Ternak Puyuh Petelur Dan Analisa Usahanya

Belajar Beternak – Sebelum memulai usaha Ternak Puyuh Petelur tentu kita harus mengetahui tentang analisa usaha tersebut. Karena memang untuk menjalankan usaha di bidang ternak saat ini masih terbuka lebar bagi masyarakat di Indonesia. Sebab kebutuhan ekonomi dan kebutuhan pasar yang semakin meningkat, membuat para masyarakat di Indonesia berfikir untuk mencari peluang bisnis yang sangat mudah untuk di jalani.

Ternak Puyuh Petelur Dan Analisa Usahanya

Salah satu hewan ternak yang saat ini sangat banyak di ternak adalah Burung Puyuh, tentu burung puyuh merupakan hewan ternak yang sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat di Indonesia. Selain memiliki tekstur daging yang lembut, telur puyuh ini memiliki rasa yang sangat nikmat pada telurnya. Sehingga tidak heran jika saat ini sangat banyak sekali kalangan pecinta kuliner yang sangat suka dengan burung yang satu ini.

Dengan kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pasar yang semakin meningkat, tentu ini adalah kesempatan yang sangat cocok untuk di ambil bagi mereka yang ingin memulai usaha ternak. Ternak yang sangat cocok adalah ternak Burung Puyuh Petelur, membuka usaha ternak puyuh menjadi semakin menguntungkan, karena dapat menjadi pemasok bagi para pengusaha kuliner burung puyuh.

Jika kalian tertarik untuk memulai usaha Ternak Puyuh Petelur, maka untuk menjalankan usaha tersebut memang tidak terlalu sulit. Karena dengan minat untuk memulai ternak tersebut. Tentu modal juga  merupakan hal utama yang sangat dibutuhkan jika kalian ingin menjalankan sebuah ternak atau bisnis tersebut.

Yang dihasilkan dari ternak burung puyuh tentu bukan hanya daging dan telurnya saja yang bisa di manfaatkan. Namun juga bagian bulu dan kotoran juga bisa di manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi keuntungan yang bisa di dapatkan dari beternak puyuh tidak hanya bergantung pada telur dan dagingnya saja. Berikut adalah beberapa langkah langkah untuk memulai Ternak Puyuh Petelur.

1. Kandang

Ternak Puyuh Petelur Dan Analisa Usahanya

Memilih lahan untuk membuat kandang bagi burung puyuh tentu merupakan hal yang harus sangat di perhatikan. Karena kalian bisa memilih tempat yang strategis untuk membuat kandang burung puyuh. Selain itu, kalian juga harus perhatikan jarak kandang dengan pemukimanan warga tidak boleh terlalu dekat.

Dan juga untuk alat transportasi tentu harus mudah di jangkau agar kalian bisa lebih mudah untuk mengakses tempat kandang untuk masuk barang atau pakan dan sanitasi kandang lainnya. Dan kalian juga harus perhatikan sirkulasi udara yang masuk ke dalam kandang. Lobang Belut

2. Memilih Bibit Puyuh

Ternak Puyuh Petelur Dan Analisa Usahanya

Cara memilih calon bibit burung puyuh yang baik tentu sebaiknya pilihlah burung puyuh yang berumur sekitar 3 minggu. Usahakan jangan memilih bibit yang terlalu tua atau terlalu muda, karena umur bibit akan mempengaruhi kualitas telur yang di hasilkan nantinya. Jadi jangan menganggap remeh umur bibit burung puyuh jika kalian ingin bisnis Ternak Puyuh Petelur ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut adalah beberapa ciri ciri fisik bibit burung puyuh unggul yang baik.

  • Lincah dan bergerak aktif, usahakan jangan membeli bibit burung puyuh yang diam saja, karena ada kemungkinan burung puyuh tersebut sedang terserang penyakit.
  • Bentuk tubuh yang sempurna, simetris, dengan anggota tubuh yang tidak cacat
  • Warna bulu yang cerah dan tidak kusam.

3. Pemeliharaan dan Perawatan Burung Puyuh

Ternak Puyuh Petelur Dan Analisa Usahanya

Burung puyuh merupakan hewan ternak yang sangat peka terhadap kebisingan sehingga dalam pemeliharaannya kalian harus menempatkannya di tempat yang tenang jauh dari jalan raya, ataupun bengkel. Tentu dengan adanya suara yang bising membuat burung puyuh tidak tenang, stres dan depresi. Dengan adanya suara bising tersebut tentu membuat produksi telur burung puyuh bisa terganggu.

Membersihkan kandang secara rutin tentu juga merupakan hal yang harus kalian perhatikan. Pastikan selalu menjaga kebersihan kandang agar Ternak Puyuh Petelur terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Dan memberikan vaksin juga bisa kalian lakukan agar burung puyuh tetap prima dan siap di panen.

4. Target Pasar Usaha Ternak Puyuh

Ternak Puyuh Petelur Dan Analisa Usahanya

Daging burung puyuh dan telur buruh puyuh tentu selalu banyak digunakan sebagai menu makanan di restaurant karena memang daging dan telur yang lezat untuk di makan dan kandungan gizi yang sangat bagus untuk tubuh. Oleh karena itu dalam pemasarannya sangat mudah seperti menawarkan daging burung puyuh kepada para pengusaha kuliner seperti dirumah makan ataupun restaurant.

Menjalin kerjasama dengan para pengusaha kuliner juga merupakan salah satu cara agar kalian bisa lebih mudah untuk menjual hasil Ternak Puyuh Petelur kalian semakin lebih mudah. Dan pada saat menjalankan usaha ternak puyuh ini tentu kita perlu mengetahui analisa usahanya agar kegiatan usaha yang kita jalankan mudah untuk di atur. Berikut adalah beberapa analisa usaha untuk beternak telur puyuh agar kalian bisa lebih mudah mengetahuinya.

Asumsi

  • Masa Penggunaan Kanda Puyuh Selama 4 Tahun
  • Masa Penggunaan Tempat Pakan Selama 3 Tahun
  • Masa Penggunaan Tempat Minum Selama 3 Tahun
  • Mas Penggunaan Alat Penyemprot Selama 4 Tahun
  • Masa Penggunaan Alat Pembersih Kandang Selama 4 Tahun
  • Masa Penggunaan Selang Air Selama 3 Tahun
  • Masa Penggunaan Alat Penetas Telur Selama 4 Tahun
  • Masa Penggunaan Peralatan Tambahan Selama 2 Tahun

Peralatan Kandang

Sanitasi Kandang Harga
Kandang Puyuh Rp. 3,000,000
Tempat Pakan Rp. 150,000
Tempat Minum Rp. 100,000
Alat Penyemprot Rp. 50,000
Alat Pembersih Kandang Rp. 25,000
Selang Air Rp. 185,000
Mesin Penetar Telur Rp. 1,000,000
Peralatan Tambahan Rp. 200,000
Jumlah Investasi Rp. 4,710,000

Biaya Operasional Perbulan Dan Biaya Tetap

Biaya Operasional Perbulan Nilai
Penyusutan Kandang Puyuh 1/48 x Rp. 3,000,000 Rp. 62,500
Penyusutan Tempat Pakan 1/36 x Rp. 150,000 Rp. 4,167
Penyusutan Tempat Minum 1/36 x Rp. 100,000 Rp. 2,778
Penyusutan Alat Penyemprot 1/48 x Rp. 50,000 Rp. 1,042
Penyusutan Alat Pembersih Kandang 1/48 x Rp 25,000 Rp. 521
Penyusutan Selang Air 1/36 x Rp. 185,000 Rp. 694
Penyusutan Mesin Penetas Telur 1/48 x Rp. 25,000 Rp. 382
Penyusutan Peralatan Tambahan 1/24 x Rp. 200,000 Rp. 8,333
Total Biaya Tetap Rp. 80,417

Biaya Variabel

Biaya Variabel Harga
Bibit Burung Puyuh Rp. 1,500,000
Pakan Ternak Puyuh Petelur Rp. 2,500,000
Vitamin Rp. 1,200,000
Biaya Listrik Rp. 150,000
Biaya Air Rp. 85,000
Biaya Tambahan Lain Rp. 1,500,000
Total Biaya Variabel Rp. 6,935,000

Total Biaya Operasional

Pendapatan Perbulan Nilai
Penjualan Rata Rata 95 ekor x Rp. 3,000 = 285,000 x 30 hari Rp. 8,550,000
Pakan Ternak Puyuh Petelur Rp. 1,534,583
Total Investasi Keuntungan /Rp. 4,710,000 : 1,534,583 3 Bulan

Keuntungan dalam berbisnis Ternak Puyuh Petelur tentu cukup membantu pemasukan setiap bulannya. Jadi jika kalian ingin selalu sukses dalam berbisnis ternak puyuh. Maka lakukanlah dengan sebaik mungkin dengan memiliki rasa telaten, sabar dan ulet tentu semua itu bisa kalian lalui dengan lebih mudah.

Untuk kalian yang ingin mencari informasi yang menarik lainnya seputar cara beternak. Tentu kalian bisa kunjungi selalu blog saya ini agar kalian bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang cara beternak puyuh ataupun cara ternak hewan lainnya. Atau bagi kalian yang sedang mencari Tips Cara Beternak, disini kalian juga bisa mendapatkan informasi tersebut dengan lengkap.

Related Post

  • Panduan Ternak Bebek Pedaging Terlengkap 150x150

    Panduan Ternak Bebek Pedaging Terlengkap

    Belajar Beternak - Melakukan ternak bebek saat ini memang belum banyak dilakukan. Karena mungkin ada yang sedang mencari Panduan Ternak Bebek Pedaging agar usaha yang mereka jalani berjalan sesuai
  • Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern 150x150

    Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Cara Modern memang tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Asalkan kita tekun dan telaten dalam menjalani usaha tersebut. Nah, khusus untuk anda yang
  • Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor 150x150

    Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor

    Belajar Beternak - Ingin memelihara burung cucak ijo tetapi masih belum mengetahui Cara Merawat Cucak Ijo Dirumah Agar Gacor. Tenang saja, karena melalui informasi yang kali ini akan saya bahas anda
  • Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif 150x150

    Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif

    Belajar Beternak - Cara Beternak Ayam Kampung Dengan Cara Intensif tentu belum banyak dilakukan oleh para peternak di Indonesia. Karena memang banyak para peternak yang melakukan ternak dengan cara
  • Jenis Jenis Burung Kicau Yang Memiliki Kicauan Indah 150x150

    Jenis Jenis Burung Kicau Yang Memiliki Kicauan Indah

    Belajar Beternak - Di Indonesia tentu terdapat beberapa Jenis Jenis Burung Kicau yang sangat banyak diminati dan tentu merupakan burung kicau ataupun burung hias. Bahkan saat ini sangat banyak
  • Pos-pos Terbaru