Ternak Ayam Kampung Ternyata Bisnis Menggiurkan

Lagi Cari bisnis? Bingung mau bisnis apa ? Ternak Ayam Kampung yuk, ternyata bisnis yang menggiurkan lho !

Ternak Ayam Kampung ternyata memiliki banyak sekali keuntungan yang luar biasa dan sanggat menggiurkan sekali. Pastinya agar Bisnis Beternak Ayam Kampung ini memperlukan Tips dan Cara yang tepat agar bisa di olah. Pastikan kalian mengituinya step by step dari awal hingga akhir. Nah artikel Belajar Beternak ini perlu kalian simpan atau bookmark untuk pembelajaran anda agar Ternak Ayam Kampung yang anda inginkan BERHASIL.

Melihat sisi bisnis pada Ternak Ayam Kampung ini

Ayam kampung Sendiri merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara di kalangan masyarakat indonesia yang ada di kampung-kampung maka dari itu di sebut ayam kampung. Nah ayam jenis ini juga tersebar di seluruh pelosok indonesia lho. khususnya rumah rumah warga yang memiliki lahan atau lapak yang cukup untuk memelihara ayam kampung.

Untuk Ternak Ayam Kampung ini juga bukan Hal yang baru atau hal yang asing di perbincangkan. Sejak dahulu kala, sudah banyak orang yang beternak ayam kampung dengan cara lama atau yang masih sangat tradisional. Ayam jenis Kampung ini juga bisa berkembang biak dengan cara mandiri, karena mereka termasuk jenis hewan yang liar atau bebas. Nah permasalahakn kita adalah bagaimana Jadinya untuk pemula atau anda yang baru ingin menjalankan bisnis ayam kampung ini tapi tidak memiliki lahan yang sesuai ?

Menghitung Perencanaan Ternak Ayam Kampung

Jika kita ingin melakukan sesuatu ada baiknya kita melakukan perencanaan atau menghitung modal awal untuk mengurangi kegagalan atau kesalahan bahkan kerugian sebelum memulai bisnis. Seperti salah satunya kita akan membuat angan-angan atau asumsi dengan prediksi total dana atau lainnya yang kita butuhkan untuk Ternak Ayam Kampung.

Pahami berbagai macam faktor yang mendukung dan memperlambat kenaikan bisnis ternak ayam jenis kampung ini. Jikalau bisnis anda mengalami kemunduran atau tidak lancar karena terdapat kesalahan proses penghitungan atau prediksi yang salah. maka sangat disayangkan sekali dengan melihat besarnya peluang keuntungan berbisnis Ayam Kampung ini.

Menghitung Perencanaan Ternak Ayam Kampung

Baca juga : Tips Ternak Ayam Kampung Agar Cepat Besar

Untuk anda para pemula yang mencari perhitungan yang praktis haruslah menghitung keuangan yang sangat terperinci agar hal hal yang tidak kita inginkan tidak terjadi. Berikut adalah asumsi atau prediksi perhitungan Bisnis Ternak Ayam Kampung yang bisa anda persiapkan sebelum melakukan bisnis Ternak Ayam Kampung ini. Diantaranya :

  • Ayam Kampung Dengan Kualitas terbaik 350 Ekor
  • Masa Panen sekitar 2 bulan
  • Berat Ayam Ternak Siap Panen 800 Gram
  • Press Tingkat kematian sebesar 2%
  • Biaya lainnya

Kita berasumsi dengan Harga Bibit Ayam Kampung yang jenis terbaik sebesar Rp.8.000 dikalikan 350 ekor dan hasilkan adalah Rp. 2.400.000. Kemudian biaya makanan ayam Rp. 5.500.000, obat dan vitamin Rp.400.000. Untuk lahan sendiri atau sewa Rp. 3.000.0000. Peralatan makan dan minum ayam tersebut adalah sekitar Rp.500.000

kebutuhan lainnya seperti harga penghangat ruangan sekitar Rp.800.000, lalu terpal Rp. 450.000 serta biaya lain atau dadakan Rp.1.000.000. Total biaya yang kita asumsikan atau kita prediksikan di awal adalah : Rp.13.650.000

Pastinya Keuntungan atau laba dari Ternak Ayam ini anda bisa hitung dari jumlah modal yang anda gunakan. maka dari itu perhitungan dari awal sangatlah penting untuk anda bagi yang ingin mendapatkan hasil yang maksimal

Permintaan Jual Beli dipasar adalah faktor penting untuk bisnis Ternak Ayam

Dulunya Ternak Ayam Kampung telah di lakukan secara tradisional tanpa memperhitungkan sekali modal dan keuntungan. tapi ini jaman sekarang sudah era yang maju dan kalian harus memperhitungkannya semua. Karena Sekarang Ayam Kampung bisa di jadikan bisnis yang sangat menggiurkan sekali dan ini sudah banyak yang di jadikan sebagai peluang bisnis.

Ditambah lagi Unggas jenis Ayam ini banyak sekali peminatnya di pasar pasar tradisional hingga supermareket. Dari mulai Daging dan telur di seluruh Dunia. Permintaan ayam besar karena memang ayam rata-rata di jadikan makanan pokok dan produk olahan makanan yang paling populer juga. Jadi peluang bisnis seperti ini merupakan peluang yang sangat sangat berpotensial untuk anda membangun bisnis menggiurkan ini.

Ayam Kampung vs Ayam Negeri. Mana yang lebih unggul ?

Ayam Kampung vs Ayam Negeri. Mana yang lebih unggul ?

Baca juga : Tips Ternak Ayam Broiler Untuk Para Pemula

Peternakan Ayam di berbagai negara memiliki alasan untuk beternak ayam kampung lebih unggul kebanding ayam negeri. Alasan tersebut bedasarkan keunggulan yang di miliki Ayam kampung. Nah keunggulan apa sih yang membuat Ayam Kampung in lebih unggul ? kita lihat di bawah ini :

Keunggulan Pertama, Ayam Kampung Lebih Sehat

Tahukah Anda jika ternak ayam negeri itu bisa dibilang tidak muda, karena membutuhkan makanan yang khusus dan beberapa vitamin atau zat yang harus disuntikan. Utntuk perkembangan dan pertumbuhannya termasuk cepat maka dari itu usia hidupnya ayam negeri itu hanya 40 Hari.

Berbeda dengan Ayam Kamung yang bisa hidup mandiri dialam bebas atau liar sehingga membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Maka dari itu ternak ayam Kampung Justru lebih mudah kebanding ayam negeri karena ayam kampung sendiri pun bisa hidup mengandalkan makan biji-bijian disekitarnya.

Karena dia memakan bahan-bahan yang alami atau bukan bahan makanan yang penuh zat kimia maka daya tahan tubuh dari ayam Kampung ini sudah pasti berkualitas tinggi kebanding ayam dalam negeri.

Keunggulan Kedua, Ayam Kampung Lebih mahal tapi peminatnya banyak

Untuk Ayam Negeri bisa di bilang perawatannya yang sangat rumit karena sistem imunnya sendiri lebih lebah kebanding ayam kampung. Nah karena ayam negeri ini sistem imunnya yang lemah maka banyak yang disuplai di produsen industri makanan secara massal dan dengan harga murah. Maka dari itu ayam negeri ini lebih murah kebanding ayam kampung. Ditambah lagi permintaan ayam negeri ini juga tidak pernah turun dan bahkan permintaan ayam negeri meningkat terus.

Berbeda dengan Ayam Kampung yang lebih mahal dipasaran tetapi itu akan lebih menguntungkan kita karena banyak juga permintaan untuk membeli ayam kampung. Dari situ kita bisa mencari sisi keuntungan yang lebih untuk dijadikan peluang bisnis. Perawatan mudah murah sementara harga jualnya mahal. itu lah kenama Ternak Ayam Kampung ini menggiurkan.

Keunggulana Ketiga, Ayam Kampung Dagingnya lebih bernutrisi

ini juga salah satu faktor yang dibilang ayam kampung ini mahal karena memiliki nutrisi yang tinggi serta memiliki banyak vitamin tubuh yang dibutuhkan. Kenapa ayam kampung banyak sekali vitamin atau nutrisi yang tinggi? karena ayam kampung ini juga secara makan memakan makanan alami dan tidak mengandung bahan kimia.

Begitu juga dengan telur dari ayam kampung ini, sudah banyak sekali manfaat untuk tubuhkita jika kita mengkonsumsi Telur Ayam Kampung ini

Keunggulan Keempat, Daging Ayam Kampung Lebih Nikmat

Manfaat dan rasa yang nikmat semua ada di ayam kampung ini membuat permintaan atau peminat dari ayam tersebut tinggi. Tak jarang restoran mewah atau warung pinggir jalan sering menawarkan menu special mereka dengan bahan utama Ayam kampung. Perlu diketahui daging ayam kampung ini akan lebih nikmat dan penuh kaya vitamin karena alami.

Mari Memulai Bisnis Ternak Ayam Kampung Sekarang Juga

Bisnis Jenis Ternak Ayam kampung ini memang sangat menggirukan sekali jika dijadikan peluang bisnis jaman sekarang. Namun anda perlu memperhatikan dan mendetail masalah keuntungan dan modal maksimal yang anda ingin jalankan. Kenapa demikian ? karena kalian juga harus tau pengeluaran modal serta keuntungan yang anda dapatkan agar kalian bisa menjadikan peluang bisnis ini menjadi baik.

Semua orang juga ingin memiliki bisnis ayam kampung yang besar ataupun juga yang menguntungkan banyak. Meski kalian pemula kalian tidak perlu kahwatir untuk mecobanya. Jika kalian takut dengan Kegagaln atau kerugian saatnya anda mempelajari semua tips yang ada di artikel Belajar Beternak untuk di jadikan patokan yang ada sebelum memulai bisnis anda.

Coba berkonsultasi dengan peternakan Ayam Kampung milik orang atau kerabat anda juga bisa menjadikan patokan belajar dengan Panduan Beternak yang ada di artikel ini . Jadi kalian tidak perlu takut dan ragu untuk memulai bisnis ayam ini. Untuk memulai kalian sekarang juga tidak perlu takut lagi karena berbagai macam informasi didunia internet sudah sangatlah luas. Saya pribadi juga akan memberikan informasi beternak Ayam Kampung dilakukan dengan cara apa dan anda bisa mempelajarinya itu. Kita simak sebagai berikut ini.

Cara Umbaran Atau Cara Tradisional

Pertama ini adalah cara yang sering di lakukan di masyarakat indonesia terutama di kampung kampung indonesia. Ayam Ayam akan dibiarkan lepas dan mencari makannya sendiri dan kita hanya menyiapkan Kandang saja. Cukup mudah bukan ?

Untuk Cara ini kalian cukup mengawasi Ayam Kampung ini agar tidak dicuri orang atau berkeliaran terlau jauh dari perkarangan orang saja. Pastikan juga kalian harus membuat ayam tersebut mengenal dengan kandang anda biar dia tau jalan balik kemana dia harus betduh. Umbaran ini atau dibebaskan ini ayam tidak akan mudah stress karena Ayam tersebut akan dibiarkan free atau lepas mencari makannya sendiri. Yang Terpenting kalian memiliki halaman yang luas atau perkarangan belakang hutan untuk ayam anda.

Cara Serius dan diperhatikan / Semi Intensif

Baca juga : Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

Untuk cara ini bisa dibilang hampir sama dengan cara yang diatas tetapi mungkin ini akan lebih memudahkan anda untuk mengawasi ayam Kampung milik Anda. Untuk yang ini kalian bisa lakukan jika kalian tidak memiliki lahan yang luas. kalian tinggal membuatkan semacam pagar pembatas agar terjangkau oleh kita dan kita bisa pantau.

cara ini juga merupakan cara yang banyak sekali digunakan pada beternak Ayam Kampung Saat ini karena mungkin kekahwatiran akan hilangnya ayam akan lebih terpantau dan diperhatikan. Nah melakukan Ternak Ayam Kampung dengan cara ini kalian juga bisa lakukan dengan beberapa cara seperti : membuat kandang yang baik, atau membuat pagar melingkar di halaman rumah anda atau lain sebagainya. Intinya agar ayam dapat terpantau oleh anda.

Langkah Langkah Menguntungkan dan pasti menggiurkan Bisnis Ternak Ayam Kampung

Semua usaha pasti memiliki modal yah salah satunya Ternak Ayam Kampung ini juga memiliki modal seperti yang saya jelaskan di bagian atas artikel ini. Maka dari itu kalian harus memperhitungkan matang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dan anda akan menuainya jika kalian mengikuti dengan benar tipsnya. Lantas Langkah apa saja di yang harus di perhatikan untuk memulai Bisnis Ternak ayam ini ?

Pilihlan bibit Ayam Kampung Yang Bagus

Ini yang harus benar benar anda perhatikan jika ingin suksesnya berjalan bisnis ayam kampung anda. Pastikan memiliki bibit yang bagus dan pastinya jika sudah menjadi induk Ayam Kampung ini akan memiliki bibit yang bagus juga. Walaupun ini agak mahal tetapi percaya lah ayam jenis ini tidak akan mudah mati yang pasti akan lebih tahan lama.

Mengetahui Target Konsumen

Ketahui lah atau cari lah kemana anda menjual ayam Kampung anda ketika sudah bisa di panen. Iniakan semakin memperlancar usaha anda untuk beternak Ayam Kampung. Jika memang anda mendapatkan Konsumen yang membutuhkan Banyak Ayam kalian bisa menambah bibit ayam kampung tersebut agar banyak hasil panennya.

Jangan Ragu untuk memulai bisnis Ternak Ayam Kampung ini

Anda sudah memiliki keinginan dan kepercayaan diri untuk Ternak Ayam Kampung maka sesegera mungkinlah lakukan rencana anda sekarang juga. Pastinya agar anda bisa merasakan keuntungan bisnis Menggiurkan ini. So Apakah anda sudah siap ? Tentunya Arikel pada website belajarbeternak.com ini adalah informasi yang sangat lengkap dan jelas. Jika bermanfaat silakan bookmark atau simpan link website ini dan juga berbagi kepada rekan atau kerabat anda. Terima kasih

Related Post

  • Cara Ternak Burung Dara Pedaging 150x150

    Cara Ternak Burung Dara Pedaging

    Belajar Beternak - Usaha ternak burung dara mungkin belum banyak dilakukan masyarakat saat ini. Tetapi dengan adanya informasi Cara Ternak Burung Dara Pedaging seperti yang kali ini akan saya bahas.
  • Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara 150x150

    Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara

    Belajar Beternak - Mau ikut kontes balap merpati tetapi belum mengerti bagaimana Cara Melatih Merpati Balap Agar Jadi Juara ?. Lomba merpati balap kini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Maka
  • Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah 150x150

    Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah

    Belajar Beternak - Teknik Budidaya Ikan Gabus Dengan Sangat Mudah adalah informasi yang kali ini akan saya bahas. Karena memang ada beberapa masyarakat yang ingin belajar mengenai bagiamana cara
  • Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara 150x150

    Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara

    Belajar Beternak - Jika pada umumnya yang anda ketahui hanya ayam pedaging, ayam petelur dan ayam kampung. Kali ini akan saya bahas mengenai Ayam Hias Unik Dan Menarik Untuk Di Pelihara. Untuk
  • Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Menggunakan Media Lumpur 150x150

    Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Menggunakan Media Lumpur

    Belajar Beternak - Belum mengerti bagaimana Cara Budidaya Cacing Sutra Tanpa Menggunakan Media Lumpur yang bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah ?. Jika memang anda ingin melakukan usaha
  • Pos-pos Terbaru