gembala dan diberikan pakan hijauan, tentu anda bisa memberikan pakan tambahan berupa pakan fermentasi yang telah anda buat sebagai pakan tambahan bagi sapi potong.

Sanitasi Kandang Sapi Potong

Teknik Ternak Sapi Potong Untuk Peternak Pemula

Dalam Teknik Ternak Sapi Potong, kebersihan kandang atau sanitasi kandang adalah hal yang juga sangat penting untuk anda perhatikan. Kotoran sapi yang dihasilkan dari ternak sapi potong yang anda lakukan tentu bisa anda jual kepada para petani yang memang membutuhkan pupuk kandang. Atau juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat gas.

Anda juga bisa menjadikan kotoran sapi tersebut untuk dijadikan pupuk yaitu dengan cara di fermentasi terlebih dahulu hingga 1 sampai 2 minggu, dan setelah itu kotoran tersebut bisa dijadikan pupuk kandang yang baik untuk tanaman. Pembersihan tempat pakan dan minum juga harus anda lakukan agar sapi potong yang anda pelihara terhindar dari adanya virus penyakit yang bisa saja menyerang sapi potong.

Dan jika anda juga sedang mencari informasi yang menarik lainnya seperti cara beternak burung kenari. Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya di Panduan Beternak Burung Kenari Di Rumahan. Disana sangat banyak sekali informasi penting yang juga bisa anda ketahui selain cara beternak dan cara merawat hewan peliharaan.

Related Post

  • Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal 150x150

    Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

    Belajar Beternak - Pada artikel yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Tips Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal. Untuk kalian yang memang selama ini sedang mencari bagaimana tips
  • Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera 150x150

    Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera

    Belajar Beternak - Tema pembahasan kali ini adalah tentang bagaimana Langkah Langkah Ternak Ulat Sutera Agar Menghasilkan. Melakukan usaha ternak di Indonesia sendiri memang bisa dilakukan dengan
  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Pos-pos Terbaru