Ternak Sapi Tanpa Ngarit, Emang Bisa ?

Belajar Beternak – Lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Institut Pertanian Bogor ( IPB ) menemukan teknologi usaha Ternak Sapi Tanpa Ngarit atau mencari rumput. Tentu banyak yang berharap jika melakukan usaha ternak sapi potong atau sapi perah tanpa harus mencari rumput atau ngarit. Dengan penemuan teknologi yang sudah lumayan banyak dikembangkan ini. Gunting Kiu Kiu

Ternak Sapi Tanpa Ngarit, Emang Bisa ?

Dalam melakukan usaha budidaya ternak sapi ataupun kambing dengan cara tanpa ngarit atau mencari rumput tentu adalah hal yang sangat di inginkan oleh para peternak di Indonesia. Karena memang dengan cara ternak seperti ini belum banyak di terapkan oleh para peternak di Indonesia pada umumnya. Mungkin banyak peternak yang belum mengerti bagiamana cara untuk melakukannya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal fermentasi tersebut sebagai proses pembuatan minuman suplemen saja. Ternyata proses fermentasi judi bisa di manfaatkan sebagai alternatif pembuatan pakan pada ternak yang berkualitas tinggi. Disamping pembuatan pakan yang sangat sederhana, tetapi tentu sangat banyak manfaatnya dan pembuatan pakan cara seperti ini juga dapat menghemat waktu dan biaya.

Semua peternak tentu sangat menginginkan ternak yang mereka jalani dalam kondisi gemuk dan sehat. Agar menghasilkan produk yang berkualitas bagus, dalam hal ini pasti harus mementingkan pengadaan pakan sapi yang berkualitas. Dalam memberikan pakan yang berkualitas tentu yang harus di perhatikan adalah kandungan pakan yang kita sesuaikan dengan kebutuhan sapi jika ingin melakukan Ternak Sapi Tanpa Ngarit.

Dari berbagai macam jenis limbah pertanian yang memiliki potensi besar untuk dijadikan sebagai pakan ternak adalah jerami padi. Jerami pada merupakan salah satu limbah pertanian yang cukup besar jumlahnya dan belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh para petani. Karena memang jerami pada ini umumnya selalu dibakar setelah proses pemanenan selesai dilakukan.  QJoker Login

Jerami padi juga tentu sangat penting bagi para peternak karena jerami padai bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak ruminansia khususnya sapi potong. Hanya saja jerami pada mutunya sangat rendah, jerami pada mengandung serat kasar dan silikat yang tinggi. Sedangkan kadar protein dan daya cernanya rendah, untuk dapat meningkatkan mutu jerami padi. Perlu dilakukan proses fermentasi dengan menggunakan beberapa bahan bahan fermentasi yang bisa di cerna oleh ternak.

Fermentasi Jerami Padi

Ternak Sapi Tanpa Ngarit, Emang Bisa ?

Semua peternak tentu menginginkan hewan ternak nya dalam kondisi gemuk dan sehat. Maka tentu anda juga harus membuat pakan fermentasi seperti jerami padi. Dengan fermentasi menggunakan produk SOC – HCS yang telah saya sarankan. Tentu akan bisa lebih mempermudahkan anda untuk melakukan fermentasi berikut adalah cara melakukan fermentasi pada jerami padi.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Jerami Padi

  • Bahan atau jerami pada di potong potong kecil kemudian hamparkan setinggi 10 sampai 15 cm.
  • Campurkan molases, air dan SOC simpat 30 sampai 60 menit dan lebih lama lebih baik.
  • Taburkan dedak padi secara merata diatas bahan pakan yang telah di buat sebelumnya.
  • Taburkan garam secara merata.
  • Siram bahan pakan yang tadi dibuat dengan campuran SOC – HCS
  • Langkah selanjutnya anda bisa tutup rapat bahan pakan tersebut selama 1 sampai 3 hari.
  • Setelah itu bahan pakan yang di tutup tersebut selanjutnya dibuka dan diangin anginkan sebentar agar dingin sebelum diberikan untuk pakan ternak.
  • Simpan ditempat yang teduh utuk persediaan pakan sampai beberapa bulan kedepan. Info Tempat Liburan

Membuat pakan fermentasi dari bahan pakan jerami padi memang merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena memang kita ketahui bahwa memanfaatkan limbah pertanian seperti limbah jerami padi akan membuat kita dalam hal menghemat waktu dan biaya pakan. Dan dengan adanya fermentasi ini tentu akan mempermudahkan anda dalam melakukan ternak sapi agar cepat gemuk.

Fermentasi Gedebog Pisang

Ternak Sapi Tanpa Ngarit, Emang Bisa ?

Keunggulan pakan organik yang diperoleh dengan cara fermentasi tentu tidak hanya terkait dengan biaya. Secara alami, hewan ternak sebenarnya melakukan proses fermentasi dalam proses pencerannya. Dengan adanya pakan yang sudah di fermentasi, tentu tubuh hewan ternak akan bisa langsung menyerap sari makanan. Meskipun demikian, perlu  di catat bahwa jumlah total pakan yang harus diberikan pada hewan ternak setidaknya mencapai 10% dari total BB ternak.

Cara Membuat Fermentasi Pakan Gedebog Pisang

  • Batang pohong pisang di potong potong atau di cacah kecil kecil dan masukan gula, soc kedalam 1 liter air.
  • Dan di tempat lain anda bisa mencampurkan bahan utama yaitu gedebog pisang, ampas tahu dan bekatul kedalam wadah besar.
  • Larutan yang berisi air, gula pasir dan soc tadi kemudian diaduk rata dan didiamkan selama 15 menit. Kemudian masukan lagi larutan tersebut kedalam air 10 liter dan siram secara merata kedalam campuran pakan dalam wadah besar. Kemudian anda bisa menambahkan taburan garam dan aduk hingga semuanya tercampur merata.
  • Masukan pakan yang telah di campur tersebut kedalam drum plastik lalu di tutup rapat dengan tujuan agar kedap udara selama proses fermentasi selesai.
  • Pakan fermentasi untuk diberikan pada ternak sapi ataupun kambing sudah siap untuk diberikan setiap pagi ataupun sore hari.

Kelebihan Ternak Sapi Tanpa Ngarit atau dengan fermentasi gedebog pisang yang kaya nutrisi adalah memperbaiki sistem pencernaan pada hewan ternak. Terlebih lagi dengan menggunakan fermentasi pada sapi perah akan meningkatkan produksi susu. Dan jika diberikan pada ternak sapi pedaging, tentu akan mempercepat proses penggemukan atau bobot sapi bertambah secara alami, gemuk dan sehat.

Daging pada sapi ataupun kambing yang diberikan pakan fermentasi gedebog pisang ini akan berisi serta  tahan terhadap penyakit. Kelebihan lainnya jika menggunakan pakan fermentasi, kotoran pada hewan tidak bau sehingga tidak mencemari udara lingkungan sekitar. Dan kotoran ataupun urine pada hewan lebih sedikit dan bisa digunakan sebagai pupuk kandang atau biogas alami.

Melalui informasi yang kali ini saya bahas tentang Ternak Sapi Tanpa Ngarit atau mencari rumput tentu bisa anda praktek kan langsung dirumah. Karena dengan cara seperti ini tentu anda tidak akan repot repot lagi jika musim kemarau atau musim hujan tiba. Tentu anda telah memiliki stok pakan ternak anda, dengan begitu tentu ternak yang anda miliki akan tumbuh sehat.

Untuk anda yang selama ini sedang mencari solusi dalam melakukan ternak ataupun Panduan Cara Beternak dan cara merawat hewan ternak lainnya. Melalui blog saya ini anda juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis informasi penting disetiap harinya.

Related Post

  • Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah 150x150

    Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah

    Belajar Beternak - Ingin memulai usaha ternak burung walet dirumah tetapi belum banyak mengetaui tentang Teknik Cara Budidaya Burung Walet Dirumah. Dan berikut adalah informasi lengkap tentang
  • Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat 150x150

    Cara Ternak Ulat Jerman Dengan Langkah Tepat

    Belajar Beternak - Belum pernah melihat bagaimana Cara Ternak Ulat Jerman ? Mungkin pada artikel yang kali ini saya update untuk kalian yang ingin memulai usaha bisnis ternak ulat jerman bisa
  • Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton 150x150

    Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton

    Belajar Beternak - Informasi yang kali ini akan saya bahas adalah informasi tentang Langkah Langkah Ternak Gurame Di Kolam Beton. Untuk anda yang ingin melakukan usaha ternak ikan gurame dirumah
  • Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula 150x150

    Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula

    Belajar Beternak - Pernahkah anda melihat peternakan ulat hongkong didekat daerah rumah anda ? Jika belum maka Cara Ternak Ulat Hongkong Untuk Para Pemula yang kali ini saya bahas bisa menjadikannya
  • Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern 150x150

    Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern

    Belajar Beternak - Pada kesempatan kali ini akan saya bahas informasi mengenai Teknik Cara Ternak Kroto Dengan Cara Modern. Mungkin bagi pemula melakukan usaha budidaya kroto merupakan sesuatu hal
  • Pos-pos Terbaru