Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Belajar BeternakTernak Burung Love Bird saat ini di Indonesia memang sudah sangat banyak sekali dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Burung Love Bird yang banyak di sebut di Indonesia sebagai burung cinta. Burung Love Bird merupakan jenis burung sosial yang selalu hidup berkelompok dalam hidupnya. Mancing Belut

Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Dilihat secara fisik dari burung love bird memang sangat indah dan mengagumkan dari warna bulunya yang cerah dan sangat indah untuk di pandang. Sebagian besar dari spesies burung love bird umumnya berwarna hijau terang, meskipun ada beberapa yang berwarna biru, abu abu atau kuning.

Perbedaan warna inilah yang membuat burung love bird terlihat sangat indah dan menarik karena kecerahan dan keindahan warna bulu mereka. Ukuran tubuh love bird tentu relatif lebih kecil di bandingkan dengan spesies burung paruh bengkok lainnya. Karena mungul dan molek tubuh dari burung love bird yang sangat indah.

Tentu banyak dari para kalangan pecinta burung tertarik untuk melakukan Ternak Burung Love Bird ataupun memelihara burung love bird. Dalam hal pemeliharaan burung love bird memang cenderung lebih mudah. Karena memang burung love bird tahan pada segala jenis cuaca, tetapi jenis burung ini lebih menyukai kondisi alam.

Untuk anda yang tertarik untuk beternak burung hias yang satu ini caranya sangat mudah sekali. Cukup dengan modal secukupnya dan tidak terlalu besar. Tentu anda sudah bisa mendapatkan keuntungan yang besar, karena mudahnya dalam hal merawat jenis burung ini. untuk memulai budidaya Burung Love Bird tidak begitu susah. Berikut adalah beberapa panduan tentang cara budidaya burung love bird.

Siapkan Kandang Burung Love Bird

Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Langkah awal jika anda ingin Ternak Burung Love Bird tentu anda harus mempersiapkan kandang terlebih dahulu sebelum memulai ternak love bird. Bila anda ingin budidaya burung love bird lebih dari sepasang, maka sebaiknya anda persiapkan kandang yang memiliki ukuran lebih besar dan di pasang sekat.

Bila anda ingin memulainya dengan separang burung love bird saja, anda bisa mempersiapkan tempat bertelur burung love bird yang terbuat dari kayu keras dengan ukuran 20cm x 20cm x 25 cm. Tempat bertelur burung love bird biasa di sebut glodok, siapkan ranting kecil, serut kayu, juga dedaunan kering disekitar glodok.

Memilih Calon Indukan Berkualitas

Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Setelah kandang untuk Ternak Burung Love Bird sudah tersedia. Tentu anda harus membeli indukan burung love bird yang berkualitas dan bagus jika anda ingin budidaya burung love bird anda ingin mencapai hasil yang maksimal. Sebelum anda membeli indukan untuk burung love bird, tentu and bisa menentukan terlebih dahulu jenis burung yang ingin anda pelihara.

Jenis burung yang memiliki suara bagus atau yang memiliki warna yang indah dan menarik. Jika sudah menentukan pilihan untuk indukan burung love bird. Anda bisa membeli indukan burung love bird sesuai dengan indukan yang anda inginkan. Pilihlah burung love bird yang sehat, karena indukan yang sehat dan berkualitas nanti akan menghasilkan anakan yang berkualitas.

Untuk memilih indukan sepasang, usahakan pilih burung love bird yang usia burung jantang lebih tua di bandingkan dengan burung love bird betina. Langkah ini agar saat terjadi proses perkawinan, love bird jantan yang akan mendominasi. Dan anda juga bisa menanyakan hal tersebut kepada penjual burung love bird.

Menjodohkan Burung Love Bird

Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Burung love bird yang siap dikawinkan biasanya berusia sekitar minimal 1 tahun. Berikut adalah ciri ciri burung love bird yang siap kawin.

Betina

  • Burung betina love bird akan sering merentangkan sayapnya dan sering mengangkat ekornya katas.

Jantan

  • Love bird jantan yang terlihat sering menggosok gosokkan pantatnya pada sangkar, itu pertanda bahwa burung love bird jantan siap untuk kawin.

Jika telah terlihat Ciri Ciri Burung Love Bird yang siap untuk di kawinkan. Maka langkah selanjutnya anda bisa menjodohkan sepasang burung love bird tersebut dengan cara mempertemukan mereka di dalam 1 kandang. Yang perlu anda perhatikan adalah saat pertama kali anda membeli indukan. Janganlah langsung untuk memasukkan mereka pada satu kandang yang sama, karena mereka bisa bertarung.

Mengawinkan Burung Love Bird Jantan Dan Betina

Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Ketika burung love bird telah menjalani proses penjodohan dan ketika mereka telah menjalani proses perkawinan dan sang betina bertelur. Jangan terlalu sering untuk melihat keadaan burung love bird di dalam kandang agar mereka tidak merasa terganggu. Tentu anda bisa melihat keadaan mereka dari kehauhan saja.

Perlu diketahui, pada saat burung betina love bird bertelur. Tidak semua mau mengerami telurnya, untuk menghindari hal ini, letakkan betina yang tidak mau mengerami telurnya berdekatan dengan betina yang mau mengerami telurnya. Caranya anda bisa mendekatkan sangkat mereka, karena saat mendengar erangan betina yang sedang mengerami telurnya akan membuat betina lain akan terpancing untuk mengerami juga.

Memisahkan Anakan Love Bird Dan Memberi Makan Anakan Burung Love Bird

Ternak Burung Love Bird Dengan Mudah

Saat burung love bird telah bertelur dan telur telah menetas, anda bisa menunggu hingga 14 hari terlebih dahulu. Setelah umur burung anakan telah mencapai lebih dari 14 hari anda bisa memisahkan anakan burung love bird dari induknya. Anda juga bisa menunggu hingga anakan love bird mulai keluar dari sarangnya. Pada saat memisahkan burung anakan dari induknya, anda bisa mempersiapkan lampu 5 watt pada kandang anakan burung love bird.

Karena usianya yang masih terlalu kecil, anakan burung love bird tentu belum bisa makan sendiri. Maka dari itu, anda juga perlu membantu memberikan pakan anakan burung love bird dengan cara menyuapi dengan menggunakan alat bantu seperti suntikan. Dengan catatan lepas jarum suntikan dan diganti dengan menggunakan selang yang lentur.

Makanan bati Ternak Burung Love Bird bisa berupa bubur bayi atau pelet yang telah di seduh terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Untuk memberikan pakan anakan burung love bird anda bisa memberikannya makan setiap 4 jam sekali, dan jangan lupa memberikan perhatian yang lebih kepada anakan burung love bird.

Untuk anda yang selama ini sedang mencari Informasi Panduan Cara Beternak ataupun tips cara beternak. Melalui blog saya ini tentu anda bisa menemukannya dengan lengkap. dan di blog saya ini juga anda bisa mendapatkan informasi terlengkap yang ada di Indonesia seputar dunia binatang yang bisa anda simak.

Related Post

  • Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia 150x150

    Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia

    Belajar Beternak - Ada berapa sih Jenis Jenis Burung Cenderawasih Asli Indonesia yang memang berasal dari Indonesia bagian Timur ?, Pulau Pulau selat Tores, Papua Nugini, hingga Australia Timur.
  • Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes 150x150

    Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes

    Belajar Beternak - Bingung bagiamana Cara Merawat Burung Murai Batu Sebelum Kontes agar dapat tampil maksimal ?. Bagi kebanyakan para pecinta burung kicau, tentu memiliki burung yang memiliki suara
  • Ayam Aduan Termahal, Harganya Bisa Beli Rumah 150x150

    Ayam Aduan Termahal, Harganya Bisa Beli Rumah ?

    Belajar Beternak - Sudah mengetahui Ayam Aduan Termahal itu apa saja ?. Hobi setiap orang tentunya berbeda beda, ada yang hobi memelihara hewan reptil, hewan buas sampai hewan langka sekalipun. Tentu
  • Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor 150x150

    Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor

    Belajar Beternak - Bagaimana sih cara Merawat Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Gacor dengan maksimal ?. Tentu banyak para kicau mania yang memang ada yang belum mengerti bagaimana cara untuk
  • Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor 150x150

    Analisa Usaha Ternak Bebek Peking 100 Dan 500 Ekor

    Belajar Beternak - Melakukan usaha ternak bebek pedaging ataupun bebek petelur, tentu anda harus mengetahui Analisa Usaha Ternak Bebek. Karena memang mengetahui analisa usaha terlebih dahulu
  • Pos-pos Terbaru