Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Menguntungkan

Belajar Beternak – Banyak dari para peternak belut belum tentu mengetahui bagaimana cara Ternak Belut Tanpa Lumpur. Karena memang kita ketahui bahwa banyak dari para pembudidaya belut hanya mengetahui beternak belut dengan menggunakan media lumpur. Tetapi sebenarnya masih banyak cara alternatif lain untuk tetap bisa beternak belut dengan cara lain yang bisa anda gunakan. Mancing Belut

Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Menguntungkan

Bahkan hasil panen yang didapatkan dari beternak belut tanpa menggunakan media lumpur biasanya lebih banyak dan lebih optimal di bandingkan dengan menggunakan media lumpur. Kemudahan dalam mengontrol dan mengamati perkembangan belut juga bisa dengan mudah anda lakukan jika anda beternak dengan menggunakan air bersih.

Dan dengan cara Ternak Belut Tanpa Lumpur juga akan lebih mudah di lihat perkembangan belut yang terjadi. Cara ini juga bisa mempermudah anda untuk lebih mudah dalam hal mengantisipasi secara lebih cepat dan tepat jika terdapat salah satu masalah satu belut yang tidak sehat. Tentu cara ini akan sangat jauh lebih berbeda dengan beternak belut menggunakan media lumpur.

Kelebihan beternak belut dengan menggunakan air bersih adalah dapat memantau perkembangan bibit belut di dalam air dengan jelas. Karena tentu kita akan bisa lebih mudah untuk meninjau belut di kolam air dibandingkan dengan meninjau dengan beternak menggunakan media tanah. Karena memang belut dapat bersembunyi di dalam lumpur. Berikut adalah beberap keuntungan beternak belut dengan menggunakan air jernih

Keuntungan Beternak Belut Tanpa Menggunakan Media Lumpur

  • Mudah Dalam Mengontrol Belut

Dengan menggunakan media kolam air jernih ini tentu belut juga akan mudah dilihat dan di pantau perkembangannya. Dan akan lebih mudah mengetahui jika ada beberapa serangan atau hal lain yang menggantu belut. Pada dasarnya jika anda menggunakan air bersih, tentu semua yang terjadi dan aktifitas di dalam kolam akan lebih mudah untuk di tangani.

  • Jumlah Penebaran Bibit Yang Lumayan Banyak

Untuk penebaran bibit belut, tentu dengan menggunakan media air jernih ini lebih bisa menampung bibit benih belut dengan sangat banyak. Karena memang  kolam air bersih akan jauh lebih longgar dan tidak padat seperti kolam media lumpur. Bahkan penebaran benih belut dengan menggunakan media air jernih bisa mencapai 3 kali lipat dari jumlah bibit yang biasa di tebarkan di kolam lumpur.

  • Menurunkan Angka Kanibalisme Pada Belut

Belut dikenal memiliki sifat predator, dimana ia akan memangsa apapun yang ditemukan karena memang belut merupakan hewan pemangsa daging seperti katak dan yang lainnya. Apalagi belut dewasa yang sudah menginjak umur diatas 6 bulan, ini adalah waktu belut akan mencari daerah kekuasaan dan mulai mengintimidasi yang lebih lemah.

Dengan menggunakan media kolam air jernih tanpa menggunakan lumpur, maka belut tersebut tidak lagi menandai daerah kekuasaan masing masing. Tetapi bergerombol dan nantinya tidak akan terjadi perebutan tempat daerah kekuasaan. Tentu dengan cara seperti ini akan mengurangi angka kanibalisme yang terjadi pada belut,

  • Lebih Efektif Dan Efisien

Tentu sangat berbeda dengan cara budidaya ternak belut dengan menggunakan media kolam lumpur. Kolam air bersih ini akan lebih praktis sekaligus efisien, karena tentunya membuat kita tidak perlu lagi repot untuk mempersiapkan lumpur fermentasi seperti pupuk kompos, pupuk kandang ataupun kedebok pisang ataupun jerami padi.

Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur yang satu ini juga akan juah menghemat lahan dan juga lebih optimal dalam pemberian pakan, karena pakan belut akan terlihat dan mudah untuk di makan oleh belut.

Persiapan Kolam Belut

Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Menguntungkan

Persiapan kolam tentu merupakan tahap awal yang harus anda lakukan untuk memulai Ternak Belut Tanpa Lumpur. Biasanya kolam yang digunakan adalah kolam yang berjenis kolam terpal ataupun kolam bak permanen dari semen. Kolam air jernih ini dapat meminimalisir pemborosan tempat, karena memang ukuran kolam yang tidak terlalu besar bisa bisa menampung banyak bibit jika di bandingkan dengan kolam lumpur.

Jika anda menggunakan kolam dengan air jernih, tentu anda harus membuat sirkulasi air yang baik agar bisa mengatur kadar ph di dalam air yang pastinya akan terganggu karena adanya pengeluaran lendir dari tubuh belut. Memiliki sirlkulasi air yang bagus tentu membuat kadar oksigen di dalam air kolam menjadi lebih stabil dan jernih.

Pemilihan Bibit Belut Unggul

Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Menguntungkan

Jika anda ingin Budidaya Ternak Belut anda ingin sukses dan mendapatkan penghasilan yang besar. Tentu perlu pemilihan bibit dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian yang besar dikemudian hari. Tentu belut atau bibit yang akan di besarkan harus berkualitas baik, sehat dan tidak cacat adalah keinginan dari semua para peternak belut. Untuk itu disini saya akan memberikan beberapa ciri ciri benih bibit belut yang berkualitas.

  1. Memiliki warna kulit kuning kecoklatan.
  2. Kulit cerah mengkilap.
  3. Terdapat ukiran seperti guratan batik di bagian kepala dan ekor.
  4. Warna kulit bagian perut berwarna kuning pucat.

Belut yang memiliki kemampuan tubuh normal dan bisa besar umumnya memiliki ciri ciri diatas. Jadi untuk anda yang ingin memulai usaha Ternak Belut Tanpa Lumpur. Tentu anda bisa memilih bibit belut dengan syarat diatas.

Pemberian Pakan Belut

Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Menguntungkan

Belut merupakan hewan karnivora yang menyukai jenis makanan yang masih alami dan segar. Akan tetapi meskipun belut termasuk hewan karnivora, belut juga bisa diberikan pakan buatan atau pelet. Umumnya cara makan belut di media lumpur adalah dengan cara menunggu mangsa didalam lubang.

Mereka akan aktif keluar lubang untuk mencari makan ketika malam hari. Salah satu kunci keberhasilan bagi peternak belut khusus untuk kalian pemula adalah dengan pemberian pakan secara teratur. Pemberian pakan yang tepat tentu akan berpengaruh pada pertumbuhan belut yang diternakkan akan lebih optimal dalam pertumbuhannya.

Dalam pemberian pakan tentu anda bisa memberikannya beberapa jenis pakan alami seperti cacing tanah, keong sawah, bekicot, cacing sutra atau pakan buatan (pasta) yang tentu bisa anda olah sendiri.

Cara Pembuatan Pasta

  1. Giling daging (ikan rucah, keong atau bekicot) sampai benar benar halus.
  2. Basahi pelet ikan dengan air secukupnya sampai lunak.
  3. Campurkan gilingan daging dengan pelet yang sudah lunak dan di tambahkan tepung tapioka sebanyak 1 sdm kemudian aduk hingga merata.
  4. Giling campuran daging dan pelet yang telah di aduk tapi agar lebih halus dan tercampur merata.

Pasca Panen

Ternak Belut Tanpa Lumpur Yang Menguntungkan

Tentu panen merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu tunggu oleh para peternak belut. Proses Ternak Belut Tanpa Lumpur tentu adalah salah satu solusi atau cara alternatif yang memang mungkin belum banyak di gunakan oleh para peternak. Karena pastinya para peternak sangat menantikan proses panen.

Paling cepat belut bisa di panen setelah usia 3 sampai 4 bulan, dan akan lebih baik pada usia 3 sampai 6 bulan atau lebih dari mulai bibit di tebar. Panen tentu bisa dilakukan dengan total saat ukuran sudah seragam, apabila sudah memiliki besar tubuh yang sama rata. Tentu anda bisa langsung memanen semua belut yang seragam.

Dengan adanya informasi seperti yang kali ini saya bahas tentu anda bisa lebih mudah untuk memahami bagaimana Cara Ternak Belut Tanpa Lumpur. Dan tentu di blog saya ini anda juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi penting yang menarik lainnya. Jadi untuk anda yang juga ingin mencari informasi tentang cara beternak hewan lainnya, anda bisa kunjungi selalu blog saya ini.

Related Post

  • 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah 150x150

    10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah

    Belajar Beternak - Sudahkah anda mengetahui 10 Jenis Jenis Ikan Yang Ada Sejak Zaman Prasejarah yang mungkin sampai saat ini masih hidup ?. Untuk anda yang memang belum mengetahui ikan ikan apa saja
  • Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes 150x150

    Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes

    Belajar Beternak - Ingin ikan louhan anda menang saat mengikuti kontes ? Tips Merawat Ikan Louhan Agar Menang Kontes yang kali ini saya bahas mungkin bisa membantu anda untuk mendapatkan bagaimana
  • Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung 150x150

    Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Kerapu Di Keramba Jaring Apung saat ini memang tidak banyak dilakoni oleh masyarakat di Indonesia. Ikan kerapu merupakan jenis ikan laut yang memang sangat
  • Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit 150x150

    Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal Dilahan Sempit

    Belajar Beternak - Melakukan Budidaya Ikan Gurame Dikolam Terpal memang belum banyak yang melakukannya. Karena memang pada umumnya ikan gurame biasanya dibudidayakan dengan menggunakan kolam tanah.
  • Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia 150x150

    Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia

    Belajar Beternak - Apakah anda sudah mengetahui jenis jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia yang ada diseluruh dunia ?. Jika memang anda belum mengetahui ikan hias air tawar apa saja yang
  • Pos-pos Terbaru